Cara Menonaktifkan Link Google Form

Cara menonaktifkan link Google Form menjadi suatu hal yang banyak dicari saat ini. Terkadang saat kita membuat Google Formulir atau link form untuk melakukan sebuah qusioner, survey ataupun kegiatan penghimpunan pekerjaan pasti akan ada yang namanya batas waktu untuk pengisian link tersebut. Mengapa demikian, karena kamu harus membatasi kapan link Google Form yang kamu bagikan bisa digunakan.

Seperti sudah diketahui, bahwa layanan Google Form merupakan sebuah fitur yang dibuat oleh Google untuk membantu kamu ketika ingin membuat formulir secara online dan gratis. Layanan ini, dapat kamu gunakan untuk melakukan berbagai kegiatan yang membutuhkan jawaban dari responden yang cocok dengan surveymu. Jika kamu penasaran dengan bagaimana cara menonaktifkan link yang sudah dibagikan, maka bisa langsung membaca penjelasan berikut ini.

Kelebihan Google Form

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara menonaktifkan link Google Form, alangkah baiknya kamu mengetahui berbagai manfaat atau kelebihan dari layanan google satu ini. Kelebihan ini memang kami beritahukan kepada kamu sehingga semakin yakin untuk memanfaatkan layanan ini. Berikut adalah penjelasannya.

1. Hemat Biaya

Kelebihan dari layanan Google Form ini adalah hemat biaya. Kamu dapat menggunakan Google Form untuk membuat formular secara online sehingga kamu tidak perlu mencetak survey kertas. Dengan kelebihannya ini tentu dapat membuatmu jauh dapat menghemat biasaya kertas dan tinta.

Selan itu, kamu juga bisa menggunakan layanan ini secara gratis, kapan saja, dan sebanyak mungkin sesuai dengan kebutuhanmu. Jika dibandingkan dengan membuat formulir secara offline, tentu jauh sekali karena tidak hanya mengeluarkan biaya saja, tetapi kamu juga butuh tenaga untuk membagikan formulir yang sudah kamu buat.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Shopee PayLater

2. Hemat Tenaga Dan Waktu

Perlu kamu ketahui, bahwa kamu bisa membagikan link Google Form ini melalui email atau melaui tautan yang bisa kamu bagikan ke semua media sosial atau aplikasi chatting, seperti whatsaap dan instagram. Bahkan kamu tidak perlu lagi meninggalkan komputer atau smartphonemu hanya untuk berbagi survey.

Dengan kelebihan ini, maka kamu juga tidak perlu lagi meminta satu persatu responden untuk mengisi survey yang kamu lakukan. Sehingga kamu dapat menghemat waktu dan biayamu

3. Data Aman

Kamu jangan mengkhawatirkan tentang data dari responden yang sudah berhasil dikumpulkan. Karena data-data tersebut akan tersimpan secara otomatis pada google drivemu. Bahkan, orang lain juga tidak akan bisa melihat hasil rekaman jawaban, kecuali kamu memang membagikannya. Oleh karena itu, kamu tidak perlu lagi menghawatirkan soal data responden hilang ataupun dihapus.

Cara Menonaktifkan Link Google Form

Cara Menonaktifkan Link Google Form
Cara Menonaktifkan Link Google Form

Sebenarnya untuk cara menonaktifkan link Google Form ini dapat kamu lakukan dengan menggunakan beberapa metode cepat dan alternatif. Antara lain adalah dengan cara memanfaatkan fitur bawaan dan memanfaatkan add-ons atau pengaya tambahan. Jika kamu sudah tidak sabar dan penasaran dengan bagaimana cara melakukannya, silahkan simak penjelasan kamu berikut ini.

Cara Menonaktifkan Link Google Form Pakai Fitur Bawaan

Misalkan kamu sudah membuat link lalu membagikannya dan sudah melakukan registrasi serta sudah merasa bahwa respon yang didapatkan sudah memenuhi ekspektasi, maka kamu bisa segera menonaktifkan link Google Formnya dengan menggunakan metode pakai fitur bawaan. Memang benar, pihak Google Form menciptakan fitur ini dengan tujuan memudahkan para penggunanya. Jika kamu penasaran bagaimana langkah-langkahnya, berikut penjelasannya.

  • Pertama, silahkan kamu meBmuka Google Form yang sudah dibuat sebelumnya dengan menggunakan google drive atau bisa langsung membuka Google Form
  • Jika sudah, maka silahkan kamu memilih opsi responses dan geserlah ke kiri pada menu accepting responses
  • Setelah berhasil dibuka, maka pilihlah tab responses
  • Selanjutnya, kamu akan melihat berbagai informasi akan berganti not accepting responses yang artinya bahwa kamu sudah tidak menerima respon lagi
  • Selanjutnya, jangan lupa juga informasikan kepada peserta atau orang-orang yang akan mengisi Google Form bahwa link sudah ditutup
Terkait:  Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel

Setelah kamu berhasil melakukan langkah-langkah di atas, maka responden yang ingin mengisi formulirmu atau lainnya tidak akan bisa mengaksesnya meskipun tautannya masih terbuka. Jika kamu ingin membuka kembali linknya, maka kamu cukup menggeser menu not accepting not accepting atau menerima jawaban apabila kamu masih membutuhkannya.

Cara Menonaktifkan Link Google Form Pakai formLimiter

Metode lain yang dapat kamu gunakan untuk menonaktifkan link Google Form adalah dengan memanfaatkan form limiter. Form limiter ini merupakan sebuah adds-ons yang ada pada Google Form yang tentunya dapat kamu akses secara gratis. Adapun langkah-langkah menggunakan adds-ons untuk menonaktifkan link Google Form adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah silahkan kamu membuka layanan Google Form dan login atau masuk ke link form yang sebelumnya sudah kamu buat
  • Kemudian, kamu pilih ikon berbetuk titik tiga yang ada pada bagian pojok kanan atas
  • Disitulah kamu bisa langsung memilih fitur add ons
  • Jika sudah, maka silahkan kamu mencari add-ons yang bernama form limiter
  • Lakukanlah instalasi dengan cara mengklik install
  • Setelah kamu berhasil memasang add-ons formLimiter, maka jangan lupa untuk memberikan izin akses ke Google Drive dengan cara klik Allow (Izinkan)
  • Selanjutnya, form Limiter akan segera muncul pada bagian pojok kanan bawah Google Form milikmu
  • Lalu, kamu pilih Date and Timepada menu Limit Type jika memang kamu ingin membatasi jumlah yang merespon pada link Google Form yang kamu bagikan
  • Jika kamu memilih opsi Date and Time, maka akan ditampilkan menu yang berisi stop accepting form responses when a due date is set on
  • Kemudian silahkan kamu memasukkan tanggal serta waktu kapan berakhirnya sesi pengisian link Google Form buatanmu
  • Di samping itu, jika kamu memilih menu Number of Form Responses, maka akan tampil pilihan stop accepting form responses are greater than
  • Dengan menekannya, maka kamu bisa memasukkan jumlah maksimum respondent yang dapat menggunakan atau mengakses link Google Formmu
  • Kamu juga bisa menuliskan pesan bahwa sesi Google Form telah habis atau ditutup.
  • Setelah semuanya berhasil kamu atur, pilih tombol Save and enable

Dengan demikian, link Google Form yang telah kamu buat secara otomatis akan nonaktif dan tidak ada lagi yang dapat mengakses atau membukanya sesuai dengan ketentuan yang sudah kamu buat pada layanan form limiter. Namun, jika kamu ingin membatalkan pembatasan akses pada pengaturan link Google Form lewat formLimiter, kamu hanya tinggal pilih Disable.

Terkait:  Cara Menutup Akun Facebook

Kesimpulan

Itulah informasi singkat yang dapat disampaikan mengenai bagaimana cara menonaktifkan link Google Form bagi kamu yang memang sudah merasa bahwa respon yang didapat sudah memenuhi kriteria dan kebutuhaN. Ikuti semua panduan yang sudah dijelaskan di atas, agar kamu bisa memanfaatkannya sebaik mungkin dan tidak melakukan kesalahan pada prosesnya. Selamat mencoba untuk memparktekkannya secara mandiri dan semoga kamu berhasil!

Ulasan Menarik Lainnya:

Cara Menonaktifkan Link Google Form
Cara Menjual Hero Di Mobile Legends
Cara Menghubungkan iPhone ke TV Tanpa Kabel
Cara Menjual Barang Di OLX
Cara Menonaktifkan Akun Akulaku
Cara Menghubungkan iPhone ke TV
Cara Menonaktifkan Langganan Telkomsel
Cara Menghapus Video di Telegram
Cara Menjernihkan Video Yang Pecah Di Android
Cara Menghubungkan HP Samsung ke TV

Related posts