Cara Keluar Akun Gmail di Android

  • Whatsapp

Perkembangan Android telah memberikan kesempatan untuk banyak pabrikan dalam menggunakan Mobile OS ini untuk produknya. Tapi ada satu hal yang mungkin akan sedikit menyebalkan tentang Android: ketergantungan pada akun Google. Nah kalau kamu pengguna Android, kamu pasti tahu kalau OS buatan mbah Google ini juga memboyong aplikasi native-nya ke perangkat kamu. Salah satu yang paling umum digunakan adalah Gmail. Tapi gimana kalau kamu mau tahu cara keluar akun Gmail di Android? Bisa tidak sih sebenarnya untuk keluar dari akun Gmail di Android?

Cara Keluar Akun Gmail di Android

Cara Keluar Akun Gmail di Android
Cara Keluar Akun Gmail di Android

Ada cukup banyak alasan untuk memilih log out dari akun Gmail di Android. Tapi salah satu yang biasanya paling sering digunakan adalah karena kebutuhan untuk me-reset atau sekedar memperbaiki error yang terjadi. Terlepas dari alasan mana yang akhirnya membawa kamu ke artikel ini, kami akan menyajikan tutorial dan kiat terbaik dalam memastikan keberhasilan kamu untuk sign out dari Gmail di Android. Baca sampai selesai ya!

Read More

Apakah Bisa Keluar dari Akun Gmail di Android?

Sayangnya, jawabannya tidak ada yang memuaskan. Intinya, kamu tidak bisa sign out atau log out dari akun Gmail kamu di Android karena memang tidak ada tombol yang langsung menyediakan akses tersebut. Ketika pertama kali kamu masuk dengan akun Google kamu ke Android, secara langsung, semua aplikasi bawaan akan terkoneksi secara otomatis.

Terkait:  Cara Google Docs Voice Typing

Ketika kamu memilih untuk menambahkan akun Google di Android maka kamu akan secara otomatis menggunakannya untuk mengakses layanan Google yang telah diinstal. Aplikasi native ini termasuk Gmail dan layanan lain seperti YouTube, Google Drive, Doc, dll. Makanya, pikir-pikir dulu sebelum membuat banyak akun Gmail!

Namun, fitur sinkronisasi harus lebih dulu diaktifkan untuk menerima email baru. Jika tidak, meskipun kamu sudah dapat melihat dan mengakses email saat membuka aplikasi, kamu tidak akan mendapatkan email baru.

Nah masalahnya adalah, kalau kamu ingin keluar dari aplikasi Gmail, prosesnya tidak langsung dan sederhana. Ada beberapa cara untuk berhenti menggunakan dan menerima email di aplikasi Gmail. Salah satunya adalah dengan mematikan akun atau menghapus akun Google dari ponsel Anda.  Atau, kamu juga dapat menonaktifkan sinkronisasi Gmail. Solusi lain adalah mencopot pemasangan atau menonaktifkan aplikasi Gmail.

Untuk lebih mudahnya, ayo cek langkah-langkah keluar dari aplikasi Gmail.

Langkah-langkah untuk Keluar Dari Aplikasi Gmail

Meski akan ada beberapa cara keluar akun Gmail di Android, tapi tutorial di bawah in adalah opsi yang paling mudah dan efektif ketimbang harus mengikuti cara-cara yang lain:

  1. Pada perangkat Android kamu, ketuk ikon aplikasi Gmail.
  2. Setelah aplikasi Gmail terbuka di perangkat pintar kamu, ketuk ikon bilah Menu (tiga garis horizontal) yang terletak di sudut kiri atas layar smartphone.
  3. Dari opsi menu yang muncul di layar smartphone kamu, ketuk ikon “drop-down” yang terletak di sebelah alamat email kamu. Aksi ini akan membuka daftar akun email yang terkait dengan aplikasi Gmail yang ada di perangkat Android kamu. Selain itu, kamu juga akan melihat opsi “Kelola Akun”.
  4. Pilih opsi “Kelola Akun” dan kemudian arahkan ke opsi pengaturan “Akun”.
  5. Ketuk akun email yang ingin kamu hapus dari perangkat Android. Sekali lagi ketuk akun email (jika diminta) untuk mengonfirmasi proses logout ini.
  6. Selanjutnya, ketuk ikon “Lainnya” (tiga titik vertikal) yang terletak di sudut kanan atas layar kamu. Kamu akan melihat dua opsi – Batalkan sinkronisasi dan Hapus akun.
  7. Kamu perlu mengetuk opsi “Hapus akun” untuk keluar dari akun email dari perangkat Android.
  8. Setelah itu, kamu dapat memeriksa “aplikasi Gmail” kembali untuk mengetahui apakah akun email tadi telah dihapus atau tidak dari aplikasi Gmail.
Terkait:  Cara Keluar dari Gmail

Jadi, inilah cara Anda dapat dengan mudah keluar dari akun Gmail Anda di perangkat Android.

Keluar Tapi Tidak Keluar dari Akun Gmail di Android

Kalau kamu kebetulan masih ragu untuk menghapus akun Gmail, kamu tetap bisa kok untuk mematikan sinkronisasi Gmail. Proses ini akan berdampak pada tidak terkoneksinya akun Gmail kamu ke server. Ini juga bisa jadi opsi terbaik kalau kamu tidak ingin menerima email baru di ponsel Android kamu. Setelah menyelesaikan tahapan tutorialnya, email baru tidak akan otomatis muncul di aplikasi Gmail.

  • Untuk mematikan sinkronisasi Gmail, buka Pengaturan di ponsel pintar kamu dan buka Account. Ketuk akun Google kamu.
  • Masuk ke Sinkronisasi akun. Matikan opsi di sebelah Gmail
  • Selesai

Nah gimana kalau kamu tiba-tiba butuh untuk mengecek email baru dari akun Gmail ini? Gampang, kamu hanya perlu membuka aplikasi Gmail dan me-refresh-nya. Jika tidak ada yang salah dengan koneksi dan pengaturan akun, kamu harusnya dapat kembali melihat email baru kamu.

Related posts