Cara Membuat Google Form Untuk Kuesioner

  • Whatsapp

Biasanya formulir kuesioner banyak dipakai untuk melakukan survey berbagai macam keperluan, seperti penelitian atau skripsi. Seiring kemajuan teknologi, kini kuesioner dapat dilakukan online dan salah satunya memakai Google Forms. Bahkan untuk mengecek hasilnya juga lebih mudah dan praktis dibandingkan cara konvensional. Lalu, bagaimana cara membuat Google Form untuk kuesioner?

Google Form dan Kuesioner Online

Seiring dengan berjalannya waktu, awalnya kuesioner memakai kertas serta rentan rusak. Namun saat ini sudah banyak platform yang dapat digunakan untuk kuesioner online. Segala hal yang dilakukan secara online, cenderung lebih simpel. Selain itu, mempunyai jangkauan yang cukup luas. Maka dari itu, kuesioner online kini hadir untuk membantu aktivitas manusia.

Read More

Google dengan inovasi terbarunya telah memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya. Salah satu platform yang diciptakan Google sebagai pengganti kuesioner konvesional ialah Google Form. Google Form merupakan satu diantara banyaknya produk yang ditawarkan oleh Google. Hanya saja, penempatan yang kurang strategis, menjadikannya jarang dilihat oleh banyak orang.

Cara Membuat Google Form Untuk Kuesioner

Cara Membuat Google Form Untuk Kuesioner
Membuat Google Form Untuk Kuesioner

Membuat Google Form Untuk Kuesioner

Sebenarnya cara membuat Google Form untuk kuesioner sendiri sangat mudah. Kamu hanya perlu menggunakan akun Google milikmu. Jika Kamu sudah mempunyai akun Gmail, ini artinya Kamu sudah mempunyai akun Google. Untuk selanjutnya, ikuti tutorial berikut :

1. Masuk ke Google Form

Kamu bisa mengakses laman docs.google.com/forms saat ingin mengakses Google Form. Kita tahu bahwa untuk mengakses Google Form diperlukan akun Google. Jadi, Kamu tinggal menginputkan email lalu klik selanjutnya. Akan tetapi bagi yang masih belum mempunyai akun, tinggal klik pilihan “Buat Akun”. Selanjutnnya, baru masuk ke langkah berikutnya.

Terkait:  Cara Membuat Stiker LINE

2. Masukkan Akun Email dan Password

Setelah itu, Kamu akan diminta untuk memasukkan password atau kata sandi agar dapat mengakses Google Account. Masukkan password dan email, kemudian tekan selanjutnya. Jika lupa password, klik opsi “Lupa Sandi?” lalu ikuti langkah berikutnya.

3. Memilih Template yang Telah Disediakan

Langkah cara membuat Google Form untuk kuesioner selanjutnya ialah Kamu akan masuk ke tampilan awal Google Form. Dari situ, Kamu akan ditampilkan form yang sudah pernah dibuat sebelumnya jika ada. Jika Kamu belum membuat form sebelumnya, maka otomatis di dalam daftar form akan kosong.

4. Buat Formulir Baru

Jika Kamu belum pernah sama sekali membuat kuesioner, silahkan tekan tanda (+) jika ingin memulai formulir yang baru. Dari sinilah Kamu memulai membuat form form kuesioner dari Google Form.

Selanjutnya Kamu akan ditampilkan formulir kosong. Jadi untuk deskripsi, judul, dan pertanyaan pun masih belum ada. Karena nantinya akan Kamu isi sendiri. Sebelum melanjutkan, Kamu harus tentukan kuesioner yang akan dibuat terlebih dahulu. Di sini kita akan membahas cara membuat Google Form untuk kuesioner pengiriman barang misalnya.

5. Berikan Judul

Mengingat kuesioner yang dibuat untuk keperluan pengiriman barang, jadi Kamu bisa membuat judul “Formulir Pengiriman Barang di atasnya. Tepat di Untitlef Form diisi oleh judul dan Kamu bisa mengisi deskripsi singkat di bawahnya untuk calon target kuesioner.

Jika sudah, Kamu bisa mengklik “Untitled Question” agar Kamu bisa membuat pertanyaan baru.

6. Membuat Pertanyaan

Langkah berikutnya ketik pertanyaan pertama lebih dulu. Umumnya dimulai dengan pertanyaan terkait nama seseorang. Sebenarnya untuk format pertanyaan sendiri terserah kita. Contohnya bisa “Siapa nama lengkapmu?” atau langsung saja “Nama Lengkap:”. Silahkan sesuaikan kebutuhan.

Terkait:  Cara Membuat Link Whatsapp di Facebook

Selanjutnya, tentukan jawaban yang Kamu inginkan seperti apa. Kamu bisa menggantinya dengan mengklik bagian combobox, dan pilih opsi “Jawaban Singkat”.

Nama merupakan data terpenting yang harus diisi. Maka dari itu, setiap responden wajib mengisinya. Selain itu, Google Form juga memberi cara tertentu untuk mencegah agar responden tidak mengosongkan jawaban. Adapun caranya cukup mengaktifkan opsi “Wajib diisi”.

Kemudian Kamu dapat menambahkan pertanyaan lain kembali untuk memperoleh data lain. Seperti “Nomor Telepon:” jadi, caranya tinggal klik (+) di samping kanan. Selanjutnya akan ada form pertanyaan yang baru. Silakan isi pertanyaan yang lain.

Apabila Kamu mengisikan “Nomor Telepon:” misalnya, biasanya akan langsung terlihat validasi data. Tujuannya supaya terhindar dari yang namanya kesalahan input. Terlebih nomor hp yang ada angka nolnya, tak menutup kemungkinan tertukar oleh huruf O.

Kamu bisa menambahkan text kesalahan khusus bagi responden. Misalnya, “Hanya dapat diisi oleh angka!” di bagian tersebut. Jadi saat respondens mengisinya menggunakan huruf, bisa muncul peringatan tersebut.

Menambahkan Pertanyaan

Jika ingin menambahkan pertanyaan kembali, caranya sama seperti langkah di atas. Misalnya saja, Kamu ingin menanyakan jenis paket/barang yang dikirim. Apakah barang pecah belah ataukah bukan? Jangan lupa ganti opsi jawaban dengan memilih “Pilihan Ganda”. Kemudian berikan opsi tergantung kebutuhan.

Sebagai tambahan, platform Google Form menawarkan fitur untuk memberikan gambar atau ikon di setiap pertanyaan maupun pilihan di atas. Adapun caranya cukup mengarahkan kursor pada opsi atau pertanyaan tersebut, kemudian klik pada gambar yang tersedia. Setelah itu, tekan “Pilih gambar untuk diupload” dan Kamu pun akan dibawa ke file explorer dan pilih gambar mana yang ingin diupload. Jika sudah, tekan Ok.

Silahkan tunggu sampai proses upload selesai. Disarankan jika ingin memakai gambar pada Google Form. Sebaiknya sesuaikan ukuran form dengan ukuran gambar agar terlihat enak dilihat dan rapi. Setelah selesai di unggah, maka gambarnya akan muncul otomatis.

Terkait:  Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri

Kini Kamu sudah mempunyai 3 pertanyaan yang diajukan untuk responden. Kamu bisa membuat pertanyaan lain berdasarkan kebutuhan. Misalnya dengan menambahkan 3 pertanyaan terakhir berupa “Kode Pos”, “Nama Lengkap Penerima”, dan “Alamat Pengiriman”. Untuk caranya sendiri hampir sama seperti langkah di atas.

Jika Kamu sudah mengikuti cara membuat Google Form untuk kuesioner di atas, kini waktunya untuk melakuka uji. Kamu bisa berpura-pura menjadi responden dengan mengisi formulir di Google Form yang telah Kamu buat. Sebelum melakukan uji coba, sebaiknya ganti nama pada file formulir di ujung kiri bagian atas agar enak dilihat.

Mengenal Fitur-Fitur di Google Form

Kini tengok ke samping kanan bagian atas. Dari sana, ada ikon-ikon tertentu yang dapat Kamu coba. Kamu bisa mencoba ikon mata, palet, tombol kirim, gerigi serta tiga titik. Ini dia penjelasannya :

  • Palet, dipakai untuk memiluh tema formulir.
  • Mata, dipakai untuk pratinjauh formulir. Kamu dapat melihat formulir tersebut sebagai responden.
  • Tombol kiri, dipakai untuk melakukan pengiriman formulir. Caranya bisa dikirim langsung ke email tertentu. Kamu juga bsia menyalin link pada Google Form, selanjutnya baru disebar ke responden.
  • Gerigi, dipakai untuk mengatur formulir.
  • Tiga titik, opsi ini dipilih untuk melakukan pengaturan lebih lanjut.

Semua opsi di atas dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Contohnya saja, aturan login sebelum melakukan pengisian kuesioner. Ini dapat Kamu atur di ikon gerigi. Adapun caranya ialah dengan mengaktifkan opsi “Batasi ke 1 tanggapan”.

Demikian ulasan tentang cara membuat Google Form untuk kuesioner yang dapat Kamu coba. Semoga bermanfaat!

Related posts