Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses di Hp Oppo

Pernah nggak sih mengalami wifi menolak akses di android? Jika pernah atau sedang mengalaminya, tentu menjengkelkan. Apalagi jika kita sedang menggunakan wifi. Pengguna Oppo jangan khawatir, ada cara mengatasi wifi menolak akses di hp oppo disini!

Wifi memang sudah begitu lekat dengan aktivitas sehari-hari. Dengan wifi dapat melakukan streaming video, dapat bermain game, download aplikasi atau film, menyelesaikan tugas dan pekerjaan serta yang lainnya.

Read More

Banyak orang lebih memilih akses wifi ketimbang data seluler, karena koneksinya cenderung lebih stabil. Selain itu, harganya lebih terjangkau karena bisa diakses oleh seluruh anggota keluarga.

Hanya saja seringkali terjadi beberapa masalah, seperti jaringan wifi yang menolak akses pada perangkat PC atau android saat dipakai. Hal ini juga berlaku bagi pengguna Oppo.

Kenapa Wifi Menolak Akses ke Hp Oppo?

Sebenarnya masalah ini bukan karena wifi milih-milih perangkat. Bukan juga hanya dialami oleh pengguna Oppo, karena pengguna android merk lainnya juga pasti pernah mengalaminya.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan wifi tidak bisa akses di hp Oppo, berikut ini :

  • Perangkat router mengalami masalah.
  • Adanya gangguan pada penyedia wifi.
  • Salah ketika menginputkan password.
  • Akses yang terblokir.

Semua penyebab tersebut bisa kalian atasi dengan cara mengatasi wifi menolak akses di hp Oppo.

Terkait:  Cara Mengetahui Password Wifi Menggunakan CMD

Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses di Hp Oppo

Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses di Hp Oppo
Mengatasi Wifi Menolak Akses di Hp Oppo

Jangan khawatir jika kalian mengalami hal serupa, ketika wifi menolak akses ke hp Oppo, maka kalian bisa mencoba beberapa tips mengatasinya berikut :

1. Coba Ganti IP Address

Cara mengatasi wifi menolak akses di hp Oppo pertama adalah mengganti IP Address untuk jaringan wifi pada pengaturan Oppo. Metode ini bisa dibilang cukup ampuh untuk mengatasi persoalan ini.

Biasanya hal ini dikarenakan perangkat android kalian memiliki IP address yang sama seperti perangkat lain yang juga sudah terhubung di jaringan wifi.

Jika kalian ingin mengganti IP Address, kalian bisa mengakses pengauran di Oppo pada opsi Wifi, kemudian masuk ke Prefensi Wifi dan ketuk IP Address.

Kemudian ganti IP addressnya dengan IP address yang lain, misalnya saja IP sekarang 192.168.1.23 dan kalian bisa mengubahnya ke alamat 192.168.1.20. Dengan kata lain, jika sebelumnya wifi menolak akses, kini bisa terhubung normal.

2. Restart Modem atau Router

Kalian juga bisa mencoba restart router atau modem untuk mengembalikan akses wifi ke hp Oppo agar berjalan normal. Cukup matikan perangkat modem/router, lalu tunggu selama beberapa menit dan nyalakan lagi.

Metode ini cukup efektif dan ampuh mengatasi masalah wifi yang menolak akses di hp Oppo kalian. Ini adalah langkah paling mudah yang bisa kalian praktekkan sendiri, sebelum memanggil teknisi.

3. Restart Hp Oppo

Jika dengan restart router masih belum berhasil, coba kalian restart hp Oppo untuk mengatasi wifi menolak akses di hp Oppo. Opsi ini juga cukup ampuh menyelesaikan masalah tersebut.

Apabila restart sudah selesai, kalian hanya perlu mengecek kembali apakah akses wifi di hp Oppo sudah kembali normal ataukah tidak.

Terkait:  Cara Melacak Hp Oppo dengan IMEI

4. Mengecek Pengaturan Wifi

Apabila pada router ternyata tidak ditemukan masalah, ini artinya permasalahan bisa jadi dari pengaturan wifi hp Oppo kalian. Maka dari itu, cara mengatasi wifi menolak akses di hp Oppo selanjutnya adalah dengan cara reset pengaturan wifi.

Sebenarnya caranya mudah sekali, kalian hanya perlu mengikuti tutorial berikut :

  • Buka Pengaturan.
  • Pilih menu App management.
  • Tekan All.
  • Setelah itu, buka Wifi Settings.
  • Pilih clear and cache.
  • Setelah itu, kalian bisa akses wifi kembali.

Setiap perangkat hp Oppo mempunyai menu pengaturan yang berbeda. Jadi intinya, kalian hanya tinggal mengakses Wifi Settings saja, lalu tekan Clear data and cache.

5. Reset Pabrik

Langkah selanjutnya yaitu kalian bisa mencoba factory reset atau hard reset. Fungsinya adalah agar pengaturan hp Oppo kembali lagi pada pengaturan pabrik.

Sebelum melakukannya, kalian harus backup data perangkat terlebih dahulu. Karena cara ini dapat menghapus seluruh file yang terinstall dan tersimpan pada hp oppo.

Jika seluruh data sudah terbackup, selanjutnya lakukan factory reset.

  • Silahkan masuk ke menu settings atau pengaturan.
  • Jika sudah, gulir layar ke bawah sampai kalian menemukan additional settings atau pengaturan tambahan.
  • Jika sudah diklik, selanjutnya kalian akan langsung dibawa menuju halaman pengaturan tambahan.

  • Tekan backup and reset (cadangkan dan reset), lalu tekan  erase all data atau reset ke pengaturan pabrik.

6. Mengecek Jumlah Pemakai Wifi

Ada beberapa provider yang membatasi pengguna dalam satu jaringan. Jadi, apabila pengguna wifi melebihi limit yang ditentukan, bisa jadi wifi tidak bisa diakses di perangkat Oppo kalian.

Sebagai solusinya, kalian bisa menonaktifkan wifi pada salah satu device. Selain itu, bisa juga melakukan pengaturan IP status pada tiap perangkat tertentu yang terkoneksi pada router, kemudian coba lagi mengakses wifi.

Terkait:  Cara Melihat Kode QR Wifi di Hp Oppo

7. Mengaktifkan Airplane Mode

Solusi cara mengatasi wifi menolak akses di hp Oppo selanjutnya adalah dengan mengaktifkan airplane mode atau mode pesawat sementara waktu.

Cara ini juga dirasa cukup simpel dan ampuh untuk mengatasi masalah pada wifi. Saat mode pesawat diaktifkan, maka semua koneksi wifi yang terhubung pada intenret otomatis diputuskan paksa.

Metode ini layak dicoba untuk mengatasi masalah wifi yang tidak bisa mengakses. Seringkali ketika mematikan air plane mode, maka koneksi bisa normal kembai seperti sedia kala.

Caranya cukup mudah, hanya sentuh layar perangkat dari atas ke bawah dan tekan mode yang berikon pesawat.

8. Mengecek Ulang Kata Sandi Wifi

Kalian juga bisa menginputkan kata sandi wifi. Sebab salah satu penyebab wifi menolak akses di hp adalah kesalahan mengetikkan password.

Mungkin terkesan sepele, tapi jika kalian mengalaminya bisa membuat akses wifi tidak terhubung. Silahkan cek kembali ketika mengetikkan password wifi, dan pastikan apakah password telah ditulis dengan benar atau tidak.

Jika kata sandi yang kalian masukkan salah, bisa dipastikan akses wifi tidak bisa tersambung. Kesalahan sepele tersebut biasanya mengakibatkan jaringan wifi mengalami kesalahan dalam hal autentikasi, sehingga membuat perangkat sulit tersambung.

9. Cek Ulang Jaringan Wifi

Salah satu penyebab wifi menolak akses di perangkat adalah akibat gangguan provider. Jasa penyedia wifi tersebut berhubungan dengan kestabilan sinyal wifi.

Biasanya jaringan wifi tidak dapat diakses karena kondisi gangguan cuaca atau alam. Beberapa diantaranya hujan lebat, atau faktor lainnya. Inilah yang bisa berpengaruh pada koneksi wifi yang akhirnya wifi tidak bisa diakses.

Sebagai solusinya, kalian bisa ganti provider atau penyedia jaringan wifi, apakah first media, indihome, myrepublik dan lainnya. Kalian juga bisa menunggu sampai jaringan wifi kembali normal.

Jika masalah masih berlanjut, hubungi layanan call center provider terkait, apalagi jika gangguan jaringan ini berlarut-larut sampai beberapa hari.

Nah, itulah cara mengatasi wifi menolak akses di hp Oppo yang bisa kalian coba agar akses wifi bisa kembali normal. Sehingga kalian bisa berselancar lagi di internet dengan bebas.

Related posts