Cara COD J&T

Cara COD J&T
Cara COD J&T

Malas berpergian jauh, tapi harus kirim barang atau dokumen penting ke luar kota? Kalian tidak perlu bingung. Gunakan saja bantuan dari jasa pengantaran yang ada di Indonesia. Ya, kamu bisa cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara COD J&T yang praktis. Selain proses pengirimannya berlangsung dengan cepat, harganya juga terjangkau. Bisa dilacak kapanpun.

J&T Express merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan dalam basis pengantaran atau ekspedisi. Bisnis multinasional tersebut, berpusat di kota Jakarta, dan telah resmi didirikan sejak tanggal 20 Agustus pada tahun 2015 silam. Tokoh yang memiliki peran penting, yaitu Tony Chen sebagai pendiri. Sedangkan CEO saat ini, adalah Robin Lo.

Ternyata, J&T ini merupakan singkatan dari Jet&Tony. Dimana, nama kedua tokoh tersebut merupakan sosok penting dibalik kejayaan yang kini diraih oleh perusahaan jasa ekspedisi ini. Hingga pada akhirnya, Robin Lo yang sebelumnya dikenal sebagai tangan kanan dari Jet Lee ditunjuk untuk menduduki jabatan sebagai CEO. Masa jabatannya dimulai dari tahun 2017.

Cara COD J&T

Cara COD J&T
Cara COD J&T

Cara COD J&T Tanpa Marketplace

Kalau sebelumnya J&T yang kalian ketahui identik dengan pengiriman barang atau produk di berbagai marketplace Indonesia. Kali ini, kita akan membahas secara keseluruhan atau umum. Lebih tepatnya, warga biasa yang memang tidak ada keperluan pengiriman untuk toko online atau sejenisnya. Melainkan, memang kebutuhan personal saja. Apakah itu memungkinkan?

Cara COD J&T tanpa marketplace ternyata bisa dilakukan oleh siapapun. Asalkan, kamu tahu persyaratan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan. Tapi, sebelum kalian mengetahui peraturannya. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika ingin lakukan pengiriman bayar di tempat tanpa melalui Shopee, Tokopedia, atau platform lain.

  1. Silahkan kalian cari melalui Google Maps lokasi kantor J&T terdekat
  2. Kunjungi secara langsung kantor J&T dan bawa paket yang akan dikirimkan. Pastikan sebelumnya sudah dikemas dengan rapih dan aman
  3. Informasikan kepada pihak admin yang bertugas, untuk memberikan layanan bayar di tempat atau COD sebagai pilihan fitur pengirimannya
  4. Beritahukan kalau kamu hendak menggunakan layanan COD tanpa bantuan dari pihak ketiga atau marketplace
  5. Lengkapi formulir pendaftaran yang diserahkan oleh petugas admin
  6. Admin akan melakukan verifikasi dan persetujuan data terlebih dahulu sebelum kalian dapat menggunakan layanan COD tersebut
  7. Ikuti ketentuan yang berlaku, yaitu membayar ongkos kirim di awal pengiriman paket.
  8. Terima dan simpan resi yang diserahkan oleh petugas sebagai tanda bukti yang sah
  9. Proses cara COD J&T telah selesai.

Adapun pembayaran ongkos kirim yang dilakukan oleh pengirim saat awal pengiriman paket. Dimaksudkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah penerima paketan telah memberikan sejumlah uang tunai sesuai biaya produk yang harus dibayarkan di tempat. Maka, dana ongkir yang kamu serahkan sebelumnya baru dikembalikan oleh pihak J&T.

Syarat dan Ketentuan COD di J&T

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang wajib kalian penuhi ketika ingin menggunakan bantuan jasa pengiriman dari J&T:

  1. Besar biaya COD minimalnya sebesar 4% atau kurang lebih sekitar Rp 3.500. Adapun besar potongan fee pengiriman oleh kurir, diambil dari sejumlah harga paket yang dikirimkan serta dihitung berdasarkan tarif ongkos kirim. Rumus perhitungan uang yang akan dikembalikan ke pengirim:

Biaya COD dari harga 1 paket= Harga paket x Fee COD

Total bersih= Harga paket – Fee COD – Ongkos Kirim

  1. Nilai minimum untuk barang yang akan menggunakan sistem COD, yaitu Rp 25.000. Sedangkan maksimalnya adalah Rp 15.000.000
  2. Proses pencairan dana yang akan diterima oleh pihak pengirim, akan diserahkan oleh J&T dalam estimasi waktu mulai dari 1 sampai dengan 2 minggu lamanya. Terhitung sejak paket telah diterima oleh penerima. Prosesnya, meliputi rekonsiliasi, pembuatan data, serta rekap data oleh pihak J&T
  3. Tagihan ongkos kirim, secara otomatis diambil dari pencairan dana COD ke pengirim. Sehingga, apabila ada ongkir retur atau pengiriman non-COD. Maka pihak J&T akan menagih biaya tambahannya ke pengirim paket
  4. Pengguna sistem COD J&T dapat memantau laporan terkait pencairan dananya di layanan COD ataupun e-wallet. Caranya, masuk ke website J&T, pilih “Daftar Resi COD” > ketuk menu “Penerimaan Dana”. Kalau via e-wallet, lihat di bagian menu “Transaksi Masuk” untuk periksa jumlah dana yang akan dicairkan. Bila sudah ditransfer, lihatnya di “Transaksi Keluar”
  5. Maksimum jam pengambilan atau pick up paket sistem COD yaitu, pukul 15:00 WIB. Berlaku untuk same day. Sedangkan normalnya, dilakukan mulai dari pukul 09:00 hingga 21:00 WIB
  6. Pelacakan dapat dilakukan melalui website resmi perusahaan J&T atau klik tautan berikut.

Cara COD J&T Manual

Pengecekan besar biaya ongkos kirim yang akan dikenakan kepada pihak penerima via COD, bisa kalian periksa terlebih dahulu. Caranya dapat dilihat melalui kolom checkout produk di bagian menu tampilan situs belanja online yang kamu gunakan. Selain itu, kamu juga dapat melihat informasi estimasi pengiriman barang sampai ke lokasi tujuan. Ekstra biaya admin.

Cara COD J&T manual, yang perlu kalian lakukan ketika menggunakan bantuan dari aplikasi platform belanja online. Kita ambil contoh melalui Shopee. Berikut adalah langkah-langkah selengkapnya:

  1. Masuk ke akun Shopee kalian masing-masing (login via email, Facebook, atau opsi lainnya)
  2. Pilih salah satu produk dari keranjang atau langsung klik di kolom pencarian
  3. Lanjutkan dengan klik tombol “Checkout” untuk memulai proses pemesanan
  4. Lengkapi alamat tujuan dengan benar
  5. Pilih jasa pengiriman yang akan kamu gunakan untuk mengirimkan paket, yaitu J&T
  6. Ketuk opsi “Metode Pembayaran”. Lalu, pilih “COD (Bayar di Tempat)” sebagai pilihan pembayarannya
  7. Perhatikan pada kolom detail biaya. Mulai dari tarif ongkos kirim, admin, potongan diskon (bila apply voucher), sampai dengan biaya penanganan, dan asuransi (jika tersedia)
  8. Tepat di sebelah tombol “Bayar Sekarang” terlihat besar nominal rupiah yang harus kalian bayarkan ketika paketan sampai ke alamat tujuan
  9. Klik tombol “Bayar Sekarang” > tunggu sampai proses pemesanan diverifikasi oleh sistem.

Melalui cara tersebut, kalian dapat memilih untuk melanjutkan pemesanan atau sekedar ingin cek harga saja. Tidak perlu checkout produk, baru kamu bisa mengetahui kisaran pembayaran ongkos kirim J&T untuk sistem COD. Pengecekan tarif ongkir juga bisa dilihat melalui situs resmi milik perusahaan J&T.

Periksa terlebih dahulu apakah alamat yang akan dituju tersedia dalam daftar layanan bayar di tempat atau COD dari J&T. Caranya sebagai berikut:

  1. Download aplikasi J&T melalui Google Play Store
  2. Masuk ke halaman utama, lalu pilih “Find Near Drop Point” atau bisa geser sesuai titik lokasi pada tampilan G-Maps
  3. Isi kolom “Kontak J&T” secara lengkap
  4. Beralih ke laman berikutnya, kalian akan melihat detail pembayaran dan informasi lain.
  5. Proses pelacakan status paket yang dikirimkan, dapat dilihat berdasarkan real time melalui aplikasi.

Sekian pembahasan mengenai cara COD J&T di kesempatan kali ini. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. See you on the next awesome topics. Have a nice weekend, and bye bye!

 

Related posts