Cara Cek iPhone Ori

Bagaimana cara cek iPhone ori? Sejak kemunculannya pertama kali, iPhone sudah menjadi sebuah smartphone berkelas high end dimana versi terbarunya yang selalu dinantikan banyak orang.

Bahkan sampai saat ini, perangkat iOS digadang-gadang sebagai ponsel premium dan “mewah”. Tak jarang pula penggemar provider Apple ini rela melakukan pre-order hanya demi mendapatkan ponsel iPhone terbaru.

Seiring dengan banyaknya permintaan perangkat iPhone, wajar rasanya jika harga untuk satu unit perangkat iPhone sendiri bisa dibanderol sampai belassan juta rupiah.

Sejak kehadirannya, memang harga iPhone sangat fantastis. Inilah yang membuat iPhone sebagai ponsel premium dan bergengsi.

Meskipun demikian, iPhone kerap menjadi incaran banyak orang. Dengan permintaan yang semakin banyak di pasaran, tak jarang kita jumpai produk iPhone palsu yang beredar.

iPhone palsu adalah iPhone rekondisi atau handset supercopy yang biasanya dilakukan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab alias bukan dari toko resmi Apple.

Apa Itu iPhone Supercopy?

Supercopy ialah tiruan yang dibuat sangat mirip seperti aslinya. Sementara rekondisi sendiri ialah iPhone yang gagal produksi atau refurbish yang biasanya dipoles ulang supaya terlihat seperti baru. Tampilan pada iPhone Kw tersebut sekilas sama persis dengan yang aslinya. Akan tetapi, tak perlu khawatir karena selalu ada celah dalam cara cek iPhone ori sehingga bisa dibedakan dengan tiruannya.

Harga iPhone palsu sendiri biasanya dibanderol dengan harga lebih miring dibandingkan aslinya. Misal, iPhone 6s dibanderol dengan harga kisaran Rp. 10,5 juta sampai Rp. 13,5 juta di Authorized Reseller Apple. Akan tetapi, di beberapa web penjual Hp Kw menawarkan produk ini dengan kisaran harga hanya Rp. 3 jutaan – Rp. 5 jutaan.

Untuk itu jangan langsung tergiur dulu oleh iming-iming harga miring, sebab biasanya iPhone yang dijual adalah iPhone Kw atau palsu. Selain tidak bergaransi, produk smartphone ini juga tidak awet dan hanya tahan dalam beberapa bulan pemakaian saja.

Cara Cek iPhone Ori

Cara Cek iPhone Ori
Mengecek iPhone Ori

Jika Kamu berencana membeli iPhone, pastikan Kamu memilih perangkat yang original. Sebenarnya ada beberapa cara cek iPhone Ori yang bisa Kamu gunakan untuk mendapatkan iPhone yang benar-benar asli, diantaranya :

1. Dilihat dari Sisi Material Pembuatan

Mengingat iPhone dipasarkan bagi kalangan atas, jadi sudah bisa dipastikan jika smartphone keluaran Apple ini terbuat dari material premium dan mewah berbeda dengan smartphone yang lainnya.

Bahkan selain produk iPhone 5c, kebanyakan perangkat iPhone menggunakan perpaduan material kaca dan logam bermutu tinggi.

Jenis amterial yang disematkannya tersebut terasa sangat kokoh dan kuat di genggaman tangan. Sementara iPhone palsu sudah tentu memakai material yang rapuh.

Jika diperhatikan dengan seksama, Kamu bisa melihat adanya perbedaan mencolok pada iPhone ori Vs iPhone Kw jika dilihat dari segi material pembuatannya.

2. Dukungan Dari App Store

Tentu sudah hal lumrah rasanya jika produk sematan Apple ini menyediakan layanan App Store yang berguna untuk mengunduh berbagai macam aplikasi iPhone.

Namun berbeda lagi jika Kamu ternyata membeli iPhone Kw alias palsu. Sebab biasanya iPhone palsu tidak mempunyai App Store, tapi digantikan fungsinya memakai Google Play Store.

Jadi jika Kamu berencana untuk membeli iPhone namun sulit membedakan iPhone ori atau palsu, sebaiknya cek dari App Storenya.

3. Perhatikan Fitur Retina Display

Apa itu retina display? retina display merupakan fitur yang ditawarkan oleh produk Apple. Vendor lain sudah tentu tidak bisa memakai teknologi ini.

Jadi, retina display ini merupakan teknologi yang tertanam dalam tampilan layar perangkat iPhone. Diperkenalkannya teknologi ini sejak diluncurkan iPhone 4.

Adapun tampilan retina display tersebut sangat halus dan jernih. Matriks kecil di layar hanya bisa terlihat pada jarak dekat saja atau menggunakan bantuan LUV (kaca pembesar).

Ini artinya, retina diplay itulah yang menjadikan layar iPhone beresolusi tinggi. Sementara pada iPhone Kw atau supercopy biasanya hanya mengusung layar beresolusi rendah.

4. iTunes Hanya Dapat Mendeteksi Perangkat iPhone Asli

Cara cek perangkat iPhone yang asli atau Kw ialah dengan mengkoneksikan gadet tersebut ke PC yang telah terpasang iTunes.

iTunes adalah aplikasi wajib yang berguna untuk memasukkan video, lagu, maupun file lainnya pada iPhone.

Apabila iTunes dapat mendeteksi Hp yang Kamu hubungkan, bisa dipastikan ponsel tersebut iPhone ori.

Namun sebaliknya, jika iTunes tidak dapat membaca perangkat iPhone yang dihubungkan ke komputer, sebaiknya Kamu perlu curiga jika iPhone tersebut palsu.

5. Harga Jual

Jika berbicara tentag harga, tentu siapa sih yang tidak tergoda dengan harga iPhone yang dibanderol lebih murah?

Bahkan tidak sedikit orang rela merogoh koceknya dalam-dalam hanya untuk membeli ponsel mewah ini.

Tapi, Kamu wajib curiga bila menemukan penjual yang membanderol harga iPhone sangat murah. Sebab bisa jadi iPhone yang ditawarkan itu KW, rekondisi atau supercopy.

6. Screenshot Memakai Tombol Tertentu di iPhone

Pada iPhone ori, untuk melakukan sceenshot biasanya Kamu hanya cukup menekan tombol “lock” dan “home” secara bersamaan.

Pada iPhone palsu tentu saja tidak dapat mengambil screenshot lewat metode yang sama. Dengan cara ini, Kamu juga bisa mengecek keaslian iPhone-mu.

7. Cek Kesamaan IMEI

Cara cek iPhone ori paling ampuh selanjutnya ialah dengan mengecek kesamaan MEI. Jika Kamu baru membeli iPhone, sebaiknya cek IMEI yang ada di fisik, sistem, dan dusbook.

Pada iPhone asli, tentu saja semua IMEI pada fisik, dus, dan sistemnya akan sama.

Cara yang satu ini sebenarnya termasuk cara termudah. Jadi, batalkan pembelian iPhone jika Kamu menemukan ada satu nomor IMEI berbeda dari 3 bagian tersebut.

Di samping itu, Kamu dapat melakukan pengecekan IMEI lewat iTunes.

8. Cek Garansi iPhone

Cara cek iPhone ori atau Kw berikutnya ialah dengan mengecek garansi ponsel. Jika Kamu membeli iPhone langsung dari distributor Apple resmi atau di Official Store Apple, maka sudah dapat dipastikan jika garansi iPhone-mu asli. Kamu dapat mengecek keaslian garansi iPhone di web resmi Apple.

Namun jika Kamu membeli perangkat iPhone di toko yang tidak resmi, sebaiknya langsung tanyakan pada penjual tentang garansinya sebab selain menawarkan garansi resmi, biasanya ada pula iPhone dengan garansi toko dan distributor. Kamu bisa mengecek garansinya lewat perangkat yang hendak dibeli tersebut.

9. Cek Fitur iPhone

Semua seri dari iPhone 5s ke atas dapat dipastikan jika di dalam perangkatnya telah dilengkapi oleh fingerprint.

Jika Kamu membeli produk iPhone 7s misalnya, namun tidak terdapat fitur fingerprint di dalamnya, maka dapat dipastikan jika iPhone yang Kamu beli adalah palsu/kw.

Selain itu, perlu Kamu tahu bahwa iPhone merupakan ponsel yang hanya dilengkapi 1 SIM Card saja, jadi sudah pasti Kamu hanya dapat memakai satu buah kartu SIM.

10. Tidak Mempunyai Slot Memori Eksternal

Vendor raksasa Apple memang tak segan-segan memberikan kapasitas penyimpanan begitu besar pada tiap produknya. Adapun alasannya, karena Apple sendiri memang tidak menyediakan slot memori eksternal.

Lain halnya dengan produk perangkat android yang menyuguhkan slot memori eksternal sampai 1TB.

Nah, itulah beberapa cara cek iPhone ori atau Kw yang bisa Kamu jadikan referensi saat hendak membeli perangkat iPhone terbaru. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019