Cara Check In Online Lion Air

Jika Kamu sudah membeli tiket pesawat maskapai Lion Air, langkah berikutnya yang harus dilakukan ialah check in Lion Air. Sebenarnya cukup fasilitas check in Lion Air berikut ketentuan dan persyaratan yang berlaku. Apalagi kini seiring perkembangan digital, proses layanan check in pesawat lebih dipermudah. Seperti halnya cara check in online Lion Air.

Lion Air sendiri termasuk salah satu maskapai penerbangan terkemuka yang ada di Indonesia. Bagi Kamu yang akan berlibur atau melakukan travelling ke dalam kota atau ke luar negeri dengan biaya terjangkau dan akses yang cepat, maka Lion Air bisa menjadi pilihannya. Akan tetapi, bagi Kamu yang baru kali pertama mnggunakan maskapai penerbangan ini, mungkin saja naik pesawat sedikit membingungkan jika dibandingkan dengan transportasi lainnya.

Akan tetapi, Kamu tak perlu khawatir mengenai cara check in online Lion Air karena Kami akan membagikannya dalam artikel ini.

Langkah pertama, persiapkan terlebih dahulu tiket pesawat yang bisa Kamu beli, baik membelinya di bandara langsung ataupun secara online, lewat situs resmi reservasi tiket pesawat. Jika Kamumembeli tiket online, Kamu akan memperoleh e-ticket atau tiket elektronik.

Cara pemakaian e-ticket sendiri sama seperti tiket lainnya, keunggulan memakai e-ticket ini ialah tak perlu lagi mencetak atau melakukan print out, Kamu hanya perlu menunjukkan kode pemesanan atau kode booking dari agen reservasi tiket pesawat ke dalam check in pesawat Lion Air di counter bandara.

Setelah itu, Kamu bisa melakukan check in pesawat di konter Lion Air. Apabila melakukan check in online Lion Air, maka Kamu tidak perlu lagi mengantri lama-lama di bandara mengingat proses check in bisa dilakukan langsung dari rumah lewat web check in pesawat Lion Air.

Melalui fasilitas yang satu ini, maka bisa lebih mempermudah terutama bagi yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mengurus proses check in. Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian canggih, tentu semakin banyak aktivitas yang dapat dilakukan dengan cara online, seperti halnya proses check in. Bagi yang ingin memakai layanan city check in Kamu dapat langsung pergi ke bandara terdekat sebab tidak semua wilayah menyediakan fasilitas yang satu ini.

Cara Check In Online Lion Air

Cara Check In Online Lion Air
Panduan Check In Lion Air Online

Panduan Check In Lion Air Online

Pada dasarnya panduan check in Lion Air online ini hanya memanfaatkan jaringan internet. Kelebihannya, Kamu tak perlu lagi terburu-buru melewati proses check in. Sebab bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun, asalkan memiliki perangkat yang sudah terkoneksi internet.

Adapun waktu untuk melakukan check in pesawat Lion Air sendiri ialah 24 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan. Oleh karena itu, pastikan Kamu melakukan check in sesegera mungkin. Berdasarkan waktu yang sudah ditentukan. Silahkan ikut panduan cara check in online Lion Air berikut!

1. Check In Lion Air Online via Web Check In

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk check in Lion Air onine melalui web check ini. Diantaranya sebagai berikut :

  • Pertama-tama Kamu bisa memakai laptop atau Hp untuk melewati proses check in ini, namun tentu saja Kamu memerlukan koneksi internet jika ingin membuka layanan web check in dari pesawat Lion Air.
  • Selanjutnya, buka situs web Lion Air berikut ini!
  • Silahkan pilih menu web check in.
  • Lalu isikan nama belakang dan kode booking sesuai tiket elektronik yang Kamu dapatkan saat reservasi online.
  • Setelah itu, akan muncul peraturan tentang barang bawaan para penumpang. Kamu bisa pilih “Continue to chek in” untuk melanjutkan proses.
  • Silahkan pilih menu check in apabila Kamu ingin melakukan check in secara langsung atau jika Kamu ingin memilih seat atau tempat duduk, silahkan pilih “Select Seat”.
  • Lalu tentukan tempat duduk atau kursi sesuai keinginanmu, apabila muncul notifikasi di layar bertuliskan “Seat not Available” ini artinya Kamu harus memilih tempat duduk lainnya.
  • Langkah berikutnya tekan “return”.
  • Kemudian tekan check in, sampai Kamu mendapatkan boarding pass.
  • Silahkan pilih akun email agar boarding pass nantinya langsung dikirimkan ke akun email tersebut, untuk memudahkan proeses print out atau pencetakan sendiri.
  • Selamat, proses check in online Lion Air pun sudah selesai.
  • Kini Kamu bisa ke bandara langsung dengan membawa serta boarding pass lalu pergi ke boarding room di bandara.
  • Sebagai perhatian, pastikan Kamu membaca jam dan tanggal yang sudah tertera dalam boarding pass.

2. Check In Lion Air Online via Aplikasi Traveloka

Pentingnya cara check in online Lion Air ialah ketika Kamu terlambat datang ke bandara. Jadi Kamu tak perlu lagi melakukan check in dan Kamu cukup menunggu kedatangan pesawat pallig maksimal sesuai dengan jadwal keberangkatan. Adapun panduan cara check in Lion Air online via aplikasi Traveloka ialah sebagai berikut :

  • Patikan 24 jam sebelum waktu keberangkatan, membuka aplikasi Traveloka lalu pilih “Pesanan”. Setelah itu, sentuh tombol hijau yang bertuliskan “Sudah Bisa Check in”.
  • Selanjutnya geser layar ke bagian bawah lalu pilih “Check in Online”. Lalu ceklis kebijakan check in, dan klik “next” atau “Lanjutkan”.
  • Cek kembali waktu keberangkata, apabila sudah sesuai silahkan pilih “Lanjutkan”. Kemudian “Pilih Kursi” jika Kamu ingin menentukan posisi tempat duduk atau seat.
  • Pilih posisi kursi yang masih available atau tersedia, kemudian klik “Simpan”.
  • Jika sudah terbuka, geser layar ke bawah sampai ada tulisan “Check in”,  kemudian pilih “check in”.
  • Kemudian akan muncul tulisan “Check in berhasil”. Lalu cek boarding pass.
  • Setelah itu, klik “Kirim Boarding Pass”.
  • Ketikkan akun email yang masih aktif dan dipakai di smartphone-mu lalu pilih “Kirim Sekarang”.

Selanjutnya cek email-mu lalu unduh boarding pass yang didapat tadi. Ketika Kamu di bandara silahkan tunjukkan boarding pass tersebut ke konter Lion Air untuk dicetak.

Panduan Check In Lion Air Offline

Selain panduan check in Lion Air online, Kamu juga bisa langsung datang ke bandara untuk check in pesawat. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan datang ke bandara untuk check in langsung, pastikan pergi ke bandara terdekat. Tujuannya untuk memudahkanmu melakukan proses check in.
  • Lalu Kamu harus mempersiapkan paspor, tiket pesawat, KTP, visa serta data keterangan sehat. Sebab setibanya di bandara, wajib menunjukkan tanda pengenal data-data tersebut supaya diizinkan masuk.
  • Kita tahu bahwa barang bawaan dalam bagasi pesawat sangat terbatas. Oleh karenanya, bawa barang bawaan yang dibutuhkan saja. Selanjutnya barang bawaanmu akan dilakukan pengecekan memakai metal detector, yang berguna untuk mengecek semua barang bawaan yang Kamu bawa.
  • Pada beberapa bandara, biasanya tiap maskapai penerbangan mempunyai konter check in masing-masing, di Bandara Soetta (Soekarno-Hatta) saja bahkan tiap maskapai ada di terminal berbeda. Jadi Kamu harus mengetahui maskapai yang digunakan serta letak konter check in pesawat Lion Air.
  • Setelah itu, serahkan tiket pesawat yang sudah dipesan ke petugas, lalu letakkan barang-barangmu di metal detector. Selanjutnya, kopermu akan dilabeli bukti penumpang. Selain itu, Kamu juga akan memperoleh boarding pass berisi informasi kode atau nomor seat dan informasi gate keberangkatanmu.

Itulah langkah-langkah panduan check in Lion Air offline di bandara yang bisa Kamu lakukan.

Silakan pilih mana cara yang paling cepat dan mudah, cara check in online Lion Air sangat direkomendasikan terutama bagi Kamu yang jauh dari lokasi bandara. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019