Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan

Bagaimana cara cek BPJS Ketenagakerjaan? Sesuai ketentuan yang telah diatur berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan, seluruh pekerja baik itu yang bekerja di negara Indonesia atau di luar negeri harus mempunyai BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi para pekerja dari berbagai resiko terkait dengan jaminan hari tua, kecelakaan kerja, dan semua manfaat yang bisa didapatkan dari BPJS itu sendiri.

BPJS adalah jaminan sosial sangat penting yang wajib dimiliki oleh semua pekerja yang ada di Indonesia. Mengingat resiko sosial ekonomi dapat terjadi pada siapapun, kapan saja dan dimana saja.

Resiko sosial ekonomi tersebut terkait dengan kecelakaan hingga kematian, jadi perlu ada jaminan dan keamanan, agar jika resiko tersebut terjadi tetap tidak mengganggu kesejahteraan pemilik BPJS ataupun ahli warisnya.

Belum lagi, yang terbaru saat ini manfaat mempunyai BPJS Ketenagakerjaan aktif adalah Kamu bisa memiliki kesempatan untuk memperoleh subsidi upah sebesar Rp. 600 ribu dari pemerintah hingga 4 kali.

Bagaimana Cara Kerja BPJS Ketenagakerjaan?

Cek BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum membahas cara cek BPJS ketenagakerjaan, mari kita ulas cara kerja BPJS ketenagakerjaan itu sendiri terlebih dahulu.

Sebenarnya hampir sama seperti sistem kerja dari asuransi kesehatan, dimana BPJS ketenagakerjaan ini bekerja sesuai premi yang telah dibayarkan oleh pekerja ataupun pemberi kerja/perusahaan yang dikelola dalam berbagai investasi.

Adapun hasil investasi ini nantinya akan dikembalikan ke peserta BPJS kembali seperti halnya investasi atau tabungan.

Contohnya, program Jaminan Hari Tua atau JHT pada BPJS ketenagakerjaan. Dimana lewat program JHT ini, iuran tersebut langsung dibayarkan perusahaan dengan cara pemotongan gaji pekerja melalui perhitungan sebesar 3,7% ditanggung oleh perusahaan sedangkan 2%-nya ditanggung pihak pekerja, jadi bila ditotal persentasenya mencapai 5,7% saja dari total upah.

Sementara untuk program yang lainnya seperti Jaminan Kematian atau JKM, Jaminan Kecelakaan Kerja atau JKK, Bukan Penerima Upah, dan Jaminan Pensiun, bisa dilihat lewat website resminya.

Bagi Kamu yang sudah mempunyai BPJS Ketenagakerjaan, Kamu bisa melakukan pengecekan saldo BPJS tenaga kerja dengan sangat mudah.

Dimana semakin lama Kamu bekerja, saldo BPJSTK tersebut pun nilainya akan semakin besar. Kamu bisa melakukan cara cek BPJS ketenagakerjaan via SMS atau online. Ingin tahu lengkapnya? simak ulasan di bawah ini!

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan
Mengecek BPJS Ketenagakerjaan

Ada beberapa pilihan cara cek BPJS ketenagakerjaan yang bisa Kamu coba berikut ini :

1. Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Pertama, kita harus tahu dulu berapa nomor BPJS Ketenagakerjaan milik kita saat ini. Sebenarnya caranya sangatlah mudah untuk diketahui siapapun.

Untuk mengecek nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa ambil dan pegang kartu BPJS Ketenagakerjan milikmu saat ini.

Lalu lihat bagian depan kartu, Nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan terletak tepat di bawah NIK.

Ada juga kartu BPJS Ketenagakerjaan khusus untuk program Jaminan Pensiun (JP), yang mana nomer referensinya ditambah tiga digit angka nol di belakang nomor. Jadi misalnya no BPJS Ketenagakerjaan JHT 12345678901, maka no BPJS Ketenagakerjaan JP adalah 12345678901 000.

2. Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak

Kedua, kita ketahui dulu apakah keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan kita masih aktif atau tidak. Untuk mengetahuinya kamu bisa lakukan dua metode berikut:

2.1 Cek Status Kepesertaan BPJS via Website

  • Langsung saja buka dan kunjungi situs https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id melalui browser di perangkatmu (smartphone/laptop).
  • Jika kamu belum terdaftar, maka klik daftar pengguna.
  • Untuk melanjutkan proses registrasi, lanjut isi Form Pendaftaran Data Segmen kamu.
  • Klik Kirim setelah selesai mengisi form.
  • Akun selesai dibuat, kamu bisa langsung Login menggunakan alamat email dan password kamu.
  • Setelah Login, langsung pilih menu Layanan.

2.2 Cek Status Kepesertaan BPJS via Aplikasi

  • Download dan Install terlebih dahulu aplikasi BPJSTKU melalui Google Play atau App Store.
  • Seperti biasa, Registrasi atau Daftar dan isilah form pendaftaran untuk menggunakan aplikasi BPJSTKU.
  • Perlu dicatat, Syarat registrasi di aplikasi BPJSTK Mobile antara lain Nomor KPJ (ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK e-KTP, Tanggal Lahir, dan Nama.
  • Setelah terdaftar, langsung saja Login menggunakan akun yang telah dibuat.
  • Usai Login, kamu akan langsung tahu status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaanmu di aplikasi tersebut.
  • Lanjut, pilih di Kartu Digital.
  • Setelah muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, klik di tampilan tersebut, bagian bawah akan terlihat status kepesertaan BPJS TK (aktif/tidak aktif).

3. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Nah untuk poin ketiga, setelah mengetahui nomor dan status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan masih aktif, maka selanjutnya kamu bisa mulai untuk mengecek saldo BPJS TK milikmu.

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan. Beberapa diantaranya:

3.1 Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via SMS ke 2757

Cara cek BPJS ketenagakerjaan lewat SMS adalah cara paling mudah dan banyak disukai pekerja. Melalui cara yang satu ini, para pekerja tak perlu lagi repot-repot mengantri untuk mendatangi kantor cabang BPJS ketenagakerjaan serta tak perlu lagi membeli perangkat smartphone atau komputer.

Sebenarnya caranya sangat mudah, Kamu hanya perlu mengirimkan pesan singkat SMS ke nomor center BPJS ketenagakerjaan lalu Kamu pun akan langsung menerima balasan berupa jumlah saldo JHT BPJS ketenagakerjaan.

Namun sebelumnya, para peserta wajib melakukan pendaftaran terlebih dahulu supaya bisa melakukan pengecekan saldo atau status kepesertaan dari BPJS ketenagakerjaan lewat SMS.

Adapun format SMS pengecekan saldo BPJS ketenagakerjaan ialah dengan cara ketik : DAFTAR (spasi) SALDO#Nomor identitas KTP#Nama#Tanggal Lahir#Nomor Peserta, dan kirimkan SMS tersebut ke 2757.

Jika Kamu sudah mendapatkan nomor peserta, Kamu pun bisa langsung mengecek jumlah saldo BPJS ketenagakerjaan dengan membalas SMS tadi melalui format ketik : SALDO (spasi) No. Peserta dan kirimkan SMS ke 2757.

Perlu diketahui bahwa layanan SMS ke nomor 2757 hanya dapat dipakai bagi peserta yang memiliki nomor operator Indosat, XL, dan Telkomsel.

3.2 Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Aplikasi

Untuk cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan aplikasi BPJSTKU, Kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Pertama-tama silahkan unduh aplikasi BPJSTKU di App Store atau Google Play Store.
  • Lalu pilih “Pendaftaran Pengguna Baru”
  • Kemudian, Kamu bisa pilih jenis kepesertaanmu. Terdapat 3 opsi, diantaranya Bukan Penerima Upah (BPU), Penerima Upah (PU), serta Pekerja Migran Indonesia. Misalnya jika Kamu bekerja sebagai seorang karyawan swasta, maka bisa pilih PU.
  • Setelah itu, lengkapi informasi data diri sesuai data pada KTP-mu.
  • Lakukan pengisian nomor kepesertaan atau KPJ yang ada di kartu BPJS.
  • Jika sudah, masukkan alamat akun email yang nantinya dipakai  sebagai username saat login.
  • Buka email dan inputkan kode verifikasi yang telah dikirimkan pada aplikasi tersebut.
  • Langkah berikutnya, silahkan isi nomor Hp.
  • Kemudian masukkan lagi kode verifikasi.
  • Lalu buat kata sandi atau password yang akan dipakai untuk masuk/login selanjutnya.

Registrasi pun telah selesai dilakukan, Kamu sudah bisa memakai aplikasi BPJSTKU. Silahkan pilih “Lihat Saldo” jika ingin mengecek jumlah saldo dari BPJS Ketenagakerjaan.

3.3 Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Website

Cara yang satu ini bisa dilakukan oleh peserta kartu BPJS ketenagakerjaan selagi mereka memiliki koneksi internet. Adapun cara mengecek saldo JHT BPJSTK online ini, dapat diakses lewat website resmi dari BPJS ketenagakerjaan. Dengan ulasan panduan caranya berikut ini :

  • Silahkan kunjungi situs resmi BPJSTK di https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id bisa juga langsung ke halaman situs https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Lalu persiapkan kartu BPJSTK milikimu atau cukup menyertakan nomor KPJ yang tertera di kartu BPJS Kamu.
  • Silahkan klik opsi “Layanan Peserta”, kemudian “Pilih Tenaga Kerja”, selanjutnya akan muncul tampilan opsi “BPJSTKU dan Antrian Online”.
  • Untuk melakukan pengecekan saldo, silahkan pilih BPJSTKU.
  • Selanjutnya Kamu akan masuk menuju link : https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ lalu akan muncul menu login.
  • Silahkan masukkan email beserta password. Kemudian akan muncul berbagai macam pilihan menu yang ditampilkan, Kamu cukup pilih opsi “Lihat Saldo”.

Jika Kamu belum pernah melakukan pengecekan saldo BPJS secara online, maka Kamu perlu membuat akunnya terlebih dahulu. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan pilih opsi “Daftar Pengguna”.
  • Kemudian isilah formulir pendaftaran seperti Nomor KTP, Nama, dan Nomor KJP atau BPJSTK.
  • Lalu pilih “Setuju” di kolom ketentuan layanan. Jika data telah terisi dengan benar dan lengkap, silahkan klik SUBMIT DATA atau Daftarkan.
  • Sesudah selesai mendaftar, Kamu perlu tunggu email balasan atau konfirmasi pesan SMS ke nomor Hp untuk melakukan aktivasi akun.
  • Apabila sudah menerima SMS konfirmasi atau email konfirmasi, selanjutnya silahkan inputkan kode aktivasi pada alamat yang telah tersedia, kemudian klik “Kirim” agar user ID beserta password bisa digunakan. Silahkan cek inbox di akun email-mu.
  • Jika sudah aktif, bisa langsung mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan secara online terlebih dahulu dengan login memakai email yang telah didaftarkan beserta nomor PIN-nya.
    Selanjutnya, Kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini :
  • Sesudah login atau masuk, dengan memasukkan password dan email, silahkan pilih opsi Saldo JHT.
  • Lalu pilihlah opsi KPJ BPJS ketenagakerjaan, dan klik Submit. Selanjutnya jumlah saldo BPJS ketenagakerjaan akan langsung muncul pada layar.

Jika sudah mengetahui saldo JHT BPJS ketenagakerjaan, Kamu bisa kembali ke menu Home kemudian browsing dengan cara mengklik pilihan menu layanan BPJS lainnya secara online, baik itu informasi profil, formulir pengajuan klaim online, dan simulasi saldo JHT.

4. Cara Cek Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

Terakhir, kita akan membahas mengenai cara cek bantuan BPJS Ketenagakerjaan yang belakangan ini cukup ramai jadi topik pembicaraan bagi sebagian besar tenaga kerja di Indonesia.

Adapun cara dan langkah-langkahnya sudah kami ulas dan bedakan dalam artikel lain di WIGATOS. Dimana kamu bisa baca di pembahasan cara cek BLT BPJS Ketenagakerjaan atau bisa juga baca cara cek bantuan UMKM jika kamu adalah penggiat UMKM.

Demikian ulasan tentang cara cek BPJS ketenagakerjaan yang bisa Kamu coba untuk mendapatkan informasi mengenai saldo BPJS ketenagakerjaanmu.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019