Cara Belajar Efektif di Rumah

Cara Belajar Efektif di Rumah

Sulit konsentrasi saat belajar di rumah? Bahkan sudah menghabiskan banyak waktu belajar, tetap saja konsentrasimu buyar. Jika hal ini terjadi, bukannya fokus malah semua yang Kamu pelajari menguap semua. Jangan khawatir, kita punya cara belajar efektif di rumah yang bisa Kamu coba. Sayang kan, jika Kamu sudah susah-susah menghafal tapi nggak ada yang nyangkut sama sekali!

Memang butuh upaya maksimal jika ingin lebih konsentrasi belajar di rumah. Selain itu, Kamu harus tahu bahwa belajar yang efektif itu bukan belajar terus menerus tanpa jeda waktu istriahat. Apalagi jika masih mengadaptasi sistem belajar SKS (Sistem Kebut Semalam).

Read More

Lalu, gimana sih tips belajar efektif di rumah? Ada cara mudah yang bisa Kamu lakukan. Tapi Kamu juga harus tahu bahwa metode belajar masing-masing orang itu bisa saja berbeda. Karena itu, cara belajar efektif di rumah bisa berbeda bagi setiap orang. Apalagi saat ini Kamu dituntut harus belajar di rumah secara mandiri. Jadi, sebisa mungkin Kamu harus mengubah trik belajarmu agar lebih efektif.

Cara Belajar Efektif di Rumah

Cara Belajar Efektif di Rumah
Tutorial Cara Belajar Efektif di Rumah Tetap Menyenangkan

Tutorial Cara Belajar Efektif di Rumah

Jika Kamu ingin melanjutkan ke perguruan tinggi misalnya, agar bisa sukses dan lolos masuk ke universitas impianmu, Kamu harus belajar secara efektif. Hanya saja, kekurangannya belajar di rumah adalah sulit berkonsentrasi karena bisa teralihkan oleh banyak hal. Namun jangan khawatir, Kamu bisa copa tips belajar efektif di rumah berikut :

1. Temukan Bagaimana Pola Belajar Sesuai Kepribadianmu

Mengingat setiap orang mempunyai pola belajar berbeda, tentu hanya Kamu sendirilah yang mengetahui bagaimana pola belajar efektif   sesuai seleramu. Misalnya saja, ada orang yang belajar dalam keheningan dan tidak bisa diganggu oleh apapun, ada juga yang mesti ditemani musik, bahkan ada yang mesti belajar bersama teman.

So, kenali dulu gimana pola belajar sesuai seleramu. Jika Kamu termasuk orang yang hanya bisa konsentrasi dalam sasana hening. Ini artinya, Kamu harus memilih tempat belajar yang sepi dan sunyi, jauh dari kebisingan.

Tapi jika Kamu menyukai pola belajar dengan musik misalnya, Kamu bisa memakai headset sambil membaca-baca materi yang Kamu pelajari. Tapi jika tipe belajarmu mesti bersama teman-teman misalnya, sebaiknya cari teman yang memiliki pola belajar yang sama. Agar Kalian berdua bisa tetap fokus belajar berdua atau lebih jika perlu.

Namun jika Kamu harus didampingi saat belajar misalnya, Kamu bisa meminta bantuan orang tua atau guru les privat untuk menemanimu belajar. Jadi, hanya Kamu yang tahu pola belajar yang tepat sesuai kepribadianmu agar bisa lebih fokus belajar.

2. Pilih Waktu Belajar yang Ideal

Kamu juga perlu tahu, bahwa ada waktu-waktu efektif tertentu yang dapat digunakan untuk belajar. Jika misalnya, ingin belajar tanpa ada suara sedikit pun biar tenang, sebaiknya pilih waktu di malam hari untuk belajar.

Pasang alarm supaya Kamu bisa terbangun untuk belajar. Kamu juga bisa meminta bantuan orang tua atau saudaramu untuk membangunkanmu. Tapi jika Kamu bisa konsentrasi dengan suasana yang tak harus sepi/hening, ini artinya Kamu bisa kapan saja belajar. Tapi ingat, belajar itu jangan ditunda-tunda. Sebaiknya buat jadwal dan pastikan untuk mematuhi jadwal belajarmu!

3. Jadikan Rutinitas

Cara belajar efektif di rumah selanjutnya ialah pastikan untuk menetapkan rutinitas belajarmu sendiri. Ini kaitannya dengan jadwal belajar, jadi jika Kamu menjadwalkan waktu belajarmu pada jam 7 malam misalnya. Pastikan di jam 7 malam hari berikutnya Kamu harus belajar, dan begitu seterusnya.

4. Menghindar dari Berbagai Godaan Saat Belajar

Agar tips belajar efektif di rumah bisa dilakukan secara konsisten, Kamu harus berkomitmen benar-benar belajar 100%. Pilih tempat yang benar-benar nyaman untuk belajar, hindari televisi atau sanak saudara di rumahmu yang tengah menonton TV.

Matikan juga semua notifikasi di hp selama belajar. Cara ini untuk mencegahmu agar tidak membuka aplikasi atau chat saat belajar. Di samping itu, cara belajar efektif di rumah ini juga bertujuan agar Kamu lebih fokus mempelajari  materi pelajaran.

5. Jangan Lupa Istirahat

Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa belajar yang efektif itu bukan belajar yang terus menerus sampai melewatkan waktu istirahatmu. Jadi saat Kamu belajar, sempatkan waktu beristirahat. Ini juga bertujuan untuk merehatkan otakmu. Berbeda halnya jika Kamu terus menerus belajar, bukannya banyak pelajaran yang terserap justru otakmu keburu capek. Karena itu, belajarmu jadi tidak efektif.

6. Jangan Terlalu Banyak Ngemil

Mungkin Kamu termasuk orang yang harus selalu ngemil saat belajar, no problem dan sah-sah saja sebenarnya. Tapi jangan ngemil terlalu banyak juga, karena Kamu bisa kurang fokus saat belajar. Bahkan terlalu banyak ngemil, bisa membuatmu mudah ngantuk, alhasil proses belajar pun harus ditinggal.

Jika hal ini terjadi, sayang bukan? Sebaiknya, ngemil atau makan dilakukan sebelum waktu belajar dimulai. Selain itu, hindari juga makanan-makanan manis yang bisa membuatmu gampang ngantuk.

7. Minta Kerja Sama Orang di Rumah

Tips belajar efektif di rumah selanjutnya, Kamu sebaiknya minta bantuan sama orang di rumah, baik orang tua atau saudaramu. Beritahukan kepada mereka, bahwa Kamu ingin belajar dan tidak mau diganggu dulu atau disuruh-suruh dulu. Kasih pengertian dengan cara yang baik kepada orang tua atau kakak/adikmu.

Kamu juga bisa memberitahukan jika sudah selesai belajar, baru Kamu bisa membantu pekerjaan rumah agar belajarmu tidak terganggu. Hal ini juga berlaku jika Kamu sedang belajar online di rumah, selain itu pastikan pula untuk selalu cek kuota belajarmu dengan cara cek kuota belajar Indosat misalnya. Terutama, jika Kamu memakai kartu Indosat, agar kuotamu tidak habis secara tiba-tiba saat pembelajaran berlangsung.

8. Silahkan Catat Materi yang Kamu Anggap Penting

Cara belajar efektif di rumah selanjutnya, sama halnya ketika di kampus atau di sekolah, Kamu harus mencatat semua materi yang Kamu anggap penting. Apalagi materi tersebut ada rumusnya. Jika ada ujian atau tugas, Kamu tinggal buka catatannya lalu kerjakan dengan baik. Tapi, jangan asal mencatat ketika dosen sedang menerangkan materi.

Dengarkan dulu pembahasan terkait materinya, dan catat ketika jam pelajaran selesai. Untuk mengingatnya kembali di rumah, Kamu bisa menandai materi penting tersebut bisa menggunakan spidol atau stabilo. Tujuannya agar Kamu lebih mudah mengingatnya.

9. Sempatkan Waktu Luangmu Untuk Berolahraga

Tahukah Kamu bahwa berolahraga juga bisa meningkatkan konsentrasi belajarmu lho. Jika Kamu ragu, coba saja buktikan!

Walaupun nggak ada kaitannya, tapi dengan rajin berolahraga dapat membuat proses belajar menjadi lebih efektif. Karena olahraga bisa membantu tubuhmu melepas penat.

Sebenarnya nggak perlu melakukan olahraga berat, baik itu angkat beban ataupun kardio. Cukup lakukan yoga, senam atau joging. Kamu juga bisa melakukan workout selama 20 menit saja tiap harinya.

Hal ini disebabkan, saat penat dan stress menghilang, maka Kamu dapat menyerap materi dengan baik. Selain itu, Kamu juga bisa membakar lemak ditubuhmu sekaligus.

Oke, itulah 9 cara belajar efektif di rumah penting agar lebih fokus dan mudah menyerap materi pelajaran yang disampaikan guru atau dosenmu. Selamat mencoba!

 

Related posts