Cara Daftar Official Store Tokopedia

Bagaimana cara daftar official store Tokopedia? Tokopedia adalah salah satu marketplace online asli dari Indonesia. E-commerce ini juga bisa diandalkan untuk menjual berbagai macam produk, sehingga bisa dijadikan peluang bagi para pemilik usaha untuk berjualan di marketplace ini. Akan tetapi, sebelum Kamu berjualan produk di Tokopedia, Kamu diharuskan membuat toko sebelumnya terlebIh dahulu.

Cara daftar official store Tokopedia sendiri cukup mudah sama seperti kemudahan cara cek ongkir Tokopedia, dimana setiap penjual sebelumnya harus mempunyai akun Tokopedia dan sesudah itu Kamu baru dapat membuka toko. Sebenarnya tak jauh berbeda dari beberapa marketplace terkemuka lainnya di Indonesia, seperti Bukalapak, Lazada, Shopee dan lainnya. Di situs web belanja online Tokopedia juga memiliki banyak fitur yang dapat digunakan baik oleh penjual maupun konsumen. Apabila diperhatikan, kita bisa melihat beberapa toko menggunakan logo seperti halnya official store, power merchant dan lainnya.

Ada beberapa yang telah disampaikan di atas mempunyai keuntungan tersendiri untuk toko tersebut, misalnya pada toko berikon centang ungu, yang menandakan official store. Sebenarnya ada banyak keuntungan bagi official store di Tokopedia, seperti halnya toko lebih mudah ditemukan pengguna atau pembeli dan sebagainya.

Akan tetapi, untuk mendaftar official store Tokopedia sendiri ada beberapa ketentuan dan syarat yang berlaku. Dimana fitur tersebut juga berlaku untuk pemilik bisnis maupun perorangan. Sehingga bagi yang ingin berjualan di marketplace yang satu ini, Kamu harus benar-benar memahami official store di Tokopedia terlebih dahulu. Seperti fitur yang ditawarkannya dan cara mendaftarnya.

Tentang Official Store Tokopedia

Apa itu official store Tokopedia? Jadi, official store di web belanja online ini ialah label khusus yang diberikan Tokopedia kepada toko yang telah terverifikasi dan hanya menjual barang atau produk original dan resmi di Tokopedia. Dimana setiap seller yang telah terdaftar nantinya mempunyai logo dengan centang berwarna ungu. Sehingga konsumen pun bisa lebih mudah mendapatkan toko tersebut melalui Homepage Official Store di Tokopedia.

Apa Saja Kelebihan Official Store Tokopedia?

Seperti sudah disampaikan sebelumnya, sesudah usahamu diterima sebagai official store di Tokopedia bisa dipastikan Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Selain membuat toko lebih laris, juga ada banyak kelebihan lain yang Kamu dapatkan diantaranya :

  • Official store Tokopedia memberikan kepastian, sehingga membuat para pembeli lebih aman mengenai keaslian, harga produk dan stok. Selain itu, pembeli menjadi lebih percaya sehingga toko official store di Tokopedia menjadi pilihan paling utama.
  • Kamu mempunyai relasi manager dari Tokopedia dengan sebanyak 4000 lebih manager yang dapat saling berkonsultasi mengenai strategi bisnis.
  • Kamu dapat melakukan pengaturan toko sesuka hati dan lebih mudah. Official store ini menjadikanmu dapat terhubung ke dalam sistem API. Sehingga membuatmu lebih mudah melakukan analisa perkembangan usaha, mengatur lokasi pengiriman, mengelola stok barang, dan lain sebagainya.
  • Mendapatkan promosi secara maksimal. Mengingat jika tokomu sudah termasuk ke dalam official store Tokopedia, tentu membuatmu secara otomatis sebagai bagian sistem dari promosi Tokpedia.
  • Semua transaksi serta pertumbuhan toko menjadi lebih jelas dan transparan.
  • Melalui official store Tokopedia, Kamu bisa leluasa melakukan pengaturan diskon setiap produknya.
  • Toko berbasis official store di Tokopedia bisa lebih leluasa dalam mengatur mekanisme pengiriman produk sendiri. Bahkan bisa memakai kurir langsung dari tokomu sendiri.

Persyaratan Official Store Untuk Brand Ternama

Sebelum membahas cara daftar official store Tokopedia, Kamu harus mengetahui syarat mendaftar official store untuk brand ternama. Adapun persyaratannya ialah sebagai berikut :

  • Persiapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Mempunyai NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Sebagai perusahaan besar, Kamu harus mempunyai berkas usaha sudah mendapatkan izin berbentuk SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).
  • Pastikan pula Kamu mempunyai beberapa berkas lainnya yang membuktikan legalitas badan usaha serta ketaatan pajak badan usahamu, yaitu Akta Perusahaan serta SKT (Surat Keterangan Terdaftar), dan SKPPKP (Surat Pengukuhan Perusahaan Kena Pajak).
  • Dapat membuktikan keabsahan badan usahamu sebagai pemilik hak paten terhadap merk dagang dengan berkas Hak Merk Dagang (HAKI).

Persyaratan Official Store Untuk Distributor Resmi

Persyaratan untuk official store bagi distributor resmi. Jenis official store ini bisa dimiliki jika Kamu sebagai distributor resmi produk perusahaan lain di Indonesia. Adapun persyaratannya ialah sebagai berikut :

  • Persiapkan KTP
  • Memiliki NPWP
  • Sudah memiliki SIUP
  • Menunjukkan berkas surat penunjukan distributor resmi

Persyaratan Official Store Untuk Pengusaha Lokal

Persyaratan official store bagi pengusaha lokal sendiri berikut ini :

  • Hanya perlu mempersiapkan TP
  • Mempunyai NPWP seperti usaha pada umumnya
  • Sudah terdaftar dan memililki SIUP

Pastikan kamu memahami persyaratan official store di Tokopedia untuk mengembangkan tokomu sebagai official store. Selanjutnya Kamu bisa mempersiapkan seluruh berkas dan persyaratan yang diperlukan. Kemudian kamu bisa mulai memahami cara daftar official store Tokopedia.

Persyaratan Official Store Penjual Terpilih

Biasanya official store ini bisa dimiliki jika usahamu termasuk merchant unggulan dan berprestasi di Tokopedia. Adapun persyaratannya sebagai berikut :

  • Pastikan usahamu di Tokopedia mempunyai jumlah produk setidaknya 5 SKU.
  • Reputasi toko minimal Gold 1
  • Pastikan usahamu sudah aktif 6 bulan lebih.
  • Persiapkan KTP.
  • Pastikan Kamu mempunyai NPWP.
  • Melampirkan SIUP.

Cara Daftar Official Store Tokopedia

Cara Daftar Official Store Tokopedia
Mendaftar Official Store di Tokopedia

Mendaftar Official Store di Tokopedia

Jika Kamu termasuk salah satu diantara pilihan official store di atas, maka usahami bisa menjadi OS (Official store) di Tokopedia. Mendaftar official store di Tokopedia sendiri biasanya dilakukan di web resmi Tokopedia. Selanjutnya ikuti prosedurnya di bawah ini :

1. Klik Daftar Official Store

Selanjutnya klik langsung di menu “Daftar menjadi Official Store”.

2. Persiapkan Persyaratan

Selanjutnya kamu diminta untuk mempersiapkan dan membaca seluruh persyaratan. Lalu diminta melakukan konfirmasi bahwa Kamu sudah memahami dan membaca seluruh persyaratan yang diperlukan berikut terms and condition. Apabila Kamu yakin telah memenuhi seluruh persyaratan untuk official store, silahkan klik “Lanjutkan”.

3. Inputkan Identitas Diri

Selanjutnya registrasi, Kamu akan diminta melakukan pengisian data diri lengkap yang diperlukan untuk mendaftar. Berupa alamat email, nama, alamat perusahaan, dan sebagainya. Dimana proses tersebut menyesuaikan jenis dari official store tokomu yang didaftarkan.

4. Inputkan Data Pihak Kedua

Setelah itu, Kamu akan diminta melakukan pengisian data pihak kedua toko atau perusahaanmu. Sebagai orang yang memiliki tanggung jawab terhadap toko maupujn perusahaan tersebut selain Kamu.

5. Informasi Toko

Sesudah itu kamu diharuskan mengisi informasi tentang tokomu. Berupa domain toko, nama toko, serta kategori toko usahamu.

6. Inputkan Informasi Detail Pembayaran

Selanjutnya Kamu diminta melakukan pengisian akun pembayaran serta pencairan untuk penghasilan tokomu. Berupa nama akun, nama bank, nomor rekning, dan cabang.

7. Upload Berkas Persyaratan

Sesudah itu, kamu diminta meng-upload seluruh dokumen atau berkas yang diperlukan dan telah disiapkan. Jangan sampai ada yang tertinggal.

8. Tunggu Konfirmasi Pihak Tokopedia

Cara daftar official store Tokpedia terakhir, permohonanmu akan langsung diperiksa pihak Tokopedia. Kamu pun diminta untuk menungu maksimal selama 7 hari.

Demikianlah ulasan cara daftar official store Tokopedia yang bisa Kamu ikuti agar usahamu bisa lebih berkembang dan diakui konsumen!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019