Cara Transfer BRI ke BRI

Ekosistem teknologi yang masuk ke dunia perbankan, membuat masyarakat semakin mudah dalam mengelola keuangan. Mulai dari transfer, bayar tagihan, melihat riwayat pengeluaran (mutasi), dan lain sebagainya. Aktivitas tersebut, semuanya dapat kalian selesaikan dengan cepat melalui genggaman tangan saja. Ya, ponsel. Berikut cara transfer BRI ke BRI.

BRI atau Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. ini, merupakan perusahaan komersiil yang menduduki jajaran tertinggi di tanah air. Pencapaian yang diraih olehnya, benar-benar bukan bualan semata. Setelah berhasil bertahan lebih dari 125 tahun. Perbankan tersebut, juga terus mendidikasikan produk dan layanan mereka hanya untuk kebutuhan para pelanggan. Inovasi.

Read More

Perkembangan yang dilakukan oleh pihak bank, tidak terpusat di persoalan teknologi saja. BRI juga menyediakan 3 jenis layanan terbaru untuk membantu para pelaku UMKM lebih maju di tahun 2022. Mulai dari KUR Mikro yang dapat dipinjam hingga 50 juta per debitur. Lalu, ada KUR Ritel dengan maksimal pinjamannya sebesar 500 juta. Ketiga, yaitu KUR TKI.

Cara Transfer BRI ke BRI

Cara Transfer BRI ke BRI
Cara Transfer BRI ke BRI

Cara Transfer BRI ke BRI Lewat SMS                                                                                  

Alokasi KUR yang mencapai angka Rp 260 Triliun, membuat pihak BRI semakin yakin dan percaya diri untuk memberikan pinjaman dalam jumlah besar. Sasaran para debiturnya, tidak lain adalah mereka yang menjalani usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta para calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Dana pinjaman bisa dicairkan. Transfer saldo, via HP.

Cara transfer BRI ke BRI lewat SMS. Metode ini sangat pas digunakan, bagi kalian yang masih menggunakan perangkat handphone versi lama. Bukan jenis android ataupun iPhone. Melainkan, ponsel yang masih terdapat tombol-tombol yang timbul untuk ketikkannya. Siapa bilang, kalau ingin menggunakan fitur bank harus pakai aplikasi? Buktinya ada SMS Banking.

Terkait:  Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI

1. Format Isi SMS ke Sesama Pengguna BRI

Ketentuan atau format dalam penulisan isi dari SMS Banking yang ditujukan untuk memanfaatkan fasilitas dari perbankan BRI, memang tidak sembarangan. Sebelum itu, kalian harus pastikan kalau nomor yang digunakan memiliki jumlah pulsa yang cukup. Adapun minimal saldo pulsanya sebesar Rp 2.000,-. Satu kali transaksi, akan dikenakan Rp 250,-.

Berikut formatnya: TRANSFER_BRI+Nomor Rekening_Nominal_PIN

Setelah itu, kalian tinggal kirim ke nomor 3300. Tunggu sampai Kamu mendapatkan pesan balasan dari operator. Notifikasi, berupa konfirmasi transaksi telah berhasil. Artinya, kririman saldo ke rekening tujuanmu sudah masuk ke ATM penerima. PIN yang digunakan dalam format, bisa sama persis dengan kode yang digunakan di ATM. Beda juga oke. Bebas pilih.

2. Transfer dari BRI ke Bank Lain

Fitur SMS Banking, tidak hanya dapat digunakan untuk mengirimkan ke sesama pengguna BRI saja. Kalian juga bisa transfer ke bank lainnya. Selain pulsa, Kamu juga wajib perhatikan saldo yang tersisa di rekening. Kalau tidak mencukupi, otomatis transaksi gagal dilakukan. Tetap ada potongan biaya admin ke beda bank. Selain dari konsumsi tagihan pulsa transaksi.

Berikut formatnya: TRANSFER_Kode Bank Tujuan+Nomor Rekening_Nominal_PIN

Kalian bisa langsung kirim ke nomor 3300. Pastikan kode bank tujuannya sudah sesuai dengan perbankan yang menerima. Supaya, proses transaksinya berhasil. Transaksi melalui SMS Banking, sebaiknya dilakukan ketika jam operasional bank masih berlangsung. Hal ini, dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya keterlambatan penerimaan saldo transferanmu.

3. Format Cek Saldo Tabungan

Nasabah yang memiliki aktivitas tinggi dalam kesehariannya, atau malas keluar rumah untuk sekedar cek saldo tabungan. Kamu bisa manfaatkan fitur SMS Banking melalui ponsel. Cara daftarnya, dapat dilakukan dengan mendatangi langsung kantor bank BRI terdekat. Lalu, konsultasikan ke bagian Customer Service. Malas menunggu antrean? Daftar via mesin ATM.

Terkait:  Cara SMS Banking Mandiri

Formatnya, sebagai berikut: SALDO_PIN

Pesan dikirim ke nomor 3300. Cara transfer BRI ke BRI, dapat kalian simak di penjelasan dua poin sebelumnya. Sangat pas digunakan untuk Kamu yang memiliki keterbatasan ruang penyimpanan atau masih menggunakan ponsel model lama. Akan tetapi, sayangnya user harus memiliki pulsa sebagai pengganti kuota internet. Positifnya, pengeluaran lebih terjaga.

4. Pembayaran Token PLN

Cara transfer BRI ke BRI saja, bisa dilakukan tanpa harus datang ke kantor cabang terdekat atau mesin ATM. Apalagi kalau sekedar bayar tagihan token listrik. Pasti bisa dong.. Kamu hanya perlu memastikan akun rekeningmu sudah terdaftar sebagai salah satu pengguna fitur SMS Banking. Kemudian, masuk ke menu pesan atau message di HP. Klik buat pesan baru.

Formatnya, sebagai berikut: BELI_PLNPRE_Nomor Meter/ID Pelanggan_Nominal_PIN

Lanjutkan cara pembayarannya, dengan mengirimkan pesan ke 3300. Setelah mendapatkan pesan balasan, jangan langsung dihapus. Simpan sebagai bukti atau struk pembayaran. Siapa tahu, nanti ada petugas PLN yang datang untuk melakukan konfirmasi terkait bayar tagihan listrik bulanan. Kamu, bisa langsung menunjukkan isi pesan konfirmasi transaksi tersebut.

5. Pengisian Pulsa

Pengguna layanan SMS Banking, memang harus siaga memiliki saldo pulsa umum untuk melakukan transaksi. Oleh karena itu, BRI juga memberikan akses kepada para pelanggannya agar dapat melakukan pengisian pulsa melalui fitur tersebut. Caranya tidak terlalu berbeda jauh dari poin-poin di atas. Hanya saja, format yang digunakan tidaklah sama. Simak disini!

Format isi pulsa: PULSA_Nomor HP_Nominal Pulsa_PIN

Transaksi dapat diproses, setelah kalian mengirimkan pesan tersebut ke nomor 3300. Tunggu beberapa saat, sampai ada pesan balasan. Kalian juga dapat langsung mengecek pulsanya via UMB atau dial in. Contoh, cek pulsa bagi pengguna kartu Tri. Masuk ke menu telepon > ketik *111# > panggil/call. Lihat jumlah saldo pulsanya di bagian teratas pop up  windows.

Cara Transfer BRI ke BRI Lewat ATM BNI

Nasabah yang sering menghabiskan waktunya di luar ruangan atau sedang dalam perjalanan. Kamu bisa menggunakan mesin ATM manapun untuk melakukan transaksi. Hanya berlaku di mesin Anjungan Tunai Mandiri yang terdapat logo ATM Bersama atau Prima. Kalau tidak ada, maka Kamu tidak dapat menggunakannya. Ingat, transfer ke beda bank ada biaya admin!

Terkait:  Cara Daftar Brilink Mobile

Cara transfer BRI ke BRI lewat ATM BNI. Tarif yang dikenakan kepada pelanggan BRI via mesin ATM beda bank ini, biasanya sebesar Rp 6.500,-. Bisa lebih murah lagi, kalau kalian akses di mesin Anjungan Tunai Mandiri yang ada logo Linknya. Biayanya hanya Rp 4.000,-. Kalau transfer menggunakan aplikasi, Kamu dapat menghemat biaya admin. Gratis, 0 rupiah.

  1. Kunjungi ATM BNI terdekat. Biasanya tersedia di Alfamart
  2. Masukkan kartu BRI ke mesin > pilih bahasa yang digunakan sebelum memasukkan kode PIN
  3. Ketikkan 6 digit kode PIN ATM BRI
  4. Klik menu lainnya > transfer
  5. Pilih transaksi dari rekening tabungan > ke rekening bank lain
  6. Ketikkan kode bank tujuan (BRI: 002) ditambah dengan nomor rekening penerima
  7. Ketikkan nominal rupiah yang akan kalian transfer
  8. Periksa kembali datanya di laman konfirmasi. Pastikan nama penerima yang tercantum di layar sudah sesuai dengan pemilik dari nomor rekening tujuan. Lanjutkan cara transfer BRI ke BRI, dengan menekan tombol Ya.

Kemudian, pilih selesai untuk mengakhiri proses transaksi. Tunggu sampai kartu ATM kalian keluar dari mesin. Jangan lupa juga mengambil struk/receipt transaksinya. Beberapa mesin, memang ada yang dirancang tidak menyediakan bukti transaksi. Biasanya, muncul tulisannya di layar atau sengaja ditempelkan tulisannya secara manual oleh petugas. Jadi, perhatikan ya…

Sekian penjelasan mengenai cara transfer BRI ke BRI di kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Bye bye!

Related posts