Cara Keluar Akun Gmail

Gmail adalah salah satu platform perpesanan digital yang paling banyak digunakan seluruh dunia. Terintegrasi dengan berbagai layanan Mbah Google yang empu-nya internet menjadi alasan utama mengapa Gmail jadi mailing service paling terkenal sejagad. Tapi kali ini kita tidak akan berbicara tentang kelebihan Gmail dan alih-alih, kita akna berbicara tentang cara keluar akun Gmail. Kamu mungkin akan bertanya “Kenapa?” “Emang Penting?” Well, jawabannya ada di bawah ini.

Cara Keluar Akun Gmail

Cara Keluar Akun Gmail
Cara Keluar Akun Gmail

Untuk kamu yang tipikal pelupa atau memang belum tahu cara untuk keluar dari akun Gmail, kamu berada di artikel yang tepat. Karena, artikel ini akan membahas semua jalan log out dari akun Gmail sampai tingkat bahaya lupa keluar dari akun gmail kamu. Baca sampai selesai ya!

Cara Keluar Akun Gmail via PC dan Desktop

Sejauh perkembangan teknologi, ada dua perangkat yang paling common yang juga mungkin kamu gunakan: PC dan Ponsel Pintar. Dan dengan mengingat tersebut, artikel ini akan menjelaskan cara keluar akun gmail dari dua perangkat tersebut.

Khusus untuk kamu pengguna PC ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Arahkan pointer mouse ke profil photo di laman Gmail dan klik
  2. Setelahnya kamu akan menemukan beberapa menu dan pilih “Sign Out”
  3. Tunggu beberapa saat dan seharusnya kamu akan sudah log out dari akun Gmail

Kalau kamu memang sedang kebetulan menggunakan komputer publik, pilih hapus akun pada halaman setelah keluar dari akun Gmail. Untuk lebih amannya lagi, bersihkan history dan cache dari browser setelah menggunakannya. Sebagai langkah preventif, cek kekuatan password Gmail kamu secara berkala.

Cara Keluar Akun Gmail via Ponsel Pintar

Berbeda dengan cara log out dari PC, proses keluar dari akun Gmail via mobile agak sedikit lebih rumit. Itulah mengapa banyak yang menyarankan untuk download Gmail di Laptop ketimbang menggunakan perangkat pintar ini. Tapi tenang, dengan beberapa langkah berikut kamu bisa menyelesaikan tugas ini tanpa masalah!

  1. Kunjungi laman gmail.com
  2. Setelah laman terbuka, tap ujung kiri atas layar pada menu tiga titik yang tersedia
  3. Selanjutnya akan muncul alamat email Gmail milik kamu
  4. Turun sedikit ke bawah dan kamu akan menemukan opsi “Sign Out”
  5. Tap pada pilihan tersebut dan tunggu beberapa saat sebelum kamu berhasil keluar dari akun Gmail

Nah, langkah-langkah di atas akan sedikit berbeda kalau kamu kebetulan sudah menggunakan aplikasi Gmail di ponsel pintar kamu. Nah, untuk log out dari aplikasi Gmail, kamu bisa ikuti beberapa langkah ini.

  • Buka aplikasi Gmail yang ada di ponsel kamu
  • tekan “Manage Account” di bagian bawah
  • Kalau ada beberapa akun yang sudah sign in, kamu akan daftar email tersebut
  • Pilih akun yang ingin kamu log out dengan mengetuk ke gambar profil Gmail tersebut
  • Tunggu sesaat sampai semua proses selesai.

Kalau kamu malas untuk direpotkan untuk mengikuti step by step di atas, kamu bisa kok untuk langsung hapus aplikasi tersebut. Dengan cara ini, ponsel pintar kamu akan secara otomatis menghapus akun yang terkoneksi dengan aplikasi Gmail. Tapi akan berbeda tentunya kalau trik ini diaplikasikan di Android yang notabene adalah native-nya Gmail.

Krusialnya Informasi Tentang Cara Keluar Akun Gmail

Di paragraf pembuka tadi, artikel ini sudah menyinggung tentang kedigdayaan Gmail yang melebihi platform email gratisan lainnya. Terkoneksinya akun gmail ke Google adalah salah satu sebabnya. Tapi di area ini juga sebenarnya ada potensi bahaya yang tidak diketahui oleh banyak orang termasuk mungkin kamu yang sedang baca artikel ini.

Nah, kelebihan Gmail yang bisa tersambung ke layanan Google lain berarti bahwa kalau sekiranya kamu lupa logout di salah satu device publik, maka data-data pribadi kamu akan dapat menjadi santapan publik begitu saja. Dari internet banking sampai data pribadi yang biasanya nyantol di email akan jadi masalah utama. Tapi, tidak berhenti disitu lho!

Selain masalah sensitivitas data dan informasi perbankan, lupa cara keluar akun gmail juga berdampak fatal pada beberapa hal lain yang juga tidak kalah pentingnya. Misalnya, foto-foto pribadi milik kamu yang tersinkron ke layanan Google Photos, atau misalnya lagi beberapa data penting dan intim yang kamu masukkan ke akun Google Drive yang semuanya terkoneksi dengan akun Gmail kamu.

Dalam beberapa kasus yang pelik, data informasi seperti lokasi login juga dapat di-cloning oleh pihak tidak bertanggungjawab. Buat kamu yang bekerja di kantor, hacker-hacker jahat bisa mengambil data-data sensitif dari perusahaan kamu kalau kamu kelupaan keluar dari akun Gmail. Kalau sudah kepalang basah seperti ini sih, biasanya cuma ada satu pilihan yakni hapus akun Gmail selamanya.

Pada akhirnya, kewaspadaan adalah kunci dalam menghindari masalah. Nah, untuk itu, perhatikan dengan baik beberapa tata cara log out dari akun Gmail untuk menjaga semua data-data informasi pribadi tentang diri kamu. Bak kata pepatah, lebih baik menghindari daripada mengobati. Ciao!

Radian Zaninta
Doi ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.