Cara Membersihkan Injektor Mobil

Bagi pengguna mobil, penting sekali mengetahui cara membersihkan injektor mobil. Hal ini dikarenakan injektor mobil termasuk komponen yang memiliki fungsi vital. Komponen ini terletak pada mesin injeksi dan berfungsi mengabutkan bahan bakar ke ruangan silinder. Kehadiran injektor sangat berperan penting bagi performa mobil, khususnya bagi mobil dengan sistem EFI.

Kita harus tahu bahwa prinsip kerja sistem injeksi  atau EFI tak pernah terlepas dari Electronic Control Unit. Dimana sistem ECU ini termasuk bagian terpenting bagi sebuah mobil. Biasanya cara kerja EFI atau sistem injeksi ini terbagi ke dalam 3 bagian utama diantaranya sistem induksi udara, sistem kontrol elektronik dan pengiriman bahan bakar mobil.

Biasanya ECU (Electronic Control Unit) memiliki fungsi pengontrol campuran bahan bakar untuk mobil. Selain itu, fungsi ECU ini juga mempengaruhi jumlah bahan bakar kendaraan yang wajib disuntikkan pada mesin kendaraan.

Fungsi lainnya dari ECU untuk mengetahui waktu pemberian udara serta rasio pada mesin. Biasanya proses tersebut disebut juga dengan durasi injeksi. Di samping itu, ECU juga bisa mengontrol waktu pada pengapian mesin dan lainnya.

Saat ini sudah banyak produk mobil menggunakan sistem injektor. Karena bisa menghasilkan performa atau tenaga yang baik sekaligus bersih jika dibandingkan mobil dengan sistem karburator. Menariknya lagi, sistem injektor mobil bisa lebih mudah dihidupkan sebab sistem ini menyemburkan kabut bahan bakar. Kabut tersebut berbentuk kabut halus untuk disalurkan ke ruang pembakaran.

Bagaimana Jika Kondisi Injektor Kotor?

Kondisi injektor mobil yang kotor atau bermasalah pastinya akan menyebabkan turunnya performa mesin. Misalnya saja kondisi injektor mobil tersumbat, bisa membuat akselerasi mesin pada mobil berkurang. Selain itu, membuat mesin m0bilmu bermasalah.

Terkait:  Cara Membersihkan iCloud yang Penuh

Injektor yang tersumbat dan kotor bisa membuat RPM mobil tak dapat bertambah hingga 3000 RPM lebih. Di samping itu, kondisi injektor kotor juga membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros jika dibandingkan kondisi yang biasanya.

Kondisi tersebut juga bisa mengakibatkan hasil pengabutan menjadi tidak baik, dan pola penyemprotan menjadi tidak seragam. Akibat yang merugikan lainnya ialah dapat membuat semprotan melemah sampai tertutup, dampaknya bahan bakar akan menetes terus menerus. Sehingga untuk memecahkan masalah tersebut, kondisi injektor pada mobil harus diperhatikan dengan baik.

Maka dari itu, Kamu perlu membesihkan injektor secara rutin. Dalam membersihkan injektor sendiri, Kamu harus membawa mobilmu ke bengkel mobil. Pastikan memilih bengkel resmi supaya bisa langsung dibersihkan oleh mekanik profesional dan pembersihan biasanya dilakukan memakai peralatan canggih. Akan tetapi jika tak mempunyai banyak waktu atau biaya untuk pergi ke bengkel mobil, Kamu bisa mencoba membersihkan injektor mobil sendiri.

Cara Membersihkan Injektor Mobil

Cara Membersihkan Injektor Mobil
Membersihkan Injektor Mobil

Panduan Membersihkan Injektor Mobil

Ada beberapa tahapan cara membersihkan injektor mobil yang dapat Kamu ikuti, dengan langkah-langkah berikut ini :

1. Bersihkan Saringan Bahan Bakar

Adapun hal yang harus dilakukan sebelum Kamu membersihkan komponen injektor mobil ialah dengan membersihkan saringan bahan bakar atau fuel filter terlebih dahulu. Komponen ini penting sekali dibersihkan karena proses pembersihan komponen injektor bisa sia-sia apabila fuel filter tak dibersihkan. Sebab kotoran yang terdapat pada fuel dapat memasuki ruang injektor kembali.

2. Bersihkan Komponen Injektor

Sesudah fuel filter bersih, Kamu dapat memulai membersihkan injektor. Langkah pertama membesihkan injektor yaitu dengan cara menyalakan mobilmu. Lalu buka bagian sekring injektor agar arus listrik terputus menuju fuel pump bensin.

3. Menunggu Mesin Mati

Cara membersihkan injektor mobil berikutnya ialah matikan mesin mobil lewat kunci kontak kemudian lepaskan terminal di sisi negatif aki. Kamu harus perhatikan saat proses pelepasan aki, sebab Kamu membutuhkan penyettingan ulang di beberapa komponen mobil.

Terkait:  Cara Menghilangkan Baret Mobil Yang Dalam

4. Membuka Pipa Selang Bensin

Sesudah itu, Kamu dapat membuka pipa pada selang bensin di dekat injektor. Pembukaan injektor sangat tergantung pada konstruksi mesin mobil yang kamu miliki.

Ini dikarenakan setiap kendaraan mempunyai konstruksi mesin berbeda, mulai dari yang gampang dilepas sampai yang sulit dilepaskan.

5. Membuka Delivery Pipe Secara Hati-Hati

Cara membersihkan injekstor mobil berikutnya, ketika pembukaan injektor lewat delivery pipe, maka ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Kamu harus berhati-hati ketika proses ini berlangsung, tujuannya supaya seal injektor tidak putus, tidak rusak atau cacat. Apabila seal injektormu mengalami kerusakan, maka sebaiknya Kamu ganti memakai komponen baru.

6. Membuka Seal Injector

Apabila injektor mobil telah terlepas, Kamu dapat melakukan langkah berikutnya. Silahkan buka bagian seal injector, lalu pastikan komponen ini dalam kondisi baik. Biasanya proses pembukaan injektor ini dibutuhkan supaya cairan pembersih pada injektor tak mengenai atau merusak komponen seal injektor.

7. Membersihkan Injector Bagian Luar

Langkah cara membersihkan injektor mobil berikutnya, Kamu bisa membersihkan luar injektor mobil. Silahkan gunakan pembersih khusus untuk injektor atau biasa disebut sebagai injector cleaner. Pembersihan dimulai dari bagian ujung pada konektor mobil, ini adalah bagian terpenting yang seringkali dijadikan sebagai tempat menempelnya karbon-karbon.

8. Memasang Adaptor

Lalu Kamu dapat memasang adaptor di mobil, Kamu bisa merangkai adaptor sendiri atau membelinya. Jangan lupa pula untuk mempersiapkan aki berdaya 12 volt dan pasangkan komponen injector cleaner. Kemudian pasangkan salah satu saja kabel yang terdapat di bagian negatif aki ke salah satu bagian terminal injektor. Setelah itu, pasang kabel yang lainnya ke dalam terminal injektor yang lain.

9. Melapisi Soket Kabel

Cara membersihkan injektor mobil berikutnya ialah melapisi soket kabel. Dalam injektor mobil EFI umumnya terdapat 2 terminal, diantaranya terminal positif dan negatif. Ketika Kamu memasang soket di 2 terminal injektor, jangan lupa melapisi soket menggunakan isolasi.

Terkait:  Cara Membersihkan Mesin Mobil

Adapun tujuannya ialah untuk mencegah korsleting sebab posisi pada kedua terminal sedikit berdekatan. Karena itu sangat disarankan memakai soket khusus untuk menghubungkan kabel injektor pada mobil.

10. Pastikan Adaptor Harus Terpasang Kuat

Selanjutnya tekan bagian injector cleaner hingga cairan pencuci bertekanan dan terisi ke adaptor injektor. Periksa kembali dan pastikan adaptor sudah benar-benar diklem agar tak mudah terlepas.

Kamu juga perlu berhati-hati supaya cairan pembersih yang dipakai tidak sampai mengenai matamu. Sangat dianjurkan untuk memakai alat pengaman, misalnya seperti kacamata dan sarung tangan ketika proses pembersihan berlangsung.

11. Memutuskan Salah Satu Kabel

Cara membersihkan injektor mobil berikutnya ialah jika cairan pencuci injektor mulai memasuki adaptor, maka selanjutnya Kamu dapat memutuskan 1 kabel di dalam injektor. Lebih tepatnya pada bagian terminal aki positif. Kamu dapat memakai saklar agar kabel terputus. Sesudah itu, pembersihan bagian lubang kecil di dalam injektor bisa dimulai.

12. Melihat Hasil Cleaner

Semprotan injector cleaner biasanya akan keluar ketika Kamu menghubungkan bagian kabel positif pada injektor ke dalam terminal aki positif. Kamu harus memperhatikan proses keluar cairan pembersih apakah tampak terlihat lembut, ataukah tidak. Paling tidak, untuk membersihkan seluruh bagian injektor, Kamu harus mempersiapkan setidaknya 1-2 botol cairan pembersih.

13. Memasang Injektor Kembali

Jika Kamu sudah memastikan kondisi pada injektor benar-benar bersih, Kamu tinggal memasangkan injektor kembali berikut seal injector-nya ke tempat asalnya. Silahkan perhatikan pemasangan, Kamu harus melakukannya secara hati-hati supaya tidak ada kerusakan pada komponennya.

Kamu bisa memasang injektor di dalma fuel delivery pipe lalu pasang pula komponen lainnya. Selanjutnya tinggal coba kendaraanmu untuk memastikan bagaimana perbedaannya.

Sebelum melakukan cara membersihkan injektor mobil di atas, sebaiknya lakukan pencegahan supaya kondisi injektor mobil tidak kotor. Namun lebih efektifnya agar mencegah injektor tidak kotor ialah dengan cara memakai bahan bakar kendaraan yang sesuai untuk mobilmu.

 

 

 

Related posts