Cara Menolak Orang Pinjam Uang

Cara Menolak Orang Pinjam Uang
Cara Menolak Orang Pinjam Uang

Cara menolak orang pinjam uang menjadi salah satu solusi ketika temanmu lamamu mendadak ingin meminjam uang. Akhir-akhir ini, masalah hutang bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan persahabatan bisa hancur. Bahkan beberapa orang memilih untuk menghindari hutang dalam hubungan persahabatan mereka.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, mengingat banyak sekali kasus teman berhutang dengan jumlah yang banyak namun tidak ingin melunasinya sehingga kamu merasa tidak enak saat menagihnya. Alih-alih uangmu dapat kembali, justru kamu malah mengkhilaskannya.

Jika kamu sedang menghadapi situasi diminta temanmu untuk meminjami uang dengan jumlah uang sekian-sekian, maka simak penjelasan berikut ini.

Cara Menolak Orang Pinjam Uang

Cara Menolak Orang Pinjam Uang
Cara Menolak Orang Pinjam Uang

Sebenarnya, ada banyak sekali cara mudah yang dapat kamu gunakan untuk menolak permintaan teman yang ingin pinjam uang. Namun ketika kamu ingin menjelaskan alasan mengapa tidak memberi hutang, justru kamu gugup dan merasa tidak enak. Jika kamu penasaran bagaimana cara-caranya, maka bisa langsung menyimak penjelasan berikut ini.

1. Menanyakan Dulu Untuk Apa

Jika kamu pernah atau tiba-tiba dihubungi oleh teman lamamu hanya karena ingin meminjam uang, maka cara pertama yang harus kamu lakukan untuk menolak orang pinjam uang adalah dengan menanyakan untuk apa mereka menggunakan uangmu tersebut, apakah untuk suatu hal yang penting atau hanya sekedar untuk senag-senang dengan temannya yang lain.

Cara pertama ini merupakan cara yang dapat dikatakan cukup untuk menghargasi temanmu serta menjadi salah satu upaya untuk memahami motif di balik niat temanmu untuk berutang padamu. Jika kamu merasa bahwa alasan mereka sangat kuat misalnya untuk membayar biaya anak sekolah, maka tidak ada salahnya jika kamu meminjamkan uangmu dengan jumlah yang menurutmu pas untuk dapat digunakan oleh temanmu.

2. Mintalah Waktu Untuk Berpikir

Setelah kamu berhasil alasan mengapa mereka pinjam uang kepadamu, maka cara menolak orang pinjam uang selanjutnya adalah kamu harus memintanya sedikit untuk berpikir. Kamu bisa mengatakan kepada temanmu butuh untuk memberikan jawaban dalam kurun waktu 24 jam. Dengan melakukan cara ini, akan membantumu untuk berpikir lebih jernih dan objektif terkait alasan mengapa kamu meminjamkannya.

Selain itu dengan cara satu ini, kamu akan mendapatkan alasan yang jauh lebih kuat dan masuk akal ketika ingin menolak keinginan temanmu yang mau pinjam uang.

3. Jelaskan Mengapa Kamu Tidak Bisa Meminjamkan Uang

Ketika kamu ingin mengatasi teman lama yang mendadak pinjam uang kepadamu, maka kamu wajib untuk memberikan alasan yang kuat dan disertai dengan alasan logis mengapa kamu tidak bisa meminjamkan uang kepadanya. Dengan menyatakan alasan yang logis ini, maka dapat membuat temanmu memahami bahwa untuk saat itu, kamu memang tidak bisa meminjamkan uangmu kepadanya. Selain itu, dengan menggunakan cara satu ini maka kamu dapat menghindari kesalah pahaman dengan temanmu.

4. Berikan Solusi Alternatif Untuknya

Jika memang kamu tidak ingin memberikan hutang uang kepada teman lamamu, maka bisa kamu berikan solusis yang alternatif untuknya selain meminjam uang kepadamu. Contohnya, kamu bisa meminta temanmu untuk menggunakan bakatnya untuk mencari uang. Contohnya jika temanmu suka menggambar ilustrasi, maka ajaklah ia untuk membuka jasa ilustrasi sehingga ia bisa menghasilkan uang sendiri.

Selain itu, kamu juga bisa membantu temanmu untuk menjual barang-barang bekas mereka yang dianggap sudah tidak digunakan lagi namun dapat bermanfaat bagi orang lain. Dengan menggunakan car aini, dijamin temanmu tersebut tidak akan salah faham dan mengerti bahwa kamu memang benar-benar teman setia meskipun kamu tidak meminjamkan uang sama sekali.

5. Jangan Sekali-kali Memberi Mereka Janji Palsu

Terkadang jika kamu merasa tidak enak saat tidak meminjamkan uang kepada temanmu, maka jangan sekali-kali kamu berjanji kepadanya jika memang kamu tidak ingin meminjamkan uang. Salah satu contoh janji tersebut adalah “nanti ya, setelah saya gajian“, atau “nantiya, setelah uangku sendiri lunas, uang untukmu ada. “

Jika kamu mengucapkan janji-janji terseut, jstru akan membuat temanmu merasa bahwa kamu memang peduli padanya dan menolak permintaannya hanya karena memang belum memiliki rezeki lebih. Justru dengan mengucapkan hal seperti ini, akan menjadi boomerang bagimu. Bayangkan jika ia minta pinjaman lagi namun kamu masih belum bisa memberikan pinjaman padanya, pasti mereka akan berfikir bahwa kamu seorang yang plin-plan sehingga menimbulkan salah faham.

6. Tegaskan Dengan Cara Yang Baik Dan Sopan

Setelah permintaan pinjam uang kamu tolak, pastinya temanmu akan mengeluarkan kalimat persuasive agar kamu akhirnya luluh dan meminjamkan uangmu. Oleh karena itu, tekankan secara jelas akan ketidakmampuanmu meminjamkan uang sesuai dengan keinginan mereka. Jelaskan dengan cara baik, tegas, namun tetap sopan. Dengan cara ini, maka orang atau temananmu tersebut berubah menjadi tidak enak apabila terus-menerus merayumu untuk memberikannya hutang.

7. Hindari Rasa Bersalah

Jika kamu tidak bisa meminjami uang kepada teman yang baik, tentunya kamu akan merasa tidak enak ataupun bersalah. Namun kamu harus ingat bahwa selalu ada solusi lain untuk bisa memecahkan permasalahanmu dan temanmu. Jika kamu tetap memaksakan diri untuk menolongnya mekipun tidak mampu, justru akan memicu masalah baru alih-alih menyelesaikan masalah yang ada.

8. Jelaskanlah Prioritasmu

Cara ini adalah cara yang ampuh untuk bisa menolak permintaan temanmu yang ingin meminjam uang. Dengan menjelaskan prioritasmu, maka akan menjadi alasan yang lebih kuat. Selain itu, kamu tidak akan bisa membantu orang lain secara finansial jika memang dirimu masih belum tahu bagaiman cara mengatur keuangan sendiri dengan baik dan benar.

9. Balikkan Situasi

Cara terakhir yang dapat kamu gunakan untuk menolak keinginan temanmu saat ingin pinjam uang adalah dengan cara membalikkan situasi. Contohnya saat ada temanmu yang ingin pinjam uang, maka beritahulah ia bahwa kamu sendiri sebenarnya berniat melakukan hal yang sama. Namun cara ini baru dapat kamu lakukan jika memang temanmu sudah melewati batas wajar ketika ingin pinjam uang. Contohnya adalah mereka memaksamu untuk meminjamkan uang.

Kesimpulan

Nah, itulah informasi singkat mengenai bagaimana cara menolak orang pinjam uang yang dapat kamu praktekkan. Intinya, kamu harus menjelaskan alasan mengapa kamu tidak bisa meminjami mereka uang. Jangan lupa juga untuk menjelaskan alasanmu dengan jelas, baik dan sopan untuk menghindari kesalahpahaman yang bisa menghancurkan hubungan persahabatanmu.

Selain itu kamu juga harus faham akan kebutuhanmu sendiri. Jangan sampai setelah kamu meminjamkan uang, justru kamu sendiri yang kesusahan dalam hal keuangan. Itulah yang dapat kami sampaikan dan semoga informasi di atas dapat membantu menjawab kebingungamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Kamu Harus Tahu:

Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses di Hp Oppo
Cara Pinjam Pulsa Telkomsel
Cara Pinjam Pulsa Indosat
Cara Hutang Pulsa Telkomsel
Cara Pinjam Uang di Bank BCA

Related posts