Cara Cek Pembayaran Listrik

Listrik adalah salah satu kebutuhan pokok yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Karena fungsinya sangat banyak, selain untuk kebutuhan rumah tangga, listrik juga digunakan di industri-industri atau perkantoran. Oleh karena itu, wajar jika penggunaannya sangat dibutuhkan oleh semua orang. Selain itu, PLN selalu memberikan kemudahan bagi para penggunanya, seperti kemudahan dalam cara cek pembayaran listrik.

Pengecekan pembayaran tagihan listrik sekarang ini memang sudah mengikuti perkembangan teknologi digital. Oleh karenanya, Kamu tak perlu lagi harus keluar rumah untuk mengecek pembayaran listrik.

Umumnya ada 2 jenis layanan listrik yang telah disediakan PLN, diantaranya layanan listrik pascabayar dan prabayar. agi yang menggunakan layanan listrik prabayar, tentu Kamu harus memakai sistem token listrik.

Dengan kata lain, Kamu wajib membeli token listrik terlebih dahulu untuk bisa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh PLN ini. Apabila token listrik hampir habis, biasanya terdengar alarm sebagai pengigat.

Sementara itu, bagi pengguna listrik pascabayar, tagihan listrik bisa Kamu bayarkan pada akhir bulan. Jadi Kamu bisa menggunakan layanan listrik dari PLN terlebih dahulu, setelah itu baru membayarnya sesuai waktu yang telah ditentukan.

Oleh karena itu, bagi pengguna listrik pascabayar harus rutin mengecek pembayaran listrik supaya tagihan listrikmu tidak membengkak.

Cara Cek Pembayaran Listrik

Cara Cek Pembayaran Listrik
Mengecek Pembayaran Listrik

Mengecek Pembayaran Listrik Secara Offline

Untuk mengecek tagihan listrik sebenarnya bisa dilakukan secara offline maupun online. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Dalam panduan pertama, kita akan membahas cara cek pembayaran listrik offline terlebih dahulu. Adapun ulasannya sebagai berikut :

1. Cek Tagihan Listrik Lewat Telepon

Cara cek pembayaran listrik offline yang pertama ialah dengan menghubungi custoemr service PLN. Metode ini terbilang mudah, karena Kamu hanya perlu menanyakan tentang jumlah tagihan listrikmu saja.

Silahkan hubungi layanan call center atau customer service PLN ke 123 dengan menyertakan kode areamu. Contoh, misalnya Kamu berasal dari Bandung, maka Kamu bisa menekan nomor (022)-123.

Metode panggilan ke customer service PLN ini akan dikenakan biaya atau tarif normal. Namun Kamu bisa menghubungi layanan call center kapan pun, sebab layanan ini tersedia hingga 24 jam full.

2. Cek Tagihan Listrik Lewat SMS

Panduan mengecek pembayaran listrik selanjutnya ialah dengan memakai layanan SMS. Nah, dari sini akan ada 2 opsi pengecekan, diantaranya pengecekan untuk kurun waktu 1 bulan maupun berlangganan per bulannya secara continue.

  • Untuk pengecekan tagihan listrik per bulannya lewat SMS, Kamu bisa mengirimkan pesan singkat melalui format : REK (spasi) No.ID pelanggan lalu kirimkan ke nomor 8123. Contoh, REK 0987654326757 dan kirimkan ke nomor 8123.
  • Sementara bagi Kamu yang ingin berlangganan informasi pembayaran tagihan listrik, Kamu bisa mengirimkan SMS melalui fomat : PLN (spasi) ON (spasi) No.ID pelanggan, lalu kirimkan ke nomor 8123. Contoh, PLN ON 0987654326757 lalu kirim ke nomor 8123.

Mengecek Pembayaran Listrik Secara Online

Selain cek tagihan listrik offline, Kamu juga bisa menggunakan cara yang lebih praktis yaitu dengan cara . Ada beberapa metode pengecekan tagihan listrik, diantaranya :

1. Cek Tagihan Listrik Lewat Situs Web

Metode yang pertama ialah dengan menggunakan website resmi. Ini juga termasuk cara paling efektif, simpel, mudah dan tak membuang banyak waktu. Mengingat PLN sudah menyediakan layanan pengecekan tagihan listrik lewat situs web, jadi Kamu bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja memakai perangkatmu.

Langsung saja, berikut cara mengetahui tagihan listrik PLN pascabayar berikut :

  • Silahkan buka web browser yang Kamu gunakan di ponsel/PC lalu kunjungi situs cekbill.com.
  • Setelah itu, silahkan masuk ke pilihan “Cek Tagihan Listrik PLN” tepat di bagian kiri.
  • Lalu inputkan ID pelanggan PLN-mu berikut kode captcha untuk validasi.
  • Selanjutnya pilih “Cek Tagihan” dan secara otomatis Kamu pun akan mendapatkan informasi tagihan listrikmu.

2. Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi PLN Online di iOS dan Android

Mengecek pembayaran listrik selanjutnya ialah bisa menggunakan aplikasi Online, yang bisa diunduh baik di perangkat android maupun di perangkat iOS. Adapun panduan lengkapnya ialah berikut ini :

  • Silahkan download aplikasi PLN online baik di App Store maupun di Android.
  • Setelah itu, buka aplikasi tersebut di Hpmu.
  • Pilih “Informasi” tepat di bagian tab menu.
  • Kemudian pilih lagi “Informasi Tagihan dan Token Listrik”.
  • Inputkan nomor IDPEL (ID Pelanggan).
  • lalu klik “Cari”.
  • Selanjutnya Kamu akan mendapatkan informasi tentang jumlah tagihan listrikmu berikut statusnya.

3. Cek Tagihan Listrik Melalui Email

Selain melalui website dan aplikasi di android, Kamu juga dapat mengecek besarnya tagihan listrik melalui email. Namun untuk menggunakan layanan email berbentuk e-billing berisi tentang tagihan listik, sebaiknya daftarkan terlebih dahulu di e-billing PLN.

Adapun cara cek pembayaran listrik di website ini bisa langsung registrasi, namun mengingat ada perubahan pada antarmuka web resmi PLN, maka Kamu dapat menanyakannya lewat email di alamat [email protected] Selain itu, Kamu juga memanfaatkan akun medsos PLN seperti Facebook di PLN 123 dan Twitter di @pln_123.

4. Cek Tagihan Listrik di Aplikasi LinkAja

Kamu tentu sudah pernah mendengar tentang aplikasi LinkAja. Nah, salah satu aplikasi e-billing ini juga menyediakan layanan pengecekan tagihan listrik sampai pembayaran. Aplikasi ini iasanya dipakai untuk membeli token listrik, pembelian pulksa serta layanan e-billing lainnya.

Walaupun Kamu hanya sekedar mengecek pembayaran listrik, Kamu bisa menggunakan layanan aplikasi ini. Biasanya bisa dilakukan dari tanggal 2 berikutnya untuk data pada ulan sebelumnya. Cara cek pembayaran lsitrik menggunakan LinkAja sebenarnya sangat mudah, asalkan Kamu harus sudah mendownload aplikasi LinkAja langsung di ponsel pintarmu. Selanjutnya buat akun di sana.

Jika sudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi ini dan di menu utama, silahkan pilih “Listrik” selanjutnya akan muncul tampilan beberapa opsi. Silahkan pilih layanan “PLN Postpaid” jika kamu ingin mengecek tagihan listrik PLN pasca bayar.

Setelah itu, Kamu akan diminta menginputkan nomor ID pelanggan atau rekening listrik. Sesudah itu, Kamu akan diminta untuk melanjutkan proses dengan memilih “Lanjutkan”. Maka tagihan listrik pun akan terlihat sesuai data PLN.

Jika Kamu mempunyai saldo LinkAja, bisa melakukan pembayaran listrik pasca bayar secara langsung.

5. Cek Tagihan Listrik di Aplikasi OVO

Saat ini memang ada banyak aplikasi-aplikasi berbasis e-billing di Indonesia, selain LinkAja Kamu juga bisa memakai aplikasi OVO. Sama halnya dengan LinkAJa, aplikasi ini juga sudah sangat populer bahkan banyak yang menganggap aplikasi ini bersifat user friendly.

Silahkan install aplikasi OVO terlebih dahulu, buka akun di OVO. Kemudian silahkan masuk atau login di aplikasi. Selanjutnya di menu utama, pilih “PLN” jika ingin mengetahui semua informasi mengenai layanan listrik PLN. Lalu akan muncul tampilan pengecekan pembayaran listrik, silahkan klik “Tagihan listrk”.

Nah, Kamu pun akan diminta untuk menginputkan nomor ID pelanggan. Apabila data yang Kamu masukkan sudah benar, pilih “Lanjut ke Pembayaran”. Maka jumlah pembayaran listrik yang tertagih akan langsung muncul sesuai pemakaian listrik pada bulan sebelumnya. Setelah itu, Kamu dapat melakukan pembayaran secara langsung menggunakan saldo OVO.

Nah, itulah panduan cara cek pembayaran listrik yang bisa Kamu ikuti dan coba dengan mudah. Selain itu, jika Kamu penasaran dengan informasi mengenai subsidi listrik dari PLN gratis yang baru-baru ini dicanangkan oleh Pemerintah silahkan ikuti cara cek listrik gratis!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019