Cara Cek Stalker FB

Bermain Facebook nampaknya sudah menjadi kebutuhan pokok yang tak bisa ditinggalkan oleh sebagian orang, terutama bagi kaum remaja. Sebenarnya ada banyak hal positif yang bisa dilakukan lewat platform sosmed ini, seperti berjualan, memposting artikel menarik, atau yang lainnya. Tapi tak jarang banyak pengguna yang iseng dengan stalking-stalking profil FB orang. Oleh karena itu, banyak yang mencari cara cek stalker FB.

Hal ini dikarenakan profil pada Facebook biasanya dapat diakses dengan mudah oleh siapapun. Maka dari itu, wajar jika terkadang ada saja orang yang penasaran dan stalking Facebook kita. Untuk itu, jika Kamu ingin tahu siapa sih stalker FB-mu? Kami akan bagikan cara cek stalker FB di bawah ini!

Cara Cek Stalker FB

Cara Cek Stalker FB
Mengecek Stalker Akun FB

 

Mengecek Stalker Akun Facebook Tanpa Aplikasi

Sebenarnya tidak ada fitur yang membantumu untuk mengetahui stalker FB, namun Kamu tak perlu khawatir. Karena ada beberapa tips mengecek stalker akun Facebook baik menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Namun metode yang akan dibagikan pertama kali ialah cara cek stalker FB tanpa aplikasi.

Cara ini sangat cocok dilakukan jika Kamu membuka akun FB-mu lewat PC atau laptop. Selanjutnya, berikut langkah-langkah cek stalker akun Facebook tanpa aplikasi berikut ini :

  • Pertama-tama silahkan masuk ke platform Facebook, lalu login.
  • Setelah itu, Kamu bisa langsung masuk ke profil Facebook-mu.
  • Silahkan klik “CTRL+U”di keyboard PC dan Kamu akan dibawa ke tab baru yang berisi kumpulan kode.
  • Selanjutnya klik “CTRL+F” pada keyboard, dan ketikkan di kolom pencarian “InitialChatFriendsList” tanpa tanda kutip.
  • Setelah itu, pada bagian bawah Kamu akan menemukan beberapa ID. Nah, itulah ID akun FB yang selalu mengunjungi profil FB-mu atau sebagai stalker FB-mu.

ID Facebook tersebut umumnya terdiri atas beberapa angka. Nah, jika Kamu ingin tahu pemilik ID akun Facebook tersebut, bisa kunjungi web Facebook lalu tambahkan ID tepat di belakangnya. Contoh : https://www.facebook.com/ID.

Cara cek stalker FB ini juga sebenarnya bisa dilakukan  menggunakan perangkat android. Adapun untuk mengecek kode pada halaman profil, Kamu bisa menambahkan view-source pada awal link profil akun FB-mu.

Mengecek Stalker Akun Facebook Dengan Aplikasi

Selain mengecek stalker akun Facebook di atas, Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui siapa stalker akun FB-mu. Adapun aplikasi tersebut ialah sebagai berikut :

1. Cek Stalker Akun Facebook Dengan Aplikasi Who Viewed My Facebook Profile

Cara cek stalker FB yang pertama ialah Who Viewed My Facebook Profile. Aplikasi ini nantinya akan menampilkan siapa saja stalker akun FB-mu, selain itu juga dapat menginformasikan siapa saja yang sering membuka foto-foto di profil akun FB-mu.

Adapun cek stalker akun Facebook menggunakan aplikasi Who Viewed My Facebook Profile, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan unduh terlebih dahulu aplikasi bernama Who Viewed My Facebok Profile.
  • Kemudian install dan buka aplikasi tersebut di Hp-mu.
  • Jika sudah, silahkan login menggunakan akun FB-mu.
  • Setelah login, silahkan pilih tab  “Who Visited Your Profile”. Selanjutnya di layar Hpmu akan ditampilkan beberapa akun FB yang kerap melakukan stalking akun FB-mu.

Untuk mengunduh aplikasi ini tentu saja tanpa memakan banyak biaya, karena gratis dan ukurannya pun tidak menghabiskan banyak ruang penyimpanan karena hanya berukuran 9 MB saja.

2. Cek Stalker Akun Facebook Memakai Aplikasi Who Visited Me On Facebook

Aplikasi lainnya yang bisa Kamu pakai untuk mengecek orang yang sering stalking akun Facebookmu ialah Who Visited Me On Facebook. Aplikasi ini hanya berukuran 2 MB saja, jadi sangat ringan.

Untuk mengecek stalker akun Facebook di profil FB-mu, silahkan ikuti panduannya di bawah ini :

  • Silahkan unduh terlebih dahulu Who Visited Me On Facebook, kemudian install di perangkat androidmu.
  • Lalu pilih “Connect on Facebook” dan login memakai akun Facebookmu.
  • Selanjutnya aplikasi akan langsung menampilkan orang atau akun FB yang sering mengunjungi akun FB-mu.

3. Cek Stalker Akun Facebook Memakai Aplikasi Strangers Stalker

Memakai apikasi Strangers Stalker ke dalam cara cek stalker FB sebenarnya caranya hampir sama seperti Who Visited Me. Adapun panduannya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan unduh dan install Strangers Stalkers di Hpmu terlebih dahulu.
  • Lalu buka aplikasi, selanjutnya login memakai akun FB-mu.
  • Setelah itu Kamu akan ditampilkan orang yang sering melihat akun FB-mu.

Itulah beberapa pilihan cara cek stalker FB dengan aplikasi dan tanpa aplikasi yang bisa Kamu pilih. Selanjutnya, bagaimana sih untuk mencegah stalker akun FB?

Cara Mencegah Stalker Profil FB yang Mencurigakan

Kita tentu tak pernah tahu, apa sih tujuan orang yang sering stalker akun FB kita? Bahkan bisa saja, stalker profil FB-mu memiliki tujuan tertentu seperti ingin melakukan aksi kriminal. Hal tersebut pastinya membuat kita merasa khawatir. Namun Kamu tak perlu takut dan bingung lagi, karena Kami akan membagikan beberapa cara atau tips untuk mencegah adanya stalker yang sering memata-matai profil atau akun FB-mu. Berikut ulasannya :

1. Atur Info Profil Secara Private

Agar terhindar dari stalker yang sering memata-matai profil FB-mu, sebaiknya atur info profil pada akun FB-mu menggunakan mode private. Nah, untuk mengaturnya Kamu bisa mengakses tab “Pengaturan dan Privasi” dalam aplikasi Facebook.

Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka aplikasi FB-mu, lalu perhatikan tanda tiga garis di pojok kanan bagian atas, setelah itu klik.
  • Selanjutnya gulir ke bawah lalu cari “Pengaturan & Privasi” dan klik.
  • Masuk lagi ke opsi “Pengaturan”.
  • Jika sudah, cari pengaturan bagian privasi. Lalu tap pada menu “Pengaturan Privasi”.
  • Di dalam menu ini, Kamu dapat melakukan private informasi-informasi pada profil FB yang dapat dikonsumsi publik. Pilih pengaturan private dengan membiarkan informasi pribadimu hanya dapat diakses oleh dirimu sendiri, publik atau hanya teman saja.
  • Lalu buka semua pengaturan pada laman, baca dan ubah pilihannya menjadi “hanya kamu” atau “teman” saja.

Selain langkah di atas, Kamu juga bisa menggunakan cara mengunci profil Facebook agar akun FB-mu tetap aman.

2. Cek Daftar Teman

Sebaiknya rajin-rajin mengecek list temanmu yang ada di Facebook. Apabila Kamu menjumpai akun FB yang tidak dikenal, sebaiknya jangan segan membatalkan pertemanan demi menjaga kenyamanan dan keselamatan dirimu.

3. Lakukan Pengelompokkan Daftar Teman

Tidak ada salahnya juga untuk mengelompokkan list temanmu ke beberapa kategori, mulai dari tetangga, teman kuliah, saudara, rekan kerja, maupun yang lainnya. Dengan begitu, akan mempermudah saat ingin menyaring atau melakukan filter postingan.

4. Blokir Akun yang Mencurigakan

Orang yang tidak dikenal dan dirasa mencurigakan atau mengganggu, sebaiknya langsung saja blokir dari akun FB-mu. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal diluar keinginanmu. Kamu dapat melakukan pengaturan di menu Pengaturan, selanjutnya pilih Pemblokiran.

Dengan mengetahui stalker FB melalui cara cek stalker FB di atas, maka Kamu pun bisa melakukan beberapa solusi atau tindakan jika dirasa stalker akun FB-mu sangat mengganggu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019