Cara Agar Kacamata Tidak Berembun Paling Aman

Cara Agar Kacamata Tidak Berembun
Cara Agar Kacamata Tidak Berembun

Masih belum banyak yang tahu bagaimana cara agar kacamata tidak berembun, terutama saat menggunakan masker saat keluar ruangan. Ya, embun di kacamata ini terbentuk dari kondensasi yang terjadi ketika nafas hangatmu bersentuhan dengan lensa kacamata dalam suhu dingin.

Embun ini tidak akan cepat hilang dari lensa, bahkan akan kembali dengan mudah. Jika kamu penasaran dengan bagaimana cara agar kacamata tidak berembun, begini selengkapnya!

Cara Agar Kacamata Tidak Berembun

Cara Agar Kacamata Tidak Berembun
Cara Agar Kacamata Tidak Berembun

Seperti sudah kami singgung pada awal artikel ini bahwa embun di kacamata akan muncul dengan sendirinya, meskipun kamu sudah menghilangkannya. Ya, wajar saja sebab kamu berada di luar ruangan yang bersuhu rendah. Namun jika kamu sudah geram, begini cara pencegahannya!

  1. Pakailah Semprotan Anti Fog

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunakan semprotan anti fog. Semprotan inilah yang nantinya akan melapisi lensa kacamatamu memakai film tembus pandang dengan tujuan agar tidak terbentu embun.

Uniknya lagi, semprotan ini bisa kamu gunakan untuk menyemprot lensa, kacamata renang, hingga masker selam, lho.

  1. Pakailah Klip Hidung

Ketika kamu menggunakan masker, maka carilah masker yang mempunyai kawat atau klip di bagian hidungnya. Dengan masker yang seperti ini, tentu kamu akan dapat mengencangkannya sesuai bentuk hidung sehingga masker menempel sempurna tanpa ada celah yang menimbulkan nafas panas sehingga berembun.

  1. Selipkan Masker

Adapun cara yang lebih mudah agar kacamatamu tidak berembun, yaitu kamu harus memastikan bahwa kacamatamu jauh di bawah hidung. Hal ini bertujuan agar udara mampu mengalir lancar di antara lesa dengan kacamata. Atau, kamu juga bisa memposisikan kacamata di atas masker.

  1. Pakai Busa Atau Krim Cukur Busa

Cara selanjutnya adalah kamu gunakan busa atau krim cukur busa. Hal ini sangat mudah untuk dilakukan, karena kamu cukup meletakkan setetes krim cukur di bagian lensa dan diamkan sampai mongering lalu bersihkan menggunakan kain lembut.

  1. Pakailah Tisu Anti Fog

Anti fog tidak hanya tersedia dalam bentuk semprotan saja, tetapi juga bisa dalam bentuk tisu yang jaub lebih praktis dan mudah untuk mencegah kacamatamu jadi berembun. Tisu anti fog ini juga bisa kamu bawa ke mana saja sehingga sangat praktis.

Sejumlah produk dapat kamu temukan dalam bentuk sekali pakai. Namun, ada yang bisa berupa kain microfiber yang berlapis dan bisa dipakai beberapa kali.

  1. Manfaatkan Selotip Atau Plester

Solusi agar kacamatamu tidak berembun selanjutnya adalah menggunakan selotip khusu agar maskermu tidak bergeser dari tempatnya dan tetap pastikan selotipnya aman di kulit wajahmu.

Caranya cukup mudah, yaitu kamu tempelkan selotip di bagian tepi atas masker. Jika kamu mendapati alergi, maka carilah merek lainnya atau coba cara lain.

  1. Cuci Kacamata Dengan Air Sabun

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan adalah menyemprot kacamata dengan menggunakan deterjen atau sabun cair yang bisa dikeringkan. Apabila kamu tidak terburu-buru, maka kamu bisa keringkan saa di udara. Tapi jika sebaliknya, maka tepuk-tepuk permukaannya secara lembut dengan menggunakan kain yang halus.

Nah, itulah penjelasan singkat terkait bagaimana cara agar kacamata tidak berembun yang bisa kamu praktekkan dengan mudah. Lakukan semua cara yang kami berikan di atas dengan baik dan lembut agar lensa kacamatamu tidak rusak atau lecet, ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Related posts