Cara Melacak Hp yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Kehilangan ponsel merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari, entah itu hilang karena terjatuh, hilang dicuri orang, atau yang lainnya. Untungnya, perangkat-perangkat pintar saat ini sudah dibekali fitur-fitur yang super canggih. Mulai dari fitur GPS hingga aplikasi untuk melacak hp yang hilang. Cek cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati!

Lantas, bisakah kita menemukan cara melacak hp hilang dalam keadaan mati? Apakah dijamin ponsel tersebut bisa kembali? Tentu tidak menjamin sampai 100%. Namun peluang untuk kembali juga bisa lebih besar, apalagi jika kalian telah menempuh langkah antisipasi sebelumnya. Kalian bisa melacak hp yang hilang dengan GPS, atau melalui fitur Find My Device.

Read More

Bahkan saat ini sudah banyak ditemukan aplikasi-aplikasi pelacak hp yang bisa ditemukan di Google play Store android. Dengan kemudahan yang ditawarkan ini, tentu saja kalian memiliki harapan untuk bisa menemukan hp android yang hilang. Bagaimana, penasaran dengan cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati? Simak ulasannya!

Cara Melacak Hp yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara Melacak Hp yang Hilang Dalam Keadaan Mati
Melacak Hp yang Hilang dalam Keadaan Mati

1. Melacak Memakai Nomor Hp

Salah satu pilihan cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati adalah dengan menggunakan nomor hp. Maksudnya ialah, kalian akan meminta bantuan dari layanan Google maps yang disediakan oleh Google dan telah terintegrasi dengan akun Google kalian di hp yang hilang.

Google Maps adalah fitur navigasi canggih yang kerap diandalkan ketika melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang baru, atau saat mudik sekalipun. Jadi, aplikasi ini memang sudah akrab bagi pengguna smartphone. Lantas, bagaimana cara melacaknya? Simak tutorialnya :

  • Buka dan masuk Aplikasi Google Maps. Apabila kalian belum memiliki aplikasinya, silahkan download di Play Store dengan gratis.
  • Jika aplikasi Google Maps sudah terbuka, silahkan masuk ke dalam pilihan Options kemudian pilih Friend List.
  • Pada opsi Friend List, silahkan inputkan nomor HP.
  • Inputkan nomor hp kalian dengan benar, jangan ada yang terlewat. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pencarian.
  • Tekan nomor telepon yang telah tercatat, lalu tunggu beberapa lama.
  • Setelah itu, kalian akan ditampilkan informasi terkait lokasi terkini hp. Kalian juga dapat mengikuti rute tersebut sampai tiba ke lokasi keberadaan hp yang hilang.
Terkait:  Cara Melacak Hp Oppo yang Hilang Dalam Keadaan Mati

2. Melacak Hp yang Hilang Menggunakan Email

Siapa bilang pelacakan hp tidak bisa dilakukan via email? Nyatanya, email sangat membantu tidak hanya dalam hal komunikasi saja, tetapi juga untuk mengatasi hp yang hilang dalam keadaan mati. Pastikan akun email yang kalian gunakan sama seperti akun email di perangkat hp yang hilang.

Nah, dari email inilah kalian bisa melacak keberadaan hp. Menariknya, opsi pelacakan menggunakan email sangat mudah. Berikut langkah cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati :

  • Silahkan ketik akun email kalian yang juga sudah terdaftar di hp yang akan dilacak. Untuk mengaksesnya bisa masuk ke browser dengan membuka akun email disana. Pastikan untuk memakai perangkat laptop supaya lebih mudah.
  • Tekan berikutnya, ikuti langkah-langkahnya sesuai dengan instruksi.
  • Masukkkan password email dan tekan lagi berikutnya.
  • Jika sudah login, pilih ikon titik sembilan di sebelah kanan atas di layar perangkat.
  • Setelah itut, masuk ke Akun Google, gulir layar ke bawah.
  • Selanjutnya tekan temukan ponsel.
  • Pilih hp yang hilang dan tekan Temukan.
  • Kalian akan dialihkan ke dalam layanan Google Maps, setelah itu akan ditunjukkan lokasi keberadaan hp kalian.

Namun cara ini dapat dilakukan dengan memakai perangkat yang kapasitas daya baterainya masih penuh. Sebab proses cara melacak hp hilang dalam keadaan mati bisa menghabiskan daya baterai lebih besar di hp.

3. Menggunakan Layanan GPS

Cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati selanjutnya adalah menggunakan layanan GPS. Mengingat setiap perangkat smartphone biasanya telah didukung oleh teknologi GPS, jadi sangat tidak ada salahnya mencoba cara ini. Karena proses pelacakan hp yang hilang menggunakan layanan GPS biasanya lebih akurat.

Terkait:  Cara Melacak Handphone Oppo yang Hilang

Untuk pengguna android, dapat mencari hp dengan mudah memakai Find My Device. Namun sebelumnya, harus menginstal aplikasinya terlebih dahulu di Play Store. Menariknya lagi Find My Device dapat diakses lewat browser. Ini ulasan lengkapnya :

  • Setelah mengaktifkan aplikasi Find My Device di hp yang hilang. Kini bisa mengakses Find My Device melalui perangkat hp lain atau melalui web browser.
  • Silahkan masuk ke akun Gmail yang telah terpasang pada ponsel yang hilang.
  • Selanjutnya, kalian akan ditampilkan peta yang menunjukkan titik lokasi ponsel saat ini di layar handphone kalian.
  • Kunjungi langsung lokasi tersebut untuk menemukan ponselmu.
  • Jika ponsel dalam posisi mati, maka titik tersebut akan menunjukkan lokasi terakhir ponsel terdeteksi sebelum pada akhirnya handphone mati.

Melacak Hp yang Hilang Dengan Cara Lainnya

Saat berada di lokasi tempat hp yang hilang, atau kalian menemukan titik lokasi keberadaan hp. Bisa mengakses fitur ‘Putar Suara‘ agar ponsel yang hilang membunyikan suara. Jadi meskipun ponsel dalam keadaan senyap atau getar, jika kalian menekan tombol ‘Putar Suara‘, ponsel akan tetap menyala dengan sendirinya. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan opsi ‘Amankan Perangkat‘ dengan mengunci layar ponsel dari jarak jauh serta memberi pesan di layar ponsel.

Namun sebaiknya sematkan terlebih dahulu nomor telepon teman atau keluarga jika HP ditemukan orang lain, supaya orang tersebut bisa menghubungi. Atau bisa menghapus seluruh data di dalam ponsel jika tidak segera ditemukan dengan klik ‘Hapus Perangkat‘. Cara ini tentu saja dapat mencegah data di dalam HP disalahgunakan orang yang menemukannya. Setelah semua selesai maka klik ‘Hapus Perangkat‘, Kalian tidak akan bisa lagi melacak ponsel dengan Find My Device.

Terkait:  Cara Hemat Kuota

Langkah Antisipasi Hp Hilang

Unttuk mencegah hp android yang hilang sebenarnya patut dilakukan. Berikut langkah-langkah pencegahan dan antisipasi agar hp android tidak hilang :

  • Pastikan untuk selalu mengaktifkan location atau GPS di perangkat android.
  • Harus menginstal aplikasi pelacakan saat hp hilang maupun dicuri orang.
  • Memakai akun login di hp, lalu aktifkan sinkronisasi.
  • Pastikan mencadangkan semua data di smartphone android atau iphone ke Cloud.
  • Buat kata sandi yang rumit, tapi mudah diingat.
  • Berbagi lokasi bersama teman atau keluarga.

Langkah pencegahan di atas tentu saja lebih kepada pencegahan agar semua data-data yang ada di hp tidak dicuri. Karena sebenarnya, kita tidak benar-benar bisa mencegah kehilangan hp.

Kesimpulan

Dari beberapa kejadian yang sering kali terjadi pada saat handphone hilang yaitu dimatikan secara langsung oleh orang yang menemukan. Hal ini tentu saja tindakan yang tidak baik dilakukan karena handphone tersebut sebaiknya dikembalikan pada pemilik aslinya. Namun sebaliknya, handphone yang ditemukan jarang sekali kembali pada sang pemilik lantaran keburu dijual oleh sang penemu.

Memang kita tidak bisa menyalahkan 100 persen si penemu ya sobat! Karena mereka sendiri tidak mencuri atau bahkan tidak mengambil secara paksa pada orang tersebut. Mereka menemukan handphone juga secara tidak sengaja. Jadi ya memang serba salah sih, jika penemunya orang baik bisa saja handphone kalian kembali. Namun jika penemunya bukan orang baik, pakai saja ya langkah yang sudah dijelaskan diatas siapa tau dapat membantu.

Cara melacak HP yang Hilang dalam keadaan mati memang lebih sulit dibandingkan dengan handphone yang masih dalam posisi hidup. Tapi jangan pernah putus asa. Gunakan saja trik yang sudah ada, karena kemungkinan besar handphone kalian akan segera kembali.

Related posts