Cara Mengembalikan WhatsApp yang Dihack

Bagaimana jadinya jika Whatsapp kalian di hack oleh orang-oang yang tidak bertanggung jawab? Apakah bisa mengembalikan Whatsapp yang di hack? Jangan khawatir, Whatsapp mempunyai cara tersendiri untuk mengembalikan Whatsapp yang dihack orang tidak bertanggung jawab, agar kalian dapat mengaksesnya kembali. Simak terus informasi cara mengembalikan WhatsApp yang dihack disini!

Mengenai Akun WhatsApp yang Dihack

Akun terkena hack artinya akun tersebut digunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab demi kepentingan orang tersebut. Biasanya untuk meloloskan aksi penipuan maupun tindak kejahatan lainnya yan bisa merugikan pemilik akun WhatsApp yang asli.

Penyebab dari akun di hack biasanya bermula dari kode verifikasi Whatsapp yang bocor. Dengan kata lain, jangan pernah membagikan kode verifikasi Whatsapp kepada orang lain, sekalipun itu keluarga atau teman dekat. Apabila kalian merasa tertipu sehingga terdorong untuk membagikan kode verifikasi Whatsapp, maka yang perlu dilakukan adalah mengembalikan Whatsapp kalian.

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah dengan memberitahu teman maupun keluarga apabila ada orang mencurigakan yang memakai akun WA kalia dengan menyamar sebagai diri kalian saat melakukan chat pribadi. Ini adalah langkah antisipasi agar nama baik kalian tidak tercemar akibat ulah hacker yang tidak bertanggung jawab.

Sisi baiknya apabila akun Whatsapp kalian kena hack, maka orang tersebut tidak akan membaca percakapan di masa lalu. Hal ini disebabkan, Whatsapp telah terenkripsi secara end to end dan disimpan pada perangkat yang kalian gunakan sehari-hari. Namun demikian, tetap saja kalian harus mengembalikan Whatsapp agar tidak di salah gunakan dengan seenaknya.

Cara Mengembalikan Whatsapp yang Dihack

Cara Mengembalikan WhatsApp Dihack
Tutorial Mengembalikan WhatsApp Dihack

Ada beberapa cara mengembalikan Whatsapp yang dihack untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada akun kalian, berikut ini :

1. Keluar dari WhatsApp Web

Cara mengembalikan Whatsapp yang dihack pertama yaitu dengan logout dari WhatsApp Web. Metode ini dapat dilakukan dengan mudah lewat beberapa langkah berikut :

  • Buka WhatsApp.
  • Silahkan tekan opsi titik tiga di samping kanan atas.
  • Jika sudah, tekan perangkat tertaut.
  • Kemudian kalian akan ditampilkan daftar device atau perangkat yang login Whatsapp.

  • Tekan perangkat dan klik logout.

Setelah itu, akun WA kalian mnjadi aman, serta tidak lagi ada pesan terbuka atau pesan WA terkirim tanpa kalian tahu.

2. Menginstall Ulang Whatsapp

Cara mengembalikan WhaatsApp yang dihack selanjutnya adalah pada smartphone. Kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Lakukan uninstall WhatsApp.
  • Masuk ke menu Setelan.
  • Tekan menu Apl dan ketuk kelola aplikasi.
  • Silahkan cari Play Store dan tap penyimpanan.
  • Lalu hapus data dan bersihkan cache atau clear cache.

  • Silahkan install aplikasi WhatsApp kembali di Play Store.

Jika aplikasi sudah terpasang, maka kalian hanya perlu login ulang ke akun WhatsApp seperti biasa. Caranya inputkan nomor hp beserta kode OTP. Selanjutnya, jangan pernah melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan akun kalian dibajak.

3. Mengirimkan Email Lewat Pusat Bantuan WA

Jika cara mengembalikan WhatsApp yang dihack yang pertama tetap tidak berhasil, sebaiknya kalian coba menggunakan cara yang ketiga. Kalian hanya perlu mengirimkan laporan terkait masalah akun WhatsApp yang dibajak ke Email Pusat Bantuan WhatsApp melalui [email protected].

Di dalam isi pesan, kalian dapat menuliskan terkait peretasan akun dan meminta bantuan agar pihak Whatsapp dapat mengembalikan akun WhatsApp kalian yang sedang dihack. Sertakan pula data-data berupa akun email, nomor hp dan nama pengguna.

Jika pesan sudah terkirim, maka biasanya pihak WhatsApp langsung merespon laporan kurang dari 1×24 jam sekaligus memberikan informasi lanjutan mengenai proses untuk mengembalikan WA yang dihack.

Kenali Ciri-ciri Akun WhatsApp Kena Hack

Kalian juga perlu tahu, beberapa ciri akun WhatsApp kalian kena hack berikut ini :

1. Akun WA Tiba-tiba Mengirimkan Chat Tanpa Sepengetahuan

Ketika ada teman di kontak Whatsapp kalian mengaku menerima pesan chat dari akun WhatsApp kalian dengan pesan mencurigakan, maka dapat dipastikan WhatsApp kalian sedang diretas atau dipakai orang lain. Biasanya pesan chat tersebut menambahkan link huruf acak. Hal tersebut bertujuan untuk meretas bahkan mencuri berbagai data pengguna.

2. Pemilik Menerima Pesan Mencurigakan

Hacker seringkali menggunakan teknik phising, dengan mengirimkan chat atau pesan spam memakai tautan/link mencurigakan. Biasanya pesan tersebut berbahasa asing. Apabila kalian mengklik link tersebut, kemudian melakukan instruksi yang terdapat pada situs web, besar kemungkinan akun kalian untuk diretas. Jadi, jika ada pesan mencurigakan yang meminta kalian mengklik link tersebut, sebaiknya jangan tekan linknya.

3. Status Online Tapi Tidak Merasa Mengakses WhatsApp

Ciri selanjutnya yaitu dengan mengecek status online akun WA kalian dari akun pengguna lain. Silahkan nonaktifkan smartphone sementara waktu, lalu pinjam hp teman dan cek profil akun WA kalian. Selain itu, kalian juga perlu memastikan jika kalian tidak sedang menggunakan WhatsApp web. Apabila status WA kalian online, ini artinya akun WA kalian sedang diakses orang lain.

4. Sering Keluar Akun Tiba-tiba

WhatsApp menerapkan sistem keamanan, dengan memungkinkan kalian hanya dapat menggunakannya di satu smartphone. Dengan kata lain, apabila kalian membuka akun WA pada perangkat yang baru, maka akun di perangkat yang lama bisa keluar otomatis.

Apabila hal ini terjadi, biasanya WhatsApp akan membertahukan jika nomor kalian tidak terdaftar lagi pada perangkat yang dipakai. Ada 2 pilihan yang muncul, yaitu verifikasi atau OK. Silahkan pilih verifikasi supaya akun kalian tidak diakses oleh orang lain.

5. Mendapat OTP dari  Pihak WhatsApp Secara Tiba-tiba

Kode OTP merupakan bentuk dari keamanan WhatsApp guna mencegah terjadinya pembajakan akun WA yang kerap kali dikirimkan ketika membuat akun WhatsApp yang baru. Selain itu, kode tersebut juga diminta saat kalian login memakai perangkat baru. Apabila tiba-tiba menerima kiriman OTP dari WhatsApp, harus waspada. Sebab artinya seseorang sedang berusaha untuk masuk ke dalam akun kalian.

OTP terdiri atas 6 digit angka yang bersifat rahasia. Sehingga, jangan pernah sekalipun memberikan OTP ke siapa saja supaya akun Whatsapp tidak diretas ornag lain. Langsung hapus pesan OTP tersebut supaya tidak ada yang dapat mengaksesnya.

Tips Keamanan WhatsApp

Selain cara mengembalikan Whatsapp yang dihack, kalian juga harus mencoba tips keamanan agar akun WhatsApp kalian tidak dihack, berikut ini :

1. Verifikasi Dua Langkah

Lakukan verifikasi dua langkah, lewat menu setting pada aplikasi WA yang kalian gunakan. Silahkan lakukan tutorial berikut :

  • Buka WhatsApp di perangkat kalian.
  • Sesudah masuk, tekan opsi tiga titik di ujung kanan atas pada layar.
  • Pilih setting & account.
  • Tekan menu verisikasi dua langkah atau two step verification.
  • Lalu ketuk enable.
  • Inputkan 6 digit kode angka yang kalian inginkan.
  • Jika sudah, tambahkan akun email untuk memulihkan kode saat lupa.

2. Mengakifkan Keamanan Scan Sidik Jari

Untuk melindungi agar WhatsApp tidak dihack berikutnya yaitu dengan mengaktifkan scan sidik jari. Melalui pemindaian sidik jari aplikasi WhatsApp, pastinya saat kalian ingin mengakses aplikasi Whatsapp kalian harus melakukan pemindaian terlebih dulu.

  • Silahkan buka WhatsApp kalian.
  • Tekan ikon tiga titik di samping kanan pada bagian atas layar.
  • Ketuk privasi.
  • Pilih opsi kunci sidik jari.
  • Aktifkan scan sidik jari.
  • Selanjutnya kalian akan diminta scan sidik jari kalian.
  • Lalu WhatsApp akan langsung terkunci menggunakan sidik jari.

Nah, itulah ulasan tentang cara mengembalikan WhatsApp yang dihack yang bisa kalian coba sekaligus tips melindungi akun WA kalian agar tidak kena hack.

Related posts