Cara Flash Hp Samsung

Pecinta drama korea, pasti tidak ketinggalan dengan merek smartphone yang seringkali kamu temukan di setiap episodenya. Apalagi, kalau bukan Samsung. Selain beredar luas di pasaran teknologi Korea Selatan. Brand satu ini juga telah berkembang di seluruh negara Asia bahkan dunia. Namanya juga alat, terkadang ada kendala yang muncul. Begini cara flash hp Samsung.

Sebelum itu, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu keunggulan yang dimiliki oleh produk-produk keluaran dari perusahaan Samsung. Terutama untuk kategori HP Androidnya. Melalui Samsung, kamu sudah memiliki ponsel dalam tingkatan flagship. Itu artinya, kualitas dari produknya sudah terbukti unggul. Kemudian, kualitas gambar yang dihasilkannya juga bagus.

Fungsi Flash HP Samsung

Mesin yang tertanam di dalam HP Android merek Samsung, telah berkali-kali dilakukan tes atau pengecekan produk terlebih dahulu. Barulah, setelah itu produk akan disebarluaskan ke pasaran. Hanya saja, i keawetan produk tergantung dari cara penggunaan pemiliknya. Hal ini, membuat cara flash HP Samsung terkadang dilakukan oleh masyarakat. Ini dia tujuannya!

Fungsi dari flash HP Samsung, yaitu untuk melakukan pemasangan ulang pada ROM, OS, atau software yang mengalami kendala. Hal ini, membuat ponsel akan kehilangan seluruh file yang sebelumnya telah kalian simpan di dalam memori internal. Singkatnya, kondisi ponsel akan kembali persis ketika kamu pertama kali melakukan pembelian produk. Mode default.

  Cara Flash Hp Samsung

Cara Flash Hp Samsung
Cara Flash Hp Samsung

Cara Flash HP Samsung J2 Prime

Proses recovery yang berlangsung, membuat kondisi HP yang telah kalian custom kembali ke pengaturan pabrik. Oleh sebab itu, disarankan, untuk secara rutin melakukan backup data via Google Drive. Cara lainnya, kamu juga dapat memindahkan data-data tersebut ke perangkat lain. Contoh: PC,hard disk, dan lain sebagainya. Pastikan file penting tersimpan dengan aman.

Terkait:  Cara Membersihkan Interior Mobil

Cara flash HP Samsung J2 Prime, untuk kamu para pemula pengguna metode flashing di HP. Instruksi yang akan diberikan, tingkat kerumitannya tergantung dari kalian masing-masing. Tetapi sebelumnya, berdasarkan penjelasan dari bsn.or.id. Sebelum praktekan caranya, user harus mempersiapkan beberapa peralatan tambahannya terlebih dahulu. Simak disini:

  • Perangkat laptop/PC yang menggunakan OS Windows (8 atau 10)
  • Gunakan kabel USB asli (bawaan dari HP Samsung J2 Prime)
  • Pastikan baterai ponsel, minimalnya terisi di angka 50% ke atas
  • Unduh USB Driver Samsung
  • Unduh Repair Firmware Samsung J2 Prime SM G532G Marshmallow
  • Unduh software ODIN flash tool paling terbaru

Flash HP Samsung J2 Prime Menggunakan PC

Setelah kalian berhasil mempersiapkan segala kebutuhan peralatan yang telah disebutkan di atas. Kali ini, kita akan beralih ke proses flashingnya secara teknis. Berikut penjelasan selengkapnya, dikutip dari channel Youtube Magelang Flasher:

  1. Install “USB Driver Samsung” terlebih dahulu
  2. Lakukan “Ekstrak File Firmware Samsung J2 Prime”. Caranya, klik kanan pada mouse > pilih “Extract File”
  3. Setelah berhasil menjadi 1 folder, lanjutkan dengan buka folder “ODIN”
  4. Sediakan sambungan” Kabel Mikro USB” untuk menyambungkan HP ke laptop
  5. Matikan ponsel > lepas baterai, lalu pasangkan kembali ke HP
  6. Tekan kombinasi tombol “(Power+Home+volume bawah)” dalam waktu yang bersamaan, agar masuk ke “Mode Download”
  7. Muncul tampilan “Warning” berwarna biru, lalu kalian dapat melepaskan menekan ketiga tombol tersebut
  8. Tekan volume atas untuk masuk ke tampilan “Downloading” > pasangkan “Kabel USB”
  9. Jalankan “ODIN”, dengan double-click pada file exe > OK
  10. Input 3 file Firmware sesuai dengan arahan dimana kalian ekstrak file Firmwarenya
  11. Setelah berhasil input “File AP, CP, dan CSC” pada kolom yang tersedia di Odin
  12. Pilih tombol “Start” > perhatikan indikator berwarna hijau sampai full
  13. Ponsel, otomatis akan mengalami “Restart > proses erasing file berjalan
  14. Muncul “Logo Samsung J2 Prime”, tunggu beberapa saat
  15. Terlihat tampilan “Selamat Datang” pada layar HP.
Terkait:  Cara Aplikasi Ganda di Samsung

HP Samsung J2 Prime yang telah berhasil dilakukan flashing menggunakan tahapan-tahapan di atas. Memiliki permasalahan bootloop. Apabila kalian menemukan masalah yang lain, bisa langsung saja lakukan pengecekan melalui bantuan counter HP. Tanyakan ke ahlinya!

Cara Flash HP Samsung J2 Prime Manual

Kalian yang mengalami kendala HP pada series J2 Prime yang dimiliki. Setelah melakukan proses flashing. Inilah yang akan terjadi pada ponselmu:

  • Kondisi bootloop atau dapat diartikan ketika HP hanya memperlihatkan logo saja. Seketika, akan beroperasi seperti sedia kala
  • Performa menjadi lebih stabil dan kencang
  • Permasalahan lemot, lag, atau bahkan error. Semuanya, langsung bersih
  • Kembalikan ponsel ke pengaturan pabrikan.

Cara flash HP Samsung J2 Prime manual, pastinya selalu menggunakan bantuan dari tools file ODIN. Sedangkan untuk tahapannya sendiri, dapat kalian simak penjelasan selengkapnya di atas. Tapi, tahukah kamu? Ternyata masih ada cara lainnya yang bisa dipraktekan untuk melakukan flashing tanpa bantuan dari perangkat PC/laptop.

Flash HP Samsung J2 Prime Melalui ROM

Instruksi yang akan diberikan kali ini, kalian tidak perlu pusing menyediakan peralatan pihak ke-3 seperti PC/laptop. Kamu hanya membutuhkan ponsel J2 Prime saja. Berikut ini adalah proses pengerjaan untuk melakukan flashingnya:

  1. Unduh dan install “Firmware atau ROM” yang telah di-custom pada memory card
  2. Lakukan penyimpanan pada direktori dalam format zip ataupun rar
  3. Matikan ponsel, dan kondisi baterai harus terisi minimalnya 70%
  4. Press button “Home+Volume Bawah+Home” dalam satu waktu agar terhubung ke “Mode Recovery
  5. Mulai “Factory Reset” dengan cara “Wipe File” > ketuk “Yes”
  6. Back to home (beranda) > klik “Install Zip from SD Card” > temukan “File Firmware”
  7. Pilih tombol “Yes” untuk mengawali cara flash HP Samsung
  8. Diamkan beberapa saat, sampai proses reboot selesai
  9. Ikuti perintah yang muncul pada layar HP, untuk menyelesaikan proses flashing.
Terkait:  Cara Clear Cache Samsung

Kekurangan Flashing HP Samsung

Berikut ini, adalah beberapa kekurangan yang umumnya akan dirasakan oleh pemilik HP Android setelah proses flashing. Apa sajakah itu? Simak selengkap di bawah ini:

1. Garansi Ponsel Hilang

Flashing HP Android, memang membuat kondisi ponsel kembali terlihat baik. Bahkan, ada yang merasakan perangkatnya jauh lebih aman dari virus atau malware setelahnya. Akan tetapi, tidak semuanya berjalan sesuai rencana. Salah satu konsekuensi yang harus kalian hadapi, yaitu kehilangan garansi. Hal tersebut, dikarenakan adanya install Firmware pada HP.

2. Mengalami Bootloop

Apabila selama proses flashing berlangsung, ada kesalahan step yang kamu lakukan. Maka, secara otomatis HP akan mengalami bootloop. Dimana, ponsel hanya mampu menampilkan logo resmi dari Androidnya saja. Tidak mampu masuk ke halaman beranda ataupun berjalan seperti normalnya. Bahkan, ada juga yang menyebabkan HP menjadi mati total.

3. Kehilangan Semua Media dan Aplikasi

Karena proses flashing sama saja menghilangkan seluruh data yang tersimpan di dalam HP kalian. Otomatis, data yang kamu simpan dalam bentuk foto, video, dokumen, dan lain sebagainya tersebut akan terhapus seketika. Tidak dapat dilakukan restore, atau pemulihan data agar dapat muncul kembali. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan backup sebelum flashing.

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara flash hp Samsung. Mulai dari menggunakan device tambahan seperti PC, atau lakukan manual (non-PC). Kalian juga dapat menemukan kelebihan maupun kekurangan dari proses flashing tersebut. See you on the next topics. Have a nice days, and bye bye…

 

 

 

Related posts