Cara Menonaktifkan Play Store

Cara Menonaktifkan Play Store
Cara Menonaktifkan Play Store

Cara menonaktifkan layanan play store, memang menjadi suatu hal yang banyak dicari akhir-akhir ini. Hal ini memang sangat hangat, mengingat bahwa layanan google play store tidak perlu diaktifkan selalu. Alasan beberapa pengguna melakukannya tak lain adalah karena mereka memang ingin melakukan sesuatu sesuai kebutuhan penting mereka tanpa harus terhalang dengan sistem keamanan google play store.

Jika kamu adalah salah satunya pengguna yang merasa bahwa sistem keamanan google sangat mengganggu kalian, maka bisa menyimak penjelasan cara menonaktifkan layanan play store pada artikel kali ini.

Mengenal Layanan Google Play Store

Sebelum masuk ke pembahasan utama tentang bagaimana cara menonaktifkan google play store, alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan layanan ini. Jadi, google play store adalah layanan distribusi digital yang menyediakan berbagai macam aplikasi untuk semua pengguna android. Sebelumnya, google play store in bernama android market yang kemudian dioperasikan dan dikembangkan oleh pihak Google.

Layanan ini dapat digunakan oleh para pengguna android sebagai toko aplikasi resmi untuk kos dan memungkinkan setiap penggunanya untuk mengunduh setiap aplikasi yang dirilis. Selain itu, layanan ini juga menyediakan berbagai aplikasi gratis dan berbayar yang bertujuan untuk memenuhi setiap kebutuhan para pengguna android di seluruh dunia.

Kelebihan Aplikasi Google Play Store

Setelah kamu mengenal google play store dan susah tidak asing lagi, tentunya kamu kurang paham dan bertanya-tanya tentang apasih kelebihan dari layanan ini bukan? Jika iya, perlu kamu ketahui bahwa aplikasi/layanan ini mempunyai banyak kelebihan yang akan kamu rasakan. Berikut adalah penjelasannya.

Aplikasi Banyak, Variatif, dan Mutakhir

Berdasarkan data statistika pada kuartal pertama tahun 2021, lebih dari 3,48 juta aplikasi seluler menggunakan sistem operasi layanan google play store. Hal ini dikarenakan layanan aplikasi yang dimiliki oleh google play sangat meningkat lebih dari sepuluh persen di setiap tahunnya. Dengan hal ini, dapat disimpulkan bahwa memang layanan google playembyka banyak beragam aplikasi dengan fitur-fitur yang jauh lebih variatif dan mutakhir.

Aplikasi Instan Untuk Menjalankan Aplikasi Tanpa Perlu Install

Mungkin kamu tidak pernah berpikir terkait bagaimana bisa kamu menjalan layanan atau aplikasi google play store ini di ponsel tanpa harus di install terlebih dahulu. Tapi untuk menjawab hal ini, memang benar di setiap ponsel android sudah ada google layanan ini sebagai setelah awal atau aplikasi bawaan.

Terdapat Riwayat Instalasi Game

Ketika kamu sudah menghubungkan sebuah game dengan akun google play, maka seluruh data yang ada pada game tersebut secara otomatis akan tersimpan di dalam daftar riwayat game yang pernah kamu mainkan. Jadi ketika kamu menguninstal sebuah game favorit, jangan pernah khawatir akan data yang ada sebab semua datanya sudah tersimpan dan tidak akan hilang. Jadi yang perlu kamu lakukan, cukup menginstal kembali game tersebut dan secara otomatis datanya akan muncul bahkan semua achievement-achivement nya.

Ramah Dengan Pengembangan

Layanan google play store ini termasuk salah satu layanan yang sangat memperhatikan sisi pengembang agar lebih ramah ketika digunakan oleh sipapaun. Melalui sistem pembaharuan pada aplikasi google play store kini, membuat banyak tools yang dapat digunakan untuk membantu para pengembang memantau informasi aplikasi yang dibuat ya.

Adapun fitur baru yang menjadi keunggulan google play store, yaitu vitur android vitals yang dapat digunakan untuk mengetahui performa teknis aplikasi. Performa tersebut mulai dari penggunaan baterai, stabilitas, hingga waktu untuk rendering.

Layanan google play store juga dapat digunakan oleh para pengembang untuk melakukan uji coba terhadap aplikasi mereka dengan versi alpha dan berat. Selain itu ada pula fitur yang dapat digunakan untuk mengetahui daftar perangkat apa saja yang akan kompatibel dengan aplikasi-aplikasi buatan para pengembang.

Mempunyai Sistem Keamanan Aplikasi Terbaik

Kelebihan layanan google play store yang terakhir adalah layanan ini mempunyai sistem keamanan atau penyaringan yang dapat digunakan untuk mencegah masuknya aplikasi-aplikasi berbahaya sampai pada kegiatan penyelundupan Malware ke dalam aplikasi. Dengan adanya sistem keamanan ini, maka ponsel pengguna akan jauh lebih aman serta tidak perlu khawatir ketika ingin mengunduh aplikasi melalui layanan ini.

Cara Menonaktifkan Play Store

Cara Menonaktifkan Play Store
Cara Menonaktifkan Play Store

Meskipun aplikasi atau layanan google play store ini mempunyai banyak kelebihan seperti yang sudah disebutkan di atas, namun tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat beberapa pengguna yang ingin menonaktifkan layanan ini. Adapun alasan yang mendasar mengapa mereka ingin melakukannya, salah satunya adalah mereka tidak suka dengan sistem keamanan yang dimiliki oleh google play store karena sistem keamananan tersebut sangat menggangu semua aktivitas yang mereka inginkan.

Jika kamu adalah salah satunya dan bingung terkait bagaimana cara menonaktifkan layanan ini, maka simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Membuka Pengaturan

Langkah pertama untuk menonaktifkan google play store adalah dengan membuka menu pengaturan atau settings yang ada di ponsel kesayanganmu. Selain untuk digunakan untuk mengatur tampilan layan, menu ini juga bisa digunakan untuk nonaktifkan play store.

2. Menemukan Menu Akun

Jika sudah masuk ke menu pengaturan ini, kamu akan menemukan banyak pilihan. Namun kamu jangan bungun sebab kamu bisa langsung masuk ke menu akun. Setelah itu, kamu juga akan menemukan menu lainnya lagi namun pilihlah akun google.

3. Cari Nama Akun Gmail

Kemudian, silahkan kamu mencari nama akun Gmail yang sudah kamu daftarkan. Pada tahapan ini, kamu akan bisa melihat semua aplikasi yang terhubung dengan akun gmailmu tersebut.

4. Buka Menu Sinkronkan Sekarang

Silahkan kamu menekan tombol kiri paling bawah di samping menu sehingga kamu dapat menemukan dan melihat sync now atau sinkronkan sekarang Kemudian, lanjutlah memilih menu remove account atau menghapus akun.

5. Tekan Remove Account

Jika kamu mendapatkan sebuah pemberitahuan, jangan dihiraukan dan lanjut lagi dengan menekan remove account. Jika kamu berhasil melakukan langkah-langkah tersebut dan sampai pada tahap ini, maka berarti kamu sudah berhasil melakukan penonaktifan layanan google play store dan semua akun gmailmu yang terhubung dengan layanan ini.

Kekurangan Menonaktifkan Google Play Store

Meskipun artikel ini membahas tentang penonaktifan layanan google play store, namun kami sangat tidak menyarankan untuk melakukan hal ini. Kecuali, kalau memang kamu membutuhkan untuk situasi darurat. Adapun kekurangan yang akan kamu dapatkan ketika kamu melakukan penonaktifan google play store, yaitu ponselmu tidak mempunyai sistem keamanan ketika mengunduh sebuah aplikasi ataupun mengakses situs yang tidak legal. Padahal, kamu sendiri sudah tahu bahwa melakukan hal tersebut dapat membawa virus atau Malware yang tentunya dapat merusak ponsel kesayanganmu.

Selain itu, mungkin saja kamu tidak akan mendapatkan layanan yang mempunyai sistem atau akses yang sangat mudah seperti layanan google play store ini. Bahkan mungkin aplikasi-aplikasi yang tersedia juga tidak seperti aplikasi yang disediakan oleh google play store.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara menonaktifkan play store dengan sangat mudah yang bisa kamu ikuti dan praktekkan secara mandiri di rumah. Perlu kamu ingat dan garisbawahi, bahwa langkah-langkah di atas hanya dapat kamu gunakan ketika memang kamu dalam keadaan darurat dan dibutuhkan. Jangan gunakan langkah-langkah di atas untuk hal-hal negatif yang tentunya akan sangat merugikan dirimu sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Related posts