Cara Kerja di Australia

Australia mempunyai program imigrasi paling besar di dunia, bahkan telah menyediakan hingga 190.000 lowongan setiap tahunnya bagi migran permanen. Dimana sebagian besar program tersebut, dengan hampir 70%-nya disediakan untuk para migran terampil. Jika Kamu adalah seorang mahasiswa di Australia, tentu sangat mudah mencari cara kerja di Australia.

Jenis Pekerjaan yang Dibutuhkan di Australia

Sebelum memahami bagaimana cara kerja di Australia, Kamu harus mengetahui jenis pekerjaan yang paling dibutuhkan di Australia berikut ini :

1. Cyber Security Specialist

Cyber Security ialah sistem perlindungan komputer terhadap kerusakan atau pencurian di perangkat lunak, perangkat keras, serta seluruh data elektronik. Seiring dengan kecanggihan teknologi yang kian menyatu dengan aktivitas manusia, tentu saja kebutuhan akan sistem keamanan data sangat tinggi. Inilah alasan kenapa Australia membutuhkan tenaga ahli di bidang Cyber Security.

2. Data Analyst

Tidak hanya di Australia tapi di berbagai negara lainnya seperti Indonesia, Big Data memiliki peranan yang sangat besar di dunia industri. Informasi atau data seolah menjadi sebuah mata uang perusahaan dalam berbagai bidang. Maka dari itu, kini sangat dibutuhkan pekerja yang ahli dalam bidang Data Analyst.

3. Business Administrator

Walaupun terkesan klasik, tapi profesi yang satu ini sebenarnya masih diperlukan. Bahkan dalam bidang administrator usaha lahan cukup luas, yang mencakup beberapa posisi managemen. Entah itu perusahaan start up, perusahaan independen kecil dan perusahaan raksasa memerlukan tim administrasi.

4. Perawat Terdaftar

Kebutuhan akan perawat di Australia kini memang sudah bukan rahasia dan masih sangat dibutuhkan. Namun jika ingin menjadi perawat di Australia, tak bisa sembarangan. Karena perawat yang telah lulus sekolah biasanya harus melewati proses sertifikasi cukup rumit.

5. Software Developers

Semakin meningkatnya perusahaan IT mengindikasikan bahwa kian tumbuhnya kebutuhan pengembang software itu sendiri. Profesi software developers atau biasa dinamakan sebagai pemrogram komputer, memiliki kunci penting bagi instalasi, desain, pemeliharaan dalam sistem software dan pengujian.

6. Pekerja Konstruksi

Seiring meningkatnya pembangunan yang dilakukan di negara Australia sekarang ini, tentu saja lahan pekerjaan tersebut memerlukan tenaga kerja lebih banyak. Adapun posisi yang diperlukan biasanya sangat beragam, seperti manajer proyek, administrator kontrak, manajer lapangan dan manajer.

7. Manajer Pertanian

Dengan semakin besarnya lahan di Australia dengan potensi sumber daya alam yang begitu melimpah bahkan disertai peningkatan kebutuhan pangan, maka profesi menjadi manajer pertanian dan petani adalah kebutuhan.

8. Barista

Barista adalah salah satu profesi yang paling banyak dibutuhkan di Australia. Sebab kita bisa menemukan banyak kafe yang tersebar hingga di setiap sudut perkotaan. Masyarakat Australia menganggap bahwa minuman kopi ini sangat penting, jadi kebanyakan kafe biasanya mewajibkanmu untuk bisa menyelesaikan kursus training barista sebelum Kamu bekerja. Biasanya lamanya kursus tersebut bervariasi, dari latihan dasar espresso dengan waktu yang dibutuhkan selama 3 hari sampai kelas master barista hingga 5 hari. Kamu juga bisa cek cara jadi barista handal agar Kamu benar-benar siap melamar pekerjaan ini!

9. Resepsionis

Apabila Kamu sedang mencari kerja di Australia dengan penawaran gaji menggiurkan dan jadwal yang teratur, profesi menjadi resepsionis adalah pilihan idealnya. Biasanya penghasilan awalnya lebih dari upah minimum. Selain itu biasanya tak ada permintaan untuk bekerja akhir pekan atau pada malam hari. Pekerjaan menjadi resepsionis tak membutuhkan pengalaman, tapi keterampilan dalam berorganisasi dengan baik serta pengetahuan mengenai administrasi siap membantumu berprestasi di bidang pekerjaan yang satu ini.

Cara Kerja di Australia

Cara Kerja di Australia
Bekerja di Australia

Persiapan Bekerja di Australia

Setelah membaca dan memahami jenis-jenis pekerjaan yang dibutuhan di Australia, Kamu harus mengetahui apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan dalam cara kerja di Australia. Diantaranya berikut ini :

1. Menentukan Jenis Pekerjaan Sesuai Minat

Cara kerja di Australia yang pertama, mengingat Kamu sudah mengetahui jenis-jenis pekerjaan yang dibutuhkan di atas, selanjutnya tinggal pilih pekerjaan yang akan Kamu lakukan. Adapun masalah utama para pencari pekerjaan di luar negeri sebenarnya tidak memahami apa pekerjaan yang diinginkan.

Kebanyakan dari pencari kerja hanya tertarik untuk mencoba pengalaman bekerja di beda negara karena faktor gaji yang menggiurkan dan gaya hidup. Tapi, tidak mengetahui apa saja yang dapat dikerjakan ketika tinggal di luar negeri. Jadi sebelum mencari pekerjaan di Australia, Kamu harus pastikan pekerjaan apa yang ingin dilakukan.

2. Riset Tentang Potensi Pekerjaan Sesuai Keinginan

Mencari kerja di negara Australia bisa dikatakan cukup kompetitif. Akan tetapi, Kamu dapat memperoleh pekerjaan di negeri Kangguru tersebut dengan mudah apabila mempunyai kualifikasi dan keterampilan khusus.

Dimana peluang mendapatkan pekerjaan di Australia jauh lebih mudah jika bekerja dalam bidang pekerjaan cukup sulit dengan kota yang penduduknya sedikit. Akan tetapi, yang pasti tetap saja pilih pekerjaan sesuai skill dan passion-mu.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menemukan jenis pekerjaan yang pas sesuai harapan. Seperti dengan memanfaatkan situs web pencari kerja secara online atau bahkan langsung mencarinya di website perusahaan yang dituju.

3. Persiapkan Lamaran

Cara kerja di Australia selanjutnya ialah, jika sudah menentukan jenis pekerjaan apa yang akan dilamar, sekarang waktunya untuk mempersiapkan lamaran pekerjaan. Dalam hal ini, Kamu bisa mengirimkan lamaran pekerjaan secara langsung melalui email perusahaan. Selain itu, sertakan portofolio dan CV supaya pihak perusahaan bisa mengetahui skill apa yang Kamu punya.

Apabila Kamu mendapatkan surat rekomendasi yang diperoleh dari pekerjaan yang sebelumnya, cantumkan pula surat rekomendasinya. Lalu, jika ingin bekerja di negara Ausralia Kamu tentunya harus sudah memiliki sertifikat TOEIC dengan skor tinggi.

4. Penyetaraan Kualifikasi Kerja

Jika baru tiba ke Australia, maka kemungkinan Kamu harus melakukan penyetaraan terhadap kualifikasi kerja. Apabila Kamu ingin mengetahui penyetaraa kualifikasi lebih lebih banyak, bisa cek langsung di link internationaleducation.gov.au.

Pemerintah Australia sendiri memang mempunyai kebijakan untuk para pekerja yang berasal di luar negeri agar mendapatkan pengalaman kerja atau sertifikat hingga beberapa tahun di tempat atau negara asal.

Selanjutnya, ada pula beberapa pekerjaan tertentu yang memperoleh kemudahan untuk pengajuan visa. Contohnya pekerjaan dalam bidang mekanis dan teknisi. Sedangkan untuk pekerjaan lain diwajibkan mengikuti uji kompetensi dari Pemerintah Australia.

5. Mempersiapkan Visa Kerja

Visa yang dibutuhkan untuk bekerja di luar negeri, khususnya Australia tergantung dari lamanya waktu Kamu akan tinggal di Australia dan pekerjaan jenis apa yang ingin dilakukan.

Di samping itu, Kamu harus tetap memenuhi kriteria seperti mempunyai keterampilan berbahasa Inggris secara khusus, mempunyai tabungan dalam nominal tertentu dan lainnya.

Sesuai lama resmi dari Australian Government Department of Home Affairs, ada 44 macam jenis visa Autralia yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Australia juga telah menyediakan visa Working Holiday untuk Kamu yang ingin berlibur sambil bekerja.

Adapun Working Holiday Visa sendiri dirancang secara khusus bagi yang berusia sekitar 18-30 tahu dan yang ingin bekerja dan berlibur di Australia.

Ya, itulah beberapa tata cara kerja di Australia dan jenis-jenis pekerjaan yang banyak dibutuhkan di negeri Kanguru tersebut. Bagaimana, mudah kan?

 

Related posts