Cara Agar Sepatu Tidak Bau Apek Setelah Dipakai

Cara Agar Sepatu Tidak Bau
Cara Agar Sepatu Tidak Bau

Diantara kalian pasti ada yang orangnya tidak mau ribet saat berpergian keluar. Tipe orang seperti ini nih yang pasti butuh banget informasi cara agar sepatu tidak bau. Pas banget, kalian akan temukan penjelasan lengkapnya disini!

Tepat sekali! Karena kali ini kita akan membahas penyebab hingga cara perawatan agar sepatu yang kalian kenakan setiap harinya tidak menimbulkan bau tidak sedap yang dapat tercium juga oleh orang lain.  Biar tetap tampil kece.

Kenapa Sih Sepatu Selalu Bau?

Kalau kalian masih bertanya-tanya, kenapa sih sepatu yang dipakai pasti meninggalkan bau kaki. Padahal, kalian nih sudah antisipasi dengan mengenakan kaus kaki. Kok masih enggak mempan?

Jawabannya sangat mudah. Bau kaki yang tertinggal di sepatu disebabkan oleh keringat yang menempel pada kulit tapi tidak terserap sempurna oleh kaus kaki yang kalian pakai. Alhasil, bakteri jadi berkembang biak dan terpecah.

Inilah yang menjadi asal muasal kenapa sepatu kalian itu jadi bau. Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut coba lawan dengan tips berikut:

Cara Agar Sepatu Tidak Bau

Cara Agar Sepatu Tidak Bau
Cara Agar Sepatu Tidak Bau

Tips atasi persoalan bau tidak sedap yang menempel di sepatu. Selain mencuci sepatu kamu sampai benar-benar ok alias bersih seperti saat pertama kali membeli barang tersebut. Oh, tentu tidak perlu segitunya dong. Kalian bisa nih gunakan trik berikut:

1. Semprotkan Larutan Cuka

Selain untuk penyedap rasa makanan, larutan cuka juga dikenal sebagai media yang dapat menghilangkan bau kaki. Ya, kalian cukup masukkan cuka murni ke dalam botol dan campurkan dengan air. Gunakan perbandingan 50:50.

2. Pakai Bubuk Kopi dan Tisu

Cara lainnya agar sepatu kamu terbebas dari bau yang kurang mengenakan di hidung, tinggal taburkan bubuk kopi ke bagian dalam sepatu. Diamkan selama semalaman, dan hilangkan bubuknya dengan bantuan tisu kering.

3. Teteskan Sedikit Essential Oil

Siapa nih diantara kalian yang penyuka wewangian aromaterapi? Nah, ternyata essential oil ini juga sangat baik bila kamu teteskan sedikit ke dalam sepatu. Selain mencegah bau kaki, bisa menekan pertumbuhan bakteri juga loh…

4. Jemur Di Bawah Sinar Matahari

Kalau daerah tempat tinggal kalian di pesisir pantai atau panasnya seperti kemacetan kota Jakarta saat di siang hari. Itu sih gampang! Tinggal jemur saja sepatu kalian di tempat yang terkena teriknya sinar matahari. Bau kaki hilang.

5. Manfaatkan Produk Spray Pengharum Sepatu

Mau cara yang lebih praktis lagi dong, tenang aja. Kan sekarang banyak dijual produk spray pengharum sepatu. Bisa kamu beli secara komersil di berbagai e-commerce. Cukup semprot ke bagian dalam sepatu, dan bau akan lenyap.

Cara Agar Sepatu Tidak Bau dengan Teh

Hei kalian para pecinta hal-hal berbau tradisional. Jangan kira kalau yang enggak modern itu berarti cupu. Karena faktanya, menghilangkan bau yang berasal dari sepatu yang digunakan itu bisa dilakukan dengan kantong teh.

  1. Pilih teh celup atau teh yang dikemas dalam kantong berbentuk bulat (bukan tubruk)
  2. Gunakan untuk membuat teh hangat dengan cara celupkan ke air mendidih selama 2 hingga 3 menit
  3. Angkat kantong teh tersebut, lalu tiriskan
  4. Pastikan kantong tehnya berubah ke suhu yang dingin terlebih dahulu
  5. Masukkan kantong teh ke dalam sepatu, dan diamkan kurang lebih 1 jam

Hindari Bau Tidak Sedap pada Sepatu Setelah Dicuci

Masih bau juga sepatunya, padahal baru saja selesai dicuci? Mungkin kalian salah pakai sabun colek untuk mencuci sepatunya atau sikat yang digunakan memang tidak bersih. Tenang, jangan langsung panik, karena ada solusinya:

  1. Ambil sisa koran bekas yang ada di rumah kalian lalu bungkus sepatu sampai rapat
  2. Taruh sepatu di tempat yang dingin
  3. Diamkan minimalnya selama 1 jam
  4. Ulangi langkah nomor 1 setiap kali kalian selesai mencuci sepatu
  5. Pastikan kondisi sepatu sudah benar-benar kering sebelum dibungkus dengan koran bekas

So easy, tunggu apalagi? Segera praktekan di rumah kalian masing-masing ya. Karena pada pertemuan berikutnya kita akan membahas cara agar spotify tidak acak. See ya!

 

Related posts