Cara Membuat Casing Hp

  • Whatsapp

Jika Kamu merasa bosan dengan model casing hp di pasaran yang itu-itu aja, mungkin cara membuat casing hp sendiri bisa Kamu coba. Kita tahu bahwa casing bukan semata sebagai pelindung hp saja, melainkan juga sebagai penambah estetik pada tampilan hp itu sendiri. Dengan casing hp yang menarik, bisa membuat kita merasa nyaman menggunakannya dan membawanya kemanapun.

Bagaimana, tertarik mencoba cara membuat casing hp sendiri? Tapi sebelumnya, Kamu harus tahu dulu, apa saja fungsi casing hp? Berikut ulasannya!

Read More

Fungsi Casing Hp

Ada beberapa fungsi casing hp yang mungkin masih belum banyak diketahui oleh para penggunanya itu sendiri. Ini dia ulasannya :

1. Melindungi Ponsel dari Benturan dan Gesekan

Casing hp memiliki banyak fungsi penting, namun sayangnya banyak pengguna yang tidak mengetahuinya. Tak jarang kita meletakkan hp di dalam tas atau di tempat lainnya, secara tanpa sadar beberapa benda di sekitar menggesek hp dan tentunya bisa merusak hp. Jadi, bisa dikatangan fungsi case hp di sini adalah untuk melindungi hpmu dari gesekan dan bentura.

2. Dapat Melindungi dari Tumpahan Air

Fungsi case hp lainnya bisa melindungi hp dari air. Walaupun smartphone Kamu telah dilengkapi oleh waterproof misalnya, tetap saja Kamu bisa melakukan upaya pencegahan. Dengan memakai case hp dapat melindungi agar smartphone-mu tidak terkena cipratan atau tumpahan air. Sehingga menghindarinya dari kerusakan.

3. Menjaga Hp Agar Tetap Mulus

Sebagian orang mungkin hobi bergonta ganti hp. Jadi, supaya ketika Kamu menjual hpmu kembali maka harga hpmu tetap tinggi di pasaran. Jika ingin tampilan hpmu tetap mulus tampa seperti baru. Maka salah satu caranya ialah memasang casing di hpmu. Melalui casing hp ini, tentu saja membuat smartphone-mu menjadi minim goresan.

Terkait:  Cara Membuat Google Form Untuk Kuesioner

4. Membuat Hp Terkesan Lebih Trendi

Salah satu kelebihan casing ponsel selain melindungi hp, juga berguna untuk menjadikan tampilan hp lebih trendi. Ada banyak produsen yang berlomba untuk menghadirkan casing hp menarik untuk seluruh tipe hp.

Cara Membuat Casing Hp

Cara Membuat Casing Hp
Tutorial Membuat Casing Hp DIY

Tutorial Membuat Casing Hp DIY

Memberikan perlindungan pada bodi hp menggunakan casing dapat dikatakan wajib. Sebab kita tak pernah tahu hal apa saja yang terjadi ke depannya, mungkin saja hpmu terjatuh atau tergores. Jika Kamu tidak melindunginya menggunakan casing, maka resiko pecah pun menjadi lebih besar. Namun dengan adanya casing hp, bisa memberikan perlindungan ekstra pada hpmu.

Selain itu, jika ingin membuat casing sendiri, Kamu bisa mempraktekkan beberapa trik membuat casing hp sendiri di bawah ini :

1. Membuat Casing Hp DIY dari Plastik Bekas

Cara membuat casing hp pertama yaitu dengan membuat casing berbahan plastik. Bahan plastik tentu saja sangat mudah kita jumpai. Tak hanya mudah, cara ini pun dapat membantu meminimalisir limbah plastik yang ada di lingkungan sekitar. Karena, kita akan memanfaatkan bahan plastik bekas untuk membuat casing hp.

Namun sebelumnya, persiapkan dulu bahan-bahan dan peralatan untuk pembuatannya terlebih dahulu. Berikut ini ulasannya :

  • Persiapkan plastik bekas tak terpakai. Apapun jenis plastiknya dan ukurannya semuanya disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Cutter atau gunting.
  • Tempat ember.
  • Alat peleburan atau pembakaran plastik.
  • Alat untuk cetakan casing. Kamu bisa memanfaatkan bahan dari keramik atau besi, yang pasti bahannya tahan panas.

Sesudah peralatan di atas dipersiapkan, kini bisa lanjutkan ke beberapa langkah cara membuat casing hp berikut ini :

  • Silahkan cuci limbah plasitk terlebih dahulu yang akan dibuat sebagai bahan casing hp. Sesudah itu, Kamu tinggal mengeringkan plastik sampai tak ada air lagi yang tersisa.
  • Setelah itu, Kamu tinggal memotong-motong plastik hingga berukuran kecil terlebih dahulu. Tujuannya supaya proses peleburan atau pembakaran plastik menjadi lebih cepat dan mudah. Kamu bisa memotongnya berukuran kurang lebih 2-3 cm.
  • Lalu bakar plastik tersebut memakai alat pembakaran secara khusus. Kamu bisa membakarnya pada suhu mencapai 200 oC sampai keseluruhan bagian plastik meleleh.
  • Kini masukkan plastik tadi yang telah meleleh pada alat pencetakan plastik yang sebelumnya telha dipersiapkan. Kamu bisa melakukan dengan perlahan supaya hasilnya bagus.
  • Selanjutnya Kamu bisa menunggu sampai plastik tadi mengering pada cetakan.
  • Jika sudah mengering, lepaskan casing pada cetakan. Selanjutnya celupkan pada air dingin lalu keringkan.
Terkait:  Cara Membersihkan Silikon Hp

2. Membuat Casing Hp DIY dari Kardus

Jika membuat casing hp berbahan plastik dirasa cukup lama pembuatannya, maka Kamu bisa mencoba alternatif lain. Salah satunya ialah cara membuat casing hp dari kardus. Bahan kardus adalah bahan yang sangat mudah dijumpai di lingkungan sekitar. Kalaupun Kamu harus membeli, sebaiknya pastikan harganya murah.

Apabila Kamu ingin membuat casing ponsel dari kardus bekas, maka ada beberapa bahan dan peralatan yang mesti dipersiapkan. Berikut ini :

  • Cutter atau gunting
  • Kardus bekas, sebaiknya gunakan kardus bekas kemasan susu dengan tekstur yang keras serta mudah diaplikasikan.
  • Kertas.
  • Kain flanel.
  • Double tape.
  • Kain tile bermotif unik.
  • Pensil atau pulpen.

Jika sudah mempersiapkan bahan-bahan di atas, selanjutnya Kamu tinggal mengikuti cara pembuatannya berikut ini :

  • Langkah pertama yaitu buat cetakan ponsel dari kertas terlebih dahulu. Caranya tempatkan hp di bagian atas kertas, lalu gambar hp menggunakan pensil atau pen. Jika sudah, gunting pola ponsel yang sudha dicetak tersebut menyesuaikan bodi belakang dan depan. Dari sini, Kamu bisa membuat 2 pola yaitu menyesuaikan bodi bagian belakang dan depan hp.
  • Kemudian pada pola hp berikan lubang supaya tidak menghalangi speaker dan kamera di bodi hp.
  • Jika pola tadi telah selesai dibentuk, kini Kamu bisa membuat pola persegi pada kardus yang digunakan pada bagian tengah casing hp. Kamu bisa membuat pola dengan tingkat ketebalan hp.
  • Setelah itu, kini kamu tinggal menyatukan ketiga pola hp dan gambar pada pola pertas terhadap pola persegi. Pastikan ukuran pada pola kardus tersebut lebih panjang dan lebar dibandingkan pola kertas, minimal berukuran 2mm.
  • Lalu, buat pola di atas kain flanel memakai pola kardus sebelumnya yang telah dibuat. Pastikan ukuran polanya lebih lebar dan panjang setidaknya berukuran 2cm dari ukuran pola kardus. Jika sudah, gunting pola kain flanel sampai rapi.
  • Kini Kamu bisa membuat pola yang sesuai ukuran kain flanel pada kain tile bermotif.
  • Lalu tempatkan pola kardus di bagian atas kain tile bermotif dan kain flanel tersebut.
  • Jahit semuanya sampai casing hpmu sudah siap digunakan.
Terkait:  Cara Membuat Akun Gojek Driver

3. Membuat Casing Hp DIY Dengan Unik Motif Marmer

Untuk membuat casing hp DIY dengan motif marmer yang unik ini, Kamu harus membeli casing hp polos terlebih dahulu atua bisa langsung pada body case-nya. Kamu bisa membelinya di konter terdekat dengan memilih casing yang sama sesuai dengan hpmu.

Untuk membuat casing ini sangat simpel, Kamu hanya perlu mempersiapkan bolpoin gel. Bisa memilih yang warna biru atau hitam tergantung selera.

Langkah-langkahnya ialah goreskan saja bolpoin pada case hp menggunakan efek akar pohon atau kilat. Sesuaikan dengan bagian bodi hp, sebaiknya jangan terlalu rapat ataupun terlalu renggang.

Kemudian usap secara perlahan pada case tadi agar terlihat abstrak. Biarkan selama bberapa menit sampai tintanya meresap serta kering.

Itulah cara membuat casing hp DIY dengan mudah. Kamu bisa memilih salah satu cara di atas yang paling mudah dan gampang bahan-bahannya. Semoga bermanfaat!

Related posts