Cara Cek Pembayaran PLN

Bagaimana cara cek pembayaran PLN? Listrik berperan sebagai energi yang telah menjadi kebutuhan pokok bagi seluruh masyarakat di dunia. Mengingat seluruh aktivitas di bumi sebagian besar sangat bergantung pada penggunaan listrik. Seperti menonton TV, penggunaan mesin cuci, penerangan di dalam rumah, memanaskan air, dan kebutuhan lainnya. Di Indonesia sendiri produksi listrik dipasok oleh PLN.

Mengingat pentingnya fungsi dan peranan PLN bagi masyarakat Indonesia, wajar rasanya apabila kita harus rutin membayar tagihan listrik per bulannya. Namun sebelum melakukan pembayaran, alangkah baiknya jika kita mengecek tagihan PLN terlebih dahulu.

Sebenarnya ada beberapa pilihan cara cek pembayaran PLN yang dapat digunakan. Jika dulu, kita harus mendatangi kantor PLN meskipun jaraknya jauh tapi tetap harus pergi demi membuat pasokan listrik ke rumah kita tetap lancar. Tapi kini kita bisa memilih cara online yang lebih praktis, muda dan cepat tanpa harus mengantre lama-lama.

Cara Cek Pembayaran PLN

Cara Cek Pembayaran PLN
Mengecek Tagihan PLN

Mengecek Tagihan PLN Online

Mengingat cara cek pembayaran PLN bisa dilakukan secara offline dan online, maka yang pertama dibahas dalam artikel ini ialah pengecekan tagihan PLN secara online terlebih dahulu. Selain itu, pengecekan pembayaran PLN online memiliki banyak keunggulan daripada cara offline. Memanfaatkan media online untuk mengcek tagihan PLN dirasa lebih efisien dan efektif, hanya saja persyaratannya Kamu harus memiliki perangkat Hp yang mendukung.

Oke, langsung saja simak ulasan panduan mengecek tagihan PLN online di bawah ini :

1. Cek Tagihan PLN  Lewat PLN Mobile App di iOS dan Android

Kamu dapat melakukan pengecekan pembayaran tagihan listrik online pertama dengan memakai aplikasi yang di download lewat ponsel pintar Salah satu aplikasi yang dapat dipakai ialah PLN Mobile. Aplikasi ini termasuk aplikasi resmi dari PLN yang bisa diunduh lewat Play Store. Sesudah aplikasi terunduh, Kamu bisa menjalankan aplikasi dan masuk ke sistem pembayaran. Dari dari sini Kamu bisa memilih informasi tagihan PLN beserta token listrik. Sesudah itu, Kamu wajib memasukkan nomor IDPEL (ID pelanggan).

Jika sudah menginputkan nomor ID ini, maka akan muncul informasi tagihan PLN untuk 1 bulan terakhir. PLN Mobile sendiri tersedia untuk perangkat iOS dan android. Oleh karena itu, bagi pengguna iOS kamu tak perlu lagi risau sebab PLN telah mempersiapkan aplikasinya guna mendukung OS yang Kamu gunakan. Sebenarnya ada 2 perbedaan cara melakukan pembayaran pada 2 tipe OS tersebut, walaupun cara tersebut hampir sama.

Berikut panduan cara cek pembayaran PLN bagi pengguna android :

  • Download lalu install PLN Mobile di Google Play Store.
  • Setelah itu, silahkan buka PLN Mobile di perangkatmu. Buat akun ID terlebih dahulu dengan memasukkan IDPEL atau bisa juga rekening PLN-mu.
  • Untuk kamu yang tak ingin repot-repot, tahapan ini bisa dilalui dengan langsung klik “Masuk” tanpa melakukan “Login”.
  • Kemudian di tampilan utama aplikasi, silahkan pilih “Informasi” kemudian pilih “Informasi dan Tagihan” lalu masukkan kembali nomor IDPEL dan klik “Cari”.
  • Apabila data tersebut telah dimasukkan dengan benar. Maka Kamu akan mendapatkan informasi pembayaran PLN di layar.

Sementara bagi pengguna iOS, berikut panduannya :

  • Unduh lalu install PLN Mobile langsung di App Store-mu.
  • Selanjutnya, buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Klik “Informasi” lanjutkan ke menu “Informasi Tagihan dan Token Listrik”.
  • Silahkan inputkan nomor IDPEL lalu klik cari jika Kamu ingin mengetahui jumlah tagihan PLN terakhirmu.

2. Cek Tagihan PLN Lewat Mandiri Online

Apakah Kamu termasuk nasabah bank Mandiri dan sudah mendaftarkan layanan Mandiri Online? Jika ya, selamat karena Kamu bisa memanfaatkan fasilitas dan layanan Mandiri Online dengan mudah. Termasuk cara praktis mengecek tagihan dan melakukan pembayaran sekaligus. Jika belum, Kamu tinggal mengunduh aplikasinya dan daftarkan layanan Mandiri Online di Customer Service bank Mandiri terdekat.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan cara cek tagihan PLN melalui Mandiri Online, di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan login atau masuk pada aplikasi Mandiri Online.
  • Lalu buka plikasinya, silahkan masuk menggunakan password dan username yang sudah didaftarkan.
  • Pilih menu “Bayar” dan masuk lagi ke menu “Buat Pembayaran Baru”.
  • Selanjutnya pilih “PLN”.
  • Jika sudah, tap pada opsi “Buat Pembayaran  Baru” lalu pilih PLN.
  • Silahkan tentukan opsi “Sumber Rekening” berikut “Penyedia Jasa”.
  • Untuk penyedia jasanya, silahkan pilih “PLN Postpaid”.
  • Masukkan IDPEL atau nomor meter listrikmu di kolom No.Pelanggan lalu lanjutkan.
  • Setelah itu, lakukan “Konfirmasi” dilanjutkan dengan memasukkan MPIN.
  • Dari sana Kamu akan melihat informasi tagihan PLN dan bisa langsung membayar di aplikasi.

3. Cek Tagihan PLN Melalui Marketplace

Cara cek pembayaran PLN melalui Marketplace juga mungkin sudah sering dilakukan banyak yang melek teknologi digital. Apalagi bagi Kamu yang gemar berbelanja online. Kini Kamu juga bisa melakukan pengecekan dan pembayaran tagian PLN di marketplace ternama seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.

Adapun panduan mengecek tagihan PLN lewat marketplace, salah satunya Tokopedia bisa mengikuti ulasan di bawah ini :

  • Di halaman utama aplikasi Tokped Kamu bisa pilih “Pembayaran & Topup” kemudian pilih “Listrik PLN” dilanjutkan dengan opsi “Tagihan Listrik”.
  • Silahkan masukkan IDPEL PLN dan pilih “Cari”.
  • Apabila tagihanmu belum dibayar, maka akan muncul nominal tagihan di layar. Sementara jika sudah, notifikasi yang muncul dilayar bertuliskan “Tagihan Sudah Terbayar.”

Mengecek Tagihan PLN Secara Offline

Kamu juga bisa tetap melakukan pengecekan tagihan PLN secara offline, namun pergi ke kantor PLN tentu saja bukan pilihan yang efektif mengingat Kamu harus memiliki banyak waktu.

Namun ada cara cek pembayaran PLN secara offline yang efektif, yaitu dengan melalui layanan SMS dan telepon. Kedua cara ini dinilai lebih mudah, praktis dan tanpa harus mengantre lama. Berikut ulasannya :

1. Cek Tagihan PLN Melalui Panggilan Telepon Call Center

Bagi yang ingin mengecek tagihan PLN atau melakukan pembayaran lewat telepon, maka Kamu dapat melakukannya cukup dengan menelpon call center PLN di nomor 123. Jika menelepon lewat smartphone, sebaiknya inputkan kode wilayahnya lebih dulu.

Jika Kamu sudah terhubung pada operator PLN maka Kamu dapat menyampaikan tujuanmu mengecek pembayaran PLN. Jangan lupa untuk menyebutkan nomor IDPEL PLN-mu.

2. Cek Tagihan PLN Melalui SMS

Selain cek tagihan PLN dengan menelpon layanan call center PLN, Kamu juga bisa mengeceknya lewat SMS. Cukup ketikkan SMS melalui format berikut untuk mengetahui tagihan listrik setiap bulannya :

Ketik : REK (spasi) Nomor IDPEL (12 digit) kemudian kirim ke nomor 8123.

Contoh : REK 998212345678 lalu dikirim ke nomor 8123.

Kamu juga dapat berlangganan notifikasi informasi mengenai tagihan PLN dengan cara mengetikkan format SMS berikut :

Ketik : PLN (spasi) ON (spasi) nomor IDPEL PLN dan kirimkan ke nomor 8123.

Contoh : PLN ON 998212345678 lalu kirim ke nomor 8123.

Nah, itulah format SMS untuk mengecek tagihan PLN dengan mudah dan bisa Kamu coba.

Demikian ulasan tentang cara cek pembayaran PLN baik secara offline maupun secara onlineyang bisa Kamu ikuti. Bagi Kamu yang ingin mengetahui apakah Kamu termasuk pelanggan yang mendapat subsidi PLN gratis, maka silahkan coba cara cek PLN gratis. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019