Cara Belajar Mengemudi Mobil

Bagaimana cara mengemudi mobil? Apa saja yang harus diperhatikan pada saat ingin Belajar Mengemudi Mobil? Apa apa saja bagian dari mobil yang harus diperhatikan sebelu mulai belajar mengendarainya?

Berbicara soal alat transportasi, mungkin saat ini kita sudah mengetahui ada beragam jenis kendaraan yang bisa kita gunakan. Mulai dari transportasi roda 2, roda 3, sampai transportasi roda 4. Belum lagi dengan adanya pengguna yang memiliki alat transportasi pribadi, untuk membantu mereka menuju suatu tempat, ataupun berpergian ke tempat kerja atau lainnya.

Di Indonesia sendiri, jenis transportasi yang paling banyak ditemukan adalah kendaraan roda 2 atau motor. Selain karena harganya yang sangat terjangkau, motor juga mudah untuk digunakan ketika berada didalam kondisi jalanan yang cukup macet ataupun ramai. Sehingga, tak jarang saat ini kita temukan jika lebih banyak pengendara motor daripada mobil.

Walaupun begitu, nyatanya pengguna mobil juga tidak kalah jumlahnya. Ditambah dengan banyaknya pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, membuat para pengguna mobil bisa lebih cepat sampai ke tujuan dengan menggunakan jalanan bebas hambatan atau TOL. Selain itu, mobil juga memiliki kapasitas penumpang yang cukup beragam, standar dari pengguna mobil sendiri biasanya digunakan untuk lebih dari 3 penumpang.

Biasanya, para pemilik mobil justru lebih sering menggunakan kendaraan mereka ketika akan berkunjung ke suatu tempat wisata, ataupun rekreasi ke tempat lain yang dituju bersama keluarga. Karena kapasitas dari mobil tadi, yang bisa digunakan lebih dari 3 orang.

Tentunya dalam mengendarai mobil, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Mulai dari pengendara harus memiliki Surat Izin Mengemudi untuk Mobil atau SIM A, dan juga kelengkapan lain pada saat mengendarai mobil.

Itulah mengapa, saat ini banyak juga pengguana yang mulai mencari tau cara belajar mengemudi mobil agar mereka bisa mulai untuk berkendara menggunakan kendaraan pribadi mereka.

Cara Belajar Mengemudi Mobil

Cara Belajar Mengemudi Mobil
Belajar Mengemudi Mobil

Nah, adapun beberapa hal penting yang harus diperhatikan selain Surat Izin dan juga lain hal pada saat mengendarai mobil adalah sebagai berikut.

Pahami Tiap Fungsi pada Dashboard Mobil

Sebelum mulai untuk mengemudi, ada baiknya kamu terlebih dahulu mengetahui apa apa saja yang ada didalam Dashboard mobil. Seperti misalnya tombol untuk menghidupkan Wiper, menyalakan Sein, Klakson, atau bahkan yang lainnya, seperti misalnya Doorlock, AC, Hazard, dan sebagainya.

Hal ini terdengar sepele memang. Namun dengan memahami terlebih dahulu bagian dari Dashboard mobil, hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk memulai belajar mengemudi mobil. Sebab ketika pengendara yang baru saja memulai belajar mengemudi, tentu akan kebingunan ketika mereka harus menyalakan Hazard, AC, atau bahkan Wiper, apabila mereka tidak terlebih dulu mengetahui fungsi fungsi pada dashboard mobil.

Pahami Fungsi Kemudi pada Mobil

Hal penting selanjutnya adalah kalian harus juga tau fungsi kemudi pada kendaraan kalian. Biasanya, fungsi kemdui yang paling penting pada mobil adalah bagian setir. Berbeda dengan mengendarai motor, kalian harus terlebih dulu tau jarak antara ukuran mobil dengan ukuran jalan. Biasanya, hal ini berguna ketika kalian akan berbelok, ataupun berputar arah.

Pastikan kalian mengambil jarak sekitar 10 – 30 cm sebelum berbelok, agar tidak terjadi benturan antara bodi mobil, dengan tembok atau hal lain yang ada disekitar ketika berbelok. Atau, kalian juga bisa melakukan latihan sementara di lapangan terbuka yang memang dikhususkan untuk latihan mobil.

Atur Posisi Spion dengan Benar

Selanjutnya, hal yang sederhana namun tak kalah penting adalah mengatur Posisi Spion kalian. Sebagaimana kita tau, Spion sendiri memang digunakan pada tiap kendaraan untuk melihat kondisi yang ada dibelakang kendaraan. Tanpa adanya spion, tentunya kita tidak bisa mengetahui apa saja yang ada dibelakang kita. Dan bahkan, kendaraan tanpa Spion yang lengkap bisa menjadi sebuah pelanggaran yang menyebabkan pengendara terkena Sanksi berupa tilang.

Utnuk itu, sebelum mulai mengemudi, pastikan posisi spion kalian sudah benar, agar memudahkan prosess pembelajaran mengemudi.

Pahami fungsi Pedal pada Mobil

Barulah setelah semuanya siap, kita bisa mulai untuk memahami fungsi pedal pada mobil. Adapun fungsi pedal ini berguna untuk mengatur Gas, Rem, dan juga Kopling (pada mobil manual dan matic) agar mobil bisa berjalan dengan semestinya.

Adapun fungsi dari kopling sendiri ialah sebagai transmisi mesin, ketika pengguna memindahkan rasio gear (gigi) dari Gigi pertama, ke gigi 2 hingga seterusnya. Nah, hal ini juga bisa kamu lihat pada presneling yang ada di tengah atau kiri ruang kemudi.

Kunci dari menggunakan Kopling dan Persneling Gigi pada Mobil sendiri adalah sebagai berikut

  • Posisikan Mobil dalam Kondisi Neutral / N > Injak dan tahan Pedal Kopling > Pindahkan Persneling dari N ke angka 1 > Kemudian lepas Pedal Kopling secara perlahan, sembari menginjak pedal gas perlahan juga.

Ketika mobil sudah mulai maju atau berjalan, barulah atur injakan gas secara perlahan saja. Tidak perlu langsung menginjak pedal gas terlalu dalam. Sebab biasanya, ketika pedal kopling dilepas perlahan, mobil akan maju dengan sendirinya.

Jangan lupa untuk menginjak Pedal Rem secara perlahan, agar mobil tetap berada dalam kondisi stabil, dan tidak menggerung terlalu dalam atau melaju terlalu cepat.

Fokus dan Konsentrasi

Setelah memahami semua poin penting diatas, selanjutnya kita sudah bisa mulai untuk mengemudi untuk pertama kalinya. Pastikan kalian sudah mempersiapkan semua dan juga sudah memahami apa apa saja hal penting yang tak boleh terlupa.

Fokus dan konsentrasilah pada saat mengemudi. Untuk pemula, hindari memegang kemudi Stir dengan satu tangan. Usahakan untuk menstabilkan kemudi walaupun pada saat jalan lurus. Mulailah mengemudi dengan kecepatan yang standar dan juga di medan yang tidak terlalu ramai.

Hidupkan mesin mobil dengan memasukkan kunci dan menahannya ke kondisi ON, setelah mesin menyala, turunkan tuas Rem Tangan, sembari menginjak pedal rem kaki, dan pastikan kondisi Gear / Rasio berada di kondisi Netral agar tidak terjadi masalah.

Setelah menurunkan tuas Rem Tangan sambil menginjak pedal Rem, maka kalian bisa menginjak pedal kopling, dan memindahkan persneling dari posisi Netral ke 1, setelah itu lepas pedal kopling secara perlahan, dan pindahkan kaki ke pedal gas dan injak secara perlahan juga.

Perhatikan kondisi disekitar dengan melihat kaca spion, agar tidak terjadi kecelakaan antar pengendara lain. Gunakan juga lampu sein apabila kalian ingin berbelok ke kanan, atau ke kiri. Kalian juga bisa menghidupkan Hazard apabila kalian sedang belajar, agar memberi tanda kepada pengendara lain, untuk berhati-hati.

Kesimpulan

Dengan memahami cara belajar mengemudi mobil diatas tadi, semoga hal ini bisa setidaknya membantu kamu dalam mengetahui terlebih dahulu apa apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin belajar mengendarai mobil. Demikianlah untuk artikel kali ini, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi