Cara Jualan Pulsa di Shopee

Sebagai marketplace terkemuka, Shopee memang tak hanya menawarkan produk baju, tas, sepatu, kebutuhan sehari-hari, dan lainnya, tetapi juga sudah merambah ke produk digital. Salah satunya ialah dengan menjual pulsa. Maka tak heran jika Shopee juga menawarkan cara jualan pulsa di Shopee bagi Kamu yang memiliki usaha pulsa.

Dengan berjualan pulsa di Shopee, bisa membuat usaha jualan pulsamu menjadi semakin berkembang. Bahkan bisa menjangkau pelanggan hingga di seluruh Indonesia. Menariknya lagi cara jualan pulsa di Shopee cukup mudah. Namun pastikan Kamu sudah menginstall aplikasi Shopee terlebih dahulu di smartphone untuk melanjutkan cara jadi seller Shopee dengan berjualan pulsa.

Cara Jualan Pulsa di Shopee

Cara Jualan Pulsa di Shopee
Berjualan Pulsa di Shopee

Berjualan Pulsa di Shopee

Jika Kamu ingin mencoba berjualan pulsa di Shopee, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Berikut ini :

1. Download Aplikasi Mitra Shopee di App Stre atau Play Store

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan ialah unduh dan install aplikasi Mitra Shopee di App Store maupun di Play Store. Cara jualan pulsa di Shopee tahap pertama ini sangat mudah, tidak memerlukan kapasitas memori besar jadi sangat mempermudah penjual. Selain itu, Kamu cukup mengatur akses internet supaya proses download aplikasi ini berhasil.

Aplikasi ini memang menunjang berbagai macam transaksi, selain transaksi pulsa, juga dapat berjualan paket internet hingga pembayaran listrik. Dengan adanya aplikasi yang satu ini, pastinya sangat menunjang aktivitas transaksi. Jadi jika pembeli ingin membeli pulsa dan token listrik tak perlu repot-repot datang langsung ke toko atau konter pulsa.

Terkait:  Cara Jualan Thrift Shop

Dengan begitu, pembeli juga lebih hemat biaya transportasi dan waktu. Selain itu, biasanya pembelian listrik dan pulsa secara online lewat marketplace lebih terjangkau. Melalui banyak keuntungan yang diperoleh inilah, tak jarang banyak pembeli lebih memilih membeli pulsa online. Selain itu, Kamu sebagai penjual juga dapat memperoleh keuntungan sesuai target.

2. Mendaftar Akun Pribadi di Shopee

Selanjutnya Kamu bisa melakukan registrasi akun Shopee. Jika Kamu ingin mulai berjualan pulsa di Shopee, pastinya harus mendaftar akun terlebih dahulu supaya bisa melakukan berbagai macam transaksi bersama pembeli. Sebenarnya caranya mudah sekali, Kamu dapat mendafta lewat software atau situs internet.

Adapun persyaratan registrasi kedua cara berjualan pulsa di Shopee tersebut pun sama. Seperti menginput data berupa nomor Hp, username sampai kata sandi. Silahkan Masukkan semua perintah pada kolom yang telah tersedia. Jika Kamu telah mempunyai akun di aplikasi Shopee, maka langkah yang satu ini tak perlu dilakukan. Jadi langsung saja masuk ke proses selanjutnya.

Melakukan registrasi akun Shopee juga tak memerlukan waktu yang lama. Kamu hanya memerlukan koneksi internet supaya bisa melakukan semua proses tahapan registrasi dengan baik. Apabila koneksi internetmu sedang lambat, biasanya akan berpengaruh pada proses pendaftaran. Dimana hal tersebut pun bisa membuat tahap registrasi terhambat bahkan gagal.

3. Registrasi di Akun Mitra

Jika pembuatan akun di Shopee sudah berhasil dilakukan, langkah cara jualan pulsa di Shopee selanjutnya ialah mendaftar akun mitra Shopee yang telah diunduh sebelumnya. Ini penting sekali dilakukan sebab kita sebagai penjual merupakan partner marketplace Shopee. Oleh karena itu, memerlukan registrasi terlebih dahulu. Sebenarnya registrasi akun mitra Shopee sendiri sangat mudah.

Kamu cukup menginputkan email, username atau nomor Hp. Selain itu, lakukan pengaturan password supaya bisa masuk. Pastikan Kamu melakukan perintah yang telah tersedia agar registrasi berhasil. Lalu masuk ke akun Shopee personal/pribadi agar Kamu bisa masuk ke aplikasi Mitra Shopee.

4. Melakukan Verifikasi Data Pribadi Sesuai Perintah

Setelah itu, lakukan verifikasi data pribadi. Adapun dokumen yang diperlukan, salah satunya KTP. Dalam cara jualan pulsa di Shopee ini, Kamu cukup menginputkan nama, tanggal lahir dan nomor KTP. Foto diri dan foto KTP juga penting diunggah supaya proses pengecekan dapat dilakukan marketplace.

Cara ini adalah langkah terpenting. Sebaiknya foto KTP diunggah dengan gambar yang kualitasnya lebih jelas, mempunyai resolusi tinggi serta tidak kabur. Dengan demikian, semakin mempermudah proses pengecekan pihak marketplace itu sendiri. Sebaiknya foto diri juga harus dibuat berkualitas tinggi supaya wajahmu benar-benar jelas terlihat.

Terkait:  Cara Mengisi ShopeePay lewat M Banking BCA

5. Isi Saldo Sesuai Budget

Jika Kamu ingin melanjutkan cara berjualan pulsa di Shopee, selanjutnya tinggal isi saldo. Jumlah pengisian saldo yang ada juga sangat bervariasi. Di sini Kamu dapat memilih jumlah nominal sesuai anggaran yang Kamu miliki. Dari nominal Rp. 25 ribu, Rp. 50 ribu sampai Rp. 2 juta. Berbagai pilihan nominal saldo tersebut tentunya tak memberatkanmu sebagai pihak penjual.

Mengingat penjual lebih leluasa memilih saldo sesuai anggaran atau budget yang ada. Jika pengisian saldo sudah dilakukan, Kamu dapat melakukan transaksi pembayaran sesuai metode yang telah ditentukan. Dengan demikian, tidak akan memberatkan seller sebab seller lebih leluasa memilih metode. Sedangkan langkah terakhir ialah mulai berjualan.

6. Pilih Ikon Bertuliskan “Saya” di Akun Shopee

Langkah selanjunya ialah Kamu harus memilih ikon bertuliskan “Saya”. Biasanya ikon tersebut terletak di samping kanan bagian bawah, yang biasanya berisi informasi mengenai akun di tiap-tiap pengguna Shopee.

7. Silahkan Pilih “Jual”

Langkah selanjutnya, Kamu bisa memilih dengan cara menggeser ke menu “Jual”. Adapun langkah tersebut dilakukan untuk menambahkan produk atau barang yang ingin dijual sekaligus untuk membuat deskripsi produk itu sendiri.

8. Pilih Opsi Tambah Produk Baru

Cara berjualan pulsa di Shopee, silahkan tambahkan produk yang ingin Kamu jual. Lebih lengkapnya, biasanya akan muncul opsi tambahkan foto produk yang ingin dijual. Dari sini para penjual dapat memilih mengunggah fotonya melalui kamera, Instagram dan foto/galeri.

Akan tetapi, jika Kamu tak ingin setengah-setengah hasilnya, dapat mencoba membaut video atau gambar produk terlebih dahulu yang akan dijual. Dari sini, Kamu dapat menampilkan gambar sesuai seleramu. Kamu harus tahu bahwa video dan gambar yang menarik bisa meningkatkan jumlah pengunjung untuk mampir ke online shop-mu di Shopee.

Terkait:  Cara Cek PLN Gratis

9. Tekan Tanda Centang Pada Kanan Atas

Sesudah memilih gambar deskripi produk, sebaiknya pastikan gambar produk memuat informasi secara singkat tapi informatif mengenai apa saja produk pulsa yang Kamu jual. Selain itu, hal tersebut juga memudahkan para pembeli saat berkunjung ke toko penjual. Sesudah memilih foto/gambar, ketuk tanda centang di kanan atas.

10. Tambahkan Rincian

Biasaya para penjual juga diminta mengisi rincian atau deskripsi produk yang dijual. Adapun rincian yang wajib dilengkapi berupa kisaran harga, nama, hashtag, stok, berat, variasi serta kondisi. Selainitu, ingat bahwa informasi yang dicantumkan di kolom deskripsi bisa menentukan alasan kenapa pengunjung harus melakukan pembelian pulsa di tokomu.

11. Memilih Kategori Produk yang Dijual

Di bagian kategori, biasanya penjual akan diminta mengisi kategori beserta sup kategori produk. Mengingat Kamu akan menjual pulsa di Shopee, sebaiknya pilih “voucher” sebagai kategori dan pilih “Pulsa HP dan Paket Data” sebagai sub kategori.

12. Hilangkan Keterangan Tentang Ongkos Kirim

Jika Kamu berjualan pulsa, tentu saja harus menghilangkan opsi ongkos kirim. Sebab pulsa bukan produk fisik yang memerlukan jasa ekspedisi. Mengingat ada beberapa opsi jasa ekspedisi seperti JNE Reg, J&T Expres, PT.Pos, JNE Oke. Jadi Kamu harus memilihnya satu demi satu untuk menghilangkan ongkos kirim. Caranya dengan menggeser bagian tombol berwarna hijau ke kiri.

Nah, itulah 12 cara jualan pulsa di Shopee melalui mitra Shopee yang bisa Kamu lakukan tahap demi tahapnya. Jika sudah, Kamu tinggal nikmati keuntungan berjualan pulsa di Shopee!

More Tutorials:

Related posts