Cara Live Streaming Youtube di PC

  • Whatsapp

Bagaimana cara live streaming Youtube di PC? Ya, saat ini para pengguna Youtube mendapatkan kebebasan untuk melakukan live streaming. Karena mengadakan siaran langsung di Youtube sangat mudah dilakukan. Hal yang paling penting adalah Kamu harus memiliki koneksi internet memadai agar proses live streaming yang ditampilkan kualitasnya baik dan enak dilihat. Apabila koneksi internetmu buruk, tentu saja jangan harap Kamu bisa mendapatkan kualitas hasil video yang bagus.

Cara Live Streaming Youtube di PC

Cara Live Streaming Youtube di PC
Melakuka Live Streaming Youtube di PC

Persyaratan Live Streaming Youtube di PC

Bagaimana sebenarnya cara live streaming Youtube di PC? Untuk bisa menggunakan fitur atau layanan siaran langsung Youtube di PC, ada beberapa persyaratan yang harus Kamu milki. Persyaratan pertama ialah Kamu harus memastikan jika akun Youtube milikmu sudah terverifikasi, supaya pengguna Youtube dapat menemukan video siaran langsungmu dengan mudah. Baru kemudian, Kamu dapat mengaktifkan layanan live streaming.

Read More

Selain itu, untuk verifikasi akun, Kamu dapat menginputkan nomor HP-mu. Persyaratan lainnya ialah akun Youtube milikmu harus mempunyai subscriber minial sebanyak 100 agar dapat melakukan live streaming.

Live Streaming Youtube di PC Dengan Aplikasi OBS

Untuk menunjang aktivitas live streaming, Kamu harus mengunduh aplikasi OBS sebagai aplikasi pihak ketiga. Aplikasi Open Broadcaster Software adalah aplikasi yang digunakan untuk siaran langsung. Ikuti tahapan cara live streaming Youtube di PC dengan aplikasi OBS berikut :

Terkait:  Cara Hitung Gaji Youtuber

1. Dowload dan Install OBS Studio

Silahkan unduh dan install aplikasi OBS. Kamu bisa mengunduhnya langsung dari PC/laptop. Biasanya aplikasi ini berukuran 90 Mb. Jadi pastikan koneksi internetmu stabil agar proses unduhan berjalan dengan lancar.

2. Buka Youtube

Setelah aplikasi OBS terpasang di PC, langkah berikutnya ialah buka website Youtube.com. Lalu pilih live streaming di dashboard Youtube. Selanjutnya buka menu advance settings. Dari sini, Kamu akan melakukan peraturan-peraturan dasar. Kamu harus isi kategori, TAG dan judul video terlebih dahulu.

3. Masuk ke Aplikasi OBS

Jika sudah, kamu dapat membuka aplikasi OBS lagi. Ketika sudah masuk ke aplikasi OBS, Kamu dapat membuka menu settings, kemudian lanjutkan proses dnegan memilih stream. Setelah itu, tinggal pilih “Live Streaming”.

Lanjutkan lagi memilih opsi streaming, serta custom streaming server. Dari sini, Kamu dapat menginputkan URL link dan stream key yang Kamuperoleh dari dashboard Youtube Live Streaming.

4. Masukkan Add Source

Langkah berikutnya ialah inputkan add source. Adapun caranya Kamu dapat memilih opsi add scene agar Kamu bisa memberikan nama sesuai keinginan. lalu Kamu dapat memilih opsi add source berdasarkan jenis source yang Kamu inginkan. Kamu bisa menambahkan apa saja di dalam source ini. Kemudian langsung ketuk start stream jika ingin memulai siaran langsung di Youtube.

Live Streaming Youtube di PC Dengan Emulator dan OBS

Jika Kamu ingin melakukan siaran langsung saat bermain game ML (Mobile Legend) misalnya, maka Kamu dapat mencoba memakai emulator. Adapun salah satu emulator yang dapat Kamu gunakan ialah NOX App Player, dengan keunggulan cukup mudah digunakan dan sangat simpel. Apabila tidak terbiasa memakai emulator dari NOX App Player, maka Kamu dapat memakai emulator lainnya semisal BlueStacks.

1. Persiapan Emulator NOX App Player

Adapun langkah cara live streaming Youtube di PC dengan emulator NOX App Player, diantaranya :

Terkait:  Cara Live Streaming di Youtube
  • Silahkan unduh perangkat lunak NOX App Player terlebih dahulu.
  • Lalu buka aplikasi untuk mulai menginstal dan tekan “Install”.
  • Tunggu sampai instalasi selesai dilakukan.
  • Setelah itu, tekan “Start”.
  • Selajutnya Kamu tinggal memilih game yang akan dimainkan ketika live streaming. Kamu akan mengunduh Mobile Legend saat akan melakukan live streaming. Setelah itu, baru instal dan silahkan tunggu sampai proses selesai.

2. Memulai Live Streaming di Youtube Dengan OBS dan Emulator NOX App Player

Jika Kamu telah mempersiapkan emulator dan aplikasi OBS Studio. Selanjutnya Kamu bisa memulai cara live streaming Youtube di PC dengan langkah berikut :

  • Langkah pertama, silahkan buka aplikasi OBS.
  • Buka emulator NOX App Player.
  • Setelah itu, pada apllikasi OBS Kamu tinggal memilih ikon “+” pada bagian “Source” lalu pilih opsi “Game Capture”, tekan “Ok” jika ingin menampilkan emulator NOX di aplikasi OBS.
  • Jika Kamu akan menampilkan emulator NOX Player di aplikasi OBS, maka sisi Mode dengan Capture Spesific Windows, Windows dengan NOX Player, dan Windows Match Priority dengan “Match title, otherwise find window of same executable”.
  • Kamu tinggal menambahkan wajahmu ke OBS. Selanjutnya pilih “+” dalam opsi “Sources” dan pilih lagi “Video Capture Device” dan tekan “Ok”.
  • Selanjutnya pilih “Video Capture Device” untuk melakukan pengaturan. Seperti, Device diisi dengan USB2.0 UVC HD Webcam, untuk Device kedua diisi “Deactivate” , selanjutnya “Configure Video”.
  • Kamu bisa menambahkan live chat saat sedang melakukan live streaming. Pilih tanda “+” di dalam “Sources” dan pilih opsi “Browser Source” kemudian pilih “Ok”.
  • Selanjutnya lakukan pengaturan pada BrowserSource supaya terlihat menarik. Seperti URL dengan memasukkan link yang dapat diambil pada “Chat langsung” di dashboard. Sedangkan untuk mengambilnya , pilih “:” dan pilih lagi “Pindahkan Chat” kemudian copy link URL tersebut. Isi Width dengan 800, Height : 600, FPS :30 dan CSS bisa menggunakan dari OBS Kamu sendiri.
  • Apabila semuanya sudah dilakukan, tinggal tekan “Setting” di OBS.
  • Pilih “Stream” dan Kamu dapat mengisi Stream Type dengan Custom Streaming Server, URL dan Stream key dengan link yang didapatkan di channel Youtube miliki di menu “Dashboard”.
  • Pilih opsi “Start Streaming” di OBS untuk melakukan live streaming pada channel Youtube milikmu.
Terkait:  Cara Live Game di Youtube

Live Streaming Youtube dari HP ke PC

Kamu juga bisa melakukan live streaming dari HP ke PC dengan OBS. Tapi passtikan Kamu sudah mengatur stream key untuk bisa live streaming Youtube menggunakan OBS. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan memasuki halaman pada Live Youtube.
  • Kemudian pilih setting untuk streaming.
  • Silahkan copy streaming key.
  • Lalu buka software OBS Studio.
  • Pilih “File” kemudian “Setting” dan “Stream”.
  • Dalam opsi Service Youtube silahkan paste/tempelkan stream key-nya.
  • Ketuk “Apply” dan OK.

Sementara untuk memulai siaran langsung Youtube dari ponsel/HP ke laptop/PC, adalah sebagai berikut :

  • Silahkan jalankan game pada HP.
  • Pastikan koneksi internetnya stabil.
  • Tekan “Start Streaming”.
  • Selesai.

Apabila kualitas videonya mengganggu, seperti nge-lag atau patah-patah ketika Kamu live streaming game online misalnya, maka Kamu bisa mengatasinya dengan cukup mudah. Silahkan akses menu Setting dan pilih Output dan Kamu bisa menurunkan video bitrate. Solusi lainnya ialah Kamu dapat mengatur resolusi, pada bagian setting pilih video dan atur resolusinya tergantung keinginan.

Itulah ulasan tentang cara live streaming Youtube di PC dengan menggunakan OBS atau emulator. Selain itu, Kamu juga bisa live streaming Youtube dari Hp ke PC dengan mudah melalui cara-cara di atas. Semoga bermanfaat!

Related posts