Cara Cek Tagihan Listrik

Seperti kita ketahui di zaman modern seperti sekarang ini, segala sesuatunya dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Hal inilah yang membuat layanan dan cara cek tagihan listrik pun sudah dapat dilakukan dengan cara online. Kehadiran listrik bagi rumah-rumah penduduk memang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus seslalu dipenuhi, mengingat banyaknya perlengkapan moden yang memerlukan aliran listrik.

Sementara itu, pemerintah memang bertanggung jawab untuk melakukan distribui persediaan listrik sebaik mungkin. Bagi masyarakat sendiri selaku penggun berkewajiban untuk membayar tagihan pemakaian listrik  per bulannya. Adapun kebutuhan listrik setiap rumah sendiri tidaklah sama. Jadi wajar jika pembayaran listrik antara satu rumah dengan rumah yang lainnya berbeda.

Akan tetapi, banyak pertanyaan dari pengguna yang menanyakan tentang bagaimana cara cek tagihan listrik. Pengecekan tagihan listrik ini penting sekali, agar kita bisa mengestimasikan biaya yang harus dikeluarkan saa pembayaran ataupun untuk mengecek apakah tagihan listrik telah dibayar ataukah belum.

Cara Cek Tagihan Listrik

Cara Cek Tagihan Listrik
Mengecek Tagihan Listrik PLN

Mengecek Tagihan Listrik PLN Online

Dalam mengecek tagihan listrik PLN apakah sudah terbayarkan ataukah belum, Kamu tinggal memillih cara cek tagihan listrik yang dapat dilakukan dengan mudah. Kini pengecekan tagihan PLN dapat dilakukan baik secara offline ataupun online.

Akan tetapi, pengecekan secara online kerap menjadi pilihan mengingat kemudahan dan kepraktisan layanannya. Jika ingin tahu lebih lengkapnya, berikut ulasannya:

1. Cek Tagihan Listrik PLN Melalui Panggilan Telepon

Cara cek tagihan listrik PLN termudah ialah dengan mengeceknya lewat telepon. Kamu hanya perlu menelpon layanan customer service PLN dan langsung tanyakan mengenai tagihan listrik di rumahmu. Adapun nomor yang dapat dihubungi ialah 123. Namun pastikan Kamu mencantumkan kode terlebih dahhulu sesuai area penggunanya.

Selanjutnya jika Kamu telah menghubungi layanan customer service, Kamu akan diarahkan operator untuk bisa mengetahui jumlah tagihan listrik PLN yang dibebankan. Akan tetapi, sebelum cara cek tagihan listrik lewat telepon ini, pastikan Kamu memiliki pulsa yang mencukupi terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak terputus saat berbicara dengan operator atau customer service di tengah jalan. Adapun biaya panggilan lewat telepon ini biasanya diberlakukan tarif telepon normal.

2. Cek Tagihan Listrik PLN Lewat Website Resmi

Selain cek pembayaran listrik lewat telepon, Kamu juga dapat melakukannya lewat website resmi PLN. Sebab website resmi PLN tersebut dibuat untuk memberikan kemudahan pelayanan ke para pengguna atau konsumen agar lebih mudah memperoleh informasi, khususnya informasi terkait tagihan listrik.

Selain itu website PLN nantinya akan langsung terintegrasi dengan data pelanggan, sehingga date tersebut nantinya akan langsung ditampilkan di situs web PLN. Jika Kamu ingin mencoba cara cek tagihan listrik lewat website ini, silahkan kunjungi web resmi PLN di link berikut!

Setelah memasuki website resmi PLN di atas, Kamu akan langsung diarahkan memilih navigasi dengan mengecek tagihan listrik PLN yang terdapat di samping kanan dan kiri. Selanjutnya, Kamu akan diarahkan kembali untuk mengisi kode captcha untuk verifikasi akun.

Jika kode captcha yang Kamu inputkan sudah benar, langkah berikutnya cukup klik “Cek Tagihan”, dan konsumen pun dapat langsung mengetahui jumlah biaya tagihan listrik dan status pembayaran. Cara ini juga dapat dilakukan untuk mengecek tagihan listrik bulan lalu untuk pelanggan pasca bayar.

3. Cek Tagihan Listrik PLN Melalui SMS

Kamu juga bisa cek tagihan listrik PLN melalui SMS. Adapun cara yang dapat dilakukan cukup mudah, sama halnya dengan lewat panggilan telepon. Cara kedua ini dapat dilakukan dengan cara continue, dimana pengguna layanan PLN bisa berlangganan setiap bulannya untuk bisa mengetahui informasi tagihan pembayaran listrik PLN.

Adapun pengecekan tagihan listrik yang dapat dilakukan ialah dengan mengetikkan format SMS : REG (spasi) Nomor IDPEL-mu. Apabila ingin berlangganan informasi tagihan listrik PLN secara rutin setiap bulannya, maka Kamu bisa mengetikkan SMS melalui format : PLN(spasi)ON(spasi) nomor IDPEL yang terdiri atas 12 digit.

Selain itu, jika Kamu ingin stop berlangganan layanan PLN, maka Kamu cukup mengetikkan format ketik OFF lalu kirimkan lewat SMS.

4. Cek Tagihan Listrik PLN Melalui Perangkat Android

Bagi pengguna perangkat android, Kamu juga bisa melakukan cara cek tagihan listrik dengan muda lewat perangkatmu. Adapun aplikasi yang dapat dipakai untuk mengecek tagihan listrik adalah dengan aplikai PLN Mobile for Android. Agar Kamu bisa menggunakannya silahkan unduh aplikasi tersebut di Google Play Store, lalu install aplikasinya.

Dalam aplikasi PLN Mobile For Android ini, Kamu akan mendapatkan banyak informasi dan Kamu bisa mengaksesnya langsung di tab menu. Jika ingin mengecek tagihan listrik PLN, silahkan masuk ke menu informasi pembayaran/tagihan PLN serta token listrik. Lalu masukkan nomor meteran atau IDPEL. Maka secara otomatis, Kamu akan ditampilkan status tagihan PLN yang perlu dibayarkan. Selain itu, Kamu juga bisa mengetahui status pembayaran tagihan, apakah sudah terbayar atau belum.

5. Cek Tagihan Listrik PLN Lewat iOS

Cara cek tagihan listrik PLN selain dari perangkat android, Kamu juga bisa mengeceknya lewat iOS. Jadi, para pengguna tak perlu lagi memerlukan PC atau laptop untuk pengecekan tagihan listrik.

Metode ini dapat dilakukan dengan mudah, Kamu hanya perlu memakai aplikasi PLN Mobile, tagihan, dan juga cek tagihan listrik. Aplikasi tersebut dapat kamu unduh lewat App Store.

Selain itu, pada aplikasi tersebut Kamu akan mendapatkan informasi mengenai layanan listrik PLN lebih banyak. Selain mengetahui jumlah tagihan listrik, juga akan mendapatkan informasi penting lainnya. Seperti status listrik, lokasi pembayaran banking, riwayat penguna listrik, pengecekan tagihan listrik bulan lalu, proses permohonan, dan masih banyak yang lainnya.

6. Cek Tagihan Listrik PLN Lewat Email PLN

Untuk cara terakhir, Kamu bisa mengecek tagihan listrik PLN lewat email PLN. Nah, dengan layanan email PLN tersebut, para pengguna akan memperoleh notifikasi terkait tagihan listrik serta akan diberikan layanan e-billing. Tapi sebelumnya pihak pengguna PLN wajib mendaftarkan layanan e-billing tagihan PLN lebih dulu melalui akun medsos PLN resmi, entah itu lewat Twitter ataupun Facebook.

Dengan menggunakan layanan email PLN, para konsumen tak perlu lagi datang langsung ke cabang PLN untuk mempertanyakan tagihan pembayaran listrik yang perlu dibayarkan. Sebab beberapa metode online di atas sangat mempermudahmu untuk dapat mengakses informasi tagihan PLN yang dibutuhkan.

Jika Kamu sudah tahu bahwa pembayaran tagihan listrikmu sudah lunas, tentu saja Kamu tak perlu lagi melakukan pembayaran. Namun untuk pembayaran berikutnya Kamu bisa memilih caralebih praktis agar proses pelunasan tagihan listrik dapat berjalan lancar. Adapun salah satu metode yang dapat dilakukan ialah lewat marketplace atau di layanan mobile banking. Selain bisa membayar tagihan listrik PLN, Kamu juga bisa membeli token listrik untuk pelanggan prabayar.

Itulah ulasan cara cek tagihan listrik PLN yang bisa Kamu coba dan pilih sesuai dengan kemudahan serta kebutuhanmu. Semoga bermanfaat!

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019