Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel

Bagaimana cara cek masa tenggang kartu Telkomsel? Apakah selama masa tenggang kartu Telkomsel bisa digunakan untuk melakukan panggilan telpon ataupun SMS?

Seperti yang kita ketahui, tiap provider jaringan data telpon dan seluler mempunyai ketentuan masa aktif kartu SIM Card yang dipakai oleh pelanggan setianya. Salah satunya adalah Telkomsel.

Tentu kebijakan ini dibuat bukan tanpa tujuan. Melainkan untuk melakukan filterisasi kepada pengguna yang sekiranya sudah tidak aktif menggunakan kartu SIM Card seperti telkomsel. Hal ini juga sempat kami jabarkan dalam artikel cara cek masa aktif kartu Telkomsel yang sebelumnya sudah kami ulas.

Ketika pengguna masuk kedalam masa tenggang, tentunya pengguna tidak bisa melakukan aktivitas komunikasi seperti melakukan panggilan keluar, mengirim SMS, atau bahkan menerima panggilan masuk. Jika hal ini terjadi, maka besar kemungkinan kartu SIM Card akan mengalami pemblokiran, akibat dinilai sudah tak lagi aktif.

Selain itu, fungsi lain dari kebijakan yang dibuat oleh provider telkomsel adalah untuk menghindari tindak kejahatan, atau penyalahgunaan data seperti nomor SIM Card.

Kebayang gak? Jika kartu tidak ada batasan masa aktif dan masa tenggang? Mungkin saja ada seseorang yang menemukan kartu SIM Card yang sudah berusia lebih dari 3 tahun tanpa diisi pulsa, lalu digunakan penjahat untuk melakukan panggilan telfon ke orang lain?

Ditambah dengan berkembangnya aplikasi yang bisa diaksess hanya dengan membutuhkan jaringan internet saja, seperti Whatsapp, LINE, Facebook, dan lain sebagainya. Sehingga para pengguna tidak harus melaukan pengisian pulsa untuk melakukan komunikasi.

Akibatnya, banyak pengguna yang lebih memilih untuk membeli paket data internet, ketimbang melakukan pengisian ulang pulsa. padahal, jika hal ini terjadi, maka masa aktif kartu bisa saja terus berkurang hari demi hari dan tidak bertambah masa aktifnya.

Oleh karena itu, tiap pengguna SIM Card wajib melakukan pengisian ulang pulsa, agar kartu mereka tetap bisa aktif dan tidak masuk kedalam masa tenggang. Tentunya, tiap nominal pulsa yang diisi juga akan memiliki tambahan masa aktif yang bereda.

Tapi jangan dulu sedih, apabila mungkin kartu kalian sudah memasuki masa tenggang, kalian tetap bisa mengaktifkan nomor telkomsel, bahkan setelah masa tenggang berakhir.

Hal ini bisa sangat berguna untuk kalian yang mungkin nomornya sudah banyak disimpan dimana mana, dan ada banyak kontak penting disana.

Walaupun kartu sudah masuk dalam masa tenggang, pihak provider masih memberikan keringanan setelah batas akhir masa tenggang selama 15 hari. Sehingga bisa digunakan kembali.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Melewati Masa Tenggang

Mengunjungi Grapari Terdekat

Jika sekiranya nomormu telah masuk dan melewati masa tenggang, kalian bisa kembali mengaktifkan kartu Telkomsel dengan cara mengunjungi Grapari terdekat di daerahmu pada jam kerja (senin-jumat) pukul (08.00 – 14.00)

Ceritakan kendala pada Kartu yang kalian alami, dan kemudian Operator akan langsung memproses pengaktifan ulang kartu kalian, dan juga meminta data data yang diperlukan.

Oleh karena itu, sebelum mengunjungi Grapari terdekat, ada baiknya kalian mempersiapkan beberapa berkas penting. Seperti KTP Asli, dan SIM Card yang melewati masa tenggang.

Langsung saja menuju Customer Service, dan berikan semua berkas yang diminta untuk melakukan pengaktifan ulang kartu kalian.

Lalu, kalian juga akan diminta untuk mengisi form pengajuan untuk aktivasi. Jangan lupa menyiapkan uang setidaknya 50.000 untuk membayar biaya aktivasi untuk berjaga-jaga.

Kemudian kalian tinggal melakukan pengisian Form dan tunggu sampai petugas ataupun pihak Customer Services memanggil nomor antrian kalian. Tunggu beberapa saat dan setelah melewati proses pengaktifan ulang, kalian bisa menggunakan nomor Telkomsel kembali.

Nah itu tadi cara untuk mengaktifan kartu kembali untuk kartu yang sudah dinonaktifkan. Agak ribet rasanya jika meski datang ke gerai Grapari apalagi jika kamu punya kesibukan lain. Maka dari itu, sebaiknya Kalian rutin mengecek masa aktif dari kartu Telkomsel Kalian.

Apalagi juga di masa pandemi ini, dimana kita meski tidak sering-sering keluar rumah dan beramai-ramai demi mencegah penyebaran virus Covid-19, nah maka jangan sampai nomor kita diaktifkan karena keteledoran kita.

Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel

Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel
Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel

Berikut, kami akan jelaskan beberapa cara cek masa tenggang Telkomsel. Yuk simak pembahasan di bawah ini.

Cek Masa Tenggang Telkomsel melalui Dial Phone / Kode USSD.

Cara cek masa tenggang melalui dial phone merupakan cara paling umum serta mudah untuk mengecek masa tenggang kartu Telkomsel. Cara ini bisa dilakukan diberbagai tipe dan jenis handphone, mulai dari Smartphone, atau bahkan ponsel yang sekedar untuk melakukan panggilan telpon dan sms saja.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, buka aplikasi telepon pada ponsel kalian.
  • Kemudian ketikkan kode *888# lalu tekan tombol Call / panggil.
  • Tunggu beberapa saat, sampai muncul pop up yang menampilkan informasi sisa pulsa, dan juga masa aktif dan masa tenggang kartu Telkomsel kalian
  • Setelah itu, kalian bisa lihat masa aktif kalian disebelah dari jumlah pulsa yang kalian miliki saat ini.
  • Dan untuk masa tenggang nya sendiri, terhitung maksimal 30 hari dari masa aktif yang muncul. Misalnya, masa aktif kartu kalian adalah 02/12/2020, maka masa tenggang kartu kalian adalah 02/01/2021.

Cek Masa Tenggang Telkomsel Lewat Aplikasi myTelkomsel

Selain melalui Dial Phone / Kode USSD, kalian juga bisa menggunakan Apikasi dari Telkomsel yang mana sangat mempermudah penggunanya, terutama untuk pengguna ponsel pintar seperti Android ataupun iOS.

Aplikasi yang dimaksud adalah MyTelkomsel. Karena dengan Aplikasi ini, pengguna bisa melihat seluruh detail dan informasi dari kartu mereka.

Caranya juga gampang banget kok.

  • Jika kalian belum memiliki Aplikasi MyTelkomsel, maka kalian bisa mengunduhnya melalui Play Store untuk pengguna Android, dan App Store untuk pengguna iOS
  • Install Aplikasi MyTelkomsel tadi sampai selesai
  • Setelah itu, jalankan Aplikasi MyTelkomsel seperti biasa
  • Pada tampilan awal, kalian akan diminta untuk login dengan menggunakan 2 Opsi, yakni menggunakan Nomor Telkomsel, ataupun Email dan Password
  • Langsung saja masukkan nomor Telkomsel kalian
  • Dan tunggu sampai ada kode OTP masuk melalui SMS, dan masukkan kode tersebut di Aplikasi MyTelkomsel
  • Setelah berhasil masuk, kalian bisa melihat informasi detail tentang sisa pulsa, kuota, dan juga masa aktif.

Sama seperti cara sebelumnya, untuk mengetahui masa tenggang kartu kalian adalah dengan menghitung maju 30 hari dari masa aktif kartu.

Cek Masa Tenggang Telkomsel Melalui Asisten Virtual Telkomsel

Kemudahan lain yang dihadirkan Telkomsel adalah kalian bisa menggunakan Virtual Assiten dari Telkomsel, yang bisa kalian temukan di berbagai platform. Seperti Facbook Messenger, LINE, dan juga Telegram.

Adapun untuk caranya adalah:

  • Kunjungi salah satu platform dari Virtual Asisten Telkomsel yang tersedia
  • Buat sebuah percakapan baru di platform tersebut
  • Pertama, buat pesan dengan cara mengetikkan pesan “Hai” lalu Tekan Kirim
  • Kemudian, balas pesan jika ada balasan dengan mengetikkan “Cek Pulsa”, lalu kirim
  • Langkah selanjutnya, Masukkan nomor Telkomsel Kalian.
  • Tunggu hingga Kalian mendapat notifikasi pesan dari Telkomsel berisi kode verifikasi.
  • Masukkan kode verifikasi (OTP) yang kalian terima lewat SMS
  • Tunggu sampai Virtual Asisten Telkomsel membalas pesanmu dengan berisikan informasi pulsa dan masa aktif nomro kalian

Dan masih sama dengan penjelasan sebelumnya. Masa tenggang kartu Telkomsel terhitung 30 hari dari masa aktif kartu kalian.

Kesimpulan

Melakukan pengisian pulsa reguler secara berkala bisa kalian lakukan sebagai cara untuk menambah masa aktif kartu telkomsel kalian, agar tidak mengurangi masa aktif kartu yang kalian miliki, dan tidak membuat kartu masuk kedalam masa tenggang.

Untuk itu, cara cek masa tenggang kartu Telkomsel tadi bisa kalian coba apabila mungkin kalian belum mengetahui atau ingin mengetahui sampai kapan kartu kalian tetap bisa digunakan.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi