Cara Freeze di Google Sheet

Google Spreadsheet telah memberikan banyak kemudahan. Pengelolaan interkoneksi tanpa aplikasi menjadi salah satu kelebihannya. Sebagai alternatif gratisan dari Microsoft Excel, Google Spreadsheet juga tersedia dalam versi seluler dan web. Meskipun tidak memiliki semua fitur Excel, aplikasi ini bekerja dengan baik dengan antarmuka yang mudah dimengerti. Namun tentunya, akan ada perbedaan seperti cara freeze di Google Sheet, cara merging dan cara menempatkan waktu dan tanggal.

Secara fungsional memang, Google Spreadsheet tidak dapat digunakan untuk mengelola kumpulan data yang besar atau melakukan komputasi serius. Tetapi aplikasi web besutan Google ini memiliki fungsionalitas yang dapat digunakan secara mobile. Plus, Google Sheet juga dapat digunakan secara offline atau disinkronkan dengan Google Drive sehingga pengguna dapat dapat mengaksesnya dari beberapa perangkat secara sekaligus.

Cara Freeze di Google Sheet

Cara Freeze di Google Sheet
Cara Freeze di Google Sheet

Tapi bukannya tanpa masalah, salah satu kelemahan menggunakan spreadsheet di akun Google adalah sulitnya memasukkan data dalam jumlah besar di layar kecil. Misalnya, ketika kamu menggunakan aplikasi ini untuk menyimpan skor sebuah permainan, akan sulit untuk mengingat pemain mana yang berada di setiap baris, terutama jika permainan berlanjut selama beberapa putaran.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu belajar cara freeze di Google Sheet untuk membekukan kolom dengan nama semua pemain, jadi nama-nama tersebut masih akan ditampilkan saat mengisi hasil data tiap putaran permainain. Singkatnya, semakin banyak baris dan kolom yang kamu miliki di Google Sheets, maka kamu pastinya akan semakin kerepotkan. Membekukan atau menyembunyikan baris dan kolom dapat membuat spreadsheet kamu menjadi lebih mudah dibaca dan dinavigasi.

Cara Freeze Kolom dan Baris di Google Sheets versi PC

Kamu perlu ingat bahwa kalau kamu membekukan kolom atau baris di Google Sheets, maka area yang di itu akan terkunci di tempatnya. Ini adalah opsi yang ideal untuk digunakan dengan spreadsheet padat data terutama jika kamu perlu melihat baris atau kolom header agar data lebih mudah dibaca.

Dalam kebanyakan kasus cara freeze di Google Sheet, kamu hanya perlu membekukan baris atau kolom pertama. Tetapi kamu juga bisa membekukan baris atau kolom selain baris pertama. Untuk memulai, pilih sel di kolom atau baris yang ingin kamu bekukan, lalu klik View> Freeze dari panel menu. Kondisinya akan sedikit berbeda kalau kamu ingin membekukan kolom atau baris tertentu.

  1. Untuk membekukan kolom, pilih kolom yang diinginakan dengan menekan header untuk kolom tersebut.
  2. Ketuk di mana saja dalam kolom dan menu opsi akan muncul. Tekan panah ke kanan hingga kamu melihat opsi untuk membekukan kolom. Perhatikan bahwa jika kamu sedang mencoba membekukan kolom selain kolom A, maka kaku harus membekukan semua kolom sebelum kolom yang kamu pilih. Misalnya, kalau kamu ingin mencoba membekukan kolom B, kamu perlu membekukan dua kolom: A dan B.
  3. Proses untuk membekukan baris juga sama seperti yang dijelaskan di atas. Cukup pilih baris dengan nomor yang kamu inginkan dan ikuti prosedur yang sama.

Kalau tidak ada yang salah dalam prosesnya, kamu nantinya akan diminta untuk memilih salah satu opsi view yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Diantaranya:

  • No Line: Menghilangkan semua baris.
  • 1 Row: Membekukan baris pertama.
  • 2nd Row: Membekukan dua baris pertama.
  • Up to the current row (x): Membekukan semua baris hingga area yang dipilih. Nilai x merupakan nomor baris yang pilih.
  • No Column: Menghilangkan semua kolom.
  • 1 Column: membekukan kolom pertama.
  • 2 Column: membekukan dua kolom pertama.
    Up to the current column (x): Membekukan semua kolom hingga area yang dipilih. Nilai x merupakan nomor kolom yang pilih.

Ketika kamu menggulirkan mouse secara horizontal atau vertikal, kolom atau baris yang kamu pilih untuk dibekukan akan tetap terlihat di mana pun kamu berada di spreadsheet.

Cara Freeze Kolom dan Baris di Google Sheets versi Mobile (Smartphone dan Tablet)

Proses untuk menelaan cara freeze di Google Sheet saat menggunakan PC adalah hal yang tergolong mudah. Nah sayangnya, hal yang sama tidak bisa dihempaskan ke subjek ketika penggunaannya beralih ke mobile section. Dengan keterbatasan layar dan juga beberapa faktor lainnya, kamu mungkin akan sedikit ribet untuk dapat melakukan tugas ini.

Tapi tenang, kamu hanya perlu mengiktui beberapa petunjuk ini untuk membekukan kolom dan / atau baris di perangkat Android dan iOS (iPad, iPhone, iPod Touch). Langkah-langkah di bawah ini dapat dilakukan pada Android versi 8 tetapi seharusnya akan juga serupa di semua perangkat yang lebih anyar.

  1. Buka aplikasi Google Sheets.
  2. Buka spreadsheet yang sedang kamu kerjakan (atau buat yang baru).
  3. Pilih baris atau kolom yang ingin kamu bekukan dengan mengetuknya sekali sehingga terlihat telah dipilih.
  4. Untuk memilih seluruh baris, ketuk nomor baris di sebelah kiri baris yang ingin kamu bekukan. Untuk memilih seluruh kolom, pilih huruf di atasnya.
  5. Ketuk lagi kolom yang telah dipilih untuk memunculkan menu.
  6. Ketuk tiga titik di sebelah kanan untuk membuka menu.
  7. Terakhir, pilih “freeze”.

Mengapa Cara Freeze di Google Sheet Penting?

Identik dengan cara edit Google Sheet, pengelolaan data yang tepat menjadi inti utama mengapa cara freeze di Google Sheet juga penting. Seperti yang telah disinggung di awal artikel, fungsi ini menawarkan kemudahan untuk pengelolaan data yang tepat dan cepat. Proses freeze atau membekukan kolom dan baris juga menjadi krusial karena dapat memangkas pontesi komplikasi masalah dalam data entering.

Jika masih belum cukup, Google Sheet juga memungkinkan kamu sebagai pengguna untuk melindungi sel atau sheet sehingga pengguna tertentu lainnya tidak dapat mengeditnya. Ini adalah tool yang solid untuk digunakan jika kamu memiliki spreadsheet yang digunakan oleh banyak orang dan ingin mencegah mereka secara tidak sengaja menghapus rumus kompleks atau data.

Sayangnya, fungsi protect bekerja dalam sistem yang berbeda di Google Sheets dan Excel. Google Sheets menggunakan konsep permission, yang berarti bahwa orang lain perlu meminta izin untuk mengedit sel yang dilindungi tersebut. Pada akhirnya, mengaktifkan opsi proteksi dan mengaplikasikan cara freeze di Google Sheet adalah kombinasi terbaik untuk mencegah potensi masalah yang tidak diinginkan ke depannya. Selamat mencoba!

Radian Zaninta
Doi ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.