Cara Agar HP Tidak Ngelag Saat Bermain Game

Cara Agar HP Tidak Ngelag Saat Bermain Game
Cara Agar HP Tidak Ngelag Saat Bermain Game

Atasi permasalahan lemotnya hp kalian, dengan cara penanganan yang tepat. Supaya, ketika kamu sedang asyik bermain permainan online atau offline semuanya dapat terkendali. Bebas dari rasa kesal apalagi kekalahan yang disebabkan oleh device errorCara agar hp tidak ngelag saat bermain game, bisa bawa kamu jadi pemain yang pro setelah lama berlatih. Selain user jadi terhibur, jadi cuan juga.

Cara penanganan hp agar tidak ngelag, sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan trik untuk mengatasi di perangkat lainnya. Soalnya, terkadang pemicu dari adanya kendala tersebut, bisa juga datang melalui ponselnya. Bukan karena bawaan file dari aplikasi games. Oleh sebab itu, disarankan user untuk membaca detail keterangan aplikasi. Penting!

Hal tersebut, guna menghindari adanya kesalahan atau kendala yang dapat memperburuk kondisi dari kinerja ponsel. Sebelum kalian mulai mengeluh dengan grafis game yang tampak tidak stabil atau sering terlihat patah-patah. Maka, sebelum menyalahkan aplikasinya, coba kamu perhatikan OS yang support untuk optimalkan operasional permainan. Jangan dipaksa.

Cara Agar HP Tidak Ngelag Saat Bermain Game

Cara Agar HP Tidak Ngelag Saat Bermain Game
Cara Agar HP Tidak Ngelag Saat Bermain Game

Cara Agar HP Tidak Ngelag Saat Bermain Game Root

Tujuan utama dari kehadiran game itu sendiri, mulanya hanya untuk hiburan semata. Akan tetapi, lambat laun menjadi semakin berkembang. Secara tidak langsung para pemainnya bisa mengembangkan kemampuan intelektual. Dimana, dirinya harus mencari strategi yang tepat agar dapat mengalahkan tim lawan. Disisi lain, kalian berkesempatan berprofesi jadi e-sport.

Cara agar hp tidak ngelag saat bermain game root ini, memiliki keterikatan yang kuat. Baik itu antara user dengan perangkat, ataupun sebaliknya. Kalian sama-sama memperoleh benefit masing-masing. Kalau selesai rooting, otomatis kamu jadi bisa akses android tanpa batas. Hal ini, menyenangkan buat user yang gemar utak atik isi hp. Tidak dianjurkan buat kaum awam.

Cara Agar HP Xiaomi Tidak Lag Saat Bermain Game

1. Booster RAM Ponsel

Ponsel kalian yang sudah tertanam dengan aplikasi keamanan khusus, manfaatkan untuk bisa lakukan boost terhadap memori dan semua aplikasi yang sudah terinstall. Tujuannya, supaya hp dapat bekerja secara maksimal saat dioperasikan. Umumnya, cara satu ini terbilang praktis. Karena, secara otomatis seluruh file dipindai dan dibersihkan dari cache, cookies, dan lainnya.

  • Buka menu aplikasi “Keamanan” yang terdapat di ponsel kalian. Contoh prosedur kali ini, menggunakan hp merek Xiaomi
  • Tap icon berwarna hijau yang terdapat di tampilan beranda layar hp. Kemudian, pilih opsi “Pembersih”
  • Lakukan proses scanning atau pindai ke seluruh file hp. Tunggu sampai selesai, lalu pilih tombol “Bersihkan” untuk lanjutkan cara agar hp Xiaomi tidak ngelag saat bermain game
  • Diamkan beberapa saat, sampai proses pembersihan selesai dilakukan oleh sistem.

2. Menghapus Beberapa Aplikasi Lain

Cara agar hp Xiaomi tidak ngelag saat bermain game lainnya, adalah dengan menghemat RAM dan memori internal kalian. Caranya sangat mudah, hapus saja beberapa aplikasi yang jarang sekali kamu gunakan. Termasuk juga apk. game. Soalnya nih, kebanyakan dari permainan di HP bisa menghabiskan kapasitas memori mencapai 1 GB atau bahkan lebih. Kalian delete lah.

  • Masuk menu “Pengaturan atau Setting” pada hp kalian
  • Pilih “Setelan Tambahan” untuk melanjutkan ke proses berikutnya
  • Klik “Manajemen Aplikasi”, lalu pilih “Nama Game” yang ingin kalian hapus dari hp
  • Pilih tombol “Hapus Aplikasi”, dan proses telah selesai.

3. Perhatikan Koneksi Internet

Mengatasi hp yang tiba-tiba nge-lag, kamu dapat langsung aktifkan saja mode pesawat atau airplane mode. Caranya, kalian tinggal gulir atau scroll saja ke bawah dari atas layar ponsel. Nanti, akan muncul pilihan icon pesawat. Selama diaktifkan, hpmu tidak akan dapat connect ke internet ataupun menerima pesan dan panggilan telepon. Nonaktifkan, lalu coba kembali.

  • Tes kecepatan koneksi dengan membuka aplikasi lain
  • Contoh, Youtube. Setelah itu, kalau kecepatannya kira-kira sudah stabil dan maksimal
  • Mulai buka aplikasi permainan yang ingin kalian mainkan
  • Turunkan kualitas video grafisnya untuk menghindari kondisi lag pada hp

4. Force Stop Aplikasi Game

Metode paksa berhenti satu ini, bisa bantu kalian menghemat konsumsi pemakaian RAM di hp. Hal tersebut, bertujuan untuk memberikan ruang lebih yang dapat digunakan untuk capai kinerja aplikasi game menjadi maksimal. Prakteknya juga sangat mudah. Penasaran? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

  • Pilih menu “Setelan” pada ponsel > klik “Setelan Tambahan”
  • Pilih “Manajemen Aplikasi” untuk melanjutkan ke proses berikutnya
  • Pada kolom pencarian, ketik “Nama Game” yang ingin dipaksa berhenti
  • Klik tombol “Force Stop atau Paksa Berhenti”, proses selesai

5. Perbaharui Game yang Diinstall di HP

Lakukan update secara berkala pada ponsel kalian. Berlaku untuk software ataupun aplikasi yang ada di dalamnya. Kalau kamu sengaja tidak mengaktifkan notifkasi pembaharuan, coba cek secara manual. Lihat di aplikasi play store. Apabila ada tulisan keterangan supaya user melakukan perbaharui apk. game. Artinya, kalian wajib untuk memperbaharuinya biar bagus.

  • Buka aplikasi “Play Store” di hp, kemudian pilh “Aplikasi dan Game Saya”
  • Pilih atau cari “Nama Game” yang biasa kalian mainkan untuk diperbaharui
  • Klik tombol “Update”, lalu tekan tombol “Terima”. Selesai.

6. Hapus Cache dari Ponsel

Sebelum kalian mulai mengoperasikan salah satu aplikasi game kesukaan. Ada baiknya, user terlebih dahulu melakukan pembersihan pada ponsel. Clean up yang dimaksud disini, kamu bisa menghapus beberapa file atau junk, cache, dan lain sebagainya yang dapat memicu apk. performanya jadi menurun. Prosedurnya sangat mudah, tidak perlu unduh aplikasi juga bisa.

  • Pilih menu “Setelan atau Setting”, lanjut ke opsi “Setelan Tambahan”
  • Klik “Manjemen Aplikasi” > search atau cari “Nama Aplikasi Game” tersebut
  • Tekan tombol “Hapus Cache” (Metode ini, didemontrasikan melalui ponsel Oppo A37). Kalau kalian menggunakan merek android lainnya, tinggal disesuaikan saja

7. Tingkatkan Performa Melalui Gamebooster 

Buat kalian yang masih merasa asing dengan aplikasi bantuan, ada salah satu pilihan apk. oke yang bisa bantu kamu meningkatkan performa pada ponsel. Namanya adalah Gamebooster . Apk tersebut dapat diunduh melalui play store, sehingga bisa dikatakan termasuk tools yang legal. Aman kalau diinstall ke perangkat. Terlebih, user bisa mendapatkannya secara gratis.

  • Install atau pasang aplikasi Gamebooster pada hp kalian
  • Masuk ke halaman beranda, lalu pilih “Ultra Boost”. Dimana, pilihan satu ini termasuk yang paling recommended karena lebih bagus daripada High Boost
  • Dalam kasus game, kalian dapat memilihnya secara langsung melalui apk. Gamebooster ini. Pilih salah satu aplikasi game yang ingin kamu tingkatkan performanya
  • Selamat, proses boosting telah berhasil.

8. Gunakan Aplikasi Bantuan Seeder

Cara agar hp tidak ngelag saat bermain game, dapat kamu siasati dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Seeder. Akan tetapi, kondisi ponsel harus berada dalam mode root terlebih dahulu. Meskipun tidak lebih baik dari Gamebooster, tapi apk satu ini termasuk ringan dan mudah digunakan oleh pemula. Ini dia prosedur selengkapnya.

  • Pasang aplikasi Seeder di ponsel kalian
  • Pilih mode opsional Light ke Aggressive. Kemudian, posisikan tombol “Mati” dalam kondisi ON sehingga aplikasi dapat berjalan
  • Centang “Suspend RNG Service While Screen Off”
  • Proses selesai

Sekian penjelasan mengenai cara agar hp tidak ngelag saat bermain game kali ini. See you on the next topics. Enjoy your days, and bye bye!

Related posts