Cara Cek Stalker Twitter

Privasi rasanya telah menjadi hal yang istimewa bagi semua orang di era digital yang serba terbuka saat ini. Oleh karena itu, dalam penggunaan media sosial seperti Twitter sekalipun, kita harus bisa mengontrolnya walaupun sebenarnya platform medsos ini juga mempunyai kebijakan privasi guna melindungi penggunanya. Sama halnya dengan cara cek stalker Twitter.

Lalu, Apa Sih Stalker Itu?

Stalker biasanya ditujukan pada orang atau akun sosmed tertentu, yang sering memata-matai akun sosmed milik orang lain tanpa mengikuti akun medsos orang tersebut. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan stalker ini berasal dari salah satu follower di akun media sosial.

Sebenarnya menjadi stalker atau sering melihat profil akun media sosial orang lain tidak ada salahnya, asalkan tidak melanggar peraturan dan norma yang berlaku. Seperti tidak memanfaatkan media sosial orang yang dimata-matai guna kepentingan tertentu, terutama untuk hal-hal negatif.

Selain itu, untuk mengecek stalker akun Twitter tidaklah sulit. Kami akan membagikan panduan cara cek stalker Twitter di bawah ini.

Cara Cek Stalker Twitter

Cara Cek Stalker Twitter
Mengecek Stalker Akun Twitter

Mengecek Stalker Akun Twitter

Meskipun tak sebanyak cara cek stalker FB, akan tetapi cara yang Kami bagikan di bawah ini bisa Kamu andalkan untuk mengetahui orang yang sering stalking di akun Twittermu. Untuk mengecek stalker akun Twitter, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan berikut ini :

  • Silahkan masuk ke akun Twitter terlebih dahulu seperti biasanya.
  • Kemudian Kamu bisa masuk ke web Tweepsect.
  • Jika linknya sudah terbuka, tinggal tekan “sign in with Twitter”.
  • Kemudian berikan izin pemasangan aplikasi di “Authorize App”.
  • Selanjutnya Kamu akan dibawa ke situs tersebut kembali, silahkan lihat di paling atas, dan tinggal masukkan ID akun twittermu di kolom yang telah tersedia. Jadi, misalnya akun Twittermu @santi123, tinggal masukkan santi123 saja.
  • Lalu tekan “enlighten me”.
  • Silahkan tunggu selang beberapa lama, semakin banyak following dan follower-mu, maka akan semakin lama juga Kamu harus menunggu.
  • Setelah itu, jika sudah selesai akan ada tulisan “Done!”.
  • Kemudian akan muncul beberapa informasi, seperti stalking, stalker dan mutual.
  • Untuk mutual sendiri ditujukan kepada banyaknya orang atau akun yang sudah pernah Kamu kunjungi, serta orang yang dikunjungi tersebut juga mengunjungi akunmu.
  • Stalker menunjukkan banyaknya akun Twitter yang sudah pernah menegcek profil akunmu.
  • Sementara stalking sendiri menunjukkan jumah akun yang pernah Kamu lihat akunnya.

Itulah langkah cara cek stalker Twitter yang bisa Kamu coba. Akan tetapi, beberapa orang menyebutkan jika hasil stalking, stalker dan mutual berbeda dari penjelasan di atas. Stalking menujukkan jika semua akun yang Kamu follow tapi tidak ikut mem-follow bank akunmu. Stalker adalah semua akun yang memfollow akunmu tapi Kamu belum memfollow-nya balik. Sedangkan mutual sendiri adalah semua akun yang pernah Kamu follow,  lalu akun tersebut juga ikut memfollowmu.

Cara Mengunci Akun Twitter Agar Lebih Aman

Kita ketahui bahwa media sosial kini sudah memiliki banyak sekali fungsi, seperti untuk berbagi informasi, bersenang-senang dan mendapatkan informai atau berita dengan cepat meskipun kita perlu memilah informasi terlebih dahulu sebelum membagikannya.

Twitter sendiri ialah sebagai salah satu paltform medsos yang dapat menyebarkan informasi dengan cepat, melalui berbagai kemudahan. Akan tetapi, bagi para pengguna tetap harus waspada sebab kini privasi menjadi ruang tersendiri dan dari sinilah Kamu harus benar-benar bisa mengontrol penggunaan platform meedia sosial.

Setelah Kamu mengetahui cara cek stalker Twitter dan ternyata cukup banyak orang yang sering stalking akun-mu, kini metode yang dapat Kamu lakukan ialah dengan cara mengunci akun Twitter. Sehingga hanya akun-akun tertentu saja yang dapat mengakses seluruh informasi pribadimu, terutama informasi yang sifatnya sangat sensitif. Ada satu cara yang dapat Kamu lakukan untuk mengunci akunmu berikut :

1. Cara Kunci Akun Twitter Paling Mudah

Seperti kita ketaui, bahwa Twitter telah membebaskan para penggunanya untuk bisa mengunggah postingan mereka secara bebas, namun kini tak perlu lagi khawatir karena akun Twittermu bisa diamankan dari para stalker dengan mengunci akun tersebut. Jika ingin tahu bagaimana caranya, berikut ulasannya :

  • Hal pertama yang bisa Kamu lakukan ialah silahkan buka akun Twitter di smartphone-mu.
  • Jika sudah masuk ke beranda silahkan geser layar ke samping kanan untuk menampilkan list menu Twitter.
  • Berikutnya Kamu bisa menekan foto profil tepat di samping kiri bagian atas untuk menampilkan daftar tersebut.
  • Setelah itu cari kemudian pilih “Settings and Privacy“.
  • Lalu cari menu “Privacy and Safety” kemudia aktifkan “Protect your Tweets”.
  • Sementara bagi yang memakai Twitter web, Kamu cukup mengklik halaman web https://twitter.com/settings/safety saja untuk melakukan pengaturan penguncian akun Twitter.

2. Keuntungan Proteksi Akun Twitter Dengan Menguncinya

Ada beberapa keuntungan melakukan penguncian akun twitter yang telah Kamu lakukan di atas, diantaranya :

  • Pengguna akan langsung disibukkan dengan aktivitas menerima beberapa permintaan ketika ada akun Twitter yang mulai ingin mengikuti akun-mu. Jadi, Kamu bisa menolak atau menerima permintaan dari akun tersebut.
  • Setiap aktivitas pada akun Twittermu, semisal tautan permanen, retweet, atau tweet hanya dapat dilihat para pegikut atau follower saja dan tentunya ikon retweet (cuitan ulang) tak akan muncul. Sehingga para pengikut tidak dapat membuat retweet atau membalas tweet.
  • Pada akun Twitter yang bukan pengikut atau bukan follower tentu saja tidak bisa melihat tweet atau aktivitas yang Kamu lakukan, kecuali mereka menjadi follower akun Twittermu terlebih dahulu jika ingin mengetahui balasan tersebut.

Jadi dengan mengunci akun Twittermu, maka stalker tidak bisa lagi mengintip tweet yang Kamu buat. Metode ini juga dapat membatasi akun-akun yang mengikuti Twittermu. Oleh karena itu, kelebihan mengunci akun seluruhhnya memang untuk keamanan privasi saat memakai platform Twitter.

Cara Memprotect Tweet di Akun Twitter

Selain itu, masih terkait privasi dalam menggunakan media sosial Twitter. Kamu juga bisa memproteksi tweet atau cuitanmu di akun Twitter sehingga merasa lebih aman dan nyaman memposting cuitan di Twitter.

Twitter sendiri telah menyuguhkan fitur privasi Tweet yang berguna sekali bagi pengguna yang ingin membatasi kolom komentar di tiap-tiap tweet yang dibuat. Jadi, apabila tweet tersebut bisa menyebabkan munculnya perdebatan, akan lebih baik Kamu membatasi kolom komentarnya dengan menggunakan fitur ini.

Nah, berikut ini panduan cara pengaturan privasi kolom komentar di akun Twitter :

  • Pertama-tama, silahkan login terlebih dahulu ke akun Twittermu, dan klik buat tweet.
  • Jika sudah, tekan pilihan “Everyone can reply”.
  • Lalu silahkan pilih privasi Tweet yang Kamu gunakan. Jika memilih everyone,maka semua orang dapat langsung berkomentar, sementara People You Follow ditujukan untuk orang-orang yang Kamu follow  yang dapat berkomentar di tweet-mu. Sedangkan jika memilih Only People You Mention, ditujukan pada beberapa orang yang Kamu sebut saja yang dapat berkomentar.

Ya, itulah beberapa cara untuk memproteksi komentar tweet yang Kamu buat. Jadi, sama seperti Instagram dan Facebok, kini Twitter juga memiliki fitur untuk membatasi komentar.

Demikian ulasan tentang cara cek stalker Twitter dan cara mengunci akun Twitter agar terhindar dari para stalker yang privasimu terganggu. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019