[Updated] Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Kartu SD Tidak Terbaca
Cara Memperbaiki Kartu SD Tidak Terbaca

Kartu SD tiba-tiba saja tidak terbaca? Ya, kerusakan pada kartu SD biasanya terjadi akibat beberapa faktor, seperti virus pada aplikasi, memasang dan melepas kartu SD dalam kondisi perangkat menyala, serta sering memegang komponen lempengan emas kartu SD. Lantas, bagaimana cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca?

Cara Memperbaiki Kartu SD Yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Kartu SD Tidak Terbaca
Cara Memperbaiki Kartu SD Tidak Terbaca

Ketika kartu SD tidak terbaca, maka dapat menyebabkan kepanikan yang luar biasa karena bisa membuat kehilangan data-data penting dan berharga. Namun kamu masih bisa mengatasinya dengan beberapa metode di bawah ini :

1. Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca dengan Cek Kondisi Fisik SD Card

Coba cek kondisi fisik kartu SD terlebih dahulu. Pastikan kartu SD tidak terlipat, rusak, atau kotor karena sempat terjatuh pada tanah yang berdebu. Bersihkan kontak logam pada kartu SD dengan lembut menggunakan kain bersih atau kapas yang sedikit dibasahi dengan menggunakan alkohol isopropil. Setelah membersihkan kontak, biarkan kartu SD kering sepenuhnya sebelum memasangnya kembali ke perangkat untuk mengeceknya.

2. Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca dengan Mencobanya lewat Perangkat Lain

Jika kartu SD tidak terbaca pada perangkat pertama, coba pasang kartu SD ke perangkat lain. Mungkin pada saat memasangnya, ada masalah dengan slot kartu SD pada perangkat awal yang menyebabkan ketidakmampuan membaca kartu. Namun apabila kartu SD dapat terbaca di perangkat lain, maka masalahnya kemungkinan besar ada pada perangkat awal dan bukan pada kartu SD itu sendiri.

3. Gunakan Pembaca Kartu Eksternal

Tapi bagaimana jika kartu SD tidak terbaca pada perangkat manapun? Kamu bisa pertimbangkan untuk menggunakan pembaca kartu eksternal yang bisa dengan mudah mengidentifikasi kartu SD tersebut. Caranya cukup sambungkan pembaca kartu ke komputer atau laptop melalui port USB, setelah itu masukkan kartu SD ke dalam pembaca kartu dan lihat apakah komputer dapat membaca kartu SD atau sebaliknya.

Apabila berhasil, silakan segera salin data yang ada pada kartu SD ke komputer dan pastikan untuk memformat ulang kartu SD sebelum menggunakannya kembali di masa yang akan datang.

4. Pakai Perangkat Lunak Pemulihan Data

Lantas, apabila kartu SD tidak terbaca di perangkat lain atau pembaca kartu eksternal dengan baik, kamu dapat mencoba menggunakan perangkat lunak pemulihan data. Ada cukup banyak perangkat lunak yang tersedia secara online yang dirancang khusus untuk memulihkan data dari kartu SD yang rusak atau tidak terbaca sama sekali.

Mulailah dengan memilih kemudian unduh dan pasang perangkat lunak pemulihan data yang terpercaya, lalu ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulihkan data dari kartu SD yang bermasalah.

5. Ganti Kartu SD Baru

Sudah mencoba cara memperbaiki kartu SD tidak terbaca di atas, tapi masih gagal? Mmaka kemungkinan besar kartu SD mengalami kerusakan fisik yang tidak dapat diperbaiki lagi. Dalam kasus seperti ini, satu-satunya opsi yang tersisa adalah mengganti kartu SD dengan yang baru dan merelakan data-data yang sudah tersimpan pada kartu SD lama.

Pastikan membeli kartu SD dari produsen yang terpercaya dan menyimpan data yang berharga dengan sangat aman. Pilihlah kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan pastikan juga kartu SD tersebut kompatibel dengan perangkat yang kamu gunakan.

Itulah cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca yang dapat kamu lakukan. Dengan menggunakan cara di atas dan diikuti dengan langkah-langkah yang tepat, maka besar peluangnya  untuk memulihkan data dan mengatasi masalah kartu SD tidak terbaca. Semoga bermanfaat!

Related posts