Cara Membuat Kartu ATM BRI

Cara Membuat ATM BRI

Apakah Kamu baru berencana ingin membuat kartu ATM BRI? Jika ya, penting sekali memahami cara membuat kartu ATM BRI. Untuk membuat ATM BRI, tentu saja Kamu wajib menjadi nasabah bank BRI terlebih dahulu dengan mendaftar rekening tabungan BRI. Sebenarnya pada beberapa jenis tabungan BRI, menawarkan kartu ATM BRI sekaligus saat pembukaan rekening tabungan.

Akan tetapi, tidak semua tabungan BRI telah dilengkapi oleh kartu ATM. Diantara jenis-jenis yang ada, ada beberapa yang tak mendapatkan layanan kartu ATM. Biasanya untuk produk-produk Tabungan Haji BRI, TabunganKu BRI, dan Simpanan Pelajar BRI. Dimana semua rekening di atas hanya dilengkapi oleh buku tabungan saja.

Read More

Selain produk simpanan, ada beberapa jenis pula kartu ATM BRI untuk dipilih para nasabahnya. Mulai dari yang berwarna hijau, hitam, abu-abu, kuning, biru, hingga memiliki gambar karakter khusus. Sebenarnya perbedaannya tidak hanya dari segi tampilan saja, tetapi juga dari biaya pembuatan dan persyaratannya. Di samping itu, fitur, biaya administrasi serta limit transaksinya pun berbeda.

Cara Membuat ATM BRI

Cara Membuat ATM BRI
Membuat Kartu ATM BRI

Ketentuan dan Syarat Membuat Kartu ATM BRI

Dalam cara membuat kartu ATM BRI, tentu saja ada beberapa ketentuan dan syarat yang harus Kamu penuhi. Selain itu, untuk mempunyai kartu ATM bank BRI persyaratannya wajib memiliki setidaknya 1 buku rekening tabungan bank BRI. Jenis tabungan bank BRI yang bisa menikmati layanan ATM BRi ialah Simpedes TKI, Simpedes, Britama Muda, BritAma TKI, BritAma Valas, BritAma, dan lainnya.

Adapun persyaratan membuat rekening tabungan di atas sebenarnya berbeda. Namun jika dilihat garis besarnya, berikut persyaratan membuat rekening tabungan BRI diantaranya :

  • Berusia di atas 17 tahun.
  • Mempunyai KTP.
  • Minimal uang setoran awal Rp. 150 ribu.
  • Kartu NPWP jika ada.

Lalu, bagaimana jika untuk membuat ATM BRI bagi anak yang usianya kurang dari 17 tahun? Maka jawabannya ialah, Kamu bisa membuka rekneing BRI yang dikhususkan bagi anak-anak. Adapun syarat pembuatannya yaitu dapat memakai KTP orang tua dilengkapi kartu pelajar anak, KK, atau akta kelahiran.

Prosedur Pembuatan Kartu ATM BRI Offline

Jika Kamu sudah memahami syarat di atas, maka selanjutnya bisa langsung masuk ke cara membuat ATM BRI. Adapun caranya cukup mendatangi kantor unit/cabang bank BRI dengan membawa beberapa persyaratan di atas. Sebaiknya pilih cabang bank BRI sesuai tempat domisili Kamu. Jika berbeda, maka persyaratannya wajib ditambah lagi. Diantaranya surat keterangan domisili dari RT/RW, maupun surat rekomendasi perusahaan tempatmu bekerja.

Dari sana, Kamu bisa langsung mengambil nomor antrian untuk ke Customer Service bank BRI. Jika belum paham, langsung tanyakan ke security yang bertugas dan selalu stand by di pintu masuk bank BRI. Jika nomormu sudah dipanggil, selanjutnya langsung datang ke meja CS. Konfirmasikan tujuanmu ke CS untuk membuat kartu ATM BRI dengan menyertakan semua persyaratan di atas. Jika sudah dilayani oleh customer service, biaanya Kamu akan menerima buku tabungan BRI yang sudah dilengkapi oleh kartu ATM Bank BRI.

Adapun cara membuat ATM BRI bagi anak-anak sendiri ada 2 bagian. Untuk usia dari 0-12 tahun wajib didampingi wali atau orang tua. Orang tua wajib mempunyai rekening tabungan bank BRI. Sementara untuk anak yang berusia mulai dari 12-17 tahun langsung datang sendiri saja dengan membawa serta persyaratan. Biasanya dyang dibutuhkan adalah KTP orang tua, surat persetujuan wali/orang tua, dan kartu pelajar.

Untuk membuat kartu ATM bank BRI dapat dibuat baik bagi pemakaian individu maupun badan usaha. Untuk Warga Negara Asing (WNA) sekalipun bahkan diperbolehkan. Mengingat mereka tidak memiliki KTP, biasanya syarat pembuatan akan diganti memakai KITAP atau KITAS.

Prosedur Pembuatan Kartu ATM BRI Online

Selain cara membuat ATM BRI offline, Kamu juga bisa membuat kartu ATM BRI secara online. Caranya, tinggal buka web browser yang sudah terkoneksi internet. Jika sudah, kunjungi laman https://eform.bri.co.id. Kemudian ketuk “Pembukaan Rekening”, lalu pilih jenis rekening tabungan yang Kamu inginkan. Silahkan cari lalu klik “Registrasi” dan lakukan pengisian formulir hingga selesai sampai Kamu menerima nomor referensi.

Kamu bisa membawa nomor referensi tersebut ke kantor cabang bank BRI. Mengingat sebelumnya Kamu sudah mengisi data lewat formulir online, jadi di kantor cabang Kamu hanya memerlukan verifikasi. Untuk selanjutnya, CS cukup mencetak buku rekening tabungan beserta kartu ATM BRI atas namamu

Jadi bisa disimpulkan bahwa baik itu cara membuat ATM BRI secara offline maupun online, tetap saja mengharuskanmu datang sendiri ke kantor cabang BRI. Walaupun dengan cara online, mungkin lebih memangkas waktumu jika dari awal Kamu melakukan pendaftaran secara offline. Karena dalam hal ini, pihak CS tak perlu lagi melakukan pengisian formulir data. Kamu bisa menyesuaikannya tergantung ketersediaan dan waktu yang dimiliki.

Mengenal Jenis-Jenis Kartu ATM Bank BRI

Kamu harus tahu bahwa semua jenis dari kartu bank BRI bisa digunakan di mesin ATM maupun mesin EDC yang ada di seluruh Indonesia. Kamu juga bisa bertransaksi di ATM yang mempunyai logo ATM Bersama, Prima dan Link. Selain itu, sebenarnya transaksi juga dapat dilakukan di ATM bank lainnya, baik itu ATM Mandiri, BNI, BCA dan lainnya. Hanya saja untuk transaksi di ATM lintas bank tersebut akan dikenakan tambahan biaya sebesar Rp. 6.500 untuk tiap transaksinya.

Sementara itu untuk penggunaan di luar negeri sendiri, hanya ada beberapa jenis kartu ATM Bank BRI yang dapat melakukannya. Diantaranya seperti kartu ATM BRI Valas, Premium, Gold dan Classic. Kartu-kartu tersebut selain mempunyai logo di atas, juga mempunyai logo Cirrus, Mastercard dan Maestro.

Untuk lebih jelasnya, mengenai jenis-jenis kartu debit/ATM BRI, berikut ulasannya :

1. Kartu ATM BRI Private Label

Kartu ini memiliki ciri khusus berwarna biru dan memiliki logo LINK, Prima dan ATM Bersama. ATM BRI Private Label dapat digunakan untuk bertransaksi di EDC BRI, ATM hingga bank lain yang ada di seluruh Indonesia. Adapun syarat pembuatannya ialah mempunyai rekening BritAma atau Simpedes.

2. Kartu ATM BRI Classic

Jenis kartu ATM BRI Classic mempunyai ciri-ciri warna abu-abu atau hijau dan berlogo Link, Prima, ATM Bersama, Cirrus, Mastercard, dan Maestro. Dapat digunakan untuk bertransaksi di ATM maupun EDC bank BRI. Bahkan bisa digunakan baik di bank lain yang ada di seluruh pelosok Indonesia hingga luar negeri. Syarat membuat kartu ATM ini ialah mempunyai rekening BRitAma dengan minimal setoran awal Rp. 250 ribu saat pembuatan.

3. Kartu ATM BRI Premium

Untuk kartu ATM BRI premium, memiliki ciri berwarna hitam, berlogo ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro, dan Mastercard. Kartu ini bisa dipakai baik di ATM BRI maupun EDC BRI, di bank lain yang ada di seluruh Indonesia maupun luar negeri. Jika ingin membuat kartu ATM BRI premium, syaratnya harus mempunyai rekening BritAma bisnis yang minimal setoran awalnya sebesar Rp. 10 juta.

4. Kartu ATM BRI Gold

Produk kartu ATM BRI Gold biasanya berwarna emas atau kuning. Memiliki logo ATM Bersama, Link, Prima, Maestro, Cirrus dan Mastercard. Karut ini dapat digunakan untuk bertransaksi di EDC BRI dan ATM BRI, bahkan bisa digunakan untuk bertransaksi di ATM bank lain yang ada di seluruh Indonesia hingga mancanegara.

5. Kartu ATM Valas

Pada kartu ATM Valas biasanya berwarna putih keabu-abuan. Memiliki logo link, Prima, Maestro, Mastercard, ATM bersama, dan Cirrus. Jenis kartu ini dapat dimanfaatkan untuk bertransaksi tidak hanya di ATM maupun EDC BRI saja tetapi juga bank lain di seluruh Indonesia hingga luar negeri. Syaratnya cukup mempunyai rekening tabungan dari BritAma Valas saja.

Itulah beberapa jenis kartu ATM BRI yang bisa Kamu pilih dalam cara membuat ATM BRI. Sesuaikan pemilihan kartu ATM tersebut dengan kebutuhanmu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Related posts