Cara Check In Hotel Secara Langsung

Bagi Kamu yang baru pertama kali menginap di hotel, mungkin masih bingung bagaimana cara check in hotel secara langsung? Ya, hal ini wajar rasanya apalagi tiap-tiap hotel mempunyai prosedur berbeda sehingga Kamu harus mengetahui cara melakukan check in  saat memesan hotel untuk bermalam.

Hotel adalah tempat yang ideal saat kita sedang berlibur atau pergi ke luar kota karena urusan bisnis atau pekerjaan. Sebagai tempat yang nyaman untuk bermalam, mengingat tidak memiliki keluarga atau sanak saudara yang dapat dikunjungi. Maka dari itu, penting sekali memilih tempat bermalam yang nyaman untuk berbulan madu, berwisata, ataupun untuk keperluan bisnis supaya Kamu dapat bersantai.

Read More

Namun sebelum mengetahui bagaimana cara check in di hotel pertama kali, tentu penting juga mengetahui beberapa hal terkait pemesanan kamar hotel di bawah ini!

Tips Memesan Kamar Hotel

Sebelum mengetahui prosedur cara chack in di hotel secara langsung, Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan melakukan pemesanan hotel. Hal pertama ialah dengan mencari referensi apa saja hotel yang jaraknya tak jauh dari tempat tujuanmu. Berikut panduannya :

1. Bandingkan Harga Sewa Per Malam dari Beberapa Hotel

Jika Kamu sudah mengetahui beberapa rekomendasi hotel yang ada di sekitar tempat tujuanmu, maka bandingkan harga tiap-tiap hotel. Cari referensi harga dari masing-masing hotel yang akan dipilih. Silahkan kunjungi situs resmi hotel tersebut, atau bisa juga dengan mengeceknya di salah satu aplikasi reservasi hotel, biasanya di sana akan muncul harga sewa kamar hotel per malam. Di samping itu, Kamu juga dapat membandingkan apa saja fasilitas yang diperoleh. Silahkan cari yang menyediakan fasilitas lengkap dan harganya terjangkau.

2. Melihat Review atau Ulasan Hotel

Jika Kamu sudah membandingkan harganya, Kamu dapat melihat review atau ulasan tentang hotel-hotel tempat bermalam yang ditawarkan para tamu hotel sebelumnya. Hal ini juga dapat dijadikan pertimbangkan untuk menentukan kamar hotel.

3. Melakukan Reservasi Hotel

Jika sudah memilih mana hotel yang akan dijadikan tempat bermalam, maka tips selanjutnya ialah melakukan reservasi hotel terlebih dahulu. Kamu bisa melakukannya lewat telepon atau lewat online. Biasanya hotel berbintang sudah bekerjasama dengan agen atau jasa perjalanan.

Kamu dapat melakukan reservasi hotel lewat agen tersebut dan biasanya mereka kerap memberikan potongan harga, jadi biayanya pun lebih murah daripada melakukan reservasi ke hotel secara langsung. Sesudahnya, Kamu dapat memastikan lagi kamar yang dipesan dengan menghubungi pihak hotel jika memesan jauh dari waktu yang ditentukan.

Cara Check In Hotel Secara Langsung

Cara Check In Hotel Secara Langsung
Tata Cara Check In Hotel Langsung

Tata Cara Check In Hotel Langsung

Memasuki hotel terutama di Indonesia, pastinya mempunyai ketentuan dan tata cara yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, sebagai tamu hotel Kamu wajib memenuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak hotel. Selain itu, ada beberapa tahapan tata cara check in hotel langsung yang bisa Kamu ikuti panduannya di bawah ini :

1. Masuk ke Lobi Hotel

Cara check in hotel pertama ialah memasuki lobi tempat penginapan atau hotel, jika Kamu sudah memarkirkan kendaraan pribadimu di lokasi tempat parkir kendaraan yang sudah disediakan, setelahnya Kamu harus melewati lobi hotel lebih dahulu. Nah, di lobi ini Kamu akan melihat meja resepsionis hotel dan beberapa staf atau pegawai hotel yang sedang menunggu para tamu.

Biasanya, pada hotel-hotel berbintang yang sudah terkenal sudah tersedia papan penunjuk arah hotel. Nah, dari sinilah Kamu akan dipermudah menemukan mana ruangan yang sedang dicari.

2. Melakukan Pengisian Formulir Check in Hotel

Tata cara check in hotel langsung berikutnya ialah dengan melakukan pengisian formulir untuk check in hotel tepatnya di meja resepsionis sesuai arahan bagian resepsionisnya. Jika ada yang masih belum dimengerti, maka Kamu bisa menanyakannya secara langsung supaya tidak kebingungan.

3. Jika Sudah Booking Hotel

Jika Kamu sudah melakukan booking hotel di awal, maka langsung saja katakan ke pihak staf resepsionis. Akan tetapi, jika tidak sebaiknya tanyakan ketersediaan kamar hotel yang masih kosong. Jika masih ada yang tersedia, pegawai hotel  nantinya akan menjelaskan tentang pilihan tipe kamar hotel yang dilengkapi informasi fasilitas dan harganya.

Selanjutnya jika sudah menentukan tipe kamar hotel yang akan ditempati, setelah itu akan diberikan form pengisian untuk check in seperti poin nomor 2 di atas. Silahkan lengkapi form dengan lengkap. Selain itu, kamu juga diperkenankan bertanya ke staf resepsionis apabila ada poin-poin tertentu yang kurang dipahami.

Jika sudah, silahkan berikan formulir berikut kartu SIM atau KTP ke pihak staf otel. Sedangkan untuk pembayaran, biasanya hotel-hotel yang ada di Indonesia memberlakukan proses pembayaran ketika tamu hotel akan check out. Namun ada pula hotel yang menggunakan sistem pembayaran uang dimuka atau full saat check in.

4. Mulai Memasuki Kamar Hotel

Jika Kamu sudah melakukan pengisian formulir, selanjutnya tinggal masuk ke kamar hotel. Setelah cara check in hotel secara langsung di atas selesai dilakukan, maka pegawai resepsionis selanjutnya akan langsung memberikan kunci.

Umumnya untuk hotel-hotel berbintang akan menugaskan pegawai hotel untuk mengantar dan membawakan barang-barang yang Kamu bawa. Namun ada pula hotel yang tak menyediakan fasilitas tersebut sehingga Kamu harus memasuki atau mencari ruangan kamar hotelmu sendiri.

Nah, itulah beberapa cara check in hotel secara langsung yang bisa Kamu lakukan saat memesan kamar hotel. Namun, pertanyaannya mungkin ada yang masih bingung bagaimana cara booking hotel? Sebenarnya booking hotel bisa dilakukan dengan menghubungi pihak hotel secara langsung atau bisa juga lewat website pemesanan hotel. Salah satu web yang bisa digunakan untuk booking hotel adalah Traveloka.

Jika Kamu masih bingung cara booking hotel lewat Traveloka, maka akan Kami bagikan informasinya di bawah ini!

Cara Booking Hotel Lewat Traveloka

Traveloka adalah salah satu situs web yang melayani jasa reservasi hotel. Dengan adanya web ini, tentu sangat membantumu untuk mencari dan memesan hotel secara online. Selain itu, Kamu juga sebenarnya bisa melakukan cara cek in di Traveloka namun dalam artikel kali ini Kami hanya akan membagikan cara booking hotel saja. Adapun cara booking hotel lewat Traveloka ialah sebagai berikut :

  • Silahkan kunjungi web Traveloka di sini!
  • Lalu cari hotel, Kamu bisa mencari hotel dengan memasukkan tempat wisata, destinasi, atau langsung nama hotelnya serta waktu bermalam.
  • Jika sudah ketemu, silahkan pilih hotel yang Kamu inginkan. Silahkan klik “Lihat Kamar” jika ingin mengetahui detail fasilitas kamar hotel yang dipilih.
  • Selanjutnya Kamu bisa pesan hotel. Pada laman detail hotel, Kamu bisa pilih jumlah kamar dan jenis hotel yang akan dipesan.
  • Silahkan isi data pemesan serta tamu hotel. Adapun data pemesan tersebut mencakup ama kontak, nomor Hp, Alamat email, serta nama lengkap. Kamu juga dapat membuat permintaan khuus, seperti kamar bebas asap rokok, dan lainnya.
  • Lakukan pembayaran dengan memilih sistem pembayaran sesuai kebutuhan.
  • Jika pembayaran sudah sukses diterima, maka voucher hotel Traveloka resmi akan langsung dikirimkan ke akun email-mu, paling maksimal 1 jam atau 60 menit.

Nah, itulah cara booking hotel di Traveloka, selanjutnya Kamu pun bisa langsung mengikuti cara check in hotel secara langsung sesuai panduan yang sudah dibagikan di atas!

Ulasan Baru:

Related posts