Cara Desain Feed Instagram

Bagi Kamu yang gemar membuat konten feed di akun Instagram, mungkin penting sekali mengetahui cara desain feed Instagram. Seperti kita ketahui bahwa feed Instagram adalah hal terpenting bagi yang mempromosikan bisnis di Instagram. Tak hanya untuk bisnis saja, tetapi feed Instagram juga dapat menampilkan branding diri. Konten yang Kamu post ke dalam Insta Story dan story tersebut akan menghilang setelah 24 jam, sedangkan feed IG tak akan menghilang.

Tampilan awal alias default pada feed Instagram sendiri biasanya berjejer ke dalam 3 post, entah itu ketika mengaksesnya via website maupun via mobile. Mengingat tampilannya yang begitu konsisten, jadi membuatmu lebih leluasa untuk berkreasi lewat feed IG.

Read More

Namun Kamu tak perlu harus membuatnya sendiri, sebenarnya saat ini sudah tersedia jasa yang siap mendesain feed Instagram. Oleh karena itu, Kamu harus tahu bagaimana cara desain feed Instagram dengan baik.

Cara Desain Feed Instagram

Cara Desain Feed Instagram
Desain Feed Instagram

Tutorial Desain Feed Instagram

Jika Kamu gemar membuat konten feed IG, maka ada beberapa panduan cara desain feed Instagram yang harus Kamu coba agar tampilannya lebih memikat, berikut ini :

1. Ketahui Ukuran Feed IG

Kamu wajib mengetahui ukuran postingan feed Instagram terlebih dahulu. Caranya Kamu harus memiliki image atau foto profil yang bagus, kemudian pastikan resolusinya optimal. Biasanya ukuran foto profil yang optimal yakni 110 x 110 pixel. Namun tak ada salahnya juga mengupload foto yang ukurannya lebih besar dari itu. Sedangkan ukuran pada feed IG sendiri, harus memiliki rasio 1:1.

Terkait:  Cara Menggunakan Fitur Musik di Instagram

Jika Kamu menyukai postingan foto atau gambar yang berbentuk persegi, sebaiknya pakai format berukuran 1080×1080 pixel. Walaupun ukuran pada formatnya berupah, namun tetap saja rasionya mengikuti resolusi pada hp, bisa dengan rasio 16:9 atau 1:1.

2. Kualitas Foto Untuk Feed IG

Cara desain feed Instagram selanjutnya, jika Kamu mempunyai akun IG bisnis misalnya, sebaiknya buat foto lebih detail dengan kualitas yang mumpuni. Jadi, jangan asal foto saja tetapi juga harus tahu teknik memotret foto dengan benar. Sebab foto produk inilah yang nantinya bisa memikat calon konsumen untuk tertarik membeli produk yang Kamu jual.

3. Pilih Tema

Sebenarnya pemilihan tema sangat penting terutama jika Kamu ingin memiliki ciri khas tersendiri. Kamu dapat memilih tema sesuai personalitas jika dipakai untuk akun IG pribadi, atau bisa saja sesuai dengan niche bisnis yang Kamu jalankan. Kamu bisa memakai tema sesuai kebutuhan karena ada banyak pilihan tema yang dapat dipakai. Pilih tema yang membuatmu bisa terus konsisten memakainya.

4. Memakai Skema Warna Terbaik

Kamu juga harus memperhatikan pemilihan warna. Jika Kamu memiliki sebuah brand misalnya, maka warna dapat membantumu bisa dikenali lebih mudah. Dengan begitu, silahkan memilih skema warna tertentu yang ingin dipakai. Dimana skema inilah yang nantinya membuat feed Instagram tampak lebih harmoni.

Untuk melakukannya, Kamu bisa menentukan warna brand terlebih dahulu, kemudian mulai membuat palet warna feed IG yag telah dipublikasika. Dalam hal ini, untuk mempermudah sebaiknya gunakan collor palette generators. Selanjutnya Kamu bisa memilih warna yang dipakai.

5. Harus Konsisten Dengan Style

Kunci agar feed Instagram tampak menarik yaitu dengan konsistensi. Dimana pola feed IG akan tampak lebih bagus jika konsisten. Jadi sebaiknya pakai gaya serupa untuk seluruh postingan pada feed IG. Contohnya gaya border, dan Kamu bisa memilih tergantung jenis kontenmu. Jika memakai border, pakai rectangle atau style white border. Sehingga Kamu akan melihat white space yang tampak di sekitar fotomu.

Terkait:  Cara Membuat Feed Instagram Nyambung

6. Tipografi dan Font

Cara desain feed Instagram selanjutnya jika Kamu memilih gaya dengan tipografi gambar, silahkan cek pemilihan font. Contohnya saja, saat Kamu hendak membuat quotes pada feed IG.

Pastikan pula memilih jenis teks atau font yang gampang dibaca. Hindari memakai font yang kurang jelas dan bisa membuat mata menjadi lelah. Silahkan perhatikan peletakan huruf, ukuran, warna dan huruf. Selain itu, penting juga mengombinasikan gambar dan huruf dengan baik.

Mengenali Jenis-Jenis Feeds Instagram

Ada berbagai jenis gaya atau style dalam Feed Instagram. Melalui style tersebut, Kamu dapat menjadikan akunmu lebih berbeda. Berikut ini, contoh style pada feed IG yang dapat dipilih, diantaranya :

1. Garis Tengah

Kamu dapat menciptakan desain feed berbentuk garis tengah. Untuk membuat tampilan style seperti ini, Kamu wajib memposting sebanyak 3 foto supaya feed IG tetap rapi. Apabila ada satu saja foto yang akan dihapus, maka Kamu harus menghapus 2 foto yang lainnya.

2. Baris

Style feed IG selanjutnya ialah baris. Kamu bisa menciptakan desain feed yang rapi melalui baris. Dengan gaya yang satu ini, biasanya akan sangat tergantung pada modul 3×3 yang ada di Instagram. Jika Kamu bukan termasuk pengguna yang konsisten dengan memposting 3 gambar sekaligus dalam sehari, sebaiknya jangan memakai style yang satu ini.

3. Bingkai Putih

Dalam style feed IG, juga dapat menggunakan frame yang berwarna putih pada area sekitar foto. Sehingga, Kamu bisa membuat border atau frame di area sekeliling foto dengan bentuk yang masih persegi. Pastinya, Kamu juga harus menyamakan ukuran tiap postingan pada feed IG milikmu. Contohnya, dengan memakai ukuran gambar 2000 x 2000 pixel yang border putihnya 200 pixel. Silahkan sesuaikan dengan kreativitas yang Kamu miliki.

Terkait:  Cara Mengatasi Lupa Password Instagram

4. Tiles Theme

Tiles Theme atau tema ubin bisa disebut juga sebagai style berbentuk papan catur. Sehingga, Kamu dapat memposting foto memakai backrground selang seling. Contohnya jika background yang pertama berwarna putih, di postingan selanjutnya bisa memakai warna yang berbeda, kemudian putih lagi, begitupun seterusnya. Sehingga tampilan feed IG milikmu tampak seperti papan catur.

5. Rainbow Theme

Untuk style feed IG yang satu ini memang agak berat. Terlebih melalui kombinasi 3×3 dengan aturan warna tertentu pada postingannya. Namun,jika akun IG yang menggunakan style yang satu ini dilihat, Kamu pasti ingin lanjut scroll layar terus menerus sampai habis. Bisa dibilang, tema ini membuat feed IG Kamu lebih rapih sehingga nyaman dipandang.

6. Puzzle Theme

Style feed IG yang satu ini cukup unik, sebagian orang mungkin berpikir bagaimana membuatnya. Sebab feed IG berbentuk puzzle seperti ini terlihat begitu sulit. Kamu harus membuat gambar yang banyak untuk saling terhubung. Selain itu, untuk sekali posting tentu tak hanya satu postingan saja.

7. Filter Sama

Bagi yang gemar menggunakan filter supaya gambar terlihat lebih keren, Kamu bisa memakai postingan IG. Untuk menciptakan style IG ini, Kamu perlu menyeragamkan pemakaian filter editing foto. Sehingga hasilnya menjadi lebih menarik dan rapi. Semua foto akan terlihat sama sebab memakai satu preset atau filter. Jika ingin mengeditnya, bisa menggunakan VSCO, Preview App, Snapseed, atau Lightroom. Kamu hanya perlu memilih yang cocok untukmu.

Itulah macam-macam style feed Instagram yang bisa Kamu terapkan dalam cara desain feed Instagram agar terlihat menarik. Silahkan pilih mana yang Kamu sukai sesuai selera dan kebutuhanmu!

 

Related posts