Cara Minta EFIN Secara Online

  • Whatsapp

Bagaimana cara minta Efin secara online? EFIN merupakan singkatan dari Electronic Filing Identificcation Number yang merupakan nomor identitas pajak. Biasanya dikeluarkan langsung oleh Direktorat Jenderal Pajak agar bisa melakukan transaksi secara elektronik.

Berdasarkan peraturan direktur jenderal pajak nomor PER – 41/PJ/2015 mengenai pengamanan transaksi elektronik layanan pajak online. Dimana setiap individu harus menyampaikan SPT pajak tahunan yang dilakukan secara online dan real time dengan menggunakan internet.

Read More

Dengan adanya Efin, kamu sebagai wajib pajak dapat mudah terenkripsi dengan jelas, selain itu informasi data pajak pribadi juga sangat rahasia serta aman. Bagi yang baru pertama kali membuat nomor Efin, caranya sangatlah mudah karena bisa dilakukan dengan cara online.

Keberadaan efin sendiri sangatlah penting bagi setiap wajib pajak karena kamu belum bisa mengakses e – filing untuk melaporkan SPT tahunan secara online jika belum memiliki nomor Efin sendiri.

Sekedar informasi saja, walaupun pembuatan Efin bisa dilakukan secara online, tapi cara pendaftarannya tidak bisa diwakilkan oleh orang lain. Namun pengecualian, jika ada kebijakan dari perusahaan terkait terhadap karyawannya untuk mendaftar efin secara kolektif.

Cara Minta Efin Secara Online

Cara Minta EFIN Secara Online
Minta EFIN Secara Online dan Offline

Permintaan Aktivasi EFIN

Bagi kamu yang ingin mendapatkan nomor Efin, maka cara yang dapat kamu lakukan bisa dilakukan melalui 2 cara yaitu dengan cara minta Efin secara online maupun online. Offline yaitu kamu harus mendatangi Kantor pelayanan pajak (KPP) terdekat untuk kemudian memprosesnya di kantor tersebut.

Terkait:  Cara Bikin eFin Via Online

Sedangkan cara minta Efin secara online sendiri dapat dilakukan bisa kapan saja dan dimana saja asalkan kamu tetap terhubung dengan internet. Untuk lebih jelasnya, berikut tata cara pendaftaran secara offline maupun secara online :

Metode 1 : Cara Minta Efin Secara Offline

Sebelum membahas cara minta Efin secara online, Kamu harus tahu tutorial cara minta Efin secara offline terlebih dahulu. Berikut ulasannya :

1. Permintaan Efin Secara Offline Pribadi

Ada beberapa tahapan yang perlu kamu ketahui mengenai cara minta efin secara offline, diantaranya :

  • Langkah pertama kamu harus download terlebih dahulu formulir pengajuan efin yang tersedia di laman www.pajak.go.id.
  • Jika kamu mengalami kendala ketika download formulir pada situs tersebut, kamu juga bisa mengunjungi langsung kantor pelayanan pajak terdekat sekaligus mengisi formulir tersebut.
  • Isi data pribadi pada formulir Efin yang telah disediakan. Jika ada isian yang belum dimengerti lebih baik menanyakan kepada petugas terkait agar isian dokumen pribadi kamu tidak ada yang salah.
  • Persiapan dokumen yang harus kamu siapkan adalah formulir efin harus diisi dengan benar, dan alamat email kamu yang aktif. Selain itu, Kamu juga harus menunjukkan dokumen KTP asli kepada petugas dan KTP berupa fotokopi yang akan diberikan kepada petugas terkait untuk warga asli Indonesia.
  • Sedangkan jika kamu berasal dari Warga negara asing maka data yang harus dipersiapkan adalah paspor asli dan paspor fotokopi. :Lalu Kartu izin tinggal terbatas (KITAS), dan kartu izin tinggal tetap (KITAP) bagi warga negara asing yang sudah menetap di Indonesia.
  • NPWP baik asili maupun berupa fotokopi atau jika tidak ada bisa keter dengan surat keterangan terdaftar (SKT).

2. Permintaan Efin Secara Offline Untuk Karyawan Secara Kolektif

Jika kamu seorang karyawan yang akan melakukan permintaan nomor Efin, maka bisa dilakukan dengan cara kolektif. Adapun persyaratannya sebagai berikut :

  • Jumlah karyawan tidak boleh kurang dari 20 orang untuk dilakukan secara kolektif.
  • Nama – nama karyawan yang akan didaftarkan sudah terdaftar dalam laporan SPT PPh 21 secara jelas.
  • Kewajiban perusahaan adalah harus menyiapka tempat dan juga peralatan ketika akan dilakukan aktiasi efin sebanyak jumlah karyawan yang didaftarkan.
  • Semua karyawan yang didaftarkan harus hadir semua ketika proses pengaktifan nomor efin.
Terkait:  Cara Mengetahui EFIN Pajak

3. Mendatangi Kantor Pelayanan Pajak Terdekat

Jika semua persayaratan dokumen sudah kamu isi baik formulir pendaftaran dan kesiapan dokumen – dokumen pendukung. Selanjutnya kamu tinggal datang saja ke kantor pelayanan pajak atau kantor pelayanan penyuluhan dan konsultasi perpajakan terdekat. Perlu diingat segala sesuatu mengenai pendaftaran secara offline tidak dapat diwakilkan oleh siapapun.

4. Menarima Efin Pajak Pribadi dari Petugas Terkait

Jika kamu sudah melakukan prosesnya di kantor pelayanan pajak, selanjutnya kamu akan mendapatkan Efin yang diberikan oleh petus terkait. Setelah menerima nomor Efin, selanjutnya segera melakukan aktivasi dengan membuka situs resmi direktorat jenderal pajak.

5. Aktivasi Nomor EFIN

Kamu diwajibkan melakukan aktifasi di situs resminya yaitu https://djponline.pajak.go.id/account/login. Di situs tersebut lakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah – langkah nya. Kamu tidak perlu merasa kebingungan karena tampilan website nya sangat mudah dimengerti.

Setelah itu kamu akan menerima email berupa konfirmasi yang di dalamnya berada password untuk log in. Password tersebut bersifat sementara karena kedepannya kamu di haruskan untuk mengganti password tersebut.

Jika semua sudah kamu lakukan maka kamu tinggal menggunakannya untuk laporan SPT pajak secara online.

Metode 2 : Cara Minta Efin Secara Offline

Cara minta efin secara online tahapannya tidak jauh berbeda dengan cara offline. Akan tetapi perbedaannya hanya pada prosesnya karena permintaan efin secara onlne benar – benar dilakukan tanpa datang ke kantor pelayanan pajak. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah – langkah mendapatkan nomor efin secara online :

1. Download Formulir Permohonan Pengajuan Efin

Selain bisa didapatkan pada situs resminya yaitu www.pajak.go.id, kamu juga bisa melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci yaitu formulir permohonan efin. Sesaat kemudian Kamu akan di arahkan pada laman download.

Terkait:  Cara Mendapatkan EFIN Pajak Secara Online

Jika file yang akan kamu download sudah ada pada laman download, selanjutnya kamu tinggal melakukan download saja.

2. Isi Formulir Efin

Cara minta Efin secara online berikutnya ialah isilah formulir yang telah kamu download sebelumnya dengan sangat jelas, lalu centang pada kolom oang dan pada kolom aktivasi. Setelah itu isilah NPWP yang kamu miliki berikut nama jelaas, tempat tanggal lahir, dan lain – lain.

Untuk kolom efin, kamu wajib dikosongkan dahulu karena secara aturan kamu memang belum mendapatkan efin. Setelah itu isilah nomor hp kamu beserta alamat email yang masih aktif. Saran buat kamu lebih baik gunakan alamat email yang dipakai untuk aktivasi android agar segala notifikasi dari email bisa diketahui oleh kamu sendiri apalgi informasi mengenai perpajakan.

Terakhir silahkan tanda tangani formulir tersebut denga dilengkapi dengan tempat dan tanggal lokasi kamu berada.

3. Melakukan Swafoto

Formulir yang sudah kamu isi tersebut harus difoto dengan jelas. Jika kesulitan karena kamera kurang bagus bisa lakukan dengan cara scanning. Selanjutnya lakukan swafoto maupun selfie dengan memegang KTP asli dan NPWP asli.

Pada saat proses swafoto, yang harus terlihat jelas adalah KTP dan NPWP yang kamu pegang masing masing dekat dengan muka kamu. Mintalah bantuan orang lain agar hasil swafoto bisa lebih baik.

4.Kirim Semua Dokumen ke Email Kantor Pelayanan Pajak

Kirimkan semua dokumen pendukung ke alamat email Kantor Pelayanan Pajak agar permohonan kamu segera di proses.

Ya, itulah ulasan tentang cara minta Efin secara online dan offline yang harus Kamu pelajari untuk memudahkanmu mendapatkan Efin. Semoga bermanfaat!

Related posts