Cara Bisnis Properti Tanpa Modal

Cara Bisnis Properti Tanpa Modal

Terjadinya inflasi setiap tahun, mengharuskan kita lebih kreatif lagi dalam mencari penghasilan. Apalagi jika gaji bulanan tak mampu menutupi kebutuhan sehari-hari, dengan harga bahan pokok yang kian meroket tentunya membuatmu pusing tujuh keliling. Inilah saatnya, Kamu harus mulai memikirkan bisnis sebagai tambahan penghasilan. Syukur-syukur jika penghasilan bisnismu bisa melampaui gaji bulananmu. Tahukah Kamu salah satu bisnis yang memiliki prospek menjanjikan di masa mendatang? Ya, bisnis properti. Bahkan Kami akan mengungkap rahasia cara bisnis properti tanpa modal disini. Wah, penasaran kan? Baca terus artikelnya ya!

Mengenal Bisnis Properti

Kenapa bisnis properti sangat menjanjikan? Jawabannya ialah karena setiap orang butuh rumah sebagai kebutuhan papan. Terutama bagi mereka yang sudah menikah dan berkeluarga, sudah pasti akan memerlukan tempat tinggal untuk berteduh. Baru-baru ini, bisnis properti berkembang sangat pesat di tanah air. Dengan tingginya kebutuhan tempat tinggal, secara otomatis membuat bisnis properti semakin menjamur.

Tak hanya itu saja, faktor semakin berkurangnya lahan di area perkotaan memicu sebagian besar orang untuk mencari hunian apartemen. Untuk developer besar, sudah pasti mereka akan sangat mudah membangun bisnis properti. Mereka hanya memerlukan sebidang tanah yang memiliki topologi baik dan terletak di area strategis. Di samping itu, developer juga mesti menyelesaikan proses perizinan untuk membangun properti di atas lahan yang sudah disepakati sebelumnya.

Lalu, bagaimana bagi yang hanya memiliki modal sedikit atau mungkin tanpa memiliki modal sama sekali? Apakah bisa membangun bisnis properti? Ya, jangan khawatir jika modalmu belum mencukupi atau mungkin belum memiliki modal, karena Kamu masih bisa mencoba bisnis ini. Sebab modal bukan satu-satunya komponen atau alasan untuk memulai sebuah bisnis.

Cara Bisnis Properti Tanpa Modal

Cara Bisnis Properti Tanpa Modal
Tutorial Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal

Bagaimana Cara Bisnis Properti Tanpa Modal?

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa modal bukan satu-satunya komponen yang diperlukan dalam berbisnis properti. Ada skill lain yang wajib Kamu miliki jika ingin memulai bisnis properti, yaitu kemampuan marketing atau keterampilan berbicara. Gimana, ingin mencoba cara bisnis properti tanpa modal? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Pelajari Basic-nya dan Pahami Bisnisnya

Tahukah Kamu dengan memulai bisnis dari awal, secara tak langsung memberikanmu banyak pengalaman dalam berbisnis? Ya, mulailah dari dasar, pahami bagaimana bisnisnya berjalan. Bangun bisnis dengan kerja kerasmu, dan dari sini Kamu akan mempelajari banyak hal tentang bagaimana Kamu mampu mengatasi kegagalan yang terjadi sebelumnya.

Ingat jika Kamu mengalami kegagalan, anggap ini sebagai pelajaran. Karena berkat kegagalan tersebut, Kamu akan mempunyai banyak pengalaman. Bahkan bisa mengatasi segala persoalan terkait bisnis yang Kamu jalankan. Setiap pengalaman nantinya akan dijadikan motivasi untuk membuktikan jika Kamu tak akan berada di titik terendah selamanya.

2. Coba Memulai Bisnis dari Internet

Revolusi industri 4.0 tak hanya membawa kita pada perubahan besar industri-industri manufaktur di Indonesia khususnya, tetapi juga membuka perkembangan teknologi secara global. Era digital membawa kita pada sesuatu yang praktis, mudah dan cepat. Dulu mungkin Kamu akan kesulitan mencari orang yang bisa diajak kerjasama untuk memulai bisnis properti, tapi berbeda dengan kini.

Banyak lho, teman-teman diluaran sana yang sukses berbisnis properti hanya dengan mempromosikan properti dari internet. Menariknya lagi, mereka memulai tanpa modal sepeser pun. Jadi hanya membutuhkan perangkat hp atau laptop dan koneksi internet, serta memiliki kenalan yang menjual properti mereka dan Kamu berperan sebagai agen marketingnya.

Darimana harus memulai? Cobalah manfaatkan internet, cari informasi terkait lahan yang dijual atau objek properti tertentu yang ingin dikembangkan. Silahkan ambil foto atau gambar objek properti untuk Kamu promosikan. Jangan lupa, tinggalkan nomor hp aktif di iklan propertimu yang diposting di media sosial, supaya pembei bisa menghubungimu dengan cepat.

3. Mulai Dari Lingkunganmu

Cara bisnis properti tanpa modal berikutnya ialah, tak ada salahnya dimulai dari area lingkunganmu. Mungkin saja saudara atau keluargamu ada yang memerlukan properti. Kamu bisa bertanya terlebih dulu atau ikut ‘nimbrung’ saat ada yang membutuhkan properti.

Ketika Kamu baru memulai sebuah bisnis properti, maka Kamu akan belajar bagaimana cara menjalankan bisnis ini. Sebab memang sebelumnya tak ada perjanjian jika Kamu harus mencarikan properti sampai dapat. Jadi nggak masalah kalaupun Kamu tidak dapat propertinya. Namun, Kamu tetap harus fokus mencarikan properti yang sesuai supaya hasilnya pun tak sia-sia.

4. Temukan Calon Penjual

Jika Kamu telah berdiskusi bersama calon pembeli, langkah selanjutnya ialah cari calon penjual properti. Langkah awal yang harus dilakukan ialah, Kamu harus rajin mengunjungi pameran-pameran dan lokasi perumahan, siapa tahu ada yang sedang menjual rumahnya disana. Hal yang perlu Kamu ketahui yaitu lokasi biasanya sangat menentukan minat dan harga jual, silahkan cari informasi sebanyak-banyaknya. Tujuannya supaya calon pembeli juga mempunyai gambaran memuaskan terkait pililhan properti yang tersedia.

5. Jalin Kerja Sama

Cara bisnis properti tanpa modal berikutnya ialah jika sudah bertemu dengan penjual, Kamu bisa menawarkan kerja sama. Sebaiknya jika ingin bekerja sama, berikan perjanjian secara sah di atas kertas bermaterai yang ditanda tangani kedua belah pihak. Tujuannya supaya tak terjadi kecurangan maupun kerugian pada salah satu pihak.

Jika Kamu telah menjalin kerja sama, maka tugas selanjutnya yakinkan kembali calon pembelinya. Tapi, jika Kamu berbicara dengan calon pembeli, sebaiknya berikan informasi dengan tepat mengenai properti yang Kamu tawarkan. Beri informasi yang lengkap, benar dan valid terkait properti yang ditawarkan. Ingat, informasikan kondisi properti sesuai fakta dan kondisi sebenarnya!

Jika ternyata pembeli tahu Kamu menyampaikan informasi yang tidak sesuai fakta, kemungkinan besar bisa mengecewakan pembeli dan mereka pun enggan memakai jasamu kembali.

6. Mulai Buat Web Untuk Promosikan Jasa Propertimu

Sudah saatnya Kamu memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan jasa propertimu. Dalam cara bisnis properti tanpa modal ini, Kamu bisa memanfaatkan akses internet dengan membuat website jasa penjualan properti. Dengan begitu, bisa semakin memperluas kesempatanmu untuk berbisnis sekaligus meningkatkan konversi terhadap penjualan propertimu.

7. Pembuatan Brand Bisnis

Jika bisnis properti yang Kamu jalankan telah berkembang, tak ada salahnya Kamu membuat brand bisnis properti yang tepat. Caranya daftarkan bisnismu secara hukum, untuk menguatkan usahamu di mata hukum. Keuntungannya, calon pembeli semakin percaya dan yakin akan usaha yang Kamu jalankan.

8. Sisihkan Profitmu

Saat Kamu mendapatkan profit atas usahamu, sebaiknya sisihkan keuntungan tersebut dengan tujuan melebarkan bisnis properti yang Kamu jalankan.

9. Kamu Mungkin Membutuhkan Karyawan

Semakin berkembang usaha propertimu, sudah tentu membuatmu kewalahan untuk mengatasi bisnismu sendiri. Kamu mungkin membutuhkan satu atau beberapa karyawan untuk mengembangkan bisnis. Oleh sebab itu, penting sekali mencari kerabat atau karyawan yang bisa Kamu ajak bekerja sama.

Jangan ragu memulai cara bisnis properti tanpa modal sekarang juga. Karena kesuksesan tidak akan pernah menunggumu sampai siap terlebih dulu. Tak ada salahnya jika Kamu memiliki modal di awal untuk memulai cara investasi properti, agar Kamu bisa langsung memiliki bisnis properti sendiri. Jika tidak memiliki modal atau properti, tinggal ikuti langkah-langkah di atas step by step, dan nikmati hasil kerja kerasmu menjalankan bisnis properti!

 

 

Related posts