Cara Mengganti Metode Pembayaran di Lazada

Cara Mengganti Metode Pembayaran di Lazada
Cara Mengganti Metode Pembayaran di Lazada

Bagaimana cara mengganti metode pembayaran di Lazada dengan mudah? Kamu bisa melakukan beberapa hal jika kamu salah mengambil metode pembayaran saat melakukan transaksi di Lazada. Dan kamu bisa dengan mudah mengikuti langkah yang kami berikan.

Lazada adalah sebuah situs dan juga aplikasi e-commerce atau jual beli online yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain karena memang marketplace yang satu ini dikenal luas, ragam produk yang ditawarkan pun cukup banyak.

Tapi ternyata, tak sedikit dari pengguna Lazada yang belum mengerti bagaimana cara mengganti metode pembayaran di Lazada, ketika akan melakukan check out atau pembelian produk di Lazada. Apalagi jika para pengguna terburu-buru saat melakukan cek out dan salah dalam memilih metode pembayaran mereka. Padahal, cara nya sendiri terbilang mudah.

Cara Mengganti Metode Pembayaran di Lazada

Cara Mengganti Metode Pembayaran di Lazada
Cara Mengganti Metode Pembayaran di Lazada

Pernahkah kamu salah metode pembayaran saat cek out di Lazada? Jangan khawatir, inilah beberapa cara mengganti metode pembayaran di Lazada yang bisa kamu ubah.

Menambahkan Metode Pembayaran di Lazada

Sebelum masuk ke cara mengganti metode pembayaran di Lazada, tentu yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan menambahkan metode pembayaran terlebih dahulu saat kamu cek out di Lazada. Dan untuk itu kamu harus memiliki akun terlebih dahulu di Lazada. Karena dengan melakukan pendaftaran, kalian bisa lebih mudah dalam melakukan pembayaran ataupun mengubah metode pembayaran di lazada. Berikut ini langkah cara menambahkan metode pembayaran di Lazada:

  • Lakukan pendaftaran menggunakan Facebook atau Google untuk kamu yang belum memiliki akun, jika sudah silahkan login seperti biasa.
  • Setelah berhasil masuk, silahkan lengkapi semua data yang ada di tab profil, seperti Nama, Email (jika diminta), nomor telfon, alamat lengkap, dan juga nomor rekening (untuk pengembalian dana jika saat pembelian terjadi masalah).
  • Jika sudah selesai, silahkan tekan tab home atau kembali dan cari barang atau produk apa yang ingin dibeli.
  • Apabila dirasa sudah menemukan produk yang tepat, lanjut untuk menekan tombol Beli Sekarang
  • Setelah itu, kamu bisa mengatur untuk Pengiriman sesuai yang disediakan oleh Seller Lazada
  • Kemudian, tekan tombol Buat Pesanan
  • Setelah itu kamu akan diarahkan ke laman Metode Pembayaran. Silahkan pilih beberapa opsi metode yang disediakan oleh lazada, diantaranya adalah
  1. Bayar di Tempat (COD)
  2. Kartu Debit / Kredit
  3. Bank Transfer
  4. Indomaret
  5. Alfamart
  6. Cicilan
  7. Kredivo
  8. Alipay
  9. Doku e-Wallet
  • Terakhir, kamu tinggal mengikuti Instruksi yang ada untuk menyelesaikan pembayaran. Dan lazada akan mengirimkan kalian email untuk tiap prosess pembayaran pembelian kalian.

Mengganti Metode Pembayaran Lazada

Di tahun 2020 ini, sebenarnya lazada tak lagi menampilkan Opsi Metode pembayaran dari tab profil, maka dari itu, ketika kamu sudah terlanjur membeli produk dengan metode pembayaran yang salah namun belum membayar, kamu bisa membatalkan pesanan lalu mengulangi langkah yang tertulis sebelum nya. Biasanya, hal ini terjadi akibat ke terburu buruan konsumen ketika membeli produk, alhasil mereka tidak memperhatikan metode pembayaran yang digunakan.

Maka dari itu sebelum masuk ke step terakhir pembelian produk (pembayaran) pastikan kamu sudah memeriksanya dua kali, baik dari metode pembayaran, ataupun alamat penerima. Tapi disisi lain, menghilangnya fitur penambahan metode pembayaran di tab profil lazada memiliki dampak yang positif.

Yakni untuk mengurangi pencurian data ataupun ketika akun kalian digunakan oleh orang lain yang tak bertanggung jawab, bayangkan jika kalian sudah menambahkan metode pembayaran berupa kartu kredit.

Pastinya pihak tak bertanggung jawab tersebut bisa dengan leluasa membeli barang dengan kartu kredit kalian, dan tentunya merugikan pihak pihak yang sebenarnya tidak melakukan pembelian. Oleh karenanya, tak sedikit pengguna lazada menggunakan metode pembayaran berupa COD atau Bayar ditempat.

Cara Membatalkan Pesanan Lazada

Jika kamu salah dalam memilih metode pembayaran, sebaiknya kamu ulangi saja untuk memesan kembali dan membatalkan pesanan kamu yang salah dalam metode pembayarannya. Namun sebelum kamu membatalkan pesanan kamu bisa mengetahui dahulu kebijakan pembatalan yang diberikan oleh Lazada. Inilah beberapa kebijakan pembatalan pesanan Lazada:

  • Dapat membatalkan pesanan maksimum 1 jam setelah dibuat.
  • Pembatalan tidak dapat dilakukan apabila:
  1. Produk yang kamu pesan adalah Koleksi Taobao,
  2. Sudah diproses di gudang,
  3. Sudah diproses oleh pihak supplier,
  4. Sudah dalam proses pengiriman,
  • Nilai total pesanan setelah satu atau beberapa item dibatalkan harus tetap memenuhi ketentuan penggunaan voucher, diskon atau promosi lainnya. Kalau tidak memenuhi, maka keseluruhan pesanan akan dibatalkan.
  • Voucher, diskon atau promosi lainnya yang kamu gunakan pada pesanan yang dibatalkan tidak dapat diaktifkan atau digunakan kembali.
  • Untuk pesanan yang dibatalkan menggunakan Store Credit, silakan hubungi layanan konsumen untuk meminta kode voucher Store Credit yang baru.
  • Kalau kamu menggunakan metode pembayaran dengan kartu kredit, klikpay, atau cicilan, dana/limit, kamu akan kembali dalam jangka waktu 7 – 14 hari kerja. Sedangkan untuk metode Bank Transfer, estimasi refund 3 – 7 hari kerja terhitung setelah Lazada memproses ke pihak bank.
  • Pesanan yang telah dibatalkan tidak dapat diaktifkan.
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Harga yang berlaku adalah harga yang tertera saat pemesanan baru dilakukan.

Dan jika kamu sudah memahami kebijakan pembatalan pesanan, sudah saatnya kamu melakukan pembatalan pesanan. Dan kamu mulai bisa membatalkan pesanan kamu dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Lakukan Log in pada akun.
  2. Klik Akun, kemudian klik Lihat Semua pada menu Pesanan Saya.
  3. Pilih nomor pesanan yang dituju, kemudian klik Batal pada nomor pesanan yang ingin dibatalkan.
  4. Isi datanya seperti ini:
  • Pilih produk yang akan dibatalkan,
  • Pilih alasan pembatalan,
  • Ketik detail alasan pembatalan pada kolom Informasi Tambahan,
  • Pastikan kamu sudah membaca dan setuju mengenai Kebijakan Pembatalan Pesanan di Lazada, ya,
  • Klik Daftar / Submit,
  • Pilih jenis pengembalian yang kamu inginkan (kecuali untuk metode bayar di tempat).

Demikian tadi beberapa cara mengganti metode pembayaran di Lazada yang bisa kamu lakukan. Jika kamu salah dalam memilih metode pembayaran akibat kamu terburu-buru, kamu bisa batalkan pesanan kamu dan mulai lagi untuk memesan dan pastikan kamu tidak salah lagi dalam memilih metode pembayaran.

Baru Diulas:

Related posts