Cara Backup Whatsapp iPhone ke Google Drive

Cara Backup WhatsApp iPhone ke Google Drive

Cara backup WhatsApp iPhone ke Google Drive adalah cara terbaik untuk mencadangkan data WhatsApp perangkat iPhone-mu. Metode ini sangat mudah diakses karena terintegrasi dengan akun Gmail dan tentu saja menyediakan tempat penyimpanan yang besar secara gratis. Sehingga memungkinkanmu untuk mencadangkan file dengan ukuran yang lebih besar, baik video maupun foto.

Mencadangkan data WhatsApp dari perangkat android ke Google Drive mungkin sangat mudah dilakukan, lain halnya dengan perangkat iOS. Hal tersebut dikarenakan perangkat iOS telah memiliki tempat penyimpanan tersendiri bernama iCloud. Baik iCloud maupun Google Drive termasuk opsi pencadangan yang sangat berbeda.

Read More

Hanya saja, sebagian besar pengguna perangkat iPhone ingin mencadangkan obrolan WhatsApp mereka ke Google Drive.  Apalagi jika berniat beralih hp ke android dari iPhone. Dalam artikel kali ini, Kami akan membagikan cara backup WhatsApp iPhone ke Google Drive sekaligus memilihkan kembali di perangkat iPhone, bila perlu.

Bisakah Mencadangkan WhatsApp iPhone ke Google Drive Langsung?

Hinga saat ini, sebenarnya masih belum ada cara untuk backup obrolan WhatsApp di perangkat iPhone ke Google Drive langsung. Karena, Google Drive hanya bisa dipakai untuk mencadangkan kontak, foto dan kalendar pada perangkat iPhone. Kamu bisa mencadangkan foto di Google Foto, kalender di tools Google Kalender, sedangkan Google Contacts untuk mencadangkan kontak. Sementara itu, WhatsApp di iPhone hanya menyediakan solusi mencadangkan obrolan atau pesan WA ke iCloud.

Cara Backup WhatsApp iPhone ke Google Drive

Cara Backup WhatsApp iPhone ke Google Drive
Cara Backup WhatsApp iPhone ke Google Drive

Bagaimana Cara Mencadangkan WhatsApp iPhone ke Google Drive?

Walaupun sebenarnya tak ada cara resmi atau cepat untuk mem-backup data WhatsApp di perangkat iPhone ke Google Drive secara langsung. Setidaknya Kamu bisa mencoba cara backup WhatsApp iPhone ke Google Drive alternatif dan fleksibel untuk melakukannya. Berikut panduannya :

Metode 1 : Sinkronkan Gambar WhatsApp dari iPhone ke Google Drive

Untuk mencadangkan foto maupun video WhatsApp milikmu ke Google Drive, maka Kamu bisa mencoba cara backup WhatsApp iPhone ke Google Drive ini. Pada perangkat iPhone, singkronkan foto dan video WhatsApp-mu ke camera roll di iPhone. Kemudian Kamu tinggal mengambil cadangan saja ke Google Drive.

1. Simpan Semua Video dan Foto WhatsApp ke Google Drive

Untuk menyinkronkan video dan foto WhatsApp ke Camera Roll iPhone, adalah sebagai berikut :

  • Di perangkat iPhone, silahkan buka aplikasi WhatsApp kemudian klik ‘Pengaturan’.
  • Pada pengaturan, silahkan cari opsi ‘chat’ dan lanjutkan.
  • Silahkan geser ke opsi ‘Simpan ke Camera Roll’ atau ‘Save to Camera Roll’.

2. Simpan Sebagian Foto dan Video WhatsApp ke Google Drive

Langkah ini memungkinkan WhatsApp untuk menyimpn seluruh video dan foto langsung ke Camera Roll. Dari sini, Kamu bisa memilih lalu mencadangkan file tersebut ke Google Drive secara manual. Kamu bisa menyimpan sekaligus mencadangkan video dan foto ke Google Drive melalui langkah-langkah di bawah ini :

  • Unduh dan instal Google Drive Apps di perangkat iPhone via App Store.
  • Lalu klik tombol ‘Pengaturan’ dan buka opsi ‘Google Drive Backup’ atau ‘Cadangan Google Drive’.
  • Setelah itu, buka opsi ‘Cadangkan ke Foto Google’. Silahkan buka fotonya dan tekan opsi untuk mengaktifkan sistem pencadangan otomatis dengan menggesernya ke sebelah kanan.
  • Masuk kembali menuju halaman cadangan, ketuk ‘Mulai Cadangan’ jika ingin mem-backup video maupun foto ke Google Foto. Pastikan Kamu mempunyai akses internet atau wifi stabil untuk melakukannya.

Metode 2 : Cadangkahn WhatsApp di iPhone ke Google Drive via Email

Cara backup WhatsApp iPhone ke Google Drive berikutnya ialah bisa lewat Gmail. Oleh karena itu, langkah pertama Kamu harus mengekstrak chat WhatsApp-mu terlebih dahulu ke Gmail lalu download chat WA tersebut ke Google Drive. Dari sini, Kamu bisa melihat file media-mu secara langsung lewat file .zip.

Langkah-langkah berikut bisa Kamu coba untuk mencadangkan file WhatsApp di iPhone ke Google Drive lewat email.

1. Ekspor Chat WhatsApp ke Gmail

Jika Kamu ingin menyimpan chat WhatsApp ke Gmail, Kamu bisa memakai metode ini. Dengan menggunakan metode ini, Kamu bisa mengekspor chat WhatsApp-mu ke Gmail. Melalui cara yang satu ini, Kamu bisa mengirimkan chat lewat email baik ke perangkatmu sendiri, mengunduhnya ke Google Drive atau mungkin Kamu bisa mendownloadnya di PC-mu.

Dengan cara ini, Kamu bisa mengekspor chat WhatsApp ke Gmail, baik termasuk atau tidak termasuk ‘attachment’. Kamu harus mengekspor chat dari WA ke Gmail, dan tidak bisa mengekspor chat dari Gmail ke WhatsApp. Menariknya lagi, metode ini gratis dilakukan namun sangat memakan waktu.

Oke, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengekspor chat WhatsApp :

  • Pilih Chat yang Akan di Cadangkan atau Backup

Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp di perangkat iPhone milikmu. Silahkan ketuk chat WA yang akan disimpan. Jika sudah membuka percakapan, klik nama chat yang ada di atas obrolan.

  • Pilih Ekspor Obrolan

Selanjutnya, Kamu akan ditampilkan opsi lebih lanjut, gulir ke bawah opsi tersebut kemudian pilih ‘Export Chat’ atau ‘Ekspor Chat’. Lalu, Kamu akan diminta memilih ‘Attach Media’ maupun ‘Without Media’. Jika ingin melampirkan file media, silahkan tambahkan media kemudian lanjutkan.

  • Kirim Chat WA ke Gmail

Setelah ditampilkan opsi lainnya untuk mengekspor obrolan, seperti dropbox, mail, message, atau lainnya. Pilih ikon Gmail, lalu ketik akun email milikmu di kotak penerima. Lanjutkan dengan tekan ‘Kirim’.

2. Download File dari Gmail ke Google Drive

Jika Kamu telah mengekspor datamu ke Gmail, Kamu hanya perlu mendownload chat tersebut ke Google Drive. Saat mengunduhnya, silahkan pilih email dengan chat WA yang akan ditransfer, lalu klik ikon ‘Google Drive’ dan simpan obrolan di sana.

Metode kedua ini termasuk cara simpel untuk memindahkan chat WhatsApp dari iPhone ke Google Drive memakai Gmail.

Metode 3 : Mencadangkan Semua Data WhatsApp ke Google Drive dari iPhone

Untuk metode ini, Kamu akan memerlukan android sebagai media untuk mentransfer chat WA ke Google Drive.

1. Transfer Chat WhatsApp dari iPhone ke Android

Dari sini, Kamu bisa memakai iMyfone iTransor untuk mentransfer data WhatsApp ke android dari iPhone. iTransor for WhatsApp adalah aplikasi yang dirancang untuk memindahkan data WA antar perangkat dengan OS apapun. Ini artinya, Kamu bisa memindahkan data WA antara iPhone dan perangkat android hanya dengan beberapa klik.

Oke, langsung saja simak ulasannya berikut :

  • Instal dan buka aplikasi iTransor for WhatsApp ke PC dan jalankan programnya. Pada jendela utama, silahkan pilih opsi ‘Transfer WhatsApp antar perangakt’. Lalu hubungkan android dan iPhone ke PC dan tunggu program mendeteksi perangkat.
  • Jika kedua perangkat ini sudah terdeteksi, ketuk ‘Transfer’ untuk memulai transfer data. Proses transfer biasanya akan diakhiri jika semua data WA di iPhone sudah dipindahkan ke perangkat android. Jadi, tunggu saja sampai proses transfer selesai.

2. Backup Pesan WA dari Android ke Google Drive

Saat ini, pesan WA iPhone-mu sudah tersimpan di perangkat android, dan Kamu bisa mencadangkannya dengan mudah ke Google Drive. Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat androidmu, pilih menu tiga titik, masuk ke ‘Pengaturan’, lalu masuk ke ‘Chat’ dan ‘Cadangan Obrolan’ jika ingin memulai proses backup.
  • Klik ‘Cadangkan ke Google Drive’ kemudian pilih opsi frekuensi pencadangan.
  • Silahkan pilih akun Gmail yang akan dipakai. Apabila Kamu belum menghubungkan akun Gmail ke WA, klik ‘Tambah Akun’, lalu masuk ke akun Google-mu.
  • Klik ‘Cadangkan’ dan pilih apakah Kamu ingin memakai jaringan Wifi atau seluler, selanjutnya proses pencadangan pun dimulai. Diamkan perangkat tersebut tetap terhubung pada jaringan sampai proses selesai.

Dari sana, Kamu sudah berhasil mencadangkan chat, video, foto, dokumen dan media WA iPhone ke Google Drive.

Oke, selamat mencoba cara backup WhatsApp iPhone ke Google Drive di atas!

 

 

 

Related posts