Cara Memperbaiki AC Bocor (Sendiri) 4 Metode Efektif!

Cara Memperbaiki AC Bocor
Cara Memperbaiki AC Bocor

Kebocoran AC bisa berdampak buruk bagi kenyamanan dan keamanan. Maka dari itu kamu perlu segera mencari cara memperbaiki AC bocor.

Peran AC menjadi sangat penting bagi orang yang tinggal di perkotaan. Pasalnya, cuaca panas saat siang dapat berdampak buruk bagi kenyamanan sehingga mengganggu kegiatan dan produktivitas.

Cara Memperbaiki AC Bocor

Cara Memperbaiki AC Bocor
Cara Memperbaiki AC Bocor

Kebocoran AC merupakan hal yang lumrah. Melansir dari Merdeka, AC bocor umum terjadi sekitar 6 bulan setelah pembelian dan per 3 bulan jika tidak melakukan service AC.

Rembesan sedikit air mungkin masih terbilang normal. Namun, lain halnya saat air keluar dalam jumlah banyak. Masalah tersebut mengindikasikan AC mengalami gangguan, misalnya karena tersumbat debu atau pemasangan yang tidak tepat.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki AC bocor:

1. Membersihkan Saluran Pembuangan yang Tersumbat

Tersumbatnya saluran pembuangan bisa menjadi penyebab AC bocor. Biasanya, tumpukan debu dan kotoran yang terkumpul setelah beberapa lama membuat aliran pembuangan air pada AC terhambat.

Normalnya, air tetesan akan dibuang keluar melalui saluran tersebut. Namun, adanya sumbatan mengakibatkan tetesan air keluar melalui unit.

Untuk mengatasi AC bocor, kamu bisa memeriksa saluran pembuangan pada talang belakang. Jika memang kotor, maka kamu harus membersihkannya. Lepas dulu pipa sambungan pada unit indoor, sehingga dapat dipisahkan dari rangkaian instalasi.

Setelah itu, bersihkan saluran pembuangan menggunakan air sampai semua kotoran hilang.

2. Mengganti Filter AC

Selain saluran pembuangan, debu yang menumpuk dapat menyebabkan filter AC menjadi kotor. Kondisi tersebut bisa berimbas pada terjadinya kebocoran AC akibat udara tidak bisa mengalir dengan semestinya.

Masalah pada aliran udara menyebabkan seluruh komponen AC harus bekerja ekstra untuk melakukan pendinginan. Dari sanalah tetesan bocoran bertambah.

Oleh karena itu, filter di dalam AC perlu dibersihkan secara berkala. Apabila filter sudah kotor, maka sebaiknya kamu menggantinya.

3. Instalasi yang Kurang Tepat

Bocor pada AC bisa terjadi akibat kesalahan pada instalasi atau pemasangan. AC biasanya dipasang dengan kemiringan tertentu ke arah luar bagian belakang. Kemiringan tersebut memungkinkan air untuk mengalir ke saluran pembuangan.

Sedangkan pemasangan dengan kemiringan yang tidak tepat akan menyebabkan air merembes lalu menetes keluar mesin.

Jika penyebab AC milikmu bocor terletak pada masalah pemasangan, maka kamu harus melakukan instalasi ulang. Buka kembali chasing unit, kemudian atur ulang kemiringan AC.

4. Memperbaiki Kompresor

Faktor lain yang bisa menjadi penyebab AC bocor yaitu kerusakan pada kompresor. Ada banyak hal yang dapat mengakibatkan kompresor rusak, mulai dari debu dan kotoran hingga faktor usia AC.

Apabila AC kamu kotor, maka kamu bisa mencoba membersihkannya dulu. Pastikan juga untuk membersihkan kompresor. Jika tetap bocor setelah dibersihkan, maka kamu perlu melakukan penggantian kompresor.

Sedangkan untuk AC yang sudah tua (lebih dari 5 tahun), ada baiknya untuk mengganti dengan unit AC baru. Pasalnya, biaya untuk reparasi AC tua sama besarnya dengan biaya untuk membeli unit baru.

Itulah beberapa cara memperbaiki AC bocor yang bisa kamu coba. Kebocoran AC bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti adanya celah tersembunyi, koil AC membeku, dan kondensasi pipa.

Perlu diingat juga bahwa AC tua kemungkinan dapat mengalami beberapa masalah sekaligus. Jika kamu tidak yakin dengan penyebab AC bocor, maka lebih baik meminta bantuan tenaga profesional untuk melakukan perbaikan.

Related posts