Cara Keluar Akun Google

  • Whatsapp

Kalau komputer kamu secara permanen tetap di rumah atau di kantor yang statusnya aman dan kemungkinan besar tidak ada orang lain yang pernah menggunakannya, kamu mungkin boleh-boleh saja membiarkan akun Google kamu tetap login setiap saat. Hal yang sama juga berlaku kalau ponsel pintar kesayangan kamu tidak pernah berada di luar jangkauan tangan kamu. Tapi akan berbeda tentunya kalau kamu menggunakan komputer publik seperti di lokasi pengetikan atau di bandara. Nah karena itulah, kamu harus paham secara mendetil cara keluar akun Google yang tepat.

Cara Keluar Akun Google

Cara Keluar Akun Google
Cara Keluar Akun Google

Sebelum kamu ikutin tutorial ini, kamu juga harus tahu kalau proses sign in kembali ke Google biasanya hanya membutuhkan waktu semua 10 detik, jadi kamu mungkin tidak terlalu membuat waktu produktif kamu dengan mengikuti cara keluar akun Google ini setelah selesai menggunakannya.

Read More

Tapi kondisinya akan berbeda kalau kamu menggunakan komputer bersama atau memiliki kebiasaan meninggalkan ponsel atau tablet kamu. Nah kalau sudah begini, kamu mau tidak mau harus segera membiasakan diri untuk keluar dari akun Google kamu secara teratur. Ini karena saat kamu membiarkan akun Google kamu tetap sign in, kamu berisiko mengizinkan akses ke email, Google Docs, file apa pun di folder Drive, kalender, dan banyak informasi pribadi lainnya.

Terkait:  Cara Keluar dari Akun Google

Cara Keluar dari Akun Google di Komputer

Keluar dari akun Google sebenarnya adalah proses yang sangat mudah, jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukannya. Kamu bahkan dapat melakukannya dari hampir semua halaman Google, seperti Gmail atau Google Doc. Berikut caranya:

  1. Cari foto profil akun Google kamu di pojok kanan atas layar.
  2. Klik pada gambar untuk membuka menu dropdown.
  3. Klik “Sign Out” di bagian bawah menu.

Selesai, kamu baru saja keluar dari akun Google kamu. Ingin sign ini kembali? Cukup klik kotak biru yang menggantikan gambar profil kamu yang bertuliskan “Sign in” dan ikuti langkah-langkah yang diberikan Google kepada kamu.

Cara Keluar dari Akun Google di iPhone

Ada satu perbedaan besar antara keluar dari akun Google di iPhone kamu dibandingkan dengan sign out di komputer: Saat kamu sign out di ponsel, kamu sebenarnya tidak akan keluar dari aplikasi Gmail atau aplikasi Google lainnya dan hanya dari akun Google kamu di browser seluler. Berikut cara melakukannya:

  1. Buka beranda Google di browser seluler kamu.
  2. Ketuk gambar profil kamu di sudut kanan atas.
  3. Ketuk kata “Sign out” di bagian bawah menu yang muncul.

Selesai. Mudah bukan? Karena prosesnya yang sangat mudah ini, maka rasanya sulit untuk membenarkan kasus dimana kamu malas untuk tidak melakukannya.

Cara Menghapus Akun Google dari Ponsel Pintar

Kalau kamu masih juga belum puas dengan dua cara di atas, opsi ini adalah salah satu cara paling aman untuk keluar dari akun Google. Namun, pilihan ini juga memiliki beberapa efek yang serius. Saat kamu menghapus akun Google dari ponsel pintar kamu, kamu tidak lagi dapat mengakses data akun tersebut di aplikasi milik Google. Artinya, kamu juga akan keluar dari Gmail, YouTube, Maps, Google Drive, Contact, dll.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi

Menghapus akun Google dari ponsel juga bukan berarti kamu sudah menghapus akun dari server Google. Jadi intinya, tidak ada data kamu dari aplikasi Google yang akan dihapus. Proses ini hanya akan menghapus akun dari ponsel pintar kamu. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka aplikasi Gmail dan ketuk ikon gambar profil di bagian atas.

Langkah 2: Ketuk Kelola akun di perangkat ini. Lompat ke langkah 3 kalau kamu menggunakan iPhone atau iPad, jika tidak, lanjutkan membaca. Di ponsel Android, kamu akan dibawa ke layar berisi daftar akun di mana kamu akan melihat semua akun yang terdaftar di ponsel pintar kamu. Ketuk akun Google yang ingin kamu hapus.

Langkah 3: Pada perangkat iPhone dan iPad, ketuk tombol Hapus dari perangkat ini di bawah akun kamu. Di ponsel Android, ketuk tombol Remove akun. Pesan konfirmasi akan muncul. Konfirmasikan saat ditanya. Jika tombol Remove akun tidak tersedia, ketuk ikon tiga titik di bagian atas dan pilih Remove akun.

Resiko Tidak Keluar Akun Google

Di masa yang sangat terkoneksi seperti sekarang, akun Google mungkin sama pentingnya dengan KTP atau Paspor. Karena itu, akan sangat penting untuk menjaga agar tidak ada data pribadi yang sangat sensitif keluar dari akun Google ini. Secara fungsi, menghindari pencurian data sensitif adalah alasan mengapa tutorial cara keluar akun Google ini sangat penting. Tidak hanya tentang cara logout Gmail, tapi akun Google juga berisi history tontonan Youtube, lokasi di Maps hingga berbagai data di dalam Google Drive.

Related posts