Cara Print Invoice Tokopedia Lewat Hp

Cara Print Invoice Tokopedia

Bagaimana cara print invoice Tokopedia lewat Hp? Tokopedia adalah marketplace terpercaya di Indonesia yang beroperasi sejak beberapa tahun kebelakang. Keberadaannya memungkinkan bertemunya penjual dan pembeli secara online. Bahkan tokopedia menawarkan banyak kelebihan dibandingkan dengan marketplace lainnya.

Sekarang ini Tokopedia bukan hanya sebagai tempat jual beli secara online saja. Sebab marketplace ini juga menawarkan layanan finansial agar bisa mempermudah pelanggannya melakukan pembayaran secara digital.

Read More

Saat ini Tokopedia terus berinovasi mengembangkan fitur dan layanannya dengan tetap memperhatikan kebutuhan masyakarat Indonesia. Tentu saja hal ini dalam bentuk upaya menuju era digitalisasi sekaligus dapat meningkatkan sistem perekonomian secara menyeluruh.

Bagi kamu seorang penjual, pastinya ingin mempermudah dalam pelacakan penjualan dan bukti penjualam barang yang dijual. Kini Tokopedia sendiri telah menyediakan layanan cetak invoice. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang cara print invoice Tokopedia lewat hp. Namun sebelumnya, Kamu harus tahu dulu apa itu invoice di Tokopedia.

Apa Itu Invoice Tokopedia?

Invoide Tokopedia adalah salah satu bukti atau faktur ketika melakukan transaksi jual beli baik berupa barang ataupun jasa dari penjual ke pembeli. Adapun rincian dari invoice tokopedia adalah sebagai berikut :

  • Terdapat nomor atau kode invoice terhadap barang yang dijual.
  • Rincian nama dan alamat penerima barang yang sudah di beli.
  • Nama toko penjual barang dan tanggal pesanan barang yang sudah dibeli.
  • Nama barang yang disesuaikan berdasarkan nama yang tercantum pada penjualan barang di Tokopedia.
  • Nominal harga barang dan jumlah barang yang dibeli.
  • Rincian keterangan mengenai asuransi barang dan jumlah nominal pembayaran yang harus diselesaikan oleh pembeli.

Sepeti yang telah diketahui bahwa label pengiriman tokopedia ialah label yang berisi cetakan alamat penerima barang dari penjual barang kepada pembeli. Tujuannya digunakan untuk mempermudah proses penjemputan oleh kurir agar sampai ke alamat tujuan.

Label pengiriman tokopedia di sisipkan barcode pengangkutan, kemudian jenis pembayaran pengiriman barang, toko penjual dan alamat pembeli. Oleh karena itu, kamu yang bermaksud ingin mengklaim barang karena kesalahan jumlah barang yang dipesan tidak akan keliru untuk mengembalikan barang kepada penjual.

Cara Print Invoice Tokopedia Lewat Hp

Cara Print Invoice Tokopedia
Mencetak Invoice Tokopedia

Mencetak Invoice Tokopedia Bagi Penjual

Sebenarnya untuk cara print invoice Tokopedia sendiri bisa dilakukan lewat berbagai cara. Namun jika tidak mau repot, lebih baik menggunakan hp hanya sekedar print inovice. Kelebihan menggunakan hp adalah bisa dilakukan dimanapun.

Selain itu, Tokopedia melakukan kerjasama dengan mitra untuk mempermudah tugas dalam penyususnan maupun formating data invoice penjualan dan tanda surat jalan berupa barcode.

Perlu diketahui bahwa untuk melihat invoice penjualan barang tokopedia bisa dilakukan oleh penjual dan pembeli. Bagi kamu yang hanya membeli barang dari tokopedia sebenarnya tidak perlu susah-susah mengetahui invoice pembelian barang. Hal ini dikarenakan, nanti invoice tersebut juga akan dikirimkan oleh penjual. Akan tetapi jika kamu tetap ingin mencetaknya bisa dilakukan hanya beberapa tahapan saja.

Bagi kamu seorang penjual harus mencetak invoice sebagai bukti transaksi jual beri barang maupun jasa pada tokopedia. Adapun cara print invoice Tokopedia tersebut adalah sebagai berikut :

1. Buka Browser yang Digunakan

Cara print invoice Tokopedia pertama, bukalah browser yang tersedia di perangkat hpmu, kemudian ketikkan alamatnya pada kolom pengisian web yaitu : www.seller.tokopedia.com. Ada banyak browser yang bisa kamu coba, namun sebagai saran, sebaiknya pakai browser bawaan dari HP seperti Google Chrome. Sebab sudah otomatis terintegrasi dengan alamat emailmu secara default.

2. Masuk ke Akun Tokopedia

Selanjutnya log in dengan menggunakan username beserta password tokopedia. Hati-hati ketika memasukkan password karena jika salah input maka harus diulang lagi dari awal.

3. Akses Seller Tokopedia

Untuk lebih mempermudah melihat tampilan situs seller Tokopedia tersebut, sebaiknya pakai mode desktop. Lalu miringkan hp-mu secara horizontal dengan mengaktifkan rotasi otomatis.

Jika sudah memasuki web tersebut, lihatlah sisi bagian kiri. Disana ada menu penjualan. Kamu klik menu tersebut untuk masuk ke jendela berikutnya.

4. Pilih Terima Pesanan Baru di Menu Penjualan

Pada jendela baru, kamu akan diperlihatkan dengan berbagai menu penjualan. Namun untuk langkah selanjutnya tinggal pilih saja menu ‘terima pesanan baru’. Tujuannya supaya Kamu dapat melihat beberapa daftar pesanan yang berasal dari pembeli.

Klik terima pesanan jika barang yang diminati oleh pembeli sudah benar-benar kamu siapkan untuk dikirim ke alamat tujuan.

Nanti kamu akan diarahkan ke menu berikutnya yaitu menu daftar pesanan yang akan dikirim segera.

5. Pilih Cetak Label Pesanan

Langkah selanjutnya klik cetak label dan jangan lupa untuk klik cetak pesanan juga sebagai tahapan untuk mengkonfirmasi pembelian barang.

6. Menghubungkan Hp ke Printer

Cara print invoice Tokopedia selanjutnya, tinggal hubungkan hpmu ke perangkat printer. Jika kamu belum begitu paham mengenai cara menghuungkan hp dengan printer. Sebaiknya cari informasi agar ke depannya bisa lebih mempermudah dalam pelayanan kepada pembeli.

Namun jika kondisinya tidak terhubung langsung pada printer. Karena alasan printer sedang rusak atau memang sedang dalam perjalanan, Kamu pun cukup menyimpan label tersebut. Caranya dengan mengklik titik garis 3 yang berjajar secara vertikal lalu save label tersebut dalam bentuk pdf.

Mencetak Invoice Tokopedia Bagi Pembeli

Bagi kamu sebagai pembeli barang yang dibeli di marketplace tokopedia yang ingin mencetak invoice, berikut adalah langkah-langkanya :

  • Log in terlebih dahulu pada hp kamu dengan masuk melalui browser. Ingat jangan masuk melalui apliaksi karena invoice tidak ada pada aplikasi melainkan pada website tokopedia.
  • Masukkan username dan password yang sama ketika masuk menggunakan aplikasi tokopedia.
  • Pilihlah menu notifikasi lalu lihatlah pada tab pembelian. Kemudain ada pilihan lihat semua. Kamu klik pilihan tersebut.
  • Setelah itu akan muncul list yang berisi daftar transaksi semua pembelian yang pernah kamu beli di tokopedia. Namun pilihlah satu transaksi terlebih dahulu yaang ingin kamu cetak invoice nya.
  • Pada jendela berikutnya, pilih menu ‘lihat detail transaksi’, setelah itu klik pada bagian kiri dengan memilih ‘kode invoice pesanan’.
  • Jika sudah di klik maka secara otomatis akan di arahkan ke halaman berikutnya dengan hanya menampilkan invoice pesanan barang yang telah kamu pesan.
  • Cetaklah invoice tersebut jika sudah terhubung dengan printer, namun jika hanya ingin menyimpannya cukup klik simpan dalam bentuk pdf.

Bagi pembeli tujuan mecetak invoice adalah jika barang ingin dikembalikan dengan alasan tertentu. Namun hal tersebut harus sudah dikonfirmasi oleh pihak penjual agar retur barang bisa dilakukan dengan lancar tanpa ada kendala.

Cara Retur Barang di Tokopedia

Jika Kamu sudah memahami cara print invoice Tokopedia, dan Kamu ingin melakukan retur barang di tokopedia dengan alasan barang tidak sesuai, Kamu bisa mencoba metode ini. Ada beberapa langkah untuk melakukan retur barang yang tidak sesuai karena alasan tertentu, sebagai berikut :

  • Buka beranda tokopedia lalu lihat notifikasi yang berada di bagian atas dan pilihlah status pesanan.
  • Pilih komplain kemudian jelaskan alasan pembatalan pesanan barang apakah barang tersebut cacat atau tidak sesuai dengan deskripsi barang.
  • Setelah itu, akan muncul solusi yang kamu inginkan dan unggahlah foto bukti barang yang akan dikembalikan dengan memfoto bagian yang tidak sesuai.
  • Kirimlah barang tersebut sesuai dengan invoice yang telah kamu cetak sebelumnya.

Itulah cara print invoice tokopedia lewat hp dan beberapa informasi mengenai invoice tokopedia yang bermanfaat untuk diketahui.

Related posts