Cara Coating Teflon Sendiri

Perbaiki material wajan di rumah dengan cara coating teflon sendiri. Bikin perabotan di dapur kembali cemerlang seperti ketika pertama kali membelinya dari toko. Selama bagian bawah dari wajannya tidak berlubang. Kamu bisa gunakan trik-trik khusus untuk membuat peralatan dapur jadi lebih tahan lama. Kurangi pembuangan limbah rumah tangga. Proteksi keuangan.

Coating sendiri dapat didefinisikan sebagai suatu teknik mudah yang sering digunakan dalam keadaan normal untuk melapisi suatu peralatan. Metode ini, kerap dikaitkan dengan peralatan dapur seperti halnya teflon atau wajan. Adapun bahan dasar pelapisan yang paling umum bisa kamu temukan di berbagai produk tersebut, yaitu PTFE atau Polytetrafluorethylene. Marmer.

Lapisan lainnya, yang sering digunakan untuk mendesain wajan anti lengket tidak lain adalah marmer. Sering juga dikenal dengan keramik marble. Tampak lebih kokoh dan biasanya nih, bobotnya sedikit lebih berat dari yang alumunium. Selain itu, dari segi harga di pasaran juga jauh lebih mahal. Mudah dibersihkan. Kalian bisa lebih menghemat minyak goreng pastinya.

Cara Coating Teflon Sendiri

Cara Coating Teflon Sendiri
Cara Coating Teflon Sendiri

Cara Coating Teflon Sendiri di Rumah

Noda yang menempel di bagian bawah teflon dengan bahan dasar stainless steel, sudah tidak perlu kalian ragukan lagi tingkat kesulitan untuk membersihkannya. Apalagi, kalau memasak dalam jangka waktu yang lama. Belum lagi nih, kamu malas untuk menggosok-gosok teflon dengan kawat khusus untuk cuci piring. Ditambah, dibiarkan begitu saja lebih dari 1 tahun.

Cara coating teflon sendiri di rumah dapat menjadi solusi terbaik untuk kalian bisa merasakan memiliki wajan seperti baru kembali. Tidak hanya mengembalikan warna putih di wajan pada alasnya saja. Ada teknik khusus agar bagian alumunium yang menipis dapat ditutupi dengan pelapisan mandiri. Bahan-bahan membersihkannya, berasal dari alam. So, ramah lingkungan.

  1. Proses seasoning diawali dengan mencuci bersih wajan berbahan baja yang kalian miliki
  2. Lanjutkan pembakaran wajan dengan menggunakan kompor gas di rumah
  3. Perhatikan warna baja sampai menghitam kecoklatan secara merata. Kemudian, kalian putar-putar wajannya sesuai bagian yang masih terlihat belum berwarna hitam
  4. Setelah itu, matikan kompor. Lalu, siram wajan dengan air bersih
  5. Lakukan pemanggangan ulang sambil menghilangkan sisa-sisa air yang masih menempel di wajan
  6. Pastikan panas pada wajannya merata
  7. Masukkan minyak goreng secukupnya ke dalam wajan tersebut, dan diratakan ke seluruh bagian dalam wajan (perataan bisa menggunakan bantuan alat spatula)
  8. Tiriskan minyak goreng yang digunakan pada proses no.7. Kemudian, tambahkan kembali sedikit minyak ke dalam wajan
  9. Mulai goreng bawang Bombay atau jenis bawang lainnya. Fungsinya, agar wajan bagian permukaan dalamnya lebih licin. Diamkan sampai bawangnya sedikit gosong
  10. Berikutnya, wajan dicuci sebelum digunakan untuk memasak masakan lainnya
  11. Proses seasoning telah selesai.
Terkait:  Cara Membersihkan Injektor Mobil

Praktis lagi, kalian dapat membeli cairan berbahan kimia untuk proses coating melalui toko di Tokopedia. Mulai dari kisaran harga Rp 15.999 sampai dengan Rp 48.000. Caranya sangat mudah. Cukup kamu oles-oles saja ke bagian permukaan teflon atau wajan yang akan dilapisi supaya tidak mudah lengket kembali. Diamkan sampai cairannya mengering, kemudian bilas.

Jenis coating telfon untuk peralatan dapur ini, sebenarnya tidak hanya terdiri dari satu macam PTFE saja. Ada keramik, enamel, silikon, seasoning, dan lain sebagainya. Namun, dari sekian banyak teknik yang tersedia. Kebanyakan, masyarakat menerapkan model seasoning coating. Selain lebih mudah untuk dipraktekan. Bahan-bahan yang digunakan juga terbilang murah.

Cara Coating Teflon Sendiri yang Benar

Setelah mengetahui salah satu proses coating yang paling mudah dan sering digunakan oleh masyarakat. Kini, kita beralih ke penjelasan dari masing-masing jenis pelapisan yang tersedia. Kalian bisa tentukan sendiri, mana pelapisan terbaik yang sekiranya cocok digunakan. Selain itu, kamu juga perlu cari yang lebih aman dari bahan-bahan kimia berbahaya. Simak disini!

Cara coating teflon sendiri yang benar, bisa kalian coba instruksi selengkapnya di atas. Buat kamu yang penasaran dengan perbedaan dari masing-masing jenis coating. Kalian langsung saja simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut:

1. Enamel Coating

Enamel sendiri merupakan salah satu bahan modern yang sering dipakai untuk perlengkapan rumah tang. Salah satunya, ya ada di wajan atau teflon. Alat masak ini, umumnya mrmiliki ketahanan terhadap panas yang jauh lebih baik daripada stainless steel. Selain itu, body teflon juga cenderung kuat. Desain anti lengket, serta tampilan yang cantik menambah daya tarik.

Bisa dikatakan, model pelapisan satu ini termasuk ke dalam generasi terbaru yang sedang hits digunakan oleh publik. Selain kamu dapat temukan di peralatan dapur seperti teflon. Alat-alat untuk memasak seperti grill pan, saucepan, roaster, serta masih banyak lagi.

Terkait:  Cara Membersihkan Lensa Kamera Hp

2. Keramik Coating

Lanjut lagi ke teknik pelapisan berikutnya, ada keramik coating. Nah, yang ini nih sedang populer di kalangan para pembuat konten masakan. Kebanyakan dari para conten creator itu lebih menonjolkan tampilan peralatan yang tampak cantik. Terlebih, usut punya usut katanya keramik jauh lebih aman dibandingkan dengan PTFE. Sehingga, saat memasak hasilnya sehat.

Tidak ada zat kimia dari coating yang ikut menempel ke masakan yang dipanaskan di atas teflon tersebut. Sayangnya, untuk bobot dari keramik memang terbilang jauh lebih berat dari material lainnya. Tetapi, sudah pasti lebih ramah lingkungan. Kelemahannya sendiri, yaitu mudah pecah, retak, ataupun gompil. Oleh sebab itu, meletakkannya harus hati-hati dan aman.

3. Silikon Coating

Kalau silikon coating sudah terkenal akan bahannya yang anti lengket dan fleksibel. Kalian pasti tanpa sadar sering menggunakannya untuk keperluan memanggang kue, ataupun masak. Namun, disarankan agar tidak terlalu sering memakainya. Sebab, dikhawatirkan akan mudah melebur ke hasil masakan bila dipanaskan terus menerus dalam suhu yang tinggi. Low quality.

Memiliki kualitas yang rendah, harga yang ditawarkan ke pasaran memang terbilang sangat murah. Sering disebut juga dengan silikon karet. Tahu kan, spatula untuk mengaduk adonan kue? Ya, tampilannya itu mirip seperti plastik. Bila diregangkan dengan jari-jari tangan kamu dan terlihat adanya perubahan warna. Artinya, alat tersebut campuran dari silikon dan plastik.

4. Superhydrophobic Coating

Teknologi mutakhir paling pas untuk diterapkan dalam peralatan dapur, superhydrophobic. Bahan tersebut, dapat membuat teflon atau wajan kalian jadi anti lengket. Saking licinnya nih, kamu bisa uji coba dengan meneteskan air pada bagian permukaan dalam teflonnya. Setelah itu, akan terlihat air yang meluncur jatuh. Sebab, alasnya dirancang dengan kemiringan.

Terkait:  Cara Membersihkan AC Mobil

Besar kemiringan yang biasa digunakan, kurang lebih sekitar 5 derajat. Dimana, coating satu ini memanfaatkan teknologi laser melalui ukiran pola berbentuk mikroskopis di bagian alas pada wajan. Sedangkan untuk teflon, kemiringinnya dapat mencapai 70 derajat. Angka inilah, yang nantinya bisa membuat air bergulir turun dengan mudah.

5. Anodized Alumunium Coating

Pelapisan Anodized alumunium menciptakan suatu permukaan berbahan alumunium tanpa adanya pori-pori yang nantinya akan bereaktif dengan bahan makanan yang dimasak. Selain itu, bahan tersebut tidak beracun dan tidak akan memberikan dampak buruk ke kesehatan. Kelemahannya, saat permukaan tergores. Maka, otomatis membawa efek negatif ke tubuh.

Sekian penjelasan cara coating teflon sendiri. Kalian bisa pilih coating mana yang cocok di kebutuhan harianmu. See you on the next topics. Have a nice days, and bye bye!

Related posts