Cara Cek Spek HP Vivo

Sebelum membeli perangkat android dari Vivo, tentu saja Kamu harus tahu cara cek spek Hp Vivo. Dengan mengetahui spesifikasi Hp android vivo yang akan dibeli, Kamu bisa tahu kemampuan atau performa Hp saat digunakan, baik digunakan untuk menginstall aplikasi maupun untuk bermain game. Oleh karena itu, penting sekali mengecek spesifikasi Hp Vivo.

Banyak pengguna yang baru beralih memakai Hp Vivo menanyakan cara cek spek Hp Vivo. Hal ini memang wajar, mengingat setiap Hp memiliki pengecekan spek yang berbeda. Walaupun mungkin Kamu bisa menanyakannya langsung ke counter tempat pembelian HP, tapi alangkah baiknya jika sebelum membeli Kamu memiliki referensi terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kita juga tidak tertipu.

Sama halnya dengan cara cek spek Hp pada umumnya, sebenarnya pengecekan spek Hp Vivo pun tak jauh berbeda. Ada beberapa metode yang bisa Kamu lakukan. Berikut ulasannya!

Cara Cek Spek Hp Vivo

Cara Cek Spek HP Vivo
Mengecek Spesifikasi Hp Vivo

Mengecek Spesifikasi Hp Vivo

Jika kita hanya melihat fitur dan spesifikasi lewat detail tampilan sistem sebenarnya kurang puas. Jadi, alangkah baiknya jika Kamu bisa mengecek spesifikasi Hp Vivo sendiri.

Berikut beberapa pilihan cara cek spek Hp Vivo yang bisa Kamu coba untuk mengetahui sejauh mana performa Hp-mu bekerja!

1. Cek Spesifikasi Hp Vivo Lewat Menu Pengaturan

Cara cek spesifikasi Hp Vivo termudah ialah dengan memilih menu “Pengaturan” langsung dari perangkat Hp-mu. Pada menu ini, akan muncul beberapa informasi spesifikasi HP Vivo yang Kamu miliki. Adapun tahapan yang harus dilewati ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka opsi “Pengaturan” atau “Setting”.
  • Kemudian dilanjutkan dengan memilih opsi “Pengaturan Lainnya” di prangkat.
  • Jika Kamu ingin mengecek spesifikasi Hp Vivo bisa pilih “Tentang Perangkat” atau “Tentang Ponsel”.
  • Setelah itu, Kamu akan ditampilkan informasi tentang spesifikasi detail Hp Vivo-mu.
  • Selesai.

Metode di atas termasuk yang paling mudah, jadi Kamu tak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga lagi untuk mengetahui spesifikasi ponsel pintar-mu. Sebab di setiap menu pengaturan perangkat Vivo biasanya sudah disertai oleh informasi spesifikasi detail smartphone yang Kamu miliki.

2. Cek Spesifikasi Hp Vivo Melalui Dus Pembelian

Cara cek spek Hp Vivo termudah kedua yang bisa dilakukan ialah dengan mengeceknya lewat dus pembelian. Asalkan Kamu tidak membuang dus tersebut saat membeli Hp Vivo pertama kali. Sebab pada dus pembelian biasanya akan tertera spek Hp andrpid walaupun memang tak begitu lengkap.

Di samping itu, Kamu juga bisa melihat atau mendapatkan informasi nomor IMEI dan informasi lainnya terkait perangkatmu, seperti warna dan tipe Hp. Hanya saja, cara ini berlaku bagi dusbook original sebagai bawaan Smartphone.

3. Cek Spesifikasi Hp Vivo Melalui Aplikasi Device Info

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk cek spesifikasi Hp Vivo ialah Device Inf. Aplikasi ini bisa dikatakan sudah mempunyai performa yang baik. Di samping bisa memberimu informasi tentang spek Hp yang Kamu gunakan, Device Info juga akan menampilkan informasi penting lainnya, seperti Kinerja CPU, konsumsi RAM, maupun fungsi lainnya.

Dengan begitu, Kamu bisa mengandalkan Device Info untuk keperluan pengecekan spek Hp. Silahkan unduh Device Info di Google Play Store milikmu sekarang juga!

4. Cek Spesifikasi Hp Vivo Melalui Aplikasi CPU-Z

Cara cek spek Hp Vivo menggunakan aplikasi CPU-Z juga dapat dijadikan alternatif. Aplikasi ini menampilkan informasi tentang spek Hp-mu secara detail dengan tampilan yang user friendly.

Selain itu, tampilannya yang lebih fresh menjadikan aplikasi ini sangat menarik untuk mengecek spesifikasi Hp Vivo milikmu. Belum lagi, ukurannya yang ringan sangat cocok bagi Kamu yang ingin menghemat memori HP.

4. Cek Spesifikasi Hp Vivo  Melalui Aplikasi AIDA64

Metode pengecekan spesifikasi Hp Vivo selanjutnya ialah dengan memakai aplikasi AIDA 64. Dimana aplikasi yang satu ini dapat Kamu download gratis di Google Play Store. Memiliki tampilan yang juga mudah dipahami, sehingga membuatmu lebih nyaman saat menggunakan aplikasi.

Selain perangkat ponsel Vivo, Kamu juga bisa mengidentifikasi spek Hp android lainnya lewat AIDA64. Uniknya lagi, AIDA54 juga dapat menampilkan informasi tentang kelengkapan sensor pada smartphone.

Itulah beberapa cara cek spek Hp Vivo yang Kamu miliki, agar Kamu bisa mengetahui performa dan kemampuan HP-mu sebelum digunakan untuk  beraktivitas.

Dalam pembelian HP Vivo, selain mengecek spesifikasi Kamu juga harus melakukan pengecekan keaslian Hp Vivo. Ingin tahu lebih jelasnya? Simak ulasan di bawah ini!

Mengecek Hp Vivo Asli atau Palsu

Jika Kamu hendak membeli produk Hp Vivo, ada beberapa langkah untuk mengecek keaslian Hp Vivo. Hal ini bertujuan agar Kamu terhindar dari produk Hp abal-abal alias Kw yang kini semakin merajai di pasaran smartphone Indonesia. Berikut panduan mengecek Hp vivo asli atau kw, di bawah ini :

1. Cek Hp Vivo Dengan Membandingkan Harganya

Cek Hp Vivo asli atau kw yang pertama ialah dengan mengecek harganya. Biasanya harga jual ponsel abal-abal dibanderol dengan harga lebih miring dibandingkan prduk aslinya. Sehingga Kamu wajib waspada saat hendak membeli Hp merk Vivo dengan harga tak wajar.

Jadi untuk menghindarinya, sebaiknya ketahui harga jual Hp Vivo yang Kamu incar terlebih dahulu lalu bandingkan dengan penawaran harga di counter Hp. Atau lebih baik membeli Hp langsung di gerai resmi Vivo.

2. Cek Hp Vivo Melalui Kode IMEI

Nomor IMEI yang tertera dalam tiap perangkat android biasanya dipakai jaringan GSM guna mengidentifikasi kevalidan perangkat tersebut. Kode IMEI biasanya berisi informasi penting tentang produsen, merek, model, hingga spesifikasi perangkat.

Guna memastikan apakah HP Vivo yang Kamu beli itu benar-bnar asli, maka cek HP tersebut memakai nomor IMEI. Untuk mengecek nomor IMEI HP Vivo, tekan kode *#06# di menu panggilan. Metode lain yang bisa dilakukan ialah dengan memanfaatkan opsi “Pengaturan”, masuk ke “Pengaturan Lain” lalu pilih “Tentang Ponsel”. Bisa juga mengecek nomor IMEI lewat box kemasan.

Jika sudah memperoleh nomor IMEI terseut, maka Kamu dapat langsung membuka situs web resmi dari Vivo di link ini!

Lalu inputkan nomor IMEI Hp-mu di kotak yang sudah tersedia lalu tekan “Kirim”. Jika perangkat Vivo-mu asli, biasanya akan muncul pemberitahuan yang menyatakan jika ponsel-mu ialah perangkat valid.

3. Cek Hp Vivo Melalui Kondisi Fisik Hp

Hp dari perusahaan atau vendor-vendor terkenal umumnya telah dibalut dengan bahan material berkualitas tinggi. Biasanya web resmi mereka akan menyediakan spek lengkap produk supaya para pembeli bisa mengetahuinya. Di samping itu, Kamu pun bisa membandingkannya dengan perangkat perangkat Vivo yang Kamu pakai.

Misalnya, jika di web resmi Vivo menjelaskan jika tipe smartphone yang Kamu gunakan terbuat dari bahan kaca, lalu ternyata perangkat Hpmu justru terbuat dari material plastik. Maka kemungkinan besar Hp milikmu ialah palsu.

Dengan mengecek keaslian Hp Vivo dan speknya lengkap dengan cara cek spek Hp Vivo yang Kami bagikan di atas, tentu saja Kamu bisa mengetahui performa hingga keaslian perangkat yang Kamu gunakan. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019