Cara Bayar Tagihan Shopee Paylater

Bagaimana cara bayar tagihan Shopee Paylater? Langkah apa saja yang harus dilakukan agar bisa menggunakan layanan Paylater dari Shopee? Kapan masa jatuh tempo Shopee Paylater biasanya?

Untuk pengguna layanan Online Shop atau E-Commerce Shopee yang cukup lama, mungkin kita sudah pernah mengetahui bahwa saat ini kita bisa menggunakan layanan Shopee Paylater, baik untuk berbelanja produk di Shopee, atau bahkan melakukan pembelian Pulsa, Paket data, ataupun yang lainnya.

Walaupun begitu, nyatanya tidak semua pengguna Shopee bisa mendapatkan fitur atau Layanan paylater itu sendiri. Sebab, ada beberapa kriteria khusus untuk bisa menggunakan Shopee Paylater, diantaranya.

  • Pengguna Shopee harus sudah menggunakan Shopee minimal 3 bulan
  • Pengguna harus sering melakukan Transaksi (top up dan bayar) dengan menggunakan Shopeepay
  • Transaksi yang dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan (akumulatif) bernilai 1.8000.000

Itulah mengapa untuk pengguna yang setia menggunakan Shopee untuk membeli kebutuhan mereka, akan lebih mudah mendapatkan layanan Shopee Paylater. Nah, sistem dari layanan Shopee Paylater sendiri tak jauh beda dengan Gojek Paylater. Sehingga, ketika melakukan pembayaran tagihan, pengguna bisa menggunakan beragam metode, atau bahkan menggunakan Shopeepay itu sendiri.

Tapi yang perlu diingat, layanan Paylater Shopee ini tidak bisa dicairkan kedalam rekening pribadi, melainkan hanya untuk kebutuhan belanja dan juga pembelian didalam Aplikasi saja. Bahkan, untuk tiap limit atau batasan Paylater tiap pengguna akan berbeda, mulai dari 750.000, atau bahkan lebih.

Semkain besar limit, maka bisa dikatakan jika pengguna Shopee tersebut sering berbelanja menggunakan Shopeepay atau bahkan Shopee Paylater. Sebenarnya tidak masalah, selama tagihan tiap bulan yang dimiliki, dibayar tepat waktu dan tidak melewati batas jatuh tempo.

Jadi bisa dikatakan, bahwa sistem paylater sendiri tak jauh berbeda dengan kartu kredit. Dimana pengguna bisa melakukan pembayaran diawal tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, namun pengeluaran tersebut diakumulasikan di akhir bulan, dalam bentuk tagihan.

Sebab itulah, untuk kamu yang saat ini menggunakan Shopee Paylater, kamu wajib banget tau nih Cara Bayar Shopeepaylater, terlebih untuk para pengguna baru, yang mungkin baru saja mengaktifkan layanan Shopee Paylaternya.

Cara Bayar Tagihan Shopee Paylater

Cara Bayar Tagihan Shopee Paylater
Bayar Tagihan Shopee Paylater

Melalui Layanan BANK Transfer

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan melalui layanan BANK Transfer (baik via ATM atau Internet Banking dan Mobile Banking). Cara ini mungkin terdengar sedikit sulit untuk yang belum biasa menggunakan ATM ataupun layanan Banking lain, namun untuk beberapa orang yang sudah terbiasa, melakukan pembayaran Tagihan Shopee Paylater lewat BANK Transfer adalah hal yang sangat mudah dilakukan.

Ditambah dengan adanya layanan Banking secara Online ataupun Mobile, tentunya bisa membuat pengguna lebih leluasa melakukan transaksi melalu browser ataupun Smartphone mereka. Oleh sebab itulah, cara ini masuk dalam urutan pertama. Adapun cara yang bisa kalian lakukan adalah

  • Buka terlebih dulu Aplikasi Shopee diperangkat Android ataupun iOS kalian. Setelah itu, klik pada icon profile yang ada dibagian pojok kanan bawah
  • Lalu, akan muncul beragam opsi, scroll kebawah sedikit dan cari menu Shopee Paylater
  • Kemudian, kalian akan diarahkan kedalam laman Pembayaran Tagihan atau Jumlah yang harus dibayar Bulan ini.
  • Langsung saja pada bagian nominal yang tertera, klik tombol BAYAR SEKARANG
  • Kemudian, kalian akan diarahkan lagi kedalam laman Detail dari penggunaan Paylater yang kalian miliki sebelumnya, pada bagian ini kamu bisa langsung skip saja
  • Nah, nantinya kalian akan dibawa kedalam laman METODE PEMBAYARAN, silahkan klik pada menu tersebut, dan ganti metode pembayaran dengan BANK Transfer dan silahkah pilih BANK yang kalian gunakan. (saat ini hanya support untuk BCA, Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank BRI)
  • Lalu, klik tombol BAYAR SEKARANG
  • Setelah itu, kalian akan melihat pilihan METODE PEMBAYARAN yang bisa digunakan. Karena disini kita menggunakan BANK, pilih saja menu BANK TRANSFER, dan kemudian pilih BANK yang akan digunakan, diantaranya ada BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, dan juga Bank BRI, dan selanjutnya klik lagi tombol BAYAR SEKARANG
  • Setelah itu, kalian akan mendapatkan informasi pembayaran dan juga kode bayar atau Nomor Virtual Account yang nantinya berguna sebagai nomor penerimaan pembayaran Tagihan Shopee Paylater.
  • Silahkan kunjungi ATM Terdekat, dan ikuti instruksi yang tersedia dibawah Nama BANK yang kalian gunakan. Adapun instruksi yang diberikan tidak hanya melalui ATM saja, melainkan juga iBanking, dan Mobile Banking. Jadi, tinggal sesuaikan saja, ya.

Catat baik baik kode bayar tersebut, atau kalian bisa menekan button atau tombol kecil bertulisan Copy / Salin untuk menyalin kode bayar atau kode virtual tadi, dan lanjut untuk melakukan pembayaran.

Dan ada pengecualian khusus untuk pengguna BANK Mandiri, yang ingin melakukan pembayaran Shopee Paylater dengan menggunakan Mandiri Online. Ketika kalian masuk kedalam aplikasi Mandiri Online > Pembayaran > Buat Pembayaran Baru > Multipayment, pastikan kalian memasukkan Penyedia Jasa / Layanan dengan Shopee Paylater CF dan masukkan nomor Virtual Account tadi, kedalam kolom No. VA

Melalui Indomaret

Lalu, apabila kalian belum memiliki Rekeing Bank atau tidak memiliki Rekening bank, kalian bisa juga kok melunasi tagihan Shopee Paylater dengan mengunjungi Toko / Store Indomaret Terdekat disekitar kalian. Tapi perlu diingat ya, dalam hal ini kalian harus mempersiapkan uang cash / tunai, sesuai dengan nominal tagihan Paylater kalian.

Untuk yang penasaran bagaimana caranya, simak poin dibawah ini.

  • Jalankan Aplikasi Shopee kalian seperti biasa
  • Setelah itu, klik pada menu di pojok kanan bawah layar
  • Kemudian, langsung saja pilih menu Shopee Paylater
  • Tunggu sampai muncul konfirmasi atau keterangan tagihan paylater kalian (dalam 1 bulan)
  • Setelah itu, klik pada tombol Bayar Sekarang
  • Tunggu beberapa saat, dan kalian bisa mengklik pada menu Metode Pembayaran.
  • Silahkan klik menu tersebut, dan ganti metode pembayarannya dengan Indomaret
  • Jika sudah, klik kembali tombol BAYAR SEKARANG, dan tunggu sampai kalian mendapatkan kode bayar / nomor virtual Account untuk pembayaran Shopee Paylater kalian.

Silahkan simpan baik baik kode bayar tersebut baik dengan membawa ponsel kalian ke gerai Indomaret terdekat, atau mencatat nomor virutal account atau kode bayar tadi didalam sebuah kertas. Dan setalah sampai di Indomaret, silahkan minta kepada kasir, bahwa kalian ingin melakukan pembayaran Shopee Paylater.

Pastikan juga kalian membawa uang yang cukup, karena biasanya pembayaran melalui Indomaret sendiri akan dikenakan biaya admin sektiar 2.500 – 3.000 tergantung wilayah masing-masing. Dan setelah pembayaran selesai, maka kalian akan mendapatkan struk bukti pembayaran, dan kalian bisa mengecek notifikasi atau Aplikasi Shopee Paylater kalian.

Menggunakan Saldo Shopeepay

Terakhir, kalian bisa melakukan top up pada saldo Shopeepay, untuk melakukan pembayaran Shopee Paylater itu sendiri. Loh? Maksudnya gimana nih?. Jadi sistem dari Shopee Paylater sendiri gak jauh berbeda dengan Gojek Paylater. Sehingga, pengguna bisa membayar tagihan paylater di shopee mereka, dengan saldo Shopeepay itu sendiri.

Caranya juga tidak terlalu sulit kok. Tapi sebelumnya, pastikan kalian sudah melakukan top up terlebih dulu, kedalam Shopeepay kalian sesuai besaran tagihan paylater kalian, ya.

  • Buka Aplikasi Shopee seperti biasanya, dan masuk kedalam menu Profile yang ada di pojok kanan bawah aplikasi
  • Akan muncul banyak menu dan pilihan, klik saja menu Paylater
  • Kemudian, kalian akan dihadapkan dengan besaran tagihan Shopee Paylater yang harus dibayarkan
  • Selanjutnya klik pada tombol Bayar Sekarang, dan jangan lupa untuk mengganti Metode Pembayarannya dengan menggunakan Shopeepay
  • Setelah metode pembayaran diganti, silahkan kembali tekan BAYAR SEKARANG
  • Nah, sampai sini kalian akan langsung diarahkan kedalam laman Shopeepay, dan kalian akan diminta untuk mengkonfirmasi telrebih dahulu jumlah tagihan yang akan dibayarkan.
  • Jika dirasa sudah benar, klik KONFIRMASI dan verifikasikan pembayaran kalian dengan menggunakan Fingerprint, atau bahkan 6 Digit PIN Shopeepay yang sudah kalian atur sebelumnya.
  • Terakhir, kalian tinggal menunggu pembayarannya selesai, dan setelah itu akan ada notifikasi masuk, apabila pembayaran sudah selesai di proses.

Nah, salah satu keuntungan lain dari menggunakan metode pembayaran dengan Shopeepay adalah kalian tidak perlu bolak balik ke ATM ataupun Indomaret, untuk melakukan pembayaran (dengan syarat, sudah top up terlebih dahulu).

Selain itu, pembayaran dengan Shopeepay sendiri juga sangat sederhana, karena dilakukan hanya dengan membuka aplikasi yang sama, yakni Shopee saja. Sehingga, kalian tidak akan kebingungan ketika harus melakukan pembayaran, karena kalian tidak perlu memasukkan atau memberitahukan kode bayar kalian seperti lewat ATM ataupun Indomaret.

Itulah tadi pembahasan sederhana seputar cara bayar tagihan Shopee Paylater, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untumu dan semoga bermanfaat.

Punya Tagihan Apa? Cobain Caranya :

Faiz Dawami
suka diajak ngopi