Cara Cek Tagihan PLN

Kini cara cek tagihan PLN para pengguna atau konsumen tidak perlu lagi harus mendatangi unit kantor PLN. Sebab seiring dengan berkembangnya aman, Kamu sudah dapat melakukan pengecekan tagihan listrik dengan cara online.

Cukup dengan mengetahui dan menyebutkan nomor IDPEL beserta koneksi internet saja, maka pengguna listrik pasca bayar bisa langsung mengecek jumlah tagihan listrik PLN yang harus dibayarkan.

Sebenarnya cara ini sangat efektif dalam mempersiapkan dana, mengatur penggunaan listrik dan menghitung tren penggunaan listrik.

Akan tetapi, sebelum Kamu mengetahui bagaimana cara cek tagihan PLN secara online, sebaiknya pahami lebih dahulu status pelanggan PLN, manfaat dan juga kekurangannya. Sebab kita tahu bahwa status penggunaan PLN kini ada yang memakai layanan listrik pasca bayar dan prabayar.

Apa Itu Listrik Prabayar?

Menurut web resmi PLN, pengertian dari listrik prabayar sendiri adalah produk layanan penggunaan tenaga listrik dengan memakai meter elektronik  dengan sistem pembayaran dimuka atau disebut sebagai layanan prabayar.

Jika Kamu termasuk pelanggan yang menginginkan penyesuaian penggunaan listrik secara teratur dan ingin menyesuaikan dana yang ada, maka penggunaan listrik prabayar dapat dijadikan alternatif. Sistem pembayarannya sangat mudah, Kamu hanya perlu melakukan pembelian pulsa listrik lewat counter atau penyedia layanan pembelian token listrik.

Kelebihan dan Kekurangan Listrik Prabayar

Adapun beberapa keunggulan menggunakan layanan listrik prabayar ialah tidak dikenakan sanksi atau denda saat telat pembayaran, preediksi dan sistem kalkulasi yang baik untuk target penggunaan sebulan, resiko kesalahan dalam pencatatan meteran lebih minim, cocok dipakai bagi yang mempunyai usaha kost-kostan atau kontrakan, dan memiliki jaringan pembelian token listrik yang sagat luas.

Sementara kekurangan memakai layanan listrik prabayar yaitu harus menyediakan pulsa cadangan, memerlukan waktu tunggu pengisian yang cukup lama apabila pembelian secara online sedang mengalami down, token listrik cepat berbunyi sebagai tanda bahwa pulsa listrik mau habis, token listrik PLN tidak dapat dilakukan pengisian di tengah malam pada jam 23.00-02.00 WIB dan meteran lebih mudah rusak/sensitif.

Apa itu Listrik Pascabayar?

Listrik pascabayar umumnya memberikan akses penggunaan penuh dengan sistem tagihan tiap bulannya. Lain halnya dengan layanan prabayar, dimana konsumen atau pengguna akan menerima tagihan PLN sesuai penggunaan serta tanpa prediksi.

Maka dari itu, mengecek tagihan PLN online penting sekali dilakukan oleh pengguna listrik pascabayar. Selain itu, pembayaran PLN pascabayar ini bisa langsung dilakukan melalui loket di unit kantor PLN, pembayaran online atau kantor pos.

Kelebihan dan Kekurangan Listrik Pascabayar

Keunggulan memakai layanan listrik pascabayar ini, Kamu tak perlu melakukan pengisian pulsa listrik mandiri, dan tak perlu lagi khawatir listrik di rumahmu tiba-tiba mati karena kehabisan pulsa.

Sedangkan kekurangannya ialah bisa mengakibatkan penggunaan listrik pribadi tidak terkontrol, akan ada sanksi atau denda jika Kamu menunggak pembayaran tagihan, dan ada resiko kesalahan terhadap pencatatan Kwh yang terpakai.

Jika Kamu sudah memahami definisi dan kekurangan kelebihan layanan listrik di atas, selanjutnya bagi pelanggan listrik pasca bayar harus memahami cara cek tagihan PLN yang akan Kami ulas. Tujuannya ialah untuk meminimalisir penggunaan listrik membengkak selama satu bulan.

Cara Cek Tagihan PLN

Cara Cek Tagihan PLN
Mengecek Tagihan PLN

Mengecek Tagihan PLN Mudah

Ada beberapa pilihan cara cek tagihan PLN pascabayar yang bisa Kamu praktekkan. Langkah-langkah yang akan Kami bagikan di bawah ini sangat mudah, praktis dan work 100%. Jadi Kamu tak perlu khawatir lagi saat hendak melakukan pengecekan tagihan listrik. Berikut ulasan cara mengecek tagihan PLN mudah :

1. Cek Tagihan PLN Melalui Situs PLN

Bagi Kamu yang melek internet dan sering memanfaatkan layanan digital untuk berbagai aktivitas sehari-hari, maka cek tagihan PLN lewat situs PLN sangat cocok dilakukan.

Metodenya pun sangat mudah, Kamu hanya perlu membuka atau mengunjungi link web resmi PLN dari web browser yang digunakan di Hp atau di PC, berikut ulasannya :

  • Silahkan buka web browser lalu akses alamat website PLN di sini!
  • Setelah itu, pilih “Informasi Tagihan Listrik” atau “Pembelian Token di dalam menu “Informasi” tepatnya terdapat di samping kiri.
  • Selanjutnya login dan isi kolom yang tersedia dengan memasukkan akun emailcaptcha, dan kata sandi. Lalu klik login.
  • Apabila Kamu baru mengaksesnya pertama kali, lakukan registrasi terlebih dahulu dengan menekan “Daftar akun”.
  • Berikutnya silahkan lengkapi formulir yang harus diisi, terdiri atas Nama Pemohon, Nomor Hp, IDPEL,  dan buat password. Selanjutnya klik “Daftar”.
  • Jika Kamu berhasil login, selanjutnya tinggal pilih “Informasi Tagian dan Token Listrik” guna mengecek jumlah tagihan PLN konsumen per bulannya.

Keuntungan memakai cara ini ialah Kamu bisa mengeceknya kapan saja dan dimana saja. Asalkan Kamu memiliki Hp yang sudah terkoneksi internet.

2. Cek Tagihan PLN Dengan Layanan SMS

Cara cek tagihan PLN berikutnya ialah dengan menggunakan layanan SMS. Akan tetapi, layanan yang satu ini tersedia hanya bagi para pengguna operator Indosat, XL, Telkomsel, dan T-Flexi.

Di samping itu, Kamu akan dibebankan tarif sebesar Rp. 500 tiap SMS untuk melakukan cara ini. Sementara format pengetikkan SMS yang dipakai ialah : REK(spasi)NomorIDPelanggan, lalu kirim ke 8123.

Selanjutnya tunggu beberapa lama, sampai Kamu mendapatkan balasan dari pihak PLN terkait tagihan PLN.

3. Cek Tagihan PLN Melalui Telepon

Selain menggunakan layanan SMS, Kamu juga bisa menghubungi layanan call center dari PLN di 123 lewat pangilan telepon. Akan tetapi, jika pengguna memakai HP, maka Kamu bisa menggunakan foormat kode area lalu tekan 123. Misalnya, jika Kamu tinggal di Bandung, maka format yang digunakan ialah 022123.

Adapun untuk biaya telepon per panggilan, biasanya akan dibebankan ke konsumen sesuai tarif nelpon normal. Jadi pastikan pulsa di HPmu mencukupi untuk melakukan panggilan telepon.

4. Cek Tagihan PLN Melalui Aplikasi PLN Mobile

Cara cek tagihan PLN mudah, praktis, sekaligus terbaru dari PLN ialah menggunakan layanan aplikasi PLN Mobile. Dengan adanya aplikasi ini, Kamu bisa melakukan pengecekan tagihan PLN secara realtime hanya dalam sekali download saja.

Adapun cara mengecek tagihan PLN lewat aplikasi smartphone ini, Kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

  • Download PLN Mobile di iOS atau android lewat AppStore atau PlayStore.
  • Install lalu buka aplikasi.
  • Selanjutnya pilih “Informasi Tagihan dan Token Listrik”.
  • Masukkan nomor meteran untuk pelanggan pascabayar, bisa juga menggunakan IDPEL (ID pelanggan) untuk pelanggan prabayar, lalu tekan “Cari”.
  • PLN Mobile nantinya akan memperlihatkan status tagihan PLN lengkap berikut nominalnya.

Dengan mengetahui cara cek tagihan PLN lewat beberapa metode yang bisa dipilih di atas, makaKamu bisa leluasa memantau penggunaan listrik. Hal tersebut sudah tentu bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi sekaligus indikasi terjadinya kerusakan meteran saat tagihan listrik membengkak, sedangkan penggunaan listrik di rumahmu sudah seminimal mungkin. Semoga ulasan panduan mengecek tagihan PLN di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Punya Tagihan Apa? Cobain Caranya :

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019