Cara Cancel Shopee

Berbelanja di Shopee nampaknya sudah menjadi kebutuhan bagi Sebagian orang. Mengingat Shopee termasuk salah satu e-commerce terbesar di tanah air dengan jumlah pengguna yang fantastis, meskipun masih terbilang baru. Walaupun demikian, bukan berarti para customer di Shopee tidak pernah membatalkan pesanan sama sekali. Karena ada beberapa alasan kenapa customer Shopee harus membatalkan pesanan. Salah satunya mungkin Kamu yang sedang mencari informasi cara cancel Shopee.

Membatalkan pesanan bukan hal yang baru bagi pengguna Shopee, karena mungkin saja saat checkout lupa mengubah alamat tujuan, atau mungkin tidak menyertakan keterangan tambahan produk, bahkan bisa saja salah pilih ukuran. Semua hal inilah yang membuat Sebagian besar pengguna Shopee harus membatalkan pesannya. Menariknya, Shopee mempermudah cara cancel Shopee kepada para pelanggannya.

Read More

Dengan catatan, setelah checkout sebaiknya langsung lakukan pembatalan pesanan setelah tahu ada yang tidak lengkap atau yang ingin diubah terkait pesananmu. Jadi, jangan sampai sesudah barang dikirim Kamu baru membatalkannya. Sebab prosedur cancel produk Shopee jika sudah mengirimkan pesanan barang bisa merepotkan.

Cara Cancel Shopee

Cara Cancel Shopee
Cara Membatalkan Pesanan Shopee

Ketentuan Batalkan Pesanan Shopee

Sebetulnya cancel barang di shopee bisa dari customer atau bisa juga dari pihak penjual barang. Jika dari pihak customer, alasannya mungkin salah membeli barang, salah memasukkan jumlah item barang, salah warna barang yang akan dibeli, dan lain sebagainya. Sedangkan jika dari pihak penjual secara umum di cancel karena sudah kehabisan stok barang tapi belum di update pada marketplace shopee.

Terkait:  Cara Beli Barang di Shopee

Sebelum masuk ke cara cancel shopee, ada beberapa syarat dan ketentuan jika kamu ingin membatalkan pesanan, diantaranya :

  1. Pengajuan pembatalan pembelian barang hanya bisa dilakukan satu kali saja untuk barang tersebut.
  2. Apabila barang belum dibayar, maka customer bisa langsung memilih barang yang ingin dibatalkan.

Jika dilihat dari syarat dan ketentuan di atas, intinya yaitu selain barang yang akan diproses, juga harus ada komunikasi antara customer dan penjual mengenai pembatalan barang.

Tutorial Cara Cancel Barang di Shopee

Ada beberapa prosedur yang perlu kamu lakukan apabila hendak membatalkan pesanan di shopee, yaitu :

Metode 1 : Batalkan Pesanan di Shopee Melalui Pembayaran COD

Cara instan bisa dilakukan apabila barang tersebut belum diproses sama sekali. Setelah beberapa menit membeli barang dan ternyata ada alasan tertentu barang yang akan kamu beli di cancel ,maka Kamu bisa memilih cara cancel Shopee ini. Cara instan bisa dilakukan paling maksimal 60 menit setelah barang dipesan.

1. Membatalkan Pesanan di Shopee Instan Lewat Sistem COD

Cara melakukan pembatalan secara instan yaitu :

  • Buka aplikasi Shopee, kemudian masuk ke menu Saya.
  • Setelah itu, masuk ke menu pesanan pada bagian ‘Dikemas’.
  • Disana akan ada barang yang sedang diproses untuk dikirim berdasarkan permintaan customer, segera batalkan pembelian barang tersebut dengan klik ‘Batalkan’.

Nah, apabila pesanan sudah dalam perjalanan menuju alamat yang dituju dan bahkan sampai dirumah, kamu pun bisa membatalkan barang tersebut. Caranya adalah dengan memberitahukan kepada kurir bahwa barang tersebut akan di cancel dengan alasan yang kuat dan jelas. Namun sebelumnya, kamu harus pastikan terlebih dahulu kepada penjual bahwa barang tersebut akan di cancel.

Dengan begitu, kurir akan mematuhi prosedur pembatalan barang dan akan mengembalikannya kepada penjual.

Terkait:  Cara Belanja di Shopee Bayar Ditempat

Kasus lainnya bisa jadi seperti ini, ternyata penjual menolak cancel shopee melalui sistem COD ini dengan berbagai alasan. Misalnya saja, seperti barang yang dipesan sudah dibawah kurir untuk diteruskan ke alamat penjual, atau lebih parahnya lagi agar barang tersebut cepat laku yang menyebabkan penjual menolaknya. Apapun alasannya, apabila penjual sudah menolak cancel barang di shopee, maka kamu yang memesan barang tersebut mau tidak mau harus menerimanya.

2. Trik Instan Untuk Menghindari Pengajuan Cancel Shopee Ditolak

Sebenarnya ada trik tertentu jika penjual menolak cancel barang yang sudah terlanjut dibeli, namun trik ini tidak terlalu direkomendasikan untuk dicoba, yaitu :

  • Customer pergi keluar rumah ketika barang yang dipesan diperkirakan akan segera sampai.
  • Customer bisa memberikan alasan seperti tidak memilki uang pas atau bisa menyampaikan barang yang dipesan tidak sesuai kepada kurir.
  • Atau bisa jadi memberitahu kurir bahwa kamu tidak pernah melakukan pemesanan barang tersebut.

Yang menjadi masalah apabila kamu melakukan trik ini, tentu saja terjadi konflik antara kamu sebagai pembeli dengan kurir, dengan saling adu mulut hanya karena memaksa menolak barang tersebut.

Pelajaran yang bisa diambil dari kasus diatas yaitu sebelum Kamu membeli barang, sebaiknya Kamu pastikan produk yang akan dibeli terlebih dahulu. Silahkan cek spesifikasi barang, warna barang, jumlah item, dan lain sebagainya, apakah sudah benar, lakukan hal ini sebelum  checkout.

Metode 2 : Batalkan Produk di Shopee yang Sudah Terlanjur Bayar

Metode kedua sebenarnya cara cancel Shopee paling aman untuk untuk dilakukan. Cancel shopee pada barang yang sudah dibayar ini bisa dilakukan oleh penjual ataupun costumer.  Adapun langkah-langkahnya bisa kamu ikuti dibawah ini :

Terkait:  Cara Bayar Shopee Pakai DANA

1. Batalkan Pesanan Shopee yang Sudah Dibayar Untuk Penjual

Ikuti langkah cara cancel  Shopee yang sudah dibayar, jika posisimu sebagai penjual :

  • Buka aplikasi shopee terlebih dahuulu, kemudian masuklah ke menu ‘Saya’ yang ada di bagian atas.
  • Lalu disana kamu pilih menu ‘Toko Saya’, lanjutkan dengan klik kembali menu lainnya yaitu menu ‘Penjualan Saya’.
  • Pilihlah barang yang hendak kamu cancel yang terdapat pada bagian status ‘Perlu Dikirim’.
  • Karena barang tersebut akan kamu batalkan, maka sistem mewajibkan kamu untuk menjawab beberapa alasan pada kolom ‘Jawab’.
  • Jika sudah memberikan alasan kenapa barang tersebut dibatalkan, langkah terakhir kamu tinggal klik ‘Konfirmasi’.

2. Batalkan Pesanan Shopee yang Sudah Dibayar Untuk Customer

Bagi kamu seorang customer, maka langkah-langkahnya bisa kamu ikuti dibawah ini :

  • Buka terlebih dahulu aplikasi shopee milikmu, lalu masuk ke halaman ‘Saya’ dimana halaman tersebut bisa kamu dapatkan di bagian atas menu utama shopee.
  • Setelah masuk, kemudian pilihlah menu status pesanan, yaitu menu ‘Dikemas’.
  • Klik barang yang ingin dibatalkan, setelah terbuka barang tersebut, kamu tinggal klik ‘Batalkan Pesanan’ yang berada di bagian bawah rincian order.
  • Nantinya pada layar hp, akan muncul mengenai alasan pembatalan barang tersebut. kamu hanya perlu memilih salah satu alasan dari beberapa alasan yang telah disediakan oleh sistem.
  • Setelah memilih alasannya, kamu hanya tinggal menekan tombol ‘Ajukan Pembatalan Pesanan’.
  • Terakhir tinggal klik ‘Konfirmasi’.

Sebagai tindak lanjut dari pembatalan pesanan barang yang kamu lakukan sebagai customer, nanti pihak penjual barangnya akan mengonfirmasi pembatalan tersebut. Adapun uang yang sudah dikeluarkan untuk membeli barang tersebut akan secara otomatis dikembalikan berdasarkan metode yang sebelumnya kamu gunakan.

Metoda 3: Batalkan Pesanan Produk di Shopee Untuk Barang yang Belum Dibayar

Cara yang ketiga sepertinya menjadi cara yang sangat mudah dilakukan, kamu pun tak perlu melakukan chat kepada penjualnya karena barang yang kamu pesan belum dibayar sama sekali.  Adapun caranya adalah pada menu pesanan saya yang ada di menu ‘Saya’. Klik sub menu ‘Belum Dibayar’ lalu klik ‘Batalkan Pesanan’ dan ‘Konfirmasi’.

Oke, itulah 3 metode cara cancel Shopee yang bisa dilakukan oleh buyer dan seller tergantung kondisinya. Semoga bermanfaat!

 

Related posts