Cara Cek Tagihan BPJS

Tidak sedikit pengguna yang kebingungan tentang cara cek tagihan BPJS kesehatan. Informasi mengenai BPJS kesehatan sebenarnya sudah banyak sekali, namun jika penyajiannya tidak langsung pada poinnya, justru bisa bikin pusing.

Jika Kamu termasuk salah satunya, apalagi jika sedang terburu-buru untuk mendapatkan informasi tersebut, langsung saja simak ulasan di bawah ini!

Tentang BPJS Kesehatan

Sebelum membahas cara cek tagihan BPJS Kesehatan, alangkah baiknya Kamu mengetahui lebih detail tentang BPJS kesehatan itu sendiri.

Berdasarkan Undang-Undangan Nomor 24 Tahun 2011, BPJS (Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial) Kesehatan adalah sebuah badan hukum guna menyelenggarakan program layanan jaminan kesehatan.

Kepesertaan BPJS kesehatan sendiri dibagi ke dalam 2 jenis, diantaranya :

  • Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan

Penerima Bantuan Iuran atau PBI jaminan kesehatan ialah peserta jaminan yang terdiri atas warga dalam golongan fakir miskin dan kurang mampu yang biayanya ditanggung pemerintah.

Di samping itu, orang yang berhak sebagai Penerima Bantuan Iuran itu sendiri ialah warga yang telah mengalami cacat total permanen serta tidak memiliki kemampuan secara finansial.

  • Bukan Penerima Bantuan Jaminan Kesehatan

Untuk golongan bukan PBI Jaminan Kesehatan sendiri, terdiri atas beberapa kelompok, diantaranya :

♣ Pekerja penerima upah beserta anggota keluarganya, meliputi anggota TNI/Polri, PNS, pegawai pemerintah bukan pegawai negeri, pejabat negara, karyawan swasta hingga pekerja yang memenuhi persyaratan menjadi penerima upah lainnya.

♣ Pekerja yang bukan penerima upah beserta anggota keluarganya, berupa pekerja lepas dan pekerja yang ada di luar hubungan kerja.

♣ Bukan pekerja beserta anggota keluarganya, biasanya seperti pemberi kerja, penerima pensiun, dan investor.

Mengenai cara cek tagihan BPJS kesehatan sendiri, Kamu tak perlu bingung lagi sebab pemerintah telah menyajikan berbagai macam cara praktis untuk mempermudah peserta BPJS agar mengetahui jumlah tagihannya.

Jadi intinya, Kamu dapat melakukan pengecekan lewat berbagai macam metode, seperti lewat aplikasi mobile JKN, SMS, ATM, atau lewat website BPJS kesehatan.

Jadi jangan sampai Kamu terlambat melunasinya sebab keterlambatan pembayaran tagihan BPJS selama 1 bulan dapat membuat layanan kesehatan terhenti begitu saja.

Tips Pengecekan Tagihan BPJS

Sebelum membahas panduan cara cek tagihan BPJS, ada beberapa peraturan dan hal penting dalam kepesertaan BPJS Kesehatan. Dimana setiap peserta pemegang kartu BPJS Keseatan akan mendapatkan nomor kartu BPJS serta nomor rekening berbentuk virtual account pada kartu anggota. Selain itu, akan dikirimkan juga lewat pesan SMS.

Adapun nomor kartu BPJS ini nantinya berfungsi untuk pengecekan status keanggotaan dan cek tagihan BPJS jika Kamu terlambat atau lupa membayar tagihan.

Sedangkan nomor virtual account sendiri berfungsi untuk pembayaran tagihan karena ada beberapa pilihan cara pembayaran iuran BPJS itu sendiri, baik secara konvensional ataupun lewat platform digital.

BPJS kesehatan mempunyai nomor VA (virtual account) di lembaga keuangan atau bank tersebut. Dimana nomor VA ini ditambah dengan nomor kartu peserta BPJS, dan inilah yang nantinya dijadikan sebagai nomor tujuanmu untuk membayar iuran. Jadi artinya, apabila kartu BPJSmu hilang dan Kamu lupa nomornya, maka secara otomatis tidak dapat melakukan pembayaran iuran BPJS.

Antara bank satu dengan bank lainnya bisa saja memiliki nomor VA berbeda. Untuk bank BNI dan BRI, nomor VA yang digunakan ialah 88888, sementara pada bank Mandiri, memiliki nomor VA 89888.

Supaya Kamu lebih paham, kita langsung bahas contohnya saja. Misalnya, Kamu ingin melakukan pembayaran tagihan BPJS kesehatan di bank Mandiri. Nomor kepesertaan BPJS-mu misalnya 000245686850, jadi nomor tujuan untuk transfer ialah 898880245686850.

Bagaimana Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan Jika Kartunya Hilang?

Bisa saja pengguna atau pemilik kartu BPJS kesehatan kehilangan kartu keanggotaan mereka dan lupa dengan nomor BPJS kesehatan. Padahal, nomor tersebut diperlukan untuk melakukan pengecekan tagihan BPJS yang harus dibayar. Adapun cara cek nomor BPJS kesehatan yang dapat Kamu coba, ialah sebagai berikut :

  • Menghubungi Layanan Call Center

Kamu bisa menghubungi layanan call center dari BPJS Kesehatan untuk mengetahui berapa nomor kartu BPJS. Selanjutnya petugas BPJS akan langsung membantumu mendapatkannya.

  • Menggunakan Kartu BPJS Kesehatan Anggota Keluarga Lain

Jika kartu BPJS punyamu hilang, Kamu sebenarnya bisa meminjam nomor kartu BPJS anggota keluargamu. Dengan catatan, anggota keluarga tersebut sudah terdaftar dalam satu kartu keluarga.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Cara Cek Tagihan BPJS
Cek Tagihan BPJS

Jika Kamu sudah mengetahui nomor kartu BPJS kesehatanmu, kini ada beberapa panduan cara cek tagihan BPJS kesehatan yang bisa Kamu coba, diantaranya :

Cara Cek Tagihan BPJS Melalui Website Resmi BPJS

Cara cek tagihan BPJS yang satu ini dirasa paling mudah. Kamu dapat melakukannya hanya dengan mengunjungi web resmi dari BPJS, yaitu di bpjs-kesehatan.go.id.
Jika sudah membuka situs resmi BPJS tersebut dan Kamu masuk ke halaman utama, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Silahkan cari opsi “Cek Iuran BPJS Kesehatan” tepat di samping kanan halaman utama, lalu pilih.
  • Selanjutnya lakukan pengisian data-data lengkap, seperti nomor kartu BPJS, angka validasi, dan tanggal lahir. Jika sudah, pilih Cek.
  • Kemudian detail tagihan BPJS kesehatanmu akan langsung terlihat di layar.

Cara Cek Tagihan BPJS MelaluI SMS Gateway

Kamu juga bisa mengikuti cara cek tagihan BPJS lewat SMS. Berbeda dengan cara pengecekan lewat website, Kamu tidak membutuhkan koneksi internet untuk mengeceknya.

Kamu hanya perlu mengiriman SMS gateway saja dengan format ketik : TAGIHAN(spasi)Nomor kartu BPJS, setelah itu kirimkan ke 0877-7550-0400.

Contohnya, TAGIIHAN 0001324578989 dan langsung dikirim ke 0877-7550-0400. Selanjutnya tunggu sampai Kamu mendapatkan pesan balasan yang menginformasikan tentang tagihan BPJS kesehatan milikmu.

Cara Cek Tagihan BPJS Melalui Aplikasi

Saat ini, aplikasi smartphone telah dijadikan sebagai sarana yang dapat diandalkan untuk menyelesaikan berbagai macam urusan.

Hal inilah yang akhirnya mendorong layanan jaminan BPJS kesehatan untuk menciptakan aplikasi BPJS yang dinamakan mobile JKN.

Bagi yang belum memiliki aplikasi ini di smartphone-mu, Kamu bisa langsung menginstall aplikasi tersebut di HP.

Silahkan cari apllikasinya di App Store bagi pengguna iOS ataupun Google Play Store bagi pengguna android.
Adapun cara cek tagihan BPJS melalui aplikasi mobile JKN, ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan install Mobile JKN di ponselmu.
  • Jika suda, buka aplikasi lalu daftarkan akun baru terlebih dahulu jika belum memiliki akun.
  • Jika sudah mempunyai akun baru, Kamu tinggal masuk atau login.
  • Silahkan pilih “premi”.
  • Lalu inputkan nomor kepesertaan kartu BPJS kesehatanmu atau nomor VA. Setelah itu, fitur akan menampilkan besarnya tagihan BPJS yang harus dibayar.

Cara Cek Tagihan BPJS Secara Mandiri Melalui Mesin ATM

Kamu juga bisa menggunakan mesin ATM untuk mengecek tagihan BPJS scara mandiri. Adapun langkah-langkah cara cek tagihan BPJS di mesin ATM adalah sebagai berikut :

  • Silahkan masukkan kartu ATM beserta PIN ATM-mu.
  • Jika sudah, pilih menu “Transaksi Lain”.
  • Selanjutnya pilih lagi menu “Pembayaran”.
  • Setelah itu masuk ke opsi “Lainnya”.
  • Lalu pilih layanan “BPJS” dan masuk ke “BPJS Kesehatan”.
  • Setelah itu, inputkan nomor VA BPJS yang telah diberikan sesudah melakukan pendaftaran akun.
  • Kamu juga bisa menginputkan nomor kepesertaan BPJS Kesehatan caranya dengan memasukkan angka atau kode 88888 terlebih dahulu. Kemudian masukkan 11 digit nomor kepesertaan BPJS kesehatan.
  • Silahkan pilih “Benar”. Selanjutnya konfirmasi pembayaran tagihan BPJS akan muncul pada layar ATM.
  • Jika Kamu merasa jumlah tagihan BPJS sesuai, cukup pilih YA.

Ya, demikian ulasan cara cek tagihan BPJS dengan mudah yang bisa Kamu lakukan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat!

Punya Tagihan Apa? Cobain Caranya :

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019